40 Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Manga Romance terbaik, daftar manga romance terpopuler, menjadi hal yang sangat dicari oleh para pembaca komik atau manga. Mungkin beberapa orang menganggap bahwa semua manga romance populer pasti akan diadaptasi menjadi anime.

Namun sebenarnya tidak semua seri yang bagus diadaptasi menjadi anime bahkan yang sudah tamat sekalipun. Jika kalian menelurusi lebih banyak lagi tentang dunia manga, maka kalian akan menemukan manga romance dengan cerita yang luar biasa dan menakjubkan untuk dibaca. Pada kali ini Animenoem akan memberikan rekomendasi daftar manga romance terbaik sepanjang masa.



40. Ane Doki

Ane Doki - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 26
Rating MAL : 7.57
Genre : Comedy, Ecchi, Romance, School, Shounen
Sinopsis :
Gadis yang Memiliki wajah cantik dan mampu mengurus berbagai pekerjaan rumah tangga muncul dalam hidup seorang remaja 13 tahun bernama Kouta Ochihai yang menjalani kehidupan biasa dan sering dianggap sebagai anak kecil karena ukuran tubuhnya sehingga membuat dirinya merasa kesal. Ia adalah gadis misterius yang meminta Kouta untuk membagi es krimnya ketika mereka saling bertemu, lalu mengatakan Kouta cabul dan menganggapnya dirinya berpikiran yang tidak-tidak karena melihatnya memakan es krim.

Setelah perkataan gadis tersebut, Kouta merasa malu dan bergegas pergi meninggalkannya dan menjatuhkan sebuah buku sekolah miliknya.

Sebuah masalah terjadi pada Kouta, dimana ayahnya harus pergi karena pekerjaan dan meninggalkan Kouta sendirian. Hal tersebut tentu merupakan suatu masalah bagi Kouta karena ia tidak bisa mengurus dirinya sendiri. Tak lama kemudian gadis yang ia temui sebelumnya bertemu dengan Kouta kembali. Gadis tersebut bernama Natsuki Hagiwara, Ia mengembalikan buku yang tertinggal dan menawarkan Kouta untuk merawatnya selama ayahnya pergi.

 Itu bukanlah hal yang bagus bagi Kouta karena Natsuki menganggapnya sebagai anak kecil.

Namun Natsuki mengatakan suatu hal kepada Kouta bahwa untuk menjadi dewasa, ia tidak boleh lari dari apa yang ia ingin lakukan. Hal tersebut membuat Kouta menemukan keberaniannya kembali dan ia mulai menunjukkannya ketika gadis idola yang ia sukai sedang diganggu oleh beberapa anak nakal dengan memberinya pelajaran walaupun dirinya juga sempat dipukul beberapa.

Selain itu Kouta akhirnya juga menerima Natsuki dan menganggapnya sebagai orang baik.

Review:
Manga Romance terbaik sepanjang masa dengan bumbu ecchi namun, dalam cerita ini tidak hanya disajikan ecchi saja akan tetapi terdapat beberapa hal yang menarik di dalamnya. Beberapa cerita yang memiliki makna dan pelajaran yang dapat diambil serta awalan cerita yang bagus dimana cinta tokoh utama terjadi secara tidak sengaja seiring berjalannya cerita.

39. Yandere Kanojo

Yandere Kanojo - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 157
Rating MAL : 7.67
Genre : Comedy, Romance, School, Shounen
Sinopsis :
Sebuah manga gag atau manga comedy karya “Shinobi” tentang perjalanan kisah cinta unik dan lucu antara dua orang yang memiliki sifat berlawanan yaitu sifat culun dan yandere.

Akan tetapi istilah yandere tidak mengarah ke seseorang yang memiliki sifat psikopat namun arti kata yandere mengarah pada arti “yankee” dan “dere-dere” yang artinya merupakan seorang pembuat onar. Manabu Tanaka seorang remaja biasa yang memilik penampilan layaknya orang culun bertemu dengan seorang gadis yang memiliki sifat nakal bernama Reina Ryuuzaki yang sedang membawa seekor kelelawar berdarah.

Pertemuannya dengan Reina membuat Tanaka meraskan sebuah perasaan cinta pada pandangan pertama, dan dari sini kisah comedy romantis mereka dimulai.

Review:
Sesuai pada penjelasan pada sinopsis, memang seri ini berjudul “Yandere Kannojo”. Namun itu bukan berarti bahwa heroine pada seri ini memiliki sifat yandere yang mengarah ke dalam sebuah cinta seorang psikopat seperti karakter Yuno Gasai sebagai conthonya, namun yandere yang dimaksud bukan seperti itu melainkan hanya penjelasan bahwa heroine tersebut merupakan seorang pembuat onar (seperti yang sudah dijelaskan pada sinopsis).

Tidak ada hal yang istimewa dalam kisah cinta mereka selain cerita-cerita lucu dan menghibur yang dilakukan oleh pasangan tersebut. walaupun hanya berisi comedy, namun manga ini sangat lucu dan menarik sehingga sangat direkomendasi terutama bagi kalian yang suka manga romcom.

38. Yasashii Sekai no Tsukurikata

Yasashii Sekai no Tsukurikata - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 37
Rating MAL : 7.64
Genre : Drama, Romance, School, Shounen
Sinopsis :
Dalam usianya yang masih muda, Yuu Tomonaga telah diterima di salah satu Universitas Amerika pada usia 13 tahun. Ia dikenal sebagai pra yang sangat jenius, ketika memasuki umur 19 tahun, ia sudah menjadi telah memiliki sertifikat resmi dan telah melakukan sebuah penelitian tentang teori miliknya.

Akan tetapi di tengah penelitiannya, Yuu merasakan kekesalan karena tiba-tiba proyeknya kekuarangan dana yang disebabkan oleh perusahaan yang mendukungnya secara tiba-tiba menarik dananya. Untuk melanjutkan proyek miliknya, Yuu memutuskan untuk mundur sementara dari proyek dan pindah ke Jepang untuk melanjutkan penelitiannya sendiri. Namun sayangnya ia segera kehabisan dana dan bahkan ia tidak memiliki cukup uang untuk kebutuhan sehari-hari.

Ketika Yuu mulai terpojok, kenalan lamanya membantu Yuu dengan menawarkan sebuah pekerjaan untuknya yang mungkin dapat mengatasi masalahnya walaupun hanya untuk jangka pendek.

Namun Yuu terkejut bahwa ternyata ia ditawari pekerjaan sebagai guru di sebuah sekolah perempuan dan menggantikan seorang guru sebelumnya yang memiliki sifat cabul. Awalnya Yuu ingin segera kembali ke penelitiannya dan ingin pergi secepatnya dari pekerjaanya, namun setelah bertemu dengan salah satu gadis dari kelasnya yang bernama Hirose Aoi ia memutuskan untuk terlibat lebih dalam sebagai seorang guru. Telah diketahui bahwa Aoi menyembunyikan sebuah rahasia. Aoi sebenarnya merupakan anak jenius yang bersekolah di sekolah biasa.

Namun Sebenarnya apa tujuan Aoi merahasiakannya? mengapa gadis jenius sepertinya bisa berkseolah di tempat seperti itu?

Review:
Yasashii Sekai no Tsukurikata adalah satu rekomendasi daftar manga romance terbaik sepanjang masa yang berikutnya.

Seni yang dibuat cukup bagus, desain karakternya juga dibuat halus, Awalan cerita dibuat menarik, dimana tokoh utama seorang ilmuan menjadi guru di sekolah perempuan untuk mendapatkan uang demi penelitiannya lalu bertemu dengan dua gadis yang mulai memasuki kehidupan sang tokoh utama. gadis pertama merupakan seorang korban pencabulan dari guru sebelumnya dan yang kedua adalah gadis yang tampak biasa namun sebenarnya jenius.

Setiap cerita mengembangkan tentang sang tokoh utama dalam mendapatkan pengalaman sebagai guru serta seiring waktu mulai terlibat dalam kisah romantis yang menarik.

37. Switch Girl!!

Switch Girl!! - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 170
Rating MAL : 7.59
Genre : Comedy, Romance, School, Shoujo
Sinopsis :
Dalam diri Nika Tamaiya terdapat sebuah hal seperti tombol yang dapat mengubah dirinya secara 180 derajat. Nika dikenal sebagai gadis paling cantik dari SMA Shuuei yang terkenal di kalangan laki-laki dan sering muncul di majalah. Selain cantik, Nika juga sangat ramah dan banyak orang yang merasa senang ketika berteman dengannya. Akan tetapi hal tersebut merupakan sebuah tombol “ON” dari dalam dirinya.

Ketika di luar sekolah, Nika memasuki mode “OFF” dalam dirinya dimana ia bertingkah laku dan berpakaian berantakan, mengenakan kacamata , berpenampilan culun, serta melakukan hal sesukanya yang membuat sisi feminimnya menghilang.

