20 Daftar Anime Mirip Hyouka

Daftar Anime Mirip Hyouka

Anime Mystery Mirip hyouka, siapa yang tak kenal dengan salah satu anime populer buatan studio kyoto animation ini? Anime dengan judul Manga “Koten-Bu Series” ini sangat digemari oleh para anime lovers karena selain segi cerita yang menarik, kualitas animasinya sanga bagus dan memiliki karakter yang sangat disukai.

Seri ini berlatar tentang remaja sekolahan bernama Houtaru Oreki yang diseret dengan adanya misteri 45 tahun yang mengelilingi sebuah ruangan klub. Misteri yang diselidiki dengan cara yang cerdas dari Houtaru walaupun ia seorang pemalas adalah salah satu hal yang disukai oleh para anime lovers. Untuk kali ini Animenoem akan memberikan rekomendasi daftar anime Mirip Hyouka.

20. K-On

K-On - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 13
Rating MAL : 7.86
Genre : Slice of Life, Comedy, Music, School
Sinopsis :
Ini adalah waktunya dimana SMA Sakuragaoka kedatangan murid baru yang telah memasuki tahun ajaran baru. Yui Hirasawa, seorang murid perempuan periang yang melihat sebuah poster Klub Musik Ringan di sekolah yang membuat dirinya berimajinasi. Karena Yui ingin imajinasinya terus berjalan, tanpa mengetahui apa yang terdapat dalam klub tersebut ia segera mendaftar ke klub.

Namun setelah Yui mendafatar, ia menyadari bahwa ia telah salah mengartikan kata musik ringan dalam poster tersebut.

Ternyata di dalam poster tersebut dinyatakan bahwa klub musik sedang mencari seorang pemain gitar. Karena Yui tidak ingin salah paham dan tidak memiliki pengalaman dalam bermain gitar, ia segera masuk ke dalam ruangan klub dan menjelaskan tentang imasjinasinya. Ketika ia masuk, Yui disambut oleh Ketiga murid yang merupakan anggota klub musik, mereka terdiri dari: Ritsu Tainaka sebagai pemain drum, Tsumugi Kotobuki sebagai pianist, dan Mia Akiyama sebagai pemain bass.

Setelah mengetahui kebenaran Yui, mereka merasa kecewa karena kurangnya pengetahuan Yui tentang musik,

namun mereka mencoba untuk mempertahankan Yui sebagai anggota klub dan membangkitkan kembali imajinasinnya guna mencegah bubarnya klub musik, kini Yui melatih kemampuan bermain gitarnya dengan bantuan para anggota klub Sambil melakukan pekerjaan sekolah dan rumah. Mampukah Yui mampu menjadi seorang gitaris yang diinginkan dan memberikan hasil yang baik saat band mereka mulai tampil kembali?

Review:
Anime mirip Hyouka yang mungkin hanya memiliki sedikit kemiripan. Gaya penggambarannya yang sangat mirip karena kedua seri diproduksi oleh studio Kyoto Animation. Selain gaya penggambaran, latar cerita sama-sama di sekolah.

Namun suasana ketika menonton anime ini hampir terasa sama ketika menonton anime Hyouka. Selain itu K-On lebih mengutaman unsur comedy, music, dan slice of life yang membuat penonton terhibur dengan tingkah dan lelucon yang lucu dari para karakter tanpa adanya unsur mystery.


19. HaruChika: Haruta to Chika wa Seishun suru

HaruChika: Haruta to Chika wa Seishun suru - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 12
Rating MAL : 6.43
Genre : Music, Slice of Life, Mystery, Romance, School
Sinopsis :
Ketika seorang gadis imut bernama Chika Homura bergabung ke dalam klub instrumen tiup, ia bertemu dengan taman masa kecilnya yang bernama Haruta Kamijou setelah sembilan tahun lamannya.

Di sekolah, Chika memilki suatu tujuan, yaitu membuat dirinya menjadi gadis yang menawan dan mempesona. Namun dari semua siswa yang terpesona dengannya, hanya Haruta yang tidak tertarik dengan pesona yang dimiliki Chika. Pada saat itu keduanya berusaha keras untuk mempertahankan klub yang terancam bubar karena kekurangan anggota. Namun di sisi lain terdapat sebuah misteri yang telah menganggu sekolah dan membuat kehidupan Chika tidak berjalan sesuai rencana.

Kini mereka juga harus bekerja keras dan bersatu untuk memecahkan misteri yang terdapat di sekolah tersebut sambil menyelamatkan klub dan merekrut anggota baru supaya dapat bersaing dalam sebuah kompetisi musik.

Review:
Rekomendasi daftar anime mirip Hyouka yang memiliki banyak kemiripan di dalamnya. Cerita yang memiliki pacing sama, menyajikan latar sekolah, para anggota suatu klub sekolah yang harus memecahkan sebuah misteri, dan adanya kegiatan klub sekolah. Namun yang berbeda adalah anime ini memberikan unsur music didalamnya dimana para tokoh berusaha untuk melakukan pertunjukkan musik serta berusaha untuk mencari anggota baru.

18. Sakurasou no Pet na Kanojo

Sakurasou no Pet na Kanojo - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 24
Rating MAL : 8.32
Genre : Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life
Sinopsis :
Cerita berkisar tentang siswa kelas dua SMA bernama Kanda Sorata yang memiliki kegemaran dalam memelihara kucing liar di asramanya karena hatinya yang baik. Namun akibat terlalu banyak memungut kucing di tempatnya, Sorata dipindahkan ke Asrama Sakura dan menghadiri SMA Suiemei yang telah ganti nama menjadi Universitas Seni Suimei, sekolah khusus yang ditujukkan untuk siswa-siswi dengan berbagai permasalahannya.

