Penjelasan Maksud Ending Uchiage Hanabi

Penjelasan Maksud Ending Uchiage Hanabi

Penjelasan Ending Uchiage Hanabi, anime yang sempat booming dan merupakan salah satu anime movie yang ditunggu-tunggu oleh para penonton anime setelah menonton MV yang membuat tertarik untuk menonton filmya.

Namun ketika film ini mulai rilis, ternyata kenyataan tidak sesuai dengan harapan para penonton.

Mereka berharap anime ini mungkin bisa sebagus Koe no Katachi atau Kimi no Na wa. Dalam pertengahan hingga akhir banyak yang mulai merasa kesal karena seiring cerita berkembanga alur yang diberikan semakin rumit bahkan ending yang diberikan masih terdapat banyak misteri dan membuat penonton bertanya-tanya. Maka dari itu Animenoem akan membantu para anime lovers dengan memberikan penjelasan maksud ending Film Anime Uchiage Hanabi.



Sebelum memberikan penjelasan tentang Ending Uchiage Hanabi, akan lebih baik jika memberikan penjelasan tentang beberapa hal lebih dahulu dari cerita yang masih membuat kalian bingung dan penjelasan ini mungkin akan membuat kalian nantinya lebih mengerti dan pahan tentang maksud ending yang nantinya akan dijelaskan.

Sebenarnya menurut saya anime ini memang bagus untuk ditonton namun karena banyak yang tidak memahaminya, sebagian besar orang yang menontonnya menganggap bahwa anime ini jelek bahkan dalam situs MAL anime ini mendapatkan rating 6.

Bola Misterius Pengulang Waktu

Penjelasan Maksud Ending Uchiage Hanabi

Hal yang pertama yang perlu kalian ketahui adalah Bola Aneh yang ditemukan oleh Nazuna di pantai. Di Bola tersebut terdapat kata “IF” pada sebuah lampu yang terdapat didalamnya jika kalian mengamati secara cermat. Hal pertama yang ada di pikiran kalian setelah Bola tersebut menunjukkan kekuatannya adalah bahwa Bola tersebut dapat mengulangi waktu. Namun sebenarnya tidak hanya itu, telah diketahui bahwa ada beberapa kemungkinan bahwa Bola tersebut memiliki kekuatan lain yang ditunjukkan dengan beberapa adegan berikut ini:

-kembang api berubah bentuk menjadi datar yang seharusnya hal tersebut merupakan hal yang mustahil di dunia nyata. Selain itu Sahabat Norimichi, yaitu Yuusuke yang awalnya mengatakan bahwa kembang api itu bulat, menjadi berkata bahwa kembang api itu datar (Time Leap Setelah Norimichi berkeinginan jika ia menang dari pertandingan renang dengan Yuusuke) 

-Kembang api berbentuk bulat namun terdapat cahaya-cahaya indah dan aneh yang membuat kembang api terlihat berbeda dari biasannya (Time Leap Setelah Norimichi berkeinginan jika dirinya dan Nazuma berhasil naik kereta bersama) 

-Di sekeliling dimana Norimichi dan Nazuma berada, terdapat fenomena aneh dalam dunia yang mereka tinggali seperti sesuatu berbentuk lingkaran yang berada di wilayah yang ditutupi kaca. (Time Leap Setelah Norimichi berkeinginan jika dirinya dan Nazuna tidak diketahui oleh teman-temanya dan orang tua Nazuna)

Setelah mengetahui fakta tersebut, telah ditemukan beberapa kesimpulan sementara tentang bola tersebut

1. Bola tersebut memiliki kemampuan untuk mengulang waktu, namun terdapat efek samping ketika menggunakannya yaitu dunia yang telah diulang mengalami perubahan sehingga seolah-olah menciptakan sebuah dunia baru.

2. Bola tersebut menciptakan dunia baru lalu melemparkan pengguna ke waktu yang diinginkan sekaligus berada di dunia yang berbeda (menciptakan timeline baru).

3. Bola tersebut tidak hanya memiliki kemampuan pengulang waktu, namun juga menjadi bola pengabul harapan, hal tersebut ditunjukkan ketika Norimichi berkata pada bola tersebut “Jika Yuusuke dan Ibumu tidak menemukan kita” dan terjadi pengulangan waktu, Norimichi segera mencegah Nazuma untuk tidak terlihat dari Jendela agar tidak diketahui oleh Yuusuke dan Ibunya.