Untuk menyembunyikan identitasnya, ketika berpergian untuk belanja, Nika memilih tempat yang jauh dimana tidak ada yang mengetahui dirinya. Akan tetapi identitasnya segera terungkap setelah kehadiran seorang murid kutu buku bernama Arata Kamiyama sebagai murid pindahan, yang juga memiliki dua sisi kepribadian yang berbeda seperti Nika. Namun mode ON dan OFF milik Arata terbalik dengan Nika. Ketika di sekolah di diperlihatkan sebagai pria payah kutu buku yang merupakan soerang otaku.

Akan tetapi ketika di luar sekolah, Arata melepaskan kacamatanya dan mengubah penampilannya menjadi pria yang menawan.

Review:
Menempatkan karakter utama sebagai sosok yang populer mungkin sering diterapkan di sebagian seri romance shoujo. Namun dari manga ini tokoh utama memiliki dua kepribadian yang berbeda sehingga memberikan kesan unik dan sangat menghibur. Banyak kejadian-kejadian lucu yang kalian temukan di manga ini dan humornya sangat begitu terasa yang disisipi dalam cerita romance.

36. 14-sai no Koi

14-sai no Koi - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : -
Rating MAL : 7.67
Genre : Comedy, Romance, School, Josei
Sinopsis :
Ini adalah kisah tentang dua remaja yang sebentar lagi memasuki fase dewasa namun menolak kedewasaan yang mereka miliki.

Mereka berdua sama-sama memilki kecerdasan diatas rata-rata. Mereka adalah Kazuki Yoshiwaka dan Kanata Tanaka. Keduanya dianggap sebagai murid sempurna oleh teman-teman maupun guru mereka. Setiap hari mereka mendapatkan pujian oleh teman-temanya dan kedua murid tersebut dianggapa layaknya orang dewasa. Namun ketika orang lain tidak mengetahuinya, keduanya berperilaku seperti sejak mereka masih kecil dahulu dan ternyata sikap dewasa mereka hanyala sebuah akting belaka.

Namun dalam usia mereka yang sudah menginjak 14 tahun, tanpa sadari mereka mulai merasakan sebuah cinta pertama sebagai pergolakan dalam masa pubertas dan mulai menyadari bahwa sifat kekanak-kanakan merekalah yang sebenarnya merupakan akting.

Kini untuk mengawali dalam menerima perasaan yang mereka rasakan, mereka memutuskan untuk mengawalinya dengan berpacaran.

Review:
Salah satu rekomendasi manga romance terbaik sepanjang masa yang memiliki cerita romance yang ditambah dengan comedy ringan agar membuat pembaca tidak mudah bosan dan terus terhibur dengan setiap kisah yang disajikan per-chapternya. Kalian akan mendapatkan sebuah kesenangan ketika mulai menikmati manga ini dan perkembangan karakter serta cerita yang disajikan dengan baik dan mengesankan.

35. Iris Zero

Iris Zero - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : -
Rating MAL : 8.07
Genre : Mystery, Drama, Fantasy, Romance, School, Supernatural, Psychological, Seinen
Sinopsis :
Ini adalah dunia dimana manusia memiliki sebuah kemampuan yang disebut Iris, kemampuan yang dapat menunjukkan sebuah hal untuk menentukan apa yang terjadi sebelumnya atau selanjutnya.

Setiap anak yang lahir memiliki kemungkinan 99% untuk mendapatkan kemampuan iris dan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa sebagian besar anak memiliki kekuatan tersebut. Namun mereka yang mendapatkan 1% dimana tidak memilki kekuatan Iris, maka akan dijadikan sebagai bahan ejekan, dianggap rendahan dan diabaikan. Tooru Mizushima seorang remaja yang menjadi salah satu dari anak 1% yang tidak memiliki kekuatan Iris, atau bisa dikatakan sebagai “Iris Zero”.

Hidup dengan penuh intimidasi di masa anak-anaknya hingga sekarang, namun Tooru selalu tegap dan bertahan karena mottonya yaitu: “Perhatian Nol, tetap tegap dan tetap untuk tidak menonjol”. Akan tetapi kehidupannya mulai rumit ketika dirinya diakui oleh seorang gadis populer bernama Koyuki Sasamori yang tiba-tiba muncul di kelas Tooru lalu memintanya untuk pergi bersamanya.

Kini kehidupan yang sudah biasa Tooru jalani mulai berubah dan ia mulai menjalani kehidupan baru yang membuat Mottonya mulai goyah.

Review:
Rekomendasi Daftar Manga Romance terbaik sepanjang masa yang akan membuat kalian ketagihan dengan setiap cerita yang disajikan. Cerita romance yang akan membuat pembaca tersenyum dan tidak menduga dengan beberapa plot twist yang diberikan.

Namun cerita tidak hanya fokus kepada romance namun juga konflik-konflik lain yang disajikan dengan baik sehingga akan membuat kalian terkagum-kagum ketika membacanya.

34. Yumemiru Taiyou

Yumemiru Taiyou - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 53
Rating MAL : 7.85
Genre : Romance, Shoujo
Sinopsis :
Menjalani hidup kurang bahagia dialami oleh seorang remaja bernama Shimana Kameko yang tinggal di rumahnya yang ia anggap sebagai rumah orang asing karena Shimana merasa bahwa rumah tersebut bukan miliknya. Kehidupan kurang bahagia Shimana mulai terjadi setelah ibunya meninggal, lalu ayahnya memutuskan untuk menikah kembali dan dikaruniai seorang anak yang terus menjadi pusat perhatian orang tuanya sehingga membuat Shimana merasa terabaikan.

Untuk melarikan diri dari kehidupannya yang menyedihkan, Shimana mencoba untuk melarikan diri dari rumah dan bolos sekolah.

Ia hanya berjalan-jalan memutari sebuah taman dan bertemu dengan seorang pria aneh misterius yang mengenakan pakaian kimono bernama Fujiwara Taiga. Telah diketahui bahwa Taiga sedang terkunci dari luar rumah dan ketika bertemu dengan Shimana ia menawarkan sebuah tempat tinggal untuknya dengan harga sewa yang terjangkau. Namun untuk tinggal di rumahnya, ia memberikan tiga syarat kepada Shimana yang terdiri dari: Shimana harus memberitahu keluarganya bahwa ia sedang lari dari rumah, meminta kunci dari orang yang ia kenal bernama Zen, dan memiliki sebuah impian yang dicapai.

Setelah syaratr tersebut terpenuhi, kini Shimana harus tinggal di kediaman dimana terdapat tiga pria yang menciptakan sebuah hubungan cinta dari dalam diri Shimana.

Review:
Hal yang menarik pada seri ini adalah karakter utama yang menjalani hidup baru di sebuah rumah bersama dengan tiga orang pria yang memiliki masing-masing sifat unik dan berinteraksi dengan mereka. Art yang dibuat juga dibuat realistis dan mengesankan serta memiliki keunggulan lain yang membat seri ini menjadi salah satu rekomendasi daftar manga romance terbaik sepanjang masa.

33. Kore wa Koi no Hanashi

Kore wa Koi no Hanashi - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 45
Rating MAL : 7.96
Genre : Drama, Romance, Shoujo, Slice of Life
Sinopsis :
Kisah cinta tidak biasa antara pasangan yang memiliki jarak umur yang cukup jauh. Shinichi Utsumi merupakan seorang penulis novel yang telah mencapai kepopuleran.

Namun di tengah dirinya yang terkenal entah mengapa Shinichi merasa sangat bosan dan menderita dengan kepopuleran yang ia miliki. Untuk itu Shinichi memutuskan untuk pindah ke rumah neneknya yang berada di sebuah pedesaan untuk menenangkan diri dari masalah yang ia miliki agar dapat memfokuskan diri dalam menulis. Tak lama kemudian ketika Shinchi menjalani kehidupan tenangnya, seorang gadis sekolahan bernama Haruka Morimoto datang ke depan rumah Shinichi dengan membawa seekor anak kucing.

Tujuan kedatangannya adalah untuk meminta ijin membesarkan anak kucing tersebut di halaman rumahnya.

Tatapan dari gadis tersebut membuat sebuah reaksi yang tak terduga dan akhirnya Shinichi menyetujui permintaan tersebut. Setelah Haruka muncul di kehidupan Shinichi, mereka mulai saling mengenal yang berkembang menjadi sebuah hubungan pertemanan.

Review:
Sebuah kisah cinta yang tidak wajar tentang pria yang sudah berumur 31 tahun dan gadis sekolahan yang masih menginjak usia 10 tahun.

Kisah cinta tersebut mungkin akan membuat banyak pembaca yang mengira sang karakter utama laki-laki seperti seorang lolicon atau pedofil. Namun sebenarnya manga ini tidak memiliki cerita seperti itu. Ini adalah kisah manga romance terbaik sepanjang masa yang sebenarnya sangat menyentuh hati dengan drama yang mengesankan dan akan membuat perasaan kalian terbawa hingga meneteskan air mata.