Disana Sorata bertemu dengan beberapa penghuni asrama yang memiliki berbagai sifat yang berbeda-beda dan aneh.

Mereka adalah: Jin Mitaka, pria berkacamata yang merupakan seorang playboy; Misaki Kamiigusa, gadis animator yang ramah dan optimis, Ryuunosuke Akasaka, seorang programmer penyendiri yang jarang keluar rumah, dan lain-lain. Teman sekelas Sorata yang bernama Nanami Aoyama mengusulkannya untuk menemukan pemilik baru dari kucing-kucing yang ia dapat supaya Sorata bisa kembali ke asrama sebelumnya.

Ketika Sorata memulai niatnya untuk pindah ke asrama, seorang murid baru, yaitu Mashiro Shiina datang dan telah menghalangi niat Sorata untuk kembali ke asramanya yang sebelumnya.

Shiina merupakan gadis yang sangat jenius dalam hal seni, namun sayangnya sikapnya seperti anak kucing dimana dirinya tidak mampu mengurus dirinya sendiri. Kini Sorata harus bertanggung jawab untuk mengurus Mashiro dan menjalani kegiatan sehari-hari yang tidak biasa bersama Shiina.

Review:
Kedua seri memiliki konsep cerita dan karakter yang hampir mirip terutama bagian dimana sang tokoh utama dihadapkan dengan tokoh perempuan yang memiliki sifat unik. Selain karakter utama memiliki sebuah bakat terpendam yang mengejutkan penonton. Seri ini memiliki genre slice of life dengan adanya romance comedy yang cukup menghibur dan akan membuat penonton penasaran dengan konflik yang dimiliki seri ini sehingga akan terdorong untuk terus menonton di setiap episodenya.

17. Kami nomi zo Shiru Sekai (The World God Only Knows)

The World God Only Knows - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 12
Rating MAL : 7.88
Genre : Comedy, Harem, Romance, Shounen, Supernatural
Sinopsis :
Keima Katsuragi adalah remaja berkacamata yang telah menjadi hidup sebagai Otakumegane (Otaku yang menggunakan kaca mata) dalam waktu yang lama. Selain seorang otaku, Keima juga merupakan gamer pro dalam game simulasi kencan sehingga dirinya mendapatkan julukan "Dewa Penakluk" karena ia mampu menaklukan banyak hati wanita dalam sebuah game simulasi kencan.

Karena ia merupakan seorang Otaku, Ia jarang memperhatikan wanita sungguhan dan mengutamakan gadis 2D.

Akan tetapi suatu kejadian tak terduga dialami oleh Keima yang membuat hidupnya berubah. Suatu hari ketika Keima membuka pesan dalam game yang ia mainkan, Keima terkejut bahwa ia telah mendapatkan banyak pesan yang belum terbaca, Dari semua pesan yang belum terbaca, terdapat pesan aneh dengan tulisan yang tampaknya meremehkan Keima.

Dengan sifat angkuhnya sebagai pemain game yang berbakat, ia membalas pesan tersebut.

Tak lama kemudian setelah pesan tersebut dibalas seorang gadis tiba-tiba muncul dan menyebut dirinya seorang Pemburu Roh dari dunia Iblis. Ia adalah Elucia de Luta Ima, yang tujuan kedatangannya adalah untuk meminta Keima mengusir roh-roh yang lari dari Neraka dan bersembunyi di dalam tubuh manusia. Hanya ada terdapat satu cara untuk melepaskan roh tersebut, yaitu dengan membuat mereka yang dirasuki merasakan jatuh cinta hingga memberikan ciuman.

Keima langsung menolak permintaan tersebut karena kurangnya pengalaman menaklukan hati wanita di dunia nyata.

Akan tetapi pada akhirnya Keima menyetujui perjanjianya, karena jika ia gagal, maka kepalanya akan diambil. Sebagai Dewa Penakluk Game simulasi kencan, Keima kini mulai menjalani quest tersulitnya untuk menaklukan gadis nyata sambil mendapatkan tantangan baru.

Review:
Alasan mengapa anime ini mirip Hyouka adalah sang karakter utama yang memiliki ketertarikan terhadap orang-orang di sekelilingnya. Selain itu sang tokoh utama juga sama-sama mengatasi masalah dengan memakai logika yang akurat. Anime The World God Only Knows merupakan anime harem dengan adanya unsur romance comedy yang menghibur.

16. Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e (Classroom of the Elite)

Classroom of the Elite - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 12
Rating MAL: 7.93
Genre : Slice of Life, Psychological, Drama, School
Sinopsis :
SMA Koudou Ikusei, dikenal sebagai sekolah unggulan yang didirikan oleh pemerintah negara Jepang yang sangat berdedikasi dan hanya ditujukkan untuk pada para murid terbaik.

Sekolah tersebut merupakan sekolah istimewa karena karena pemberian fasilitasnya merupakan fasilitas terbaik dan lengkap serta siswa yang hadir di sekolah tersebut sangat berkualitas karena hampir 100% murid yan lulus memiliki masa depan yang cerah.

Selain fasilitasnya yang lengkap, sekolah tersebut menerapkan aturan untuk membolehkan para siswa mengenakan pakaian dengan gaya sesuai keinginan mereka supaya dapat memberikan kepribadian yang diinginkan. Di SMA Koudou Ikusei, terdapat sebuah sistem penerapan yang unik dan tidak ada di sekolah lainnya, yaitu para siswa dari sekolah tersebut diberikan poin dengan nilai 100.000 yang setara dengan 100.000 yen.