Jika hanya terjadi pengulangan waktu, mereka seharusnya menuju ke stasiun berikutnya dan setelah itu mereka berakhir ditemukan oleh Ibu Nazuna, namun karena Norimichi mengatakan bahwa Ibunya tidak menemukan mereka, akhirnya terjadi jalur perubahan masa depan dan jalur kereta pun berpindah di tempat dimana mereka tidak bisa ditemukan oleh oran yang disebutkan Norimichi.

Hal tersebut memperkuat fakta bahwa Bola “If” ini selain dapat mengulang waktu namun ternyata juga dapat mengabulkan permintaan.

Prediksi Ending yang sebagian besar diketahui Orang Lain


Pembahasan selanjutnya adalah tentang prediksi-prediksi ending yang sebagian besar besar berasal dari para penonton. Namun beberapa dari argumen tersebut terdapat penjelasan yang kurang masuk akal. Salah satunya adalah bahwa anime ini sepertinya open ending yang artinya ending ini bisa disesuaikan dengan imajinasi penonton, namun sebenarnya tidak. Berikut beberapa ending yang diberikan para penonton yang mungkin kurang kuat dan belum pasti.

- Setelah Nazuna memeluk Norimichi dan meninggalkannya, banyak yang berkata bahwa Nazuna telah kembali ke dunia nyata, sedangkan Norimichi terjebak dalam dunia yang ia buat karena Bola “If” telah hancur. Maka dari di bagian akhir, Norimichi tidak ada saat diabsen.

Sebenarnya siapa yang melakukan perjalanan waktu? Norimichi atau Nazuna? Bagaimana cara Nazuna bisa kembali ke dunia nyata mengetahui bahwa Bola “if” telah hancur? Sebenarnya penjelasan tersebut kurang mendukung karena Orang yang melakukan perjalanan waktu hanyalah Norimichi, jika Nazuna kembali di dunia nyata, maka Di sana akan terdapat dua Nazuna yaitu Nazuna yang telah tertangkap ibunya dan Nazuna yang berada di timeline dimana Norimichi berada.



- Setelah Bola “If” tersebut hancur, dunia telah kembali seperti semula. Begitu pula nasib Norimichi dan Nazuna. Dunia kembali seperti semula dan Norimichi kembali ke dalam keadaan dimana ia kalah dalam pertandingan renang dengan Yuusuke, Setelah itu Nazuna akhirnya pindah dengan orang tuanya sedangkan Norimichi membolos karena ia berusaha mengejar Nazuna.

Untuk pendapat yang satu ini mungkin masuk akal, namun sebenarnya pendapat ini sedikit kurang tepat. Untuk apa Norimichi mengejar Nazuna yang sudah bersama dengan orang tuanya? Hal itu pasti terlalu sulit bagi Norimichi untuk mengambil kembali Nazuna mengetahui ada kemungkinan bahwa keamanan Nazuna diperketat oleh orang tuanya setelah mengetahui perbuatan yang dilakukan olehnya.



- Ketika masuk ke dalam bagian absen, Nazuna tidak dipanggil karena ia sudah pindah dengan orang tuannya sedangkan Norimichi membolos untuk merenung nasib yang ia terima karena telah berpisah dengan Nazuna?.

Untuk penjelasan yang satu ini mungkin terlalu sederhana. Jika memperhatikan lebih cermat kalian akan mendapatkan beberapa petunjuk penting di dalamnya.

Bagian Cerita yang masih mengandung Misteri

Setelah memberikan pendapat dari Beberapa pernyataan yang diberikan oleh para penonton, yang dibahas selanjutnya adalah beberapa adegan-adegan cerita yang masih menjadi tanda tanya namun cerita tersebut tidak terlalu berperan dan mungkin hanya sedikit berhubungan dengan cerita utama.

Beberapa peristiwa tersebut adalah:
-Bagian Prolog
-Yuusuke tiba-tiba tidak menyukai Nazuna
-Kematian Ayah Nazuna

Bagian Prolog

Penjelasan Maksud Ending Uchiage Hanabi

Sebelum cerita dimulai, terdapat adegan dimana Nazuna dan Norimichi sedang berada di air mengenakan pakaian renang. Selain itu hanya mengatakan “Jika aku……” dan mengambil latar di kolam renang sekolah. Mungkin yang dimaksud adalah penyesalannya ketika ia kalah bertanding renang dengan Yuusuke. Mungkin kata “Jika aku….” maksudnya adalah Jika ia memenangkan pertandingan renang, maka Ia bisa menyelamatkan Nazuna.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah adegan tersebut hanyalah sebuah kesan.

