13 Anime Mirip Violet Evergarden

Anime Mirip Violet Evergarden

Anime mirip Violet Evergarden, beberapa anime yang mengangkat cerita tentang perang, biasanya cerita dari anime tersebut tidak jauh dari genre action dan pertarungan secara berlebihan antara beberapa pihak.

Akan tetapi pada Anime Winter 2018 ini, terdapat salah satu anime populer yang mengangkat cerita tentang perang namun cerita dari anime tersebut dikemas secara sederhana. 

Violet Evergarden merupakan anime fantasy dengan latar memasuki keadaan setelah perang dan memiliki cerita yang menarik bahkan mampu mengubah emosi penonton dari drama yang disajikan. 

Berbeda dengan yang lain, anime ini mengangkat cerita tentang perang namun dikemas secara berbeda sehingga terlihat unik dan menarik serta anime ini diproduksi dengan efek grafis khas dari studio Kyoto Animation.

Untuk kali ini Animenoem akan memberikan rekomendasi tentang anime mirip Violet Evergarden.

13. Sakurasou no Pet na Kanojo

Anime Mirip Violet Evergarden - Sakurasou no Pet na Kanojo

Jumlah Episode : 24
Rating MAL : 8.34
Genre : Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life
Sinopsis : 
Kanda Sorata, seorang siswa tahun kedua yang suka memelihara kucing liar di asramanya karena hati nurani yang ia miliki namun karena kebaikannya, ia harus terpaksa pindah ke Asrama Sakura dan bersekolah ke SMA Suiemei yang sekarang diganti menjadi Universitas Seni Suimei, dimana sekolah dengan siswa yang memiliki banyak masalah. 

Bertemu dengan penghuni asrama yang memiliki berbagai sifat aneh yang membuat kehidupan Sorata berubah. Seperti Misaki Kamiigusa, seorang animator yang penuh semangat; seorang playboy bernama Jin Mitaka, seorang programmer penyendiri bernama Ryuunosuke Akasaka, serta orang aneh lain seperti Chihiro, guru seni, dan lain-lain. 

Salah satu teman Sorata bernama Nanami Aoyama mengusulkan Sorata untuk menemukan pemilik baru bagi kucing-kucing yang ia pungut supaya ia dapat kembali ke asrama sebelumnya. 

Namun usaha Sorata untuk pindah telah terhalang setelah kedatangan seorang murid baru yang kelakuanya seperti anak kucing bernama Mashiro Shiina. 

Ia adalah gadis yang memiliki kemampuan seni yang hebat namun tidak mampu mengurus dirinya sendiri. Untuk itu Sorata harus membantu Mashiro dalam menjalani kegiatan sehari-hari dan mengubah kehidupan Mashiro.

12. Hibike! Euphonium

Anime Mirip Violet Evergarden - Hibike! Euphonium

Jumlah Episode : 13
Rating MAL : 8.02
Genre : Drama, Music, School
Sinopsis : 
Klub musik dari SMA Kitauji dulunya merupakan klub unggulan yang pernah mengikuti turnamen nasional hingga meraih juara. 

Akan tetapi ketika penasihat klub mulai diganti, Kualitas klub tersebut semakin menurun, bahkan mereka tidak mampu untuk mengikuti turnamen kualifikasi. 

Kini SMA Kitauji kekurangan anggota untuk masuk ke klub musik. 

Telah bersumpah untuk tidak mengulang kejadian yang sama semasa SMP, seorang pemain Eufonium bernama Kumiko Oumae memutuskan untuk memulai hidup baru ke SMA kitauji dan mengisi kekosongan dengan bergabung menjadi anggota. 

Awalnya ia merasa ragu untuk kembali masuk ke dunia musik namun berkat motivasi yang diberikan oleh kedua temanya yang terdiri dari: pemain tuba yang masih pemula bernama Hazuki Katou dan seorang pemain contrabass yang berpengalaman bernama Sapphire Kawashima. 

Akan tetapi Kumiko mengingat kejadian masa lalu yang ia alami setelah mengetahui bahwa beberapa teman lamanya ternyata juga ikut hadir ke klub musik di SMA Kitauji. 

Dengan Penasehat baru yang dapat memberikan intruksi dengan baik, Mereka yang memiliki masalah pada masa lalu harus berjuang untuk menghadapi dan melupakannya agar dapat meraih impian bersama.