Akan Tetapi terdapat sisi buruk yang dimiliki SMA Koudou Ikusei, yaitu siswa yang berperingkat rendah diintimidasi dan tidak diperlakukan seperti siswa elite lainnya yang diperlakukan dengan baik. Kiyotaka Ayanokouji, merupakan sorang remaja laki-laki yang memiliki sifat dingin, tenang, sederhana dan sulit bergaul.

Ia merupakan salah satu siswa Koudou Ikusei yang ditempaktan di kelas yang buruk, yaitu Kelas D karena kecerobohannya ketika menjalani tes ujian masuk. Bagaimana Ayanokouji akan menjalani hidupnya di kelas terburuk tersebut?

Review:
Cerita berkisar tentang sekolah yang menerapkan kelas paling rendah adalah kelas paling buruk. Plot twist yang disajikan awal cerita yang ternyata cerita tersebut tidak seperti pada sinopsis, Kemiripan yang dimiliki anime ini adalah, sang tokoh utama memiliki sifat dingin, tenang, dan sering memasang wajah lesu namun memiliki kecerdasan yang tinggi.

Selain itu cerita dari seri ini berlatar di sekolah sehingga seri ini cocok untuk dijadikan rekomendasi daftar anime mirip Hyouka.


15. Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge

Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 12
Rating MAL : 8.02
Genre : Slice of Life, Comedy, School
Sinopsis :
Cerita berkisar tentang kehidupan sehari-hari dari Tanaka, seorang remaja SMA yang dikenal sangat pemalas bahkan untuk berjalan sekalipun.

Karena rasa malasnya, ia memiliki tubuh kurus, lemah dan kurang tenaga. Setiap hari aktivitas yang ia lakukan hanyalah tidur dan bermalas-malasan. Tanaka tidak ingin melakukan kegiatan yang memerlukan banyak tenaga karena hal tersebut dianggap merepotkan. Tingkat kemalasannya sangat tinggi, bahkan untuk mengunyah makanan saja, ia merasa bahwa hal itu merepotkan.

Mungkin sangat sulit untuk menjalani Kehidupan jika Tanaka memiliki sifat seperti itu.

Untungnya terdapat sahabat dekatnya yang selalu setia kawan mengurus Tanaka dalam melakukan aktivitas sehari-harinya. Ia adalah Oota, pria yang memiliki tubuh tinggi, kuat, bertenaga, pintar dalam mengurus rumah tangga, dan Tentunya memiliki sifat baik. Ia selalu mengurus Tanaka layaknya orang tua.

Kehadiran Oota membuat Tanaka menjalani kehidupannya dengan mudah, ia menganggap bahwa Oota merupakan bagian dari hidupnya yang berarti jika tidak ada dirinya maka Tanaka tidak bisa melakukan apapun.

Review:
Tidak banyak kemiripan antara seri ini dengan Hyouka, hanya saja, seri ini sama-sama mengangkat cerita tentang remaja sekolahan dan tokoh utamanya yang memiliki sifat pemalas. Namun karakter utama dalam seri ini, tingkat kemalasannya sangat tinggi dari tokoh utama Hyouka, selain itu Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge lebih cenderung ke arah unsur slice of life tanpa adanya unsur mystery.


14. Dantalian no Shoka

Dantalian no Shoka - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 12
Rating MAL : 7.32
Genre : Action, Mystery, Historical, Supernatural
Sinopsis :
Memasuki keadaan setelah Perang Dunia I di Inggris. Enam bulan lalu, seorang mantan pilot bernama Hugh Anthony Disward atau bisa disebut dengan Huey telah kehilangan kakeknya dan meninggalkan warisan berupa sebuah mansion beserta isinya.

Peninggalan kakeknya akan diwariskan kepada Huey termasuk sebuah kunci misterius yang diberikan padanya, namun dengan syarat bahwa Huey harus menggantikan kakeknya dalam mengurus sebuah perpustakaan besar bernama Bibliotheca Mystica de Dantalian dan seorang gadis misterius yang berusia berkisar 12 tahun bernama Dalian yang menjadi penjaga perpustakaan tersebut.

Telah diketahui bahwa perpustakaan tersebut memiliki lebih dari 900.000 macam buku yang terkandung kekuatan sihir atau bisa disebut “Genshou” di dalamnya.

Ketika ia bertemu dengan Dalian yang sedang membaca buku, ia memberitahu bahwa ia merupakan pengganti dari kakeknya, Dalian menyetujuinya dengan menjadikan Huey sebagai penjaga kunci tentang pengetahuan yang terdapat dalam dirinya. Kini Huey bersama dengan Dalian berusaha untuk memecahkan misteri yang berkaitan dengan Genshou yang digunakan untuk orang-orang tak bertanggung jawab dimana kebanyakan dari mereka mendapatkan pengaruh yang membuat kondisi mereka berakhir tragis.

Review:
Cerita tentang misteri yang berkaitan dengan buku seperti Hyouka. Namun seri ini menyajikan tujuan cerita tentang para karakter yang berusaha untuk menyegel buku sihir. Suasana yang didapat ketika menonton ini agak mirip dengan Hyouka.

Selain itu unsur mystery dalam seri ini sangat kompleks dengan latar di Negara Inggris sehingga memberikan keunikan dan menjadikan seri ini sebagai rekomendasi daftar Anime Mirip Hyouka terbaik.