32. Tomo-chan wa Onnanoko!

Tomo-chan wa Onnanoko! - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : -
Rating MAL : 8.16
Genre : Comedy, Romance, School
Sinopsis :
Perjuangan cinta Tomo Aizawa belum berakhir dan masih berlanjut.

Tomo meruapakan seorang gadis tomboy yang memiliki penampilan dan sifat seperti laki-laki. Ketika mulai memasuki sekolah SMA, Tomo akhirnya telah mengungkapkan perasaan kepada Junichirou Kubota Atau biasa dipanggil Jun, seorang pria yang merupakan teman masa kecil Tomo sekaligus tetangganya. Entah mengapa setelah Tomo menyatakan perasaannya, perlaukan Jun kepada Tomo masih sama saja, yaitu menganggapnya sebagai teman. Mungkin hal tersebut karena Jun menganggap Tomo sebagai teman laki-laki sehingga ia tidak pernah memandangnya sebagai perempuan .

Untuk itu pengakuan tersebut hanya sekedar lewat di pikiran Jun saja dan sia-sia. Tomo kini harus terus berusaha untuk membuat Jun menyadari bahwa ia benar-benar menyukainya dan meyakinkannya.

Review:
Salah satu rekomendasi Daftar Manga romance terbaik sepanjang masa yang akan membuat pembaca tertawa ketika melihat tingkah lucu yang dilakukan oleh kedua karakter terutama Jun yang telah memandang Tomo sebagai seorang laki-laki tanpa melihat sisi feminimnya. Cara pengembangan cerita yang dibuat tak terduga dan akan membuat para pembaca tertarik untuk terus membacanya.

31. Taishou Otome Otogibanashi

Taishou Otome Otogibanashi - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 42
Rating MAL : 8.19
Genre : Comedy, Historical, Romance, Shounen, Slice of Life
Sinopsis :
Cerita memasuki pada tahun 1920-an yang berkisar tentang salah satu anggota keluarga kaya bernama Tamahiko Shima. Ia berasal dari keluarga Shima yang dikenal sebagai keluarga sangat kaya dan diberkati nasib dan keberuntungan yang baik. Dalam Kehidupan Tamahiko, ia sudah memiliki segalanya. tak ada yang ia inginkan kecuali kasih sayang orang tuanya.

Akan tetapi kehidupannya berubah 180 derajat setelah sebuah kecelakaan yang membuat dirinya kehilangan ibunya dan membuat salah satu lengannya lumpuh.

 Setelah kecelakaan tersebut, kehidupan Tamahiko dipenuhi sebuah rasa putus asa. Ia sudah tidak dianggap lagi oleh ayahnya dan tidak ingin menjadikannya sebagai ahli waris karena kecacatanya dan ia diusir lalu dipindahkan di sebuah desa dimana ia tidak bisa mencemari nama keluarganya. Kehidupan Tamahiko dipenuhi kegelapan dan rasa putus asa. Tidak ada hal lain selain kematian yang ia pikirkan. Akan tetapi seorang gadis membawa harapan Tamahiko.

Telah diketahui bahwa gadis tersebut merupakan kiriman untuk Tamahiko dengan menjadikannya sebagai pengantin. Ia adalah Yuzuki Tachibana, setiap hari ia merawat Tamahiko dengan baik. Sebuah cahaya harapan menyinari kehidupan Tamahiko yang membuatnya memiliki sebuah harapan untuk hidup kembali.

Review:
Manga Romance yang memberikan unsur historical di dalamnya supaya memiliki aura yang berbeda dari manga yang lainnya. Kisah cinta yang disajikan secara sederhana, dan murni yang membuat kalian tersenyum sendiri . Selain itu karakternya sangat mendukung dan disukai walaupun awalnya terdapat hal yang tidak disukai dari karakter utama karena sifatnya yang pesimis.

30. Hibi Chouchou

Hibi Chouchou - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 83
Rating MAL : 7.73
Genre : Romance, School, Shoujo, Slice of Life
Sinopsis :
Dari menginjak sekolah dasar, seorang gadis cantik bernama Suiren Shibazeki selalu menjadi pusat perhatian oleh para murid terutama murid laki-laki. Hal tersebut membuatnya terganggu dan Suiren berusaha selalu menghindari diri dari pusat perhatian para murid. Kepopuleran Suiren terus terjadi dari masa sekolah SMP. Ia memutuskan untuk masuk ke sekolah khusus perempuan dengan tujuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan namun sayangnya ia tertekan oleh teman-teman sekelasnya.

Di kehidupan SMA nya, Suiren kembali memasuki sekolah campuran dan menjadi pusat perhatian dimana pandangan mereka selalu tertuju pada Suiren.

Namun kini ia menjadi gadis dengan sosok yang dingin karena kurang bersosialisasi dan hal tersebut membuat dirinya dijuluki “Takane no Hana” atau “Bunga di Puncak” yang artinya ia sangat cantik namun sulit untuk diraih. Kehidupan Suiren di masa SMA nya mulai mengalami perubahan setelah hadirnya seorang murid baru bernama Kouha Kawasumi yang dikenal sangat ahli karate dan memiliki sifat pendiam sama seperti dirinya. Ketika Suiren sedang diganggu oleh beberapa murid laki-laki, Kouha segera menyelamatkannya.

Suiren segera tertarik dengannya karena Kouha merupakan murid laki-laki yang bersikap biasa kepada dirinya dan pertemuan tersebut menciptakan sebuah hubungan romantis dua remaja yang pendiam.

Review:
Manga Shoujo yang memilki cerita tidak biasa dimana dua orang yang memiliki sifat sama menjadi sebuah pasangan romantis. Plot yang disajikan dengan ringan dan sederhana membuat manga ini tampak menenangkan untuk dibaca serta perkembangan karakter yang dibuat dengan baik. Jika kalian mencari Manga romance terbaik yang memiliki cerita menarik ini bisa menjadi rekomendasi untuk kalian.

29. Domestic na Kanojo

Domestic na Kanojo - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : -
Rating MAL : 7.60
Genre : Drama, Romance, School, Shounen
Sinopsis :
Terlalu memalukan mungkin jika mencintai seorang guru yang lebih tua dari diri kita sendiri. Hal tersebut dialami oleh seorang remaja SMA biasa bernama Natsuo Fuuji yang memiliki perasaan terhadap guru SMA nya yang memiliki sifat sifat ceria bernama Hina Tachibana. Ia sangat ingin menghabiskan waktu luangnya untuk mendekati Hina namun ia tidak memiliki keberanian untuk melakukannya.

Akhirnya Natsuo memutuskan untuk melupakan perasaannya kepada Hina dengan berkumpul bersama teman-temannya.

Namun tak lama kemudian, seorang gadis misterius bernama Rui Tachibana datang menemui Natsuo dan tiba-tiba mengajak Natsuo untuk tidur bersamanya. Natsuo tidak tahu tujuan dari ajakan Rui yang ingin mengajak tidur bersama padahal dalam diri Rui tidak ada rasa cinta di dalamnya dan hanya ingin tidur karena ia masih perawan dan merasa ragu untuk bisa mendapatkan pacar.

Namun Natsuo menyetujuinya karena hal tersebut mungkin dapat membuat perasaannya tentang Hina dapat menghilang.

Setelah mereka tidur bersama, Natsuo merasa bersalah karena telah merenggut kesucian seorang gadis yang tak ia sukai. Selain itu secara tiba-tiba ayahnya telah menikah kembali dan Natsuo kedatangan dua saudara tiri yang terlalu baik dan mereka tidak lain ternyata adalah Rui dan Hina. Kini Natsuo harus menjalani kehidupan bersama dengan perempuan yang ia cintai dan perempuan yang telah ia renggut keperawanannya.

Review:
Dilihat dari sinopsis, terdapat sebuah kejutan awal yang tak terduga dimana perempuan yang dicintai oleh tokoh utama laki-laki adalah orang yang nantinya akan menjadi saudara tiri.

Ini adalah manga dengan cerita penuh drama dan kejutan yang mencitpatakan sebuah sentuhan dan ketegangan, serta art yang sangat menakjubkan dan tampak nyata serta akan membuat kalian terdorong untuk terus membacanya karena rasa penasaran di chapter selanjutnya.

28. Bonnouji

Bonnouji - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 36
Rating MAL : 8.00
Genre : Comedy, Romance, Slice of Life, Seinen
Sinopsis :
Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari dari dua orang yang tinggal di sebuah bangunan kondominium yang sama. Michiyou Ozawa, perempuan berusia 26 tahun yang telah memutuskan hubungannya dengan kekasihnya selama 5 tahun. Karena tidak ingin terus terikat dengan kenangan masa lalu, Ozawa memutuskan untuk memulai hidup baru.

Suatu hari ketika Ozawa minum terlalu banyak ia tidak bisa menggunakan kamar mandinya dan memilih untuk meminjam kamar mandi dari orang lain.