11. Gunslinger Girl

Anime Mirip Violet Evergarden - Gunslinger Girl

Jumlah Episode : 13
Rating MAL : 7.52
Genre : Action, Psychological, Military, Drama, Sci-Fi
Sinopsis : 
Cerita berlatar di Negara Italia, Badan Kesejahteraan Nasional atau sering bisa disebut sebagai “Agency” merupakan organisasi amal yang membantu dalam rehabilitasi luka fisik yang didukung oleh pemerintahan Italia. Namun organisasi tersebut memiliki tujuan utama dibalik peran sebagai organisasi amal, yaitu sebagai organisasi militer khusus intelegensi dan anti-terorisme. A

gency memiliki dua independen yaitu: Keselamatan Umum yang terdiri dari divisi intelejen dan pengawasan, dan Pasukan Khusus yang terdiri dari divisi 1 dan 2 yang bertugas untuk menyelamatkan para gadis muda yang memiliki trauma masa lalu dan hampir meninggal. 

Mereka diberikan kesempatan untuk hidup sebagai manusia modifikasi melalui implantasi cybernetik agar mereka memiliki ketahanan tinggi terhadap luka dan rasa sakit. 

Setiap gadis akan dibimbing menjadi seorang pembunuh oleh pelatih yang disebut “Handler” yang akan bertanggung jawab atas latihan, kesejahteraan dengan diberi kebebasan untuk melatih mereka supaya Handler dapat mencari kecocokan dari para gadis. 

Masing-masing gadis akan dicuci otaknya agar dapat menjadi senjata mematikan dan dapat melakukan pekerjaan dengan baik.

Walupun mereka adalah manusia modifikasi, mereka tetaplah anak-anak yang butuh pengakuan orang-orang yang dicintai meskipun cinta yang mereka rasakan merupakan hasil dari sebuah mesin. 

Kini mereka harus menghadapi emosi dalam diri mereka sedangkan Agency hanya memperlakukan mereka tidak lain sebagai sebuah senjata pembunuh.

10. Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu

Anime Mirip Violet Evergarden - Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu

Jumlah Episode : 13
Rating MAL : 8.63
Genre : Drama, Historical, Josei
Sinopsis : 
seorang mantan anggota Yakuza bernama Yotarou baru saja keluar dari penjara. setelah bebas, ia memikirkan satu hal, ia ingin menjadi Rakugoka, daripada melakukan kejahatan kembali. Rakugoka merupakan orang yang memainkan Rakugo, salah satu budaya tradisional dari jepang yang menunjukkan cerita komedi dengan cerita yang tak terduga. 

Yotarou telah terinspirasi dari seorang Rakugoka terkenal yang bernama Yakumo Yuurakutei. 

Untuk memulai awal yang baru sebagai Rakugoka, Yotarou memulai langkah awal dengan pergi ke tempat kediaman Yakumo Yuurakuteri. 

Ia ingin mengajukan diri sebagai muridnya dan menjadi seorang Rakugoka sepertinya. Setelah berhasil menjadi murid Yakumo, Yotarou berlatih dengan penuh semangat, dan ia bertemu dengan perempuan kasar bernama Konatsu, putri dari Sukeroku Yuurakutei yang merupakan sahabat dari Yakumo. 

Konatsu sangat menyukai Rakugo yang dilakukan ayahnya. 

Untuk meningkatkan kemampuanya, Selain belajar dari Yakumo, Yotaro juga belajar gaya Rakugo lain dari Konatsu agar Yotarou dapat menciptakan gaya Rakugo sendiri yang bervariasi. 

Karena Hal tersebut, Yakumo merasakan teringat ketika dirinya dan Sukeroku masih menjadi saingan dan ia membuat sebuah janji kepada Sukeroku.

9. Mushishi

Anime Mirip Violet Evergarden - Mushishi

Jumlah Episode : 26
Rating MAL : 8.75
Genre : Adventure, Fantasy, Historical, Mystery, Seinen, Slice of Life, Supernatural
Sinopsis :

Di Jaman edo dan Meiji dimana Jepang masih menggunakan teknologi dari abad ke 19. Di dunia terdapat keberadaaan makhluk yang tak diketahui bernama Mushi, yaitu makluk yang ternyata merupakan makhluk paling dasar namun tidak ada yang tahu untuk apa mereka diciptakan dan tidak ada yang tahu apakah mereka itu jahat atau baik.

Mushi merupakan makhluk hidup yang bersifat paling primitf diantara semua kehidupan dan Mereka dapat hidup dalam wujud apapun seperti penyakit, tanaman, atau fenomena alam. Makhluk ini memiliki wujud supernatural dan tidak bisa dilihat oleh sebagian besar manusia.

Mushishi, merupakan orang-orang yang mampu melihat keberadaan Mushi dan mereka ditugaskan untuk mencari informasi tentang keberadaan Mushi.