13. Kyoukai no Kanata

Kyoukai no Kanata - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 12
Rating MAL : 7.87
Genre : Slice of Life, Supernatural, Fantasy
Sinopsis :
Ini adalah dunia dimana terdapat sebuah makhluk supernatural disebut Youmu, makhluk yang tercipta dari sisi negatif manusia dan muncul dalam berbagai bentuk untuk mengganggu ketenangan manusia. Untuk melawan Youmu dibutuhkan seorang Spirit World Warrior, yaitu sekelompok manusia yang memiliki kekuatan supranatural khusus yang bekerja untuk membasmi Youmu demi perdamaian dunia.

Akihito Kanbara, seorang siswa SMA tahun kedua yang bukan manusia biasa. Ia adalah seorang setengah Youmu yang berasal dari sang ayah yang merupakan Youmu abadi serta Ibunya yang merupakan seorang Manusia.

Pada Suatu hari ketika Akihito menuju ke atap sekolah, ia melihat seorang gadis berambut pendek dan berkacamata bernama Mirai Kuriyama yang diketahui ingin melakukan bunuh diri. Ketika Akihito meminta Mirai untuk tidak melakukan bunuh diri, Mirai menurutinya lalu seketika ia menikam Akihito dengan sebuah pedang darah miliknya.

Karena Akihito merupakan setengah youmu ia memiliki kemampuan abadi sehingga dirinya baik-baik saja setelah tertusuk pedang milik Mirai.

Telah diketahui bahwa Mirai merupakan seorang Spirit World Warrior yang terisolasi dengan kekuatannya. Sebagai satu-satunya anggota klan yang masih hidup, Mirai harus mengemban tugas untuk membasmi para Youmu dengan kemampuan manipulasi darah yang ia miliki. Sebuah pertemuan memberikan berbagai kejadian dimana Kehidupan Mirai berubah berkat bantuan dari Akihito.

Review:
Rekomendasi daftar anime mirip Hyouka yang memiliki animasi yang menakjubkan serta mengambil latar di sekolah. Kemiripan yang dimiliki seri ini adalah kedua seri sama-sama diproduksi oleh studio yang sama sehingga memiliki kemiripan dari Art yang keren. Akan tetapi seri Kyoukai no Kanata memberikan cerita fantasy sedangkan Hyouka menceritakan tentang perisitiwa kenyataan.

12. Detective Conan

Detective Conan - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 900++
Rating MAL : 8.25
Genre : Adventure, Mystery, Comedy, Police, Shounen
Sinopsis :
Di usianya yang masih muda, Shinichi Kudou, remaja yang menginjak usia 17 tahun, sudah menjadi detektif ahli yang sudah memecahkan berbagai kasus dan misteri sulit untuk dipecahkan. Pada suatu hari, tepatnya di taman bermain, Shinichi sedang bersama dengan teman masa kecilnya bernama Ran Mouri. Saat itu Shinchi tidak sengaja melihat dua orang mencurigakan dengan pakaian serba gelap.

Ketika Shinichi diam-diam mengawasi mereka, ia melihat adanya aktivitas ilegal yang dilakukan orang mencurigakan tersebut.

Namun tiba-tiba seseorang memukul Shinichi dan membuatnya pingsan. Supaya identitasnya tidak diketahui, mereka memberikan obat racun kepada Shinichi. Tak lama kemudian, bukannya mati, Shinichi berubah menjadi seorang anak berusia 7 tahun namun dengan ingatan yang masih tetap utuh. Karena kejadian yang ia alami, ia mengubah namanya menjadi Conan Edogawa dan merahasiakan identitasnya dari Ran dan ayahnya yang juga seorang detektif bernama Kogoruu Mouri. 

Setiap ada kasus, Conan diam-diam membantu Kogoro memecahkan misteri dari berbagai kasus pembunuhah sebagai seorang detektif.

Review:
Cerita yang memberikan adanya unsur misteri di dalamnya serta berbagai kasus yang dipecahkan oleh seorang remaja SMA Sama seperti Anime Hyouka. Penyajian cerita secara episodik dengan berbagai cerita tentang macam-macam misteri yang sangat seru dan menegangkan untuk ditonton sehingga membuat seri ini menjadi salah satu Rekomendasi Daftar Anime Mirip Hyouka terbaik.


11. Kamisama no Memochou

Kamisama no Memochou - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 12
Rating MAL : 7.63
Genre : Mystery
Sinopsis :
Cerita berkisar tentang Narumi Fujishima, seorang siswa SMA yang penyendiri dan tidak ingin terlibat dengan siapapun karena kehidupannya yang terus terisolasi teman-temannya. Ketika melakukan sesuatu, ia lebih suka sendiri dan ia memiliki prinsip hidup dimana dirinya tidak ingin menarik perhatian siapapun. Karena sifatnya, Narumi memutuskan untuk masuk ke dalam klub komputer dimana klub tersebut belum memiliki anggota sedikitpun.

Suatu hari ia bertemu dengan salah satu temannya yang bernama Ayaka Shinozaki, gadis yang memilki sifat aktif dan ceria yang berasal dari klub berkebun.

Setelah pertemuan mereka , Ayaka mengajak Narumi untuk bergabung ke klub berkebun dengan paksa dan akhirnya Narumi menyetujuinya walaupun setelah beberapa kali ia menolaknya. Setelah Narumi setuju, Ayaka segera mengajak Narumi ke sebuah toko ramen, tempat dimana Ayaka bekerja paruh waktu. Di ruangan yang berada di atas toko, terdapat sekelompok orang yang diketahui semuanya merupakan seorang NEET. 