Pada saat itulah ia bertemu dengan Zenji Oyamada, pria yang tinggal di lantai bawah dari tempatnya berada. Ketika ia memasuki ruangan Zenji, ia melihat macam-macam barang yang berantakan namun unik. Barang-barang tersebut merupakan barang permintaan saudaranya yang dibeli olehnya untuk saudaranya.

Hal tersebut membuat Ozawa tertarik dengan kamar Zenji dan saat itulah mereka mulai membuat hubungan pertemanan dan menjalani kehidupan bersama dengan penuh kejadian konyol.

Review:
Tidak ada hal khusus dalam manga ini selain interaksi dua karakter yang menciptakan sebuah hubungan romantis. Ini adalah seri manga romance dengan cerita klasik, sederhana yang tidak memiliki cerita begitu berat sehingga tidak ada drama menyentuh atau semacamnya.

Namun kegiatan sehari-hari mereka yang disajikan secara episodik akan membuat kalian terhibur dengan pengembangan cerita yang dibuat dengan baik.

27. Hirunaka no Ryuusei

Hirunaka no Ryuusei - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 86
Rating MAL : 8.38
Genre : Comedy, Romance, School, Shoujo, Slice of Life
Sinopsis :
Ini adalah kisah tentang sebuah persahabatan dan cinta yang baru dibentuk. Seorang gadis 15 tahun bernama Suzume Yasano, menjalani kehidupan sekolah SMA nya di sebuah desa yang tenang dan damai. Ia sangat merasa nyaman dengan kehidupannya dan ia sering melewatkan pelajaran hanya untuk melihat bintang jatuh di siang hari karena dulu saat ia masih kecil bintang jatuh tersebut mrtupakan sebuah penunjuk arah baginya yang membuatnya menemukan jalan saat dirinya tersesat.

Namun ketika mengetahui bahwa pekerjaan orang tuanya akan dipindahkan di tempat yang jauh, Suzume harus pindah di Kota Tokyo dan tinggal bersama pamannya.

Kepindahanya membuat Suzume harus membuat hidup baru kembali dan tak lama kemudian ia telah menghadapi kehidupan dengan teman, perasaan, dan masalah yang baru. Diawali ketika ia tersesat saat menuju ke rumah pamannya, terdapat seorang pria asing misterius yang membantunya untuk mengantarkan dirinya ke tempat Pamanya.

Akan tetapi Suzume segera menyadari bahwa pria tersebut meruapakan seorang gurunya yang bernama Satsuki Shihio.

Review:
Perkembangan cerita yang baik dengan membuat awalan sang tokoh utama yang berasal dari pedesaan dan harus tinggal di kota, lalu tersesat, dan dibantu oleh seorang pria yang menjadi tokoh utama laki-laki dalam cerita. Keunggulan dari seri inia adalh cerita romance yang menarik , tidak mudah ditebak, dan unsur comedy yang menghibur juga tidak lupa untuk diterapkan agar pembaca tidak mudah merasa bosan.

Art dari manga ini dibuat mengesankan dan mendetail dan sangat bagus untuk gaya penggambaran yang modern. Hirunaka no Ryuusei merupakan salah satu rekomendasi manga romance terbaik sepanjang masa yang wajib untuk dibaca.

26. Namaikizakari.

Namaikizakari. - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : -
Rating MAL : 8.12
Genre : Romance, School, Shoujo, Sports
Sinopsis :
Sebagai seorang siswa SMA yang masih muda, Yuki Machida harus terpaksa menjadi dewasa dalam usia dini sebagai kakak tertua dari keluarga besar yang mengurus beberapa saudara yang lebih muda darinya. Setiap hari ia selalu bekerja keras sebagai orang yang bertanggung jawab atas keluarganya dan menjadi orang yang mandiri walaupun ia selalu menahan perasaan yang sebenarnya.

Walaupun sangat sibuk dalam urusan rumah, Yuki masih bisa menjalani aktivitas sekolah dengan menjadi manajer di klub bola basket. Disana ia memiliki seseorang yang ia sukai.

Orang tersebut adalah Kido, pria yang menjadi kapten dari tim bola basket. Namun ada hal yang mengganggu dirinya, yaitu kehadiran seorang murid bernama Shou Naruse yang baru saja bergabung ke dalam tim basket setelah memasuki tahun ajaran baru dan ia dikenal sebagai siswa yang sering mengganggu Yuki dengan melakukan hal-hal cabul kepadanya. Baru-baru ini orang yang Yuki sukai, yaitu Kido telah memiliki seorang pacar.

Hal tersebut tentu membuat Yuki bersedih, namun Shou yang ternyata menyukai Yuki mengungkapkan perasaannya dan pada saat itu hanya waktu yang akan menentukan bagaimana kehidupan mereka selanjutnya.

Review:
Manga Romance terbaik sepanjang masa dengan menyajikan tokoh utama perempuan yang dibuat lebih mencolok mengetahui bahwa seri ini adalah genre shoujo. Terdapat beberapa kisah mengharukan didalamnya karena drama yang sangat mengesankan sehingga membuat perasaan kalian terbawa dan membuat kalian terus ingin membacanya.

25. Moujuusei Shounen Shoujo

Moujuusei Shounen Shoujo - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : -
Rating MAL : 7.19
Genre : Comedy, Ecchi, Romance, School, Seinen
Sinopsis :
Seorang siswa SMA perempuan bernama Ayabe Reri dikenal sebagai gadis anggun, cantik dan populer di sekolahnya. Namun pada suatu malam ia terlihat oleh Usami Touru, murid kelas dua dan juga teman sekelas dari Ayabe yang diketahui sedang berjalan setelah belanja membeli sesuatu. Ia melihat Ayabe bahwa terdapat yang berbeda dari dalam dirinya yang biasanya.

Ia melihatnya melompat dan berjalan di atas sebuah pagar.

Di hari selanjutnya saat di sekolah, Usami melihat Ayame bertingkah seperti biasanya. Ia terlihat elegan, anggun dengan rambut panjangnya, wajah imut, dada besar yang membuat dirinya cantik dan disukai oleh murid laki-laki. Pada saat itu Ayame menemui Usami dan memintanya untuk menjaga tentang rahasia yang telah ia lihat pada malam itu.

Ia mengaku bahwa pada saat malam itu, bulan sedang menampakan keindahannya dan ia menikmati pemandangan tersebut namun tidak menyadari bahwa dirinya sudah berlebihan. Kini dalam menjaga rahasia tersebut, Ayabe dan Usami menjalani hubungan dekat dan Usami mendapatkan pengalaman baru yang tak pernah terlupakan dimana gadis populer di sekolahnya mulai dekat dengannya.

Review:
sebuah manga romance yang membuat beberapa pembaca iri dimana sang tokoh utama yang merupakan remaja biasa, tiba-tiba dekat dengan sang tokoh utama perempuan yang dikenal sebagai gadis cantik dan populer di sekolah.

Tidak hanya dekat, sang tokoh utama mendapatkan banyak kesempatan dalam sebuah peristiwa cabul yang membuat dirinya menyentuh bagian tubuh sang tokoh utama perempuan secara tidak sengaja mengetahui terdapat unsur ecchi di dalam manga ini.

24. Kanojo Okarishimasu

Kanojo Okarishimasu - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : -
Rating MAL : 7.15
Genre : Comedy, Romance, School, Shounen
Sinopsis :
Seorang remaja 20 tahun bernama Kazuya Kinoshita harus mengalami kejadihan pahit karena dicampakan oleh kekasihnya dan memilih untuk berpacaran dengan pria lain. Kejadian yang ia alami menyebabkan perasaan sakit hati yang tidak bisa dihilangkan dalam waktu yang singkat. Kekecewaan terus menerus dirasakan, setelah itu, ia mengetahui bahwa terdapat sebuah aplikasi bernama Diamond yang memiliki tujuan untuk menyewa seorang pacar, membayar 5000 yen per jamnya.

Ia awalnya merasa ragu-ragu untuk menggunakanya, namun ketika mencobanya pertama kali ia benar-benar terkejut.

Seorang gadis bernama Chizuru Mizuhara datang sebagai pacar sewaan dan ketika mereka bertemu, hal tersebut membuatn Kazuya merasa gugup karena sikapnya yang sangat manis. Namun ia segera menyadari bahwa ia hanyalah akting. Ketika ia mencoba untuk menyewa Chizuru sekali lagi, ia mengatakan keluhan bahwa pekerjaan yang ia lakukan membuat dirinya tersakiti karena telah mempermainkan perasaan orang. Karena Chizuru merasa kesal karena Kazuya melanggar aturan dalam pacar sewaan, ia menunjukkan sifat aslinya bahwa Chizuru merupakan gadis yang kasar.

Serangkaian peristiwa terjadi secara kebetulan dan membuat mereka terpaksa untuk terus bersama.