Ginko adalah salah satunya, ia bekerja sebagai Mushishi untuk meneliti keberadaan Mushi agar dapat mengetahui tujuan hidup mereka.

Ia berpetualang ke berbagai tempat untuk menyelidik berbagai peristiwa yang terkait dengan Mushi dan dibantu oleh orang-orang disekitar untuk membantu Ginko dalam mendapatkan informasi.

8. Natsume Yuujinchou

Anime Mirip Violet Evergarden - Natsume Yuujinchou

Jumlah Episode : 13
Rating MAL : 8.40
Genre : Slice of Life, Supernatural, Drama, Fantasy, Shoujo
Sinopsis :

Takashi Natsume, seorang anak yatim piatu yang memiliki sebuah rahasia yaitu ia mempunyai kemampuan yang membuat dirinya dapat melihat roh seperti ayakashi, youkai, dan lain-lain. Kekuatan tersebut telah diketahui merupakan warisan dari Neneknya yang bernama Natsume Reiko. Akan tetapi karena kemampuanya, Takashi memiliki kehidupan masa kecil yang kurang bahagia. Ia selalu sendiri dan selalu diejek teman-temanya karena dianggap aneh, serta haris berpindah-pindah tempat karena sering berganti Pengasuh.

Akan tetapi kini Takashi diasuh oleh orang baik yang tidak memiliki rasa takut dengan kemampuan yang dimiliki Takashi.

Setelah kematian Reiko, ia mewariskan sebuah buku bernama “Yuujinchou”, yaitu buku yang berisi roh-roh yang telah dibuat Reiko untuk melayani sang pemilik.

Buku tersebut sangatlah berharga bagi dunia roh, dan dalam buku tersebut berisi berbagai roh jahat maupun baik yang terus menghantui Takashi.

Takashi sering menghabiskan waktunya untuk melepaskan berbagai roh dalam buku untuk meminta bantuan. Akan tetapi beberapa roh memiliki sifat jahat dan memiliki sifat pendendam yang mencoba ingin membunuh Takashi dan merebut buku Yuujinchou.

Dari semua Roh, terdapat salah satu roh bernama Madara atau biasa dipanggil oleh Takashi dengan sebutan Nyanko-Sensei. Ia merupakan roh berwujud kucing yang bersedia menjadi pengawal Takashi dan dan menjadi penasihat roh. Walaupun awalnya Madara ingin memiliki buku tersebut, namun ia menjadi dekat dengan Takashi dan menjadi sahabat baik.

7. Death Parade

Anime Mirip Violet Evergarden - Death Parade

Jumlah Episode : 12
Rating MAL : 8.30
Genre : Game, Mystery, Psychological, Drama, Thriller
Sinopsis :

Di dunia ini tidak ada surga dan neraka, orang yang mati akan dibawa ke sebuah bar bernama Bar Quindecim untuk dua buah takdir pilihan yang terdiri dari: Dilupakan atau Reinkarnasi. 

Nasib mereka Setelah Mati akan melakukan beberapa permainan berbahaya yang dapat menentukan takdir mereka. 

Walaupun seperti permainan biasa, permainan tersebut sebenarnya telah terhubung dengan tubuh pemain. Mereka akan dilayani oleh seorang bartender bernama Decim, pria berambut perak dengan ekspresi datar yang juga merupakan seorang arbiter (pihak yang menjadi penengah) yang akan menilai dari permasalahan yang dialami oleh setiap orang mati yang datang masuk ke dalam bar dan juga menentukan hasil dalam peramainan. 

Sifat yang sebenarnya akan terungkap melalui permainan dari bar tersebut. 

Dalam kisah keberadaan Decim yang menjadi bartender bar Quindecim untuk menilai orang-orang mati yang masuk ke dalam bar melalui sebuah lift. 

Kehadiran seorang perempuan misterius berambut hitam membuat Decim harus memulai untuk menentukan keputusanya sendiri.

6. Planetarian

Anime Mirip Violet Evergarden - Planetarian

Jumlah Episode : 5 (ONA) + 1 (Movie)
Rating MAL : 7.60
Genre : Sci-Fi, Drama
Sinopsis : 
Menceritakan 30 tahun setelah kegagalan Proyek Eksplorasi Ruang Angkasa, dimana Manusia hampir mengalami kepunahan karena ulah mereka sendiri dari sebuah perang nuklir yang tiada henti dan membuat peradaban yang dulunya makmur dan damai menjadi hancur total yangi dipenuhi dengan racun. 

Setiap hari hujan mematikan yang berasal dari sisa nuklir terus turun ke bumi. 