Mereka bukanlah seorang NEET biasa melainkan sekelompok detektif yang dipimpin oleh gadis dengan nama Alice yang diketahui memiliki kemampuan hacker luar biasa. Mereka kini sedang menyelidiki kasus tentang hilangnya seorang siswa perempuan dan Narumi sekarang harus terlibat dengan mereka.

Review:
Kamisama no Memochou memiliki cerita penuh misteri yang diselesaikan secara berkelompok dan elemen tersebut membuat anime ini menjadi salah satu daftar anime mirip Hyouka. Selain itu karakter utama perempuan memiliki penampilan dan wajah yang hampir mirip, serta pekerjaan detektif yang dilakukan oleh remaja dengan cerita yang menarik dan seru untuk ditonton.

10. Bungaku Shoujo Movie

Bungaku Shoujo Movie - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 1 (Movie)
Rating MAL : 7.53
Genre : Mystery, Drama, Romance, School
Sinopsis :
Dua tahun yang lalu sebuah kejadian aneh telah terlihat kepada seorang siswa biasa bernama Konoha Inoue yang menginjak bangku SMA tahun pertama. Pada suatu hari ia melihat seorang gadis yang merupakan seniornya sedang berada di bawah Hutan Magnolia. Ia tidak berdiam diri saja disana, namun ia melakukan sesuatu yang aneh, yaitu memakan kertas.

Gadis tersebut bernama Tohko Amano, siswa kelas dua yang merupakan ketua sekaligus satu-satunya anggota klub sastra.

Tohko sangat menyukai buku dan cerita novel, namun ia suka tidak hanya sebagai bacaan namun juga sebagai cemilan. Ia menganggap bahwa setiap cerita yang terdapat dalam kertas yang ia makan memiliki rasa yang berbeda-beda. Mengetahui kebiasaan anehnya diketahui oleh Konoha, Tohko segera memaksanya untuk menjadi anggota klub sastra dan membuatkannya cerita untuk dijadikan cemilan supaya rahasianya tidak terbongkar.

Awalnya Konoha menolak karena tidak bisa menulis, namun ketika ia mencoba menulis sebuah cerita lalu dimakan Tohko,

ternyata cerita yang dibuat Konoha merupakan selera favorit dari Tohko. Kini Konoha sudah memasuki tahun kedua sedangkan Tohko memasuki tahun ketiga. Setiap hari sepulang sekolah, Konoha harus memberikan cerita untuk Tohko sebagai cemilan, namun kehidupan sehari-hari mereka berubah ketika suatu sebuah peristiwa tak terduga telah terjadi.

Review:
Keduanya sama-sama bercerita sekitar klub sastra yang menyelesaikan teka-teki dari sebuah misteri, karakter utama laki-laki dan perempuan yang mengalami perkembangan hubungan, adanya cerita tentang kegiatan dan kehidupan sehari-hari di sekolah, dan karakter utama yang memiliki beberapa kemiripan sehingga memberikan suasana yang sama dengan Hyouka. 

Jika Hyouka merupakan anime TV dengan menyajikan cerita secara per episode maka Bungaku Shoujo merupakan seri Movie yang hanya memiliki satu episode cerita dengan durasi panjang.

9. Ghost Hunt

Ghost Hunt - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 25
Rating MAL : 7.91
Genre : Comedy, Horror, Mystery, Shoujo, Supernatural
Sinopsis :
Menceritakan kisah hantu menjadi hal yang menyenangkan untuk para remaja sekolahan apalagi jika sekolah tersebut memiliki kisah menyeramkan di dalamnya.

Mai Tanimiya, Seorang siswi kelas satu yang sangat senang ketika menceritakan kisah hantu kepada teman-temnnya. Namun saat memasuki pertengahan cerita, seorang pria misterius tiba-tiba muncul dan mengganggu keasyikan mereka. Orang tersebut adalah Kazuya Shiba, pria yang sedang menjalani tugas sebagai anggota Shibuya Psychic Research (SPR) untuk menyelidiki tentang misteri yang terdapat di sekolah tersebut.

Suatu hari saat Mai sedang berjalan menuju ke sekolahnya, ia melihat sebuah gedung mencurigakan dimana terdapat sebuah kamera aneh didalamnya.

Rasa takut menyelimutinya namun ia bersikeras untuk melawan rasa takut tersebut. Ketika ia mulai memberanikan diri untuk masuk, seseorang tiba-tiba muncul dan mengagetkan Mai. Kejadian tersebut membuat orang itu terluka dan kamera aneh yang ternyata merupakan miliki SPR yang sedang dipasang untuk mengawasi ruangan kini telah hancur.

Karena perbuatan yang ia lakukan, Mai harus bertanggung jawab atas kesalahannya dan sebagai gantinya Mai harus menjadi Asisten dari Kazuya dengan membantunya untuk memecahkan misteri dan hal-hal yang berkaitan dengan supernatural.

Review:
Suasana ketika Bagaimana mereka memecahkan misteri hampir sama dengan Anime Hyouka. Selain itu kedua anime juga sama-sama memiliki misteri di dalam sekolah serta para karakter yang melakukan kegiatan seperti seorang detektif. Suasana Misteri dari seri ini juga sama sehingga menjadikan seri ini sebagai salah satu Anime Mirip Hyouka Terbaik.

8. Bakemonogatari

Bakemonogatari - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 15
Rating MAL : 8.37
Genre : Mystery, Supernatural, Romance, Vampire
Sinopsis :
Koyomi Araragi, seorang siswa SMA tahun ketiga yang selamat dari serangan seorang vampir berkat bantuan temanya yang merupakan pria aneh bernama Meme Oshino yang tinggal di bangunan tua. Berkat Oshino nyawa Araragi terselamatkan setelah ia hampir mati karena serangan dari vampir tersebut.