Review:
Manga yang memiliki segi cerita yang menarik dan art yang sangat keren sehingga sangat nyaman dan enak dipandang untuk dibaca. kejutan demi kejutan terjadi pada perkembangan cerita serta konflik yang sangat seru dan membuat kalian terus penasaran untuk membacanya. Selain menarik, cerita dari seri ini juga unik, dimana pacar sewaan sebagai konsep utama dalam seri ini.

23. Tonikaku Kawaii

Tonikaku Kawaii - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : -
Rating MAL : 7.94
Genre : Comedy, Romance, Shounen
Sinopsis :
Menceritakan tentang kisah komedi romantis penuh impian dan cinta dari seorang remaja laki-laki bernama Yuzaki Nasa yang baru saja mengikuti ujian masuk untuk Sekolah SMA.

Pada saat itu secara kebetulan bertemu dengan gadis cantik yang membuat dirinya langsung jatuh hati dan merasa bahwa terdapat sebuah takdir memanggil dirinya yang akan membuat ia menemukan cinta sejatinya. Namun sesuatu terjadi padanya, diawali saat penjagaanya turun dan tidak berhati-hati sehingga dirinya ditabrak oleh kendaraan mobil ketika sedang mengejar seorang gadis cantik dan imut.

Review:
Ini adalah seri manga karya Kenjirou Hata, seorang mangaka yang membuat seri populer Hayate no Gotoku. Tonikaku Kawaii merupakan seri manga dengan cerita ringan baru dipublikasikan pada tanggal 14 Februaru 2018.

Manga yang membuat pembaca senyum-senyum sendiri karena cerita romcom yang terkesan “cute” dan menyenangkan. Ini adalah manga cerita yang disajikan secara sederhana dan sangat cocok untuk kalian yang tidak menyukai manga romance dengan banyak drama, cinta segitiga, dan konflik yang terlalu berat.

22. L♥DK

L♥DK - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 98
Rating MAL : 7.76
Genre : Comedy, Drama, Romance, School, Shoujo
Sinopsis :
Suatu kejadian mengejutkan terjadi pada seorang gadis remaja SMA bernama Aoi Nishimori yang tinggal sendirian di apartemennya tiba-tiba kedatangan tamu yang tidak asing baginya.

Ia adalah Shuusei Kugayama, seorang pria yang dikenal sebagai pangeran di sekolah yang sama dengan Aoi. Selain itu karena disukai dikalangan murid perempuan, banyak para gadis yang ia tolak dengan cara dingin ketika mereka mengungkapkan perasaannya. Hal tersebut menjadi alasan mengapa Aoi membenci Shuusei karena sifatnya yang tak berpersaan telah menolak sahabatnya yang bernama Moe Shibuya dan membuatnya merasa sedih.

Kini Aoi dan Shuusei harus tinggal di apartemen yang sama karena apartemen milik Shuusei telah hancur karena kebakaran yang terjadi di dapur.

Kini mereka bersama menjalani kehidupan sehari-hari di satu atap penuh dengan keributan dan seiring berjalannya waktu, hal tersebut membuat hati Aoi merasa berdebar ketika bersama Shuusei dan ia harus merahasiakan tentang kehidupan rahasia layaknya hubungan suami istri.

Review:
Salah satu rekomendasi daftar Manga Romance terbaik sepanjang masa dengan penggambaran dan cerita khas dari manga shoujo yang tentunya sudah dikenali oleh beberapa kalian yang sudah sering membaca manga romance shoujo.

Seri ini memiliki perkembangan cerita yang mirip dengan manga shoujo lain namun memiliki konsep yang berbeda sehingga memberikan kesan unik dan membuat seri tetap menarik untuk dibaca.

21. Ijiranaide, Nagatoro-san

Ijiranaide, Nagatoro-san - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : -
Rating MAL : 7.72
Genre : Comedy, Romance, Slice of Life
Sinopsis :
Di sebuah sekolah SMA terdapat seorang murid perempuan yang baru saja menjadi murid baru tahun pertama yang memiliki sifat energik bernama Hayase Nagatoro.

Kemunculanya membuat seorang pria yang merupakan kakak kelas dari Nagatoro merasa terganggu karena setiap hari ia menjadi target utama pembullyan dan perbuatan jahil dari Nagatoro dan membuat hidup dari pria introvert tersebut berubah menjadi berantakan. Setiap kali Nagatoro menjahili kakak kelasnya, sang pria tersebut harus menahan malu dan hal tersebut membuat Nagatoro merasa senang dan ingin ia terus menindas kakak kelasnya. Namun dibalik mengganggunya Nagatoro, sebenarnya ia tertarik dengan kakak kelasnya walaupun tidak memiliki kemampuan sosial.

Di sisi lain sang kakak kelas selalu bertahan dari godaan dari Nagatoro setiap harinya dan hal tersebut memicu sebuah perasaan cinta dari dalam diri mereka.

Review:
Tahu tentang seri Karakai Jouzu no Takagi-san? Manga yang telah diadaptasi menjadi anime dan menjadi salah satu anime populer pada Musim Winter 2018.

Jika kalian mengetahui seri tersebut maka Ijiranaide, Nagatoro-san adalah kembaran dari Karakai Jouzu no Takagi-san karena memiliki konsep cerita yang sama dimana tokoh utama perempuan suka menjahili tokoh utama laki-laki untuk mendapatkan perhatian karena sang tokoh perempuan menyukai laki-laki yang dijahili.

20. Kuzumi-kun, Kuuki Yometemasu ka?

Kuzumi-kun, Kuuki Yometemasu ka? - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : -
Rating MAL : 7.63
Genre : Comedy, Romance, School, Shounen
Sinopsis :
Biasanya sulit sekali untuk Seorang gadis populer disekolahnya dalam menemukan pria pujaan hatinya yang cocok karena statusnya yang tinggi. 

Namun untuk seorang murid bernama Erika Sakura yang sangat populer dan membuat para gadis iri dengannya karena perbedaan status yang dimilikinya ternyata telah menaruh perasaan kepada seorang murid laki-laki bernama Kuzumi. Namun berbeda dari laki-laki lain, Kuzumi merupakan pria yang sangat tidak peka terhadap perasaan perempuan bahkan untuk seorang Erika sebagai gadis populer sekalipun.

Hal tersebut membuat Erika mengalami kesulitan untuk mengembangkan hubungan romantis dengannya. Cinta yang tak terbalas membuat sebuah kisah comedy romantis terjadi di antara mereka.

Review:
Sesuai dengan sinopsis, ini adalah kisah tentang comedy romantis yang berkisar tentang cinta dari seorang gadis populer yang menyukai seorang pria yang tidak peka dengan mengambil latar sekolah. Cerita yang disajikan benar-benar sederhana dan selalu membuat kalian terhibur di setiap chapternya.

Tokoh utama laki-laki yang tidak peka mungkin akan membuat beberapa dari kalian mengingatkan manga Gekkan Shoujo Nozaki-kun namun ini bisa menjadi rekomendasi manga romance terbaik sepanjang masa bagi kalian.

19. Omae wo Otaku ni Shiteyaru kara, Ore wo Riajuu ni Shitekure!

Omae wo Otaku ni Shiteyaru kara, Ore wo Riajuu ni Shitekure! - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 39
Rating MAL : 7.32
Genre : Comedy, Romance, School, Seinen
Sinopsis :
Masa lalu yang kurang menyenangkan terjadi pada seorang otaku bernama Naoki Kashiwada. Karena masa lalu yang buruk, dalam menjalani kehidupan SMA nya, Naoki memutuskan untuk menyembunyikan statusnya sebagai seorang otaku dan menjalani hidup sebagai seorang murid biasa. Namun untuk mengubah kepribadiannya menjadi orang biasa bukanlah hal yang mudah.

Padahal ia memiliki rasa suka terhadap seorang gadis cantik dan populer bernama Midori Hasegawa yang memilki sifat pendiam.

Untuk mengubah kehidupannya, Naoki membuat Midori sebagai motivasi dirinya agar ia dapat mencapai tujuannya. Akan tetapi Dalam waktu yang tidak lama rahasia dari Naoki ternyata telah diketahui oleh seorang gadis cantik cabul bernama Momo Koisagai. Naoki sempat merasa putus asa karena rahasianya telah diketahui namun selanjutnya ia terkejut bahwa Momo ingin meminta Naoki untuk mengajarinya cara menjadi Otaku agar dirinya dapat mengejar pria yang ia sukai bernama Souta Suzuki.

Akhirnya mereka berdua membentuk kesepakatan untuk bekerja sama, dimana Naoki belajar cara bersosialisasi dengan menjalani kehidupan normal sedangkan Momo belajar cara menjadi Otaku dari Naoki demi mencapai tujuan masing-masing.

Review:
Alasan mengapa ini menjadi manga romance terbaik adalah ceritanya yang menarik walaupun sedikit mainstream dimana cerita mengambil tema tentang otaku.