Adegan pertama, Nazuna terlihat tak sadarkan diri, sedangkan Norimichi berusaha mengejarnya namun mereka semakin jauh, adegan tersebut bisa diartikan bahwa Norimichi akan berpisah dengan Nazuna karena ia akan pindah ke kota lain.  Adegan kedua, diperlihatkan Sebuah cahaya (mungkin itu adalah Bola “If”) muncul semakin lama semakin bersinar, Nazuna terbangun dengan tambahan tampilan kembang api disana, melihat Norimichi lalu meraih tangannya.

Hal tersebut mengandung arti bahwa Norimichi berhasil mengejar Nazuna berkat Bola “If” tersebut di saat peristiwa kembang api menyala (tepatnya hal itu mungkin terjadi di bagian akhir cerita).

Yuusuke tiba-tiba tidak menyukai Nazuna

Penjelasan Maksud Ending Uchiage Hanabi

Semua yang menoton pasti tahu bahwa salah satu teman dari Norimichi yang bernama Yuusuke telah menyukai Nazuna dan hal itu sudah ditunjukkan di berbagai adegan seperti marahnya Yuusuke karena ia telah melihat temannya sedang kabur bersama dengan orang yang ia sukai, sangat marah ketika melihat mereka bersama di dalam kereta, dan saat ia berterika bahwa dirinya menyukai Nazuna.

Namun ada hal janggal yang terjadi sebelum Norimichi melakukan perjalanan waktu dengan melempar Bola “If”.

Ketika Yuusuke berbicara dengan Norimichi bahwa ia diajak oleh Nazuna untuk melihat kembang api, Yuusuke mengatakan bahwa ia tidak menyukai Nazuna. Bahkan ia mengatakan bahwa Nazuna itu jelek. Hal ini membuat para penonton bertanya-tanya namun beberapa dari kalian mungkin mengacuhkan kejadian ini karena mereka telah teralihkan untuk memikirkan ending cerita dari anime ini.

Satu-satunya penjelasan yang diberikan dari peristiwa tersebut adalah bahwa ketika mereka bertanding renang dan Bola “If” tersebut jatuh di hadapan Norimichi, mungkin telah terjadi sesuatu dengan Bola tersebut yang menyebabkan Yuusuke menjadi tidak suka dengan Nazuna.

Kematian Ayah Nazuna

Penjelasan Maksud Ending Uchiage Hanabi

Walaupun ini sepertinya tidak penting, namun misteri tentang kematian ayah dari Nazuna perlu diperbincangkan. Ketika menampilkan adegan ayahnya yang terkapar di lautan, diperlihatkan bahwa Ayah dari Nazuna telah memegang Bola “If” yang ditemukan oleh Nazuna di pantai.

Ada kemungkinan bahwa Ayah dari Nazuna pernah melakukan sebuah perjalanan waktu dan ada kemungkinan bahwa ia ternyata tidak meninggal, hanya menghilang karena pergi ke waktu yang lain untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dengan meninggalkan jiwanya. Untuk kasus yang satu ini masih dipertanyakan penjelasannya

Percakapan

Penjelasan Maksud Ending Uchiage Hanabi

Pembahasan selanjutnya adalah percakapan. Dalam cerita anime ini saat di bagian terahkir terdapat percakapan-percakapan yang mengandung arti dan berhubungan dengan cerita utama.

Kami akan bahas mulai dimana Setelah Nazuna menyanyi. Setelah menyanyi ia berpikir bahwa ia tidak akan bisa kabur dan tidak mampu melakukan kawin lari. Namun sebelum ia pindah bersama orang tuanya ia memiliki keinginan terakhir yaitu ingin bersama dengan Norimichi pada hari itu saja.

Penjelasan Maksud Ending Uchiage Hanabi

Ketika bagian Nazuna masuk ke dalam air, ia bertanya kepada Norimichi “Kapan kita bisa bertemu kembali?” setelah itu Norimichi memasang wajah sedih. Hal itu bisa disimpulkan bahwa Nazuma memutuskan untuk kembali ke orang tuanya karena merasa bahwa kabur dari rumah dengan mengajak Norimichi untuk kawin lari merupakan keputusan yang salah.