Pada saat itu, setelah penyerangan vampir. Oshino yang melihat Araragi sedang sekarat akhirnya mengubah dirinya menjadi seorang vampir.

Kini sebagai seorang vampir, Araragi memiliki sebuah kemampuan regenerasi super. Kemampuan yang ia miliki setelah dirinya menjadi seorang vampir. Walaupun menjalani kehidupan sebagai vampir, Araragi tetap menjalani kehidupan sebagai siswa SMA biasa bersama dengan temannya yang merupakan anggota OSIS bernama Tsubasa Hanekawa.

Pada suatu hari. Salah satu murid perempuan berambut ungu bernama Hitagi Senjougahara jatuh dari sebuah tangga.

Ketika jatuh, Hitagi segera ditangkap oleh Araragi yang kebetulan sedang berada di dekatnya. Ketika menangkap Hitagi, Araragi menyadari sesuatu yang tidak biasa dari dirinya, yaitu Berat Hitagi yang sangat ringan seperti tidak memiliki berat. Mengetahui Hitagi memiliki masalah yang tidak biasa, Araragi memutuskan untuk membantu Hitagi dengan meminta bantuan kepada teman yang sudah membantunya yaitu Oshino. Hitagi akhirnya menerima bantuan dari Araragi walaupun pada awalnya ia sempat menolak.

Ini adalah Kisah tentang keterlibatan iblis dan dewa, dan juga Araragi yang membantu orang-orang yang menderita karena penyakit karena fenomena supernatural.

Review:
Kemiripan Monogatari series dan Hyouka adalah keduanya berlatar sekolah dan mengandung unsur mystery didalamnya. Namun Monogatari series memiliki unsur supernatural dibalik misteri yang diselidiki. Selain itu keduanya juga memberikan banyak adegan percakapan yang sangat penting untuk dipahami supaya penonton tahu cerita yang diberikan walaupun hal tersebut terkadang membuat penonton bosan.

7. Clannad

Clannad - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 23
Rating MAL : 8.31
Genre : Slice of Life, Comedy, Romance, Supernatural, School, Drama
Sinopsis :
Tomoya Okazaki, seorang remaja yang sedang mengalami hal buruk dimana keluarganya sedang kacau. Ia tinggal bersama ayahnya di sebuah rumah sederhana. Keluarganya sering bertengkar. Ayah dari Tomoya suka mabuk dan pertengakaran keluarganya membuat Impian Tomoya untuk menjadi pemain basket kini telah hancur.

Ketika Tomoya hampir mencapai keputusasaan dan memutuskan untuk menyerah, ia bertemu dengan gadis yang nantinya akan mengubah hidup Tomoya menjadi lebih baik.

Gadis tersebut adalah Nagisa Furukawa, yang kini sedang berdiri di tengah-tengah bukit menuju sekolah. Diketahui bahwa Nagisa ternyata teman seangkatan Tomoya yang gagal lulus sekolah karena penyakit misterius yang ia derita dan membuat dirinya berbulan-bulan tidak masuk sekolah karena deman yang tak kunjung sembuh.

Review:
Daftar Anime mirip Hyouka selanjutnya adalah Clannad yang memiliki kemiripan dari Segi Karakter, Penggambaran, dan konsep cerita. Keuduanya sama-sama di produksi oleh studio Kyoto Animation serta sosok karakter Tomoya membuat kalian teringat dengan Oreki karena sifat dan pengisi suaranya yang sama.

Clannad lebih berfokus terhadap kisah romance yang disajikan secara dramatis sehingga membuat penonton tersentuh dan terdorong untuk terus menonton episode selanjutnya.

6. Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru

Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 12
Rating MAL : 7.47
Genre : Mystery
Sinopsis :
Pada suatu hari Seorang murid SMA biasa bernama Shoutarou Tatewaki yang menghadiri sekolah di Hokkaido bertemu dengan seorang gadis yang cantik.

Namun ia memiliki sifat aneh yang tidak dimiliki oleh perempuan biasa. Sifat aneh tersebut adalah rasa sukanya terhadap tulang-belulang. Ia adalah Sakurako Kujou, seorang osteologi perempuan berusia sekitar 20 tahun yang kehidupannya selalu berkaitan dengan berbagai tulang. Telah diketahui bahwa Sakurakou sering melakukan analasis terhadap tulang yang ia temukan di berbagai tempat, lalu merekonstruksinya sebagai koleksi.

Terkadang kemampuan yang ia miliki dibutuhkan oleh Kepolisian Prefektur Hokkaido untuk menyelesaikan berbagai kasus dengan menyelidiki tulangnya.

Rasa sukanya terhadap tulang membuat dirinya sedikit apatis tentang dunia sosial dan sekitarnya. Suatu ketika Ia menunjuk Shoutarou sebagai asisten tetap. Shoutarou mungkin tidak mengetahui tentang tulang-belulang, namun hal yang pasti ia tahu bahwa dirinya akan terlibat dalam berbagai kasus yang terkait dengan mayat.

Review:
Anime ini merupakan dengan cerita bergenre mystery sama seperti Hyouka namun, seri ini lebih sering memecahkan berbagai kasus tentang pembunuhan mengetahui sang karakter utama memiliki kemampuan menganilis tulang yang berarti berasal dari suatu mayat.