Kedua karakter utama yang memiliki gaya hidup yang berlawanan dan menjalani kesepekatan untuk bertukar informasi tentang masing-masing gaya kehidupan. Desain dari karakternya dibuat dengan bagus, imut, dan moe terutama pada karakter perempuan sehingga membuat kalian dapat menikmatinya dengan baik.

18. Watashi ni xx Shinasai!

Watashi ni xx Shinasai! - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 82
Rating MAL : 7.68
Genre : Comedy, Romance, School, Shoujo
Sinopsis :
Yukina Himura bukanlah sekedar siswi SMA biasa, namun ia merupakan seorang penulis novel ponsel populer dengan nama Yupina yang tidak diketahui oleh teman-temanya. Selain itu karena Yukina selalu fokus dalam novel, ia memiliki masalah sosial dan memiliki sifat dengan tatapan yang dingin sehingga dijuluki sebagai “Absolute Zero Snow Woman”. Akan tetapi baru-baru ini Novel milik Yukina sedang mengalami masalah dimana posisi novelnya sedang turun peringkat.

Selain itu para penggemar Yukina memintanya untuk menambahkan unsur romance ke dalam Novel yang ia tulis.

Yukina segera bertindak untuk membuat peringkat novelnya menjadi tinggi kembali dengan memasukkan unsur romance didlamanya. Sayangnya ia tidak memiliki pengalaman tentang cinta sehingga ia tidak tahu mulai dari mana ia menulis. Yukina segera mengetahui bahwa di sekolahnya terdapat seorang ketua OSIS bernama Shigure Kitami yang sangat populer dan disukai oleh para gadis.

Pada suatu hari mereka bertemu dan bertabrakan yang membuat sebuah catatan milik Shigure terjatuh.

Ketika Yukina membuka buku tersebut ternyata di dalamnya terdapat daftar siswa perempuan yang diketahui telah menyukai Shigure. Dari catatan tersebut Yukina menganggap bahwa Shigure menggunakan pesonanya untuk memanfaatkan para gadis dan hal tersebut bisa dijadikan kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan tentang cinta dengan mengandalkan buku tersebut sebagai ancaman.

Dalam mencari pengetahuannya tentang cinta yang ia dapatkan dari Shigure, berbagai halangan terjadi diantara mereka, seperti sepupunya yang merasa cemburu dengan kedekatan mereka dan menyatakan perasaannya kedapatan Yukina serta halangan lain yang membuat Yukina memerelukan banyak bantuan untuk menjalani tugas cinta yang ia jalani.

Review:
Manga Shoujo yang menceritakan tentang karakter utama yang berusaha keras untuk mencapai tujuannya dalam membuat sebuah novel. Cerita yang menakjubkan yang ditambah dengan art yang cukup bagus dan keren. Konflik pada seri ini sangat menarik dan karakternya dibuat dengan sifat polos yang awalnya dibuat seperti memberikan kesan jahat namun sebenarnya baik.

17. Ore wo Suki nano wa Omae dake ka yo

Ore wo Suki nano wa Omae dake ka yo - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : -
Rating MAL : 7.31
Genre : Comedy, Romance, School, Shounen
Sinopsis :
Sebuah hal yang menyenangkan dan mengejutkan ketika mengetahui bahwa gadis yang disukai ternyata menyatakan perasaan kepadamu. Namun bagaimana jika terdapat gadis lain yang juga menyukaimu? Lalu bagaimana jadinya jika pernyataan perasaan tersebut ternyata berbeda dari apa yang dipikirkan? Ini adalah kisah seorang remaja sekolahan bernama Kisaragi Amatsuyu atau biasa dipanggil Joro yang memiliki sifat pemalas namun memiliki keinginan besar untuk menjadi seorang harem dan berharap untuk menjalani kehidupan dengan dikelilingi para gadis.

Telah diketahui bahwa Sifat pemalasnya tersebut ternyata merupakan bagian rencananya untuk menciptakan haremnya sendiri.

Ketika ia mulai memulai langkah awalnya, tak disangka hal tersebut berhasil. Beberapa gadis mengirim pesan kepadanya dan menganggap bahwa pesan tersebut merupakan ungkapan cinta. Akan tetapi secara mengejutkan bahwa pesan tersebut mengarah ke hal lain yang Joro mengira bahwa pesan tersebut berisi pernyataan cinta.

Review:
Salah satu rekomendasi Manga Romance terbaik sepanjang masa yang menyajikan cerita keren, menarik dan seru. Dilihat dari sinopsis mungkin akan memberikan kesan bahwa seiring berjalannya cerita para karakter perempuan satu per satu muncul dan akan menjadi salah satu harem dari tokoh utama, namun sayangnya kejadiannya tidak seperti itu.

Beberapa Plot twist yang dapat mengejutkan pembaca sehingga membuat pembaca penasaran untuk membaca di cerita selanjutnya.

16. Koukou Debut

Koukou Debut - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 62
Rating MAL : 8.26
Genre : Comedy, Drama, Romance, School, Shoujo, Slice of Life
Sinopsis :
Selama menjalani kehidupan SMP, seorang gadis remaja bernama Haruna Nagashima dikenal sebagai pemain softball yang hebat di sekolahnya.

Tujuannya untuk menjadi pemain softball terbaik akhirnya terwujud. Setelah membaca sebuah manga shoujo, kini Haruna memiliki tujuan baru yang ingin raih di masa sekolah SMA nya, yaitu mendapatkan seorang pria untuk dijadikan pacar. Namun karena dulu ia terlalu fokus dengan softball, Haruna tidak pernah memperhatikan gaya berpakaian dan sisi feminimnya sehingga ia tidak memiliki daya tarik sama sekali sebagai seorang wanita.

Ketika ia meminta saran kepada temannya yang bernama Mami, ia mengetahui satu hal, ketika dulu ia memiliki masalah tentang softball maka solusinya adalah meminta saran kepada pelatih.

 Dan ia memandang hal yang sama dengan tujuannya yang sekarang. Kini ia hanya harus mencari orang yang tepat untuk dijadikan sebagai pembimbing agar ia dapat meningkatkan daya tariknya untuk menemukan cintanya. Pada saat itulah ia menemukan soerang siswa populer bernama You Komiyama yang dikenal sangat membenci perempuan karena alasan pribadi. Ketika Haruna meminta You untuk menjadikannya sebagai pembimbing, You setuju namun dengan satu syarat, bahwa Haruna tidak boleh jatuh cinta dengannya.

Review:
penerapan cerita Genre Shoujo dalam sebuah manga romance memang sepertinya merupakan keputusan yang tepat agar kualitas cerita romance dapat dibuat dengan baik. Cerita yang diberikan dengan ringan, nyaman untuk dibaca walaupun dalam cerita ini terdapat beberapa konflik yang berkaitan dengan hubungan antara pasangan tokoh. Karakter pada seri ini memiliki perkembangan yang disajikan dengan baik dan membuat kalian tertarik pada mereka.

15. Tonari no Kashiwagi-san

Tonari no Kashiwagi-san - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 84
Rating MAL : 7.44
Genre : Comedy, Romance, School
Sinopsis :
Hidup secara terbuka dalam menjalani kehidupan bergaya Otaku, remaja SMA bernama Yuuto Sakuraba membuat khawatir teman-teman di sekelilingnya. Baru-baru ini Yuuto sedang tertarik dengan seorang artis online bernama Sayane yang dikenal dengan gambar-gambarnya yang sangat moe.

Yuuto bekerja di sebuah toko anime lokal bernama “Anime Heaven” dengan rasa penuh semangat.

Ketika memasuki tahun pertama di sekolah, Yuuto telah mendapatkan tempat duduk yang berada di dekat seorang gadis cantik dan populer bernama Kotone Kashiwagi yang sangat tidak menyukai hal-hal yang berkaitan dengan Otaku. Akan tetapi pada suatu hari ketika Yuuto sedang bekerja, ia melihat Kotone dan mengetahui sebuah kebenaran, bahwa Kotone menyukai moe dan juga merupakan seorang otaku yang telah ia anggap bodoh.

Karena rahasianya terbongkar, Kotone meminta Yuuto untuk menjaga rahasia yang ia ketahui dan dari kejadian tersebut mereka mulai berteman dan menjalani kedekatan bersama sebagai sesama otaku.

Dalam pertemanan mereka, sahabat dari keduanya berusaha untuk mengembangkan hubungan mereka lebih dari itu. Dari rahasia yang telah diketahui, Kotone masih memiliki rahasia lain, yaitu sebuah fakta mengejutkan bahwa ternyata ia adalah Sayane yang merupakan artis yang dikagumi oleh Yuuto.

Review:
Menceritakan tentang hubungan kedua tokoh yang menjalani hubungan bersama sebagai sesama otaku dengan latar sekolahan dan memberikan unsur comedy yang sangat menghibur dan lucu. Tidak ada hal khusus dalam perkembangan cerita selain munculnya pasangan karakter baru yang membuat suasana lebih ramai dan seru dan menjadi salah satu rekomendasi manga romance terbaik sepanjang masa.