Dari seluruh peradapan yang tersisa, terdapat Pria yang dikenal sebagai “Jungkers” yaitu orang berkeliling ke berbagai tempat untuk mencari barang-barang seperti reruntuhan sisa peradaban yang masih bisa digunakan untuk bertahan hidup. 

Salah satu Junkers diketahui sedang memasuki tempat berbahaya sendiri, tempat tersebut adalah Kota Sarkofagus. 

Di sebuah kota mati, ia menemukan planetarium dan disambut oleh seorang robot perempuan bernama Hoshino Yumemi. 

Tanpa rasa ragu dengan sang Junkers, Ia langsung menyambutnya sebagai pelanggan pertama setelah 30 tahun lamanya. Ia ingin menunjukkan bintang-bintang yang muncul dari planetarium namun ternyata benda tersebut rusak. 

Karena tidak mampu memberikan penjelasan, pria tersebut memutuskan untuk membantu memperbaiki proyektor dari planetarium tersebut.

5. Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka? (SukaSuka/World End)

Anime Mirip Violet Evergarden - Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka? (SukaSuka/World End)

Jumlah Episode : 12
Rating MAL : 7.86
Genre : Sci-Fi, Drama, Romance, Fantasy
Sinopsis :

Memasuki 500 tahun setelah manusia mengalami kepunahan karena hadirnya makhluk hidup misterius yang mengerikan yaitu “Beast”. 

Berbagai Ras yang masih bertahan hidup,memilih tempat tinggal baru di sebuah pulau mengambang yang satu-satunya merupakan tempat dimana para Beast tidak mampu menjangkau mereka. 

Untuk melawan Beast, dibutuhkan sekelompok gadis muda yang berbekal sebuah senjata kuno yang disebut “Leprechauns” . 

Keberadaan para gadis tersebut tidak bisa bertahan lama dan mereka bisa saja mati hanya dalam waktu dekat. Ketika dunia menghadapi situasi yang sulit, seorang pemuda yang merupakan manusia terakhir akhirnya bangun setelah pertempuran yang terjadi pada 500 tahun yang lalu. Pemuda itu bernama Willem Kmetsch, tempat tinggalnya ada di kota Grimpjhal dan ia bertugas menjaga senjata yang berada di pulau 68. 

Ketika sedang menjalani tugas, ia bertemu dengan seorang wanita berambut biru bernama Chtholly Nota Seniorious serta para gadis yang ternyata mereka merupakan senjata yang dimaksud dan mereka merupakan orang-orang yang harus dilindungi oleh Willem. 

Selama menjaga mereka, Willem merasa bagha dirinya menjadi sosok ayah dari anak-anak tersebut dan ia mulai memahami apa arti keluarga dan beberapa hal penting untuk dilindungi.

4. Eikoku Koi Monogatari Emma

Anime Mirip Violet Evergarden - Eikoku Koi Monogatari Emma

Jumlah Episode : 12
Rating MAL : 7.78
Genre : Slice of Life, Historical, Drama, Romance, Seinen
Sinopsis : 
Memasuki abad ke 20, tepatnya di London dimana Era Victoria Inggris merupakan era yang dipenuhi hasrat cinta dengan banyak kisah kepedihan antara dua individu yang memiliki status sosial yang berbeda. 

 Pada era tersebut garis golongan sangat mempengaruhi hidup, dan mereka yang lahir dari golongan tertentu harus menjalani kehidupan dengan mengikuti jalan kehidupan yang sudah ditentukan. 

Bercerita tentang seorang perempuan yang bekerja sebagai Pelayan bernama Emma. 

Ia adalah wanita yang pekerja keras, jujur, dan tidak pernah merasa hidupnya terbebani. Emma menjalani kehidupan yang tenang seperti biasa hingga suatu hari ia bertemu dengan seorang anggota bangsawan dari keluarga Kaya yang bernama William Jones. 

Pertemuan mereka menumbuhkan hasrat cinta satu sama lain dengan kepemilikan status sosial yang berbeda. Kini mereka bersama harus melawan penghalang dari sebuah tradisi yang menjadi penyebab mereka terpisah.

3. Plastic Memories

Anime Mirip Violet Evergarden - Plastic Memories

Jumlah Episode : 13
Rating MAL : 7.99
Genre : Sci-Fi, Drama, Romance
Sinopsis : 
Di sebuah masa depan, manusia kini telah hidup berdampingan dengan Android bernama Giftia yang memiliki wujud dan perasaan yang sama dengan manusia. 

Akan tetapi masa hidup Giftia sangat terbatas yaitu mereka hanya bisa hidup dalam waktu 81.920 jam atau dalam 9 tahun 8 bulan. 