Selain adanya genre mystery, seri ini memiliki kesamaan dari penggambaran sehingga memberikan suasana yang mirip, adanya unsur slice of life, plot menarik, dan lain-lain yang membuat seri ini menjadi salah satu rekomendasi daftar anime mirip Hyouka.


5. Chuunibyou demo Koi ga Shitai!

Chuunibyou demo Koi ga Shitai! - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 12
Rating MAL : 7.88
Genre : Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, School
Sinopsis :
Setiap orang mempunyai jalan kehidupan yang berbeda-beda, salah satunya adalah rasa ingin menjadi orang yang dianggap istimewa dan merasa memiliki atau diberkahi sebuah kekuatan khusus, kekuatan mistis dan hal-hal seperti yang bersifat fantasi. Orang-orang yang memiliki pikiran seperti itu merupakan orang yang mengidap sebuah kelainan yang bernama “Chuunibyou”. 

Cerita berkisar tentang Yuuta Togashi, remaja laki-laki yang semasa SMPnya merupakan seorang Chuunibyou dengan menyebut dirinya “Dark Flame Master”. 

Karena sifatnya, hidup SMP nya dipenuhi dengan hal-hal buruk dan Kini ia memutuskan untuk menjadi remaja normal dan membuang kebiasaan anehnya. Untuk menghindari sepenuhnya dari masa-masa buruk ketika masih SMP. Ketika melanjutkan pendidikannya ke bangku SMA, Yuuta memilih sekolah yang jauh dari tempat SMP nya supaya tidak bertemu orang yang mengenal dirinya terutama teman-teman SMP nya.

Sayangnya, ketika ia mulai masuk sekolah SMA untuk pertama kali, harapan untuk menjadi remaja normal telah terganggu dengan hadirnya murid Chuunibyou bernama Rikka Takanashi yang menjadi teman sekelasnya. Rikka menyebut dirinya sebagai “Wicked Eye” dengan menutup salah satu matanya dan menganggap bahwa terdapat kekuatan misterius yang tersegel di dalamnya.

Ternyata hal mengejutkan sekali lagi terjadi pada Yuuta bahwa Rikka ternyata merupakan tetangganya.

Review:
Kedua seri sama-sama buatan studio Kyoto Animation sehingga memiliki kemiripan dari desain karakter maupun dari Artwork. Selain itu sang karakter utama juga sama-sama berhadapan dengan gadis unik dimana karakter utama tersebut ingin menjadi orang normal namun terganggu dengan adanya sang karakter utama perempuan.

Serta adanya unsur romance dan comedy dengan berlatar di sekolahan. Namun unsur comedy dari Chuunibyou demo Koi ga Shitai lebih menonjol karena seri tersebut mengutamakan genre tersebut serta tidak adanya elemen mystery di dalamnya.

4. Kokoro Connect

Kokoro Connect - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 13
Rating MAL : 7.95
Genre : Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, Romance, School
Sinopsis :
Akademi Yamaboshi merupakan tempat dimana 5 siswa bersekolah. Mereka terdiri dari: Iore Nagase, perempuan yang selalu ceria, optimis namun ragu-ragu; Taichi Yaegashi, seorang penggemar gulat hardcore; Yui Kiriyama, gadis cantik yang jago dalam karate; Himeko Inaba, perempuan yang jenius dalam computer dan bersifat santai; dan Yoshifumi Aoki, laki-laki yang ceria yang menjadi badut kelas.

Telah diketahui bahwa mereka sedang mencari klub yang cocok untuk mereka.

Setelah menyadari bahwa tidak ada satupun yang cocok, mereka bersatu dan membentuk klub dengan nama Klub Penelitian Budaya (Cultural Research Club) yang disingkat C.R.C. Mereka menjalani aktivitas sehari-hari normal tanpa adanya hal yang aneh. Tetapi pada suatu hari, suatu fenomena aneh terjadi pada mereka dan mengubah hidup mereka menjadi berantakan. Fenomena tersebut berupa sebuah pertukaran tubuh.

Diawali dengan Aoki dan Yui yang saling bertukar tubuh setelah itu dilanjutkan dengan kejadian yang sama antara Aoki dan Yui. Setelah itu kelima remaja tersebut telah mengalami semua secara acak.

Review:
Memberikan cerita tentang kejadian supernatural yang terjadi pada remaja sekolahan, berlatar sekolah, dan adanya elemen mystery di dalamnya. Namun mystery dalam seri ini merupakan mystery tentang kasus pergantian tubuh yang dialami mereka. Artwork yang disajikan juga agak mirip dengan Hyouka serta kedua seri sama-sama memiliki unsur slice of life di dalamnya.

3. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. (Oregairu)

Oregairu - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 13
Rating MAL : 7.95
Genre : Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, Romance, School
Sinopsis :
Hachiman Hikigaya merupakan seorang siswa SMA yang memiliki sifat tidak peduli terhadap suatu hal dan jarang bahkan tidak pernah bersosialisasi. Ia mempercayai bahwa teman menyenangkan hanyalah sebuah lelucon belaka. Hachiman memandang orang-orang yang mengatakan bahwa mereka bersemangat dalam menjalani kehidupan remaja mereka sebagai orang bodoh yang menipu diri mereka sendiri.

Ketika Hachiman menghina tentang hubungan sosial di dunia modern,

ia dihukum oleh gurunya dengan memaksanya bergabung ke dalam klub bernama klub Volunteer Service, yaitu klub yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada murid yang ingin mencapai tujuan mereka. Tentunya ia tidak sendiri, Hachiman ditemani oleh salah satu anggota klub Volunteer Service bernama Yukino Yuknoshita, gadis cantik yang memiliki sifat dingin sehingga dirinya dijuluki sebagai “Sang Ratu Es”. 