14. Taiyou no Ie

Taiyou no Ie - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 53
Rating MAL : 8.38
Genre : Romance, Shoujo, Slice of Life
Sinopsis :
Ketika masih kecil, salah satu masyarakat Tokyo bernama Mao Motomiya telah diketahui sering mengunjungi rumah temannya bernama Hiro Nakamura yang berada di seberang jalan karena mereka merupakan tetangga dekat. Selama ia berada di sana, Mao sangat senang dan ia menemukan sebuah kebahagiaan. Akan tetapi kebahagiaan tersebut telah menghilang setelah kejadian tragis yang dialami oleh Ayah dan Ibu dari Hiro dan membuat mereka meninggal.

Selain itu, adik dari Hiro juga terpisah sehingga membuat dirinya yang menjadi satu-satunya penghuni di rumahnya.

Ketika menginjak usia remaja, Sebuah peristiwa menimpa keluarga Mao dimana ibunya telah mengabaikannya serta ayahnya yang menikah lagi, membuat Mao merasa tidak memiliki tempat untuk kembali. Ketika teman masa kecilnya yaitu Hiro melihat Mao sedang berada di kuil, ia menawarkan Mao untuk tinggal di kediamannya untuk sementara hingga hubungan keluarga mereka membaik. Selama mereka tinggal bersama, kehidupan sehari-hari mereka menciptakan sebuah perasaan cinta.

Di sisi lain, Mao kini harus berusaha untuk mengembalikan suasana rumah yang dipenuhi canda tawa sekali lagi.

Review:
Manga Shoujo yang berbeda dari biasanya, cerita yang dibuat secara realistis dengan memberikan tokoh utama sebuah tragedi menyedihkan sebagai tujuan dalam menyelesaikan konflik dan hal tersebut ternyata telah menciptakan hubungan romantis antara dua tokoh. Karakter-karakter dari seri ini juga menarik dari segi desain dan kepribadian. Untuk alasan itulah mengapa seri ini bisa menjadi rekomendasi Manga romance terbaik sepanjang masa.

13. Half & Half

Half & Half - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 14
Rating MAL : 7.93
Genre : Ecchi, Romance, Shounen, Supernatural
Sinopsis :
Pada suatu hari yang ramai, seorang pelukis bernama Nakagawa Shinichi sedang memikirkan urusannya sendiri. Pada saat itu orang-orang disekelilingnya sedang merasa gelisah dan selain itu ketika Shinichi menoleh ke atas, tiba-tiba ia telah melihat seorang gadis yang sedang jatuh dan mengarah pada dirinya sehingga terjadi sebuah kecelakaan bersama. gadis tersebut bernama Yuuki Sanada.

Ketika mereka dinyatakan meninggal, mereka menyadari bahwa mereka telah dikelilingi oleh cahaya yang terang.

Telah diketahui, bahwa sang dewa ternyata memberikan mereka kesempatan sekali lagi untuk hidup dengan memberikan waktu rentan hidup selama tujuh hari. Namun setelah tujuh hari tersebut berakhir, salah satu dari mereka harus mati. Selain itu kehidupan mereka juga dibagi dari emosi dan sensasi fisik. Mereka juga tidak diperbolehkan untuk saling berjauhan dan tidak boleh terpisah karena jika mereka terpisah maka akan mati.

Kini mereka harus menjalani hidup bersama dalam tujuh hari dan mereka memiliki keinginan untuk hidup kembali sepenuhnya.

Apa yang bisa mereka lakukan dalam waktu tujuh hari? Apakah mereka mampu menjalani hubungan baik setelah mengetahui kondisi yang mereka alami? Apa yang terjadi selanjutnya setelah melewati lebih dari tujuh hari?

Review:
Manga Romance karya Seo Kouji yang melibatkan unsur supernatural supaya dapat membuat manga ini memiliki tema yang anti mainstream dan cerita yang menarik dan menegangkan.

Dengan membuat kedua tokoh mengalami kejadian tragis sebagai awal untuk memulai cerita akan memberikan sebuah kesan dalam pada manga ini. Perkembangan cerita yang tak diduga membuat para pembaca penasaran dengan cerita selanjutnya sehingga mendorong mereka untuk membacanya lagi dan lagi.

12. Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen

Kaguya-sama wa Kokurasetai - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : -
Rating MAL : 8.64
Genre : Comedy, Romance, School, Psychological, Seinen
Sinopsis :
Akademi Shuciin adalah sekolah paling bergengsi di Jepang dimana hanya murid-murid elit dari keluarga kaya yang hanya bisa masuk di sekolah tersebut. Sekolah tersebut memiliki siswa paling jenius yang mendapatkan nilai tertinggi di negara. Ia adalah Miyuki Shirogane, siswa yang telah menjabat sebagai Ketua OSIS.

Bersama dengan wakilnya yang bernama Kaguya Shinomiya merupakan anak pewaris dari salah satu perusahaan terbesar di Jepang yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi.

Mereka selalu menjalani kehidupan bersama sehingga kedekatan mereka dianggap sebagai pasangan sempurna oleh para murid di sekolah. Walaupun mereka tidak menjalani hubungan romantis, Sebenarnya mereka telah mengembangkan perasaan masing-masing secara diam-diam. Namun Kedua murid tersebut tidak berani mengungkapkan perasaan mereka karena harga diri sebagai siswa elit tertinggi. Hal itu ternyata menciptakan sebuah kelemahan dalam diri mereka.

Untuk itu mereka berusaha menjalani sebuah persaingan dimana mereka harus membuat salah satunya mendapatkan sebuah pengakuan perasaan romantis .

Review:
Cerita mengambil tema perang tentang cinta dimana kedua karakter bersaing untuk membuat salah satu dari mereka mengakui perasaanya. Manga Romance terbaik sepanjang masa yang memiliki Art menakjubkan dan membuat kalian merasa nyaman ketika membacanya.

Pemberian cerita disajikan secara episodik dengan jenis persaingan berbeda-beda yang tentunya sangat unik dan membuat manga ini lebih menarik sehingga membuat pembaca akan terdorong terus membacanya.

11. GE: Good Ending

GE: Good Ending - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 158
Rating MAL : 7.94
Genre : Drama, Ecchi, Romance, School, Shounen, Sports
Sinopsis :
Mengisahkan tentang hubungan seorang remaja laki-laki bernama Seiji Utsumi yang menyukai seniornya bernama Shou Iketani, gadis cantik, ceria, dan sangat populer. Diketahui bahwa Iketani merupakan seorang kapten dari sebuah tim olahraga tenis. Sayangnya tidak ada perkembangan pada hubungan mereka karena Utsumi tidak berani mendekatinya dan hanya mengawasi Shou dari jauh.

Akan tetapi pada suatu hari, tindakan Utsumi dalam memperhatikan gadis pujaannya dari jarak jauh diketahui oleh seorang gadis cantik yang merupakan salah satu anggota klub tenis bernama Yuki Kurokawa.

Karena tindakannya sudah diketahui, Yuki meminta Utsumi untuk segera mengatakan perasaannya kepada Utsumi. Untuk itu Yuki memutuskan untuk membantu Utsumi dalam mengejar cintanya. Mulai dari membuatnya ikut bergabung ke dalam klub tenis dan melatihnya dengan memberitahu tentang hal-hal yang disukai wanita, bagaimana cara berkencan, dan lain-lain yang dapat membuat hubungan cinta antara Utsumi dan Iketani dapat berjalan dengan baik.

Review:
Salah satu rekomendasi daftar Manga Romance terbaik sepanjang masa karena menjadi salah satu manga romance populer. Segi cerita yang diberikan dapat membuat pembaca ketagihan dan ingin terus membacanya lagi karena penasaran dengan cerita selanjutnya. Cerita khas shounen dengan mengambil latar sekolah, unsur comedy yang sangat menghibur dan perkembangan karakter yang sangat baik. Bahkan dari sebagian cerita tersebut, mungkin bisa diterapkan oleh kalian dalam kehidupan nyata.

10. Reimei no Arcana

Reimei no Arcana - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 65
Rating MAL : 8.14
Genre : Drama, Fantasy, Romance, Shoujo
Sinopsis :
Selama dua ratus tahun, negara bagian utara Senan telah mengalami penderitaan karena sebuah perang dengan negara tetangga dari selatan, yaitu Belquat. Keduanya merupakan negara tetangga berdekatan yang berada di satu pulau. Banyak pengorbanan yang didapat dari negara Sanan. Diskriminasi juga terjadi pada rakyat Sanan karena latar belakangnya yang miskin dan rambut merah yang mereka miliki serta keberadaan para makhluk setengah manusia yang dipandang sebagai makhluk paling rendahan.

Nakaba, adalah putri dari Negara Senan memutuskan untuk menikah dengan Pangeran dari Negara Belquat yang bernama Caesar untuk menyelesaikan konflik antar dua negara.

