Perbedaan Super Saiyan Blue!! Anime Vs Manga Dragon Ball Super

Perbedaan Super Saiyan Blue!! Anime Vs Manga Dragon Ball Super

Super Saiyan Blue, atau bisa disebut denga Super Saiyan God Super Saiyan, merupakan form baru yang didapat oleh Son Goku dan Vegeta setelah menjalani latihan dibawah bimbingan Whis dengan mengiktui beragam latihan sulit untuk mendapatkan dan mengendalikan ki Dewa supaya dapat dikuasai sepenuhnya. 

Form ini merupakan form spesial yang bukan sembarangan dipakai untuk melawan musuh. 

Untuk menggunakan Form ini, diperlukan lawan dengan tingkat kekuatan yang sangat kuat. Namun telah diketahui, dalam versi Anime dan Manga, ternyata terdapat perbedaan besar dalam penggunaan Form terkuat tersebut. 

Apakah Perbedaan tersebut? Manakah yang lebih tepat? Mari simak pembahasan berikut.

Super Saiyan Blue Versi Anime

Perbedaan Super Saiyan Blue!! Anime Vs Manga Dragon Ball Super

Dasar Teori dari Super Saiyan Blue awalnya tidak berbeda dengan versi manga, Sudah dikatakan sebelumnya bahwa Super Saiyan Blue merupakan satu-satunya form terkuat yang hanya dimiliki oleh dua orang saiyan, yaitu Goku dan Vegeta. 

Akan tetapi dalam pertarungan Goku melawan Peserta Alam semesta 6 yaitu Hit, 

diperoleh sebuah fakta baru bahwa Super Saiyan Blue merupakan wujud yang mudah dikendalikan dibanding dengan Super Saiyan biasa karena wujud Blue merupakan Form yang dipakai dengan Ki Dewa yang dapat dikendalikan dengan tenang, dan dapat dikeluarkan sewaktu-waktu. 

Untuk itulah tercipta Super Saiyan Blue Kaioken, dimana Super Saiyan Blue yang dipakai dengan pengendalian ki yang baik dan tidak terlalu membebani tubuh, d

apat ditambahkan dengan teknik ciptaan North Kaio yang dapat menimbulkan efek samping berupa beban tubuh pengguna setelah selesai menggunakanya. 

Perbedaan Super Saiyan Blue!! Anime Vs Manga Dragon Ball Super

Teori lain dari Super Saiyan Blue versi anime telah terungkap ketika Goku menjalani latih tanding dengan Krillin dan Andorid 17. 

Dalam pertarungan tersebut, Goku menggunakan kekuatan Super Saiyan Blue. 

Scriptwritter dari anime Dragon Ball Super, juga mengungkapkan bahwa Goku yang menggunakan Super Saiyan Blue, dapat digunakan untuk tujuan memotivasi kawan/lawanya. 

Itu berarti Super Saiyan Blue yang menggunakan kekuatan dewa, tingkatanya dapat diturunkan sampai ke tingkat paling rendah.

Hal tersebut dibuktikan ketika Goku yang menggunakan Form Super Saiyan Blue melawan Krillin dan Android 17, mereka dapat memberikan sedikit perlawanan ketika bertarung dengan Goku. 

Hal serupa terjadi ketika Goku melawan Kale yang mengamuk. 

Goku menggunakan Form Super Saiyan Blue dan menyerang Kale dengan Kamehameha, namun secara mengejutkan Kamehameha Goku tidak mempan sama sekali. 

dari pertarungan tersebut, kemungkinan dapat dikatakan bahwa Goku menahan diri dengan form Super Saiyan Blue nya untuk melawan Kale.

Super Saiyan Blue Versi Manga

Perbedaan Super Saiyan Blue!! Anime Vs Manga Dragon Ball Super

Berbeda dengan versi Anime, Super Saiyan Blue disini dianggap sebagai form terkuat dan penggunaanya harus sangat diperhatikan, berbeda dengan versi Anime yang dapat digunakan sewaktu-waktu, dalam Manga, jika melakukan kesalahan pada penggunaanya, maka kekuatan tempur bisa berkurang. 

Seperti apa yang dilakukan oleh Vegeta saat mengikuti turnamen antara Universe 6 dan Universe 7. 

Ketika melawan Hit, Vegeta yang menggunakan form Super Saiyan Blue dapat dikalahkan. Namun setelah Goku juga menggunakan form yang sama, ternyata hasilnya berbeda dan Kekuatan Goku lebih unggul dari Hit. 

Pada Manga Dragon Ball Super Chapter 13, Whis mengatakan bahwa Super Saiyan Blue merupakan wujud yang tidak bisa digunakan terus menurus, untuk berubah ke dalam wujud tersebut. 

Dibutuhkan Banyak Stamina. diliat dari kekalahan Vegeta saat melawaah Hit, 

kemungkinan penyebabnya adalah bawka kekuatan Super Saiyan Blue miliknya melemah karena pada pertarungan sebelumnya, yaitu pada saat melawan Cabba, Vegeta sudah menggunakanya. 

Perbedaan Super Saiyan Blue!! Anime Vs Manga Dragon Ball Super


Fakta lain yang didapat dari Super Saiyan Blue versi Manga adalah, ketika Goku melawan Merged Zamasu dalam Black Saga. 

dari pertarungan tersebut ditunjukkan bahwa Super Saiyan Blue yang biasa dimiliki Son Goku, belum mencapai kekuatan penuh dan setelah pertarungan mereka, Goku baru mencapai Full Power. 

Kejadian serupa ketika Vegeta menguasai Full Power Super Saiyan Blue ketika sedang latih tanding melawan Beerus. Full Power Super Saiyan Blue, dalam manga, aura biru yang biasanya terlihat, telah tersegel dalam tubuh, dan kekuatanya meningkat dengan tajam. 

Untuk tingkat ini, dalam versi anime tidak ada, karena dalam versi anime, Super Saiyan Blue dari awal sudah dikendalikan 100% bahkan bisa ditambah dengan teknik Kaioken.




Dari Perbandingan kedua teori tersebut, disimpulkan bahwa Versi Manga memang seharusnya lebih sesuai dan lebih tertata dibanding versi Anime, karena versi Manga dibuat sesuai arahan sang creator Dragon Ball Akira Toriyama. 

Banyak yang menganggap bahwa Super Saiyan Blue bisa digunakan dalam keadaan tidak serius, dan ada yang menggabungkan teori versi manga maupun anime, dan berujung dengan membingungkan penggemar Dragon Ball. 

Semoga dengan artikel yang animenoem bagikan, Kalian bisa membandingkan Kekuatan Super Saiyan Blue dengan benar. 

Jika ada pendapat lain. Kalian bisa menulis pendapat di kolom komentar yang tersedia.
Previous
Next Post »