Jika Giftia hidup lebih dari waktu yang ditentukan, maka mereka dapat mengamuk, mengalami kerusakan, atau bertindak kasar. SAI Corporation, merupakan salah satu perusahaan yang mengelola Giftia dengan produksi kualitas terbaik yang wujudnya hampir mirip dengan manusia. Mizugaki Tsukasa, seorang remaja 18 tahun yang telah gagal mengikuti ujian perguruan tinggi namun berakhir menjadi karyawan di Anak Perusahan dari SAI Corp yaitu Terminal Service. 

Sebagai pegawai Terminal Service, Tsukasa ditugaskan untuk mengambil para Giftia yang hampir mencapai batas waktu agar mereka tidak bertindak kasar dengan ditemani oleh seorang Giftia veteran cantik bernama Isla. 

Walaupun ia memiliki tubuh yang kecil dan sifatnya yang pendiam, Isla merupakan Giftia terbaik dalam tugas pemulihan Giftia.

2. Tegamibachi (Tegami Bachi: Letter Bee)

Anime Mirip Violet Evergarden - Tegamibachi (Tegami Bachi: Letter Bee)

Jumlah Episode : 25
Rating MAL : 7.73
Genre : Adventure, Supernatural, Fantasy, Shounen
Sinopsis : 
AmberGround merupakan tempat dimana waktu kehidupan selalu malam hari dan tempat tersebut menjadi terang karena bantuan cahaya matahari buatan. 

Semasa kecilnya Lag Seeing telah kehilangan ibunya karena organisasi bernama Akatsuki dan ia menjadi sebuah surat oleh bibinya agar dapat menyelamatkan dirinya. Tagami Bachi merupakan sebuah profesi yang bertugas untuk mengirim surat yang ditulis dengan perasaan ke berbagai daerah dengan jarak yang jauh maupun dekat. 

Mereka ditemani dengan partner bernama “Dingo” untuk melindungi surat dari para Gaichuu, yaitu monster yang memakan perasaan dari pesan yang ditulis. 

Setiap Tagami Bachi memiliki senjata berupa pistol khusus yang hanya dipakai melalui sebuah amber dengan warna yang sesuai sang pemilik. Gauhce Suede, seorang Tagami Bachi yang bertugas untuk mengirim Lag ke tempat tujuan dengan partner Dingo bernama Roda. 

Dalam perjalanan mereka menghadapi berbagai masalah namun dengan bantuan Lag mereka akhirnya berhasil selamat. 

Kini Lag dan Gauche menjadi teman dan Gauche telah membuat Lag termotivasi untuk menjadi seorang Tagami Bachi. 

5 Tahun berlalu Lag berhasil mencapai keinginanya, akan tetapi ketika ia ingin bertemu dengan teman lamanya, ternyata Gauche dikabarkan telah menghilang. Kini Lag berusaha untuk mencari keberadaan Gauche bersama dengan partner dingo bernama Niche.

1. Mahoutsukai no Yome

Anime Mirip Violet Evergarden - Mahoutsukai no Yome

Jumlah Episode : 24
Rating MAL : 8.53
Genre : Fantasy, Magic, Shounen, Slice of Life
Sinopsis :

Chitose Hatori, seorang gadis berumur 16 tahun yang telah merasa kehilangan lebih dari siapapun.

Karena hidupnya merasa tidak berguna, ia memutuskan untuk menanda tangani surat yang menyatakan bahwa dirinya akan dilelang.

Tanpa memikirkan hal lain, Chise tidak peduli siapapun yang memilihnya asal dirinya memiliki tempat untuk pulang. Pelelangan Chise dimulai dengan harga 500.000 Pounds dan semakin lama semakin harganya meningkat. 

Akan tetapi secara tiba-tiba terdapat orang yang mengajukan harga 5.000.000 Pounds dan membuat semua orang terkejut. Ia adalah pria dengan tubuh tinggi bernama Elias Ainsworth dan memanggil Chise sebagai muridnya. Takdir yang tidak diketahui telah menunggu Chise . 

Elias merupakan seorang penyihir tingkat tinggi dengan kemampuan sihir yang hebat.

Pertemuan awal mereka diawali dengan Elias yang meminta Chise untuk menutup mata dan mengatakanya bahwa dia akan sedikit pusing selama ia menutup mata. Dalam sekejap mereka berpindah tempat di sebuah desa pinggiran di Inggris. Di tempat tersebut terdapat beberapa makhluk yang belum pernah dilihat Chise seperti peri. Elias akan menjadikan Chise sebagai istrinya dan membuat hidupnya berubah.
Previous
Next Post »