Kini dengan bergabung ke klub tersebut, Hachiman harus berhadapan dengan hal yang tidak ia sukai, yaitu terlibat dengan masalah orang lain. Untuk menjalani hukumannya ia bekerja sama dengan Yukino. Mampukah bergabungnya Hachiman ke dalam klub Volunteer Service dapat membuat dirinya mengubah pandangan tentang dunia sosial modern?

Review:
Daftar Anime Mirip Hyouka dengan cerita romcom yang menghibur dan menarik. Kemiripan anime ini dengan Hyouka adalah karakter utama yang memiliki sifat dingin dan apatis, setelah itu sang karakter utama terlibat dalam sebuah kegiatan klub dengan terpaksa dan di dalam klub tersebut terdapat sang tokoh utama perempuan.

Namun Oregairu lebih fokus menceritakan kehidupan sehari-hari dan romance tanpa adanya unsur mystery di dalamnya. Namun ketika menoton Seri ini kalian akan meraskan suasana yang sama di dalamnya.

2. Gosick

Gosick - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 24
Rating MAL : 8.19
Genre : Mystery, Historical, Drama, Romance
Sinopsis :
Memasuki abad ke-20 berkisar di wilayah “Sauville” atau “Saubure” yang berada di Negara Perancis. Disana bediri sekolah mewah dengan nama Saint Marguerite Academy yang dikenal sebagai sekolah dengan cerita horronya. Sekolah tersebut telah kedatangan seorang murid pindahan baru bernama Kazuya Kojou, remaja asal Jepang yang berasal dari petinggi pasukan tetara Jepang.

Rambut hitamnya yang pekat membuat Kojou dipanggil teman-temannya dengan nama “Black Reaper” yang merupakan julukan dari sebuah Legenda Horror.

Diketahui murid-murid disana sangat suka membicarakan tentang cerita horror atau sebuah legenda menakutkan. Untuk itu, supaya Kojou dapat berteman dengan para murid disana, ia masuk ke dalam perpustakaan sekolah untuk membaca berbagai cerita legenda horror didalamnya. Namun ketika masuk disana, Kojou melihat sosok gadis berambut pirang yang sedang sendirian.

Ia adalah Victorique de Blois, gadis yang selalu menghabiskan waktunya ke perpustakaan untuk memecahkan berbagai misteri dan kasus seperti pembunuhan.

Kini Kojou telah memulai hubungan dengan Victorique dan seiring berjalannya waktu mereka terlibat dengan berbagai misteri dan berbagai kasus yang sulit untuk dipecahkan.

Review:
Cerita berlatar sekolah yang didalamnya terdapat adanya misteri. Jika Hyouka menceritakan tentang misteri di dalam ruangan klub, Maka Gosick menceritakan tentang berbagai misteri di sekolah.

Kedua karakter utama laki-laki dan perempuan bersama-sama memecahkan sebuah misteri didalamnya lalu sebuah ikatan khusus mulai mengikat dalam diri mereka. Ini adalah anime dengan cerita menakjubkan dan merupakan salah satu rekomendasi daftar anime mirip Hyouka terbaik.

1. Suzumiya Haruhi no Yuutsu

Suzumiya Haruhi no Yuutsu - Daftar Anime Mirip Hyouka

Jumlah Episode : 14
Rating MAL : 7.99
Genre : Comedy, Mystery, Parody, School, Sci-Fi, Slice of Life
Sinopsis :
Kyon, hanyalah sekedar seorang pelajar SMA biasa yang sinis dan telah membuang keyakinanya tentang percaya kepada hal-hal yang berkaitan dengan supernatural. Namun keyakinannya mulai muncul kembali setelah bertemu dengan Haruhi Suzumiya, seorang gadis aktif dan ceria yang juga menyukai hal-hal supernatural atau hal-hal yang belum pasti keberadaanya seperti alien, perjalanan waktu, esper dan sebagainya

Karena tidak ada klub yang cocok dengan Haruhi, ia berdiskusi bersama Kyon dan akhirnya memutuskan untuk membuat klub sendiri dengan nama SOS Brigade, klub khusus untuk membahas tentang hal-hal gaib.

Setelah mengumpulkan beberapa murid ke dalam klub. Jadilah anggota SOS Brigade yang terdiri dari: Yuki Nagato, gadis kutu buku yang pendiam dan memiliki sifat yang dingin; Mikuru Asahina, seorang gadis pemalu dan sering berbicara dengan nada pelan; dan Itsuki Koizumi, laki-laki yang selalu menunjukkan sikap ceria.

Pada suatu hari dalam keseharian sebagai anggota Klub SOS Brigade, mereka mulai mengalami berbagai kejadian dan petualangan unik serta mengalami sebuah mimpi aneh.

Review:
Anime buatan Kyoto Animation yang akan membuat kalian berpikir dan terus berpikir karena cerita yang disajikan agak rumit dan membingungkan. Selain itu unsur mystery dari seri ini akan membuat kalian penasaran dengan cerita selanjutnya.

Cerita yang melibatkan adanya misteri di dalam klub yang dipecahkan bersama-sama oleh anggota di sekitar klub tersebut. Dalam seri ini Terdapat beberapa episode yang memberikan pengulangan yang membuat kalian terdorong untuk berpikir bagaimana penonton memahami cerita ini sehingga menjadi salah satu rekomendasi Anime Mirip Seperti Hyouka.
Previous
Next Post »