Namun setelah melihat pecahan-pecahan dari Bola “If”, Nazuna menangis bahagia melihat bahwa ia mungkin bisa hidup bersama dengan Norimichi, setelah itu ia penasaran apa yang akan dilakukan Norimichi selanjutnya.

Dunia seperti apa yang akan ia buat di pertemuan selanjutnya?

Ending Cerita

Penjelasan Maksud Ending Uchiage Hanabi

Langsung saja menuju ke bagian akhir cerita yang membuat bingung para penonton ketika mulai memasuki bagian dimana seorang pria tua mabuk yang merupakan seorang peluncur kembang api mulai menyalakan kembang api dengan Bola “If” tersebut karena mengira bahwa bola tersebut adalah kembang api.

Setelah Bola “If” tersebut dinyalakan lalu pecah,  disitu terdapat banyak pecahan-pecahan namun kalian akan melihat banyak pecahan-pecahan yang di dalamnya mengandung berbagai gambaran masa depan yang terjadi seperti yang terlihat dalam bagian dimana Nazuna dan Yuusuke bersama serta berbagai potongan lain yang menunjukkan kehidupan bahagia tentang Nazuna dan Norimichi.

Jika kalian mengamati lebih cermat kalian akan melihat fenomena seperti kaca yang merupakan bagian dari dunia yang dibentuk Norimichi seketika lenyap dan hal itu mengartikan bahwa setelah pecahnya Bola “If” tersebut maka Dunia akan kembali seperti semula. Selain itu Pecahan-pecahan dari bola tersebut sebenarnya merupakan pecahan untuk melakukan perjalanan waktu sekali lagi dan kesempatan terakhir tersebut dilakukan oleh Norimichi dengan menangkap salah satu pecahan dengan gambaran dimana ia dan Nazuna hidup bahagia.


Setelah itu, Norimichi segera terjun di air ke arah Nazuna lalu menciumnya sebagai tanda perpisahan. Nazuna yang berkata “Saat kita bertemu kembali, seperti apa dunianya ya?”.

Hal itu ditujukkan bahwa Nazuna sekarang percaya bahwa Norimichi benar-benar dapat melakukan perjalanan waktu setelah melihat berbagai pecahan yang memperlihatkan gambaran tentang kehidupan mereka berdua.  Di permukaan air terlihat jelas bahwa kembang api sudah kembali seperti semula, hal tersebut juga memperkuat fakta bahwa dunia sebentar lagi akan kembali normal.

Penjelasan Maksud Ending Uchiage Hanabi


Namun karena Norimichi mengambil salah satu pecahan dari bola tersebut, tidak sepenuhnya dunia kembali seperti semula.  Dalam waktu yang ditampilkan di akhir cerita pada bagian absen, Norimichi dipanggil namun tidak hadir disana sedangkan Nazuna tidak dipanggil.

Jawaban mengapa Nazuna tidak dipanggil adalah bahwa Guru menganggap bahwa Nazuna sudah pindah dengan keluarganya karena sebelum ia pindah, Nazuna sudah menyerahkan surat kepada sang Guru.

Sedangkan bagian mengapa Norimichi tidak ada adalah karena Norimichi sudah tidak sekolah lagi dan mungkin ia telah hidup bahagia bersama Nazuna seperti sesuai pada pecahan yang diambil Norimichi namun sayangnya tidak dijelaskan secara rinci proses bagaimana mereka bisa hidup bahagia dan salah satu kemungkinan adalah bahwa mereka telah berhasil kawin lari berkat pecahan Bola “If”.


Mungkin hanya ini penjelasan maksud ending Uchiage Hanabi yang bisa disampaikan oleh Animeneom.

Teori ini bukan berasal dari official, namun penjelasan ini hanya bersifat pendapat pribadi yang digabungkan oleh informasi dari pendapat orang lain. Maaf Jika penjalasan ini terlalu panjang. Jika terdapat kesalahan atau ada pertanyaan yang ingin diajukan kalian bisa menyampaikannya lewat kolom komentar yang tersedia.

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
June 17, 2018 at 3:31 AM ×

Bang.. Ada satu misteri lagi yang belum terpecahkan.. Mengapa bola if ukurannya tambah besar dan mengapa bola if-nya ada di pantai??

Reply
avatar
June 17, 2018 at 5:30 AM ×

Jadi mereka berhasil utk hidup bersama kah?

Reply
avatar