Karena Nakaba akan menikah dengan Caesar, maka ia harus pindah ke Negara Belquat ditemani oleh pelayan sekaligus teman lamanya yang merupakan seorang setengah manusia bernama Loki. Telah diketahui bahwa Nakaba merupakan putri dari darah keturunan yang memiliki “Arcana Waktu”, kekuatan misterius yang membuat banyak orang dibantai namun juga terdapat beberapa orang yang masih selamat.

Selain itu ia memiliki sebuah gambaran masa depan tentang kematian Caesar. Kini dengan gambaran tersebut, apakah Nakaba akan menolongnya atau akan membiarkannya mati atas rasa benci terhadap negara Belquat yang telah membuat Nakaba dan rakyat Senan menderita.

Review:
Manga Romance fantasy yang memberikan cerita bagiakan dongeng namun lebih dalam dan sangat menakjubkan. Sebagai sang mangaka, Rei Touma sangat hebat dalam membuat manga ini dengan sempurna. Seorang putri yang harus menikah dengan pangeran yang ia anggap menjijikkan, namun seiring berjalannya cerita terdapat perkembangan dan konflik yang menarik di dalamnya.

Art dari manga ini juga sangat bagus, pembuatannya yang diterapkan secara mendetail, ekspresi para karakter juga terlihat realistis. Jika ingin mencari manga romance yang memiliki cerita menarik untuk dibaca maka Reimei no Arcana adalah rekomendasi terbaik bagi kalian

9. Hiyokoi

Hiyokoi - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 67
Rating MAL : 8.77
Genre : Romance, School, Shoujo, Slice of Life
Sinopsis :
Sebuah kecelakaan telah menimpa seorang gadis berusia 15 tahun bernama Hiyori Nishimaya yang memiliki tinggi badan 140cm dan membuat dirinya harus dilarikan ke rumah sakit selama setahun. Kecelakaan tersebut ternyata membuat dirinya berhenti tumbuh karena gangguan pada tulangnya. Setelah setahun kemudian akhirnya Hiyori masuk ke sekolah untuk pertama kalinya ditemani bersama sahabatnya yaitu Ritsuka Nakano.

Ia sangat merasa malu dan tidak memiliki kemampuan sosialisasi yang baik.

Ia belum siap untuk memperkenalkan dirinya kepada teman-temanya karena sifat malu yang ia miliki. Namun perawakan dari dirinya ternyata membuat ia mudah mendapatkan beberapa teman termasuk seorang pria populer bernama Yuushin Hirose yang memiliki tinggi 190cm. Hiyori sebenarnya sedikit kurang senang karena adanya Hirose karena tingginya dan sifatnya yang gembira.

Kini kehidupan sekolah Hiyori baru saja dimulai bersama dengan teman-temanya demi mendapatkan sebuah pengalaman persahabatan dan cinta yang tak terlupakan.

Review:
Hiyokoi merupakan salah satu rekomendasi manga romance terbaik sepanjang masa yang dapat memuaskan para pembaca karena memiliki cerita yang menarik dan menghibur. Perpaduan romance dan comedy yang dieksekusi dengan tepat, terdapat beberapa konflik yang menegankan dan dapat diselesaikan dengan baik.

Cerita tidak hanya fokus pada karakter utama saja, beberapa karakter sampingan memiliki masing-masing perkembangan yang disajikan dengan baik.

8. Cat Street

Cat Street - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 36
Rating MAL : 8.37
Genre : Drama, Romance, Shoujo
Sinopsis :
Cerita berkisar tentang seorang anak perempuan bernama Keito Aoyama yang harus mengalami pengalaman hidup pahit di masa kecilnya. Aoyama merupakan anak berusia sembilan tahun yang sudah menjadi seorang aktris cilik terkenal. Akan tetapi pada suatu hari, ketika ia tampil di sebuah acara drama musik perdana, tiba-tiba merasa gugup dan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Setelah kejadian tersebut, Aoyama merasa trauma dan memutuskan untuk pensiun lebih cepat secara tak terduga.

Selain itu ia juga menghindar dari dunia sosial dan menjauhkan diri dari orang lain termasuk kepada kerabat dekatnya. Kini beberapa tahun sudah terlewati, Aoyama telah memasuki umur 16 tahun. Ia masih menjalani hidup dengan menjauhkan diri dari masyarakat yang membuat dirinya merasa bosan sehingga tidak memiliki tujuan hidup.

Akan tetapi ketika seseorang mengetahui tentang Aoyama, ia berniat untuk membawanya ke sebuah sekolah khusus bernama EI Liston, sebuah sekolah gratis yang ditujukkan kepada siswa yang memiliki masalah sosial.

Awalnya Aoyama merasa ragu untuk masuk ke sekolah tersebut, namun setelah masuk ke El Liston, Aoyama berlahan-lahan mulai mengubah hidupnya berkat temannya yang bernama Taiyou dan teman-teman barunya yang terdiri dari: Rei Saeki, Momiji Noda, dan Koichi Mine.

Ini adalah perjalanan hidup Aoyama yang menemukan tujuan hidupnya kembali dan kemungkinan ia mendapatkan suatu hal yang lebih seperti sahabat atau Cinta.

Review:
mengisahkan tentang Seorang aktris cilik yang tiba-tiba mengundurkan diri dari dunia bintang karena kejadian tak terduga yang ia alami dan setelah itu ia mengurung diri selama 7 tahun tanpa melakukan apapun sehingga hidupnya tidak memiliki tujuan.

Cerita yang memberikan perkembangan karakter utama yang sangat baik, memiliki cerita yang agak berat, karena kisahnya sangat dalam dan emosional tentang persahabatan dan cinta sehingga membuat seri ini menjadi salah satu manga romance terbaik sepanjang masa.

7. Dengeki Daisy

Dengeki Daisy - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 80
Rating MAL : 8.47
Genre : Comedy, Drama, Romance, Shoujo
Sinopsis :
Adik dari seorang perempuan bernama Teru Kurebayashi telah meninggal. Kini ia tidak memiliki siapa-siapa lagi untuk menjadi teman bicara. Namun sebelum adiknya meninggal, ia memberikan sebuah ponsel yang menjadi peninggalannya dan ia meminta Teru untuk menghubungi kontak dengan nama “Daisy” jika membutuhkan teman bicara ketika sedang kesepian.

Kini walaupun hidup sendirian, Teru sudah merasa tidak kesepian lagi berkat adanya “Daisy” yang terus mendukungnya.

Namun walaupun sering mengirim pesan kepada Daisy, Teru tidak pernah mengetahui siapa identitas asli dibalik kontak dengan nama Daisy tersebut. Pada suatu hari Teru secara tidak sengaja memecahkan sebuah jendela sekolah. Ia bertemu dengan petugas kebersihan dari sekolah tersebut yang memiliki wajah tampan bernama Tasuku Kurosaki. Karena perbuatan Teru, kini ia harus bertanggung jawab dan mengganti jendela yang ia pecahkan.

Namun Teru tidak menyadari bahwa sebenarnya Tasuku ternyata adalah sosok dibalik kontak dengan nama “Daisy”. Tasuku adalah pria yang selama ini terus mengawasi Teru dan menjadi orang yang selalu membantunya sebagai Daisy.

Apakah Tasuku terus mampu menjalani perannya tanpa diketahui oleh Teru karena secara tidak sadar bahwa dua kehidupan Teru ternyata sangat berdekatan.

Review:
Manga karya Motomi Kyosuke yang mulai rilis pada tanggal 12 Mei 2007 dan berakhir pada tanggal 24 Desember 2013 dengan menghabiskan sebanyak 80 chapter. Ide cerita yang dibuat cukup baik, anti mainstream dan sangat seru untuk dibaca.

Cerita dari seri ini juga tidak ada hal yang mengejutkan, walaupun awalnya kontak dengan nama “Daisy” dibuat misterius, ternyata dalam waktu singkat ternyata sudah diketahui siapa dia sebenarnya.

Hanya saja sang tokoh utama perempuan belum menyadari bahwa teman bicara yang selalu ia kirimi pesan ternyata ada didekatnya sendiri. Ini bisa menjadi rekomendasi untuk Manga Romance terbaik sepanjang masa yang akan menemanimu jika kalian membutuhkan bacaan kisah cinta menarik.

6. Last Game

Last Game - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 66
Rating MAL : 8.35
Genre : Comedy, Romance, Shoujo
Sinopsis :
Dilahirkan dengan kondisi yang sempurna, Naoto Yanagi adalah seorang anak dari pemiliki perusahaan besar Yanagi dan dikenal sangat kaya. Tidak hanya kaya, Naoto ternyata merupakan anak yang jenius dan selalu mendapatkan peringkat tertinggi disekolah sehingga dirinya selalu dikelilingi oleh para gadis. Akan tetapi ketika ia kedatangan seorang murid pindahan dengan tampilan suram, Naoto mulai menyadari bahwa kepintarannya ternyata masih kurang.

Ia adalah Mikoto Kujou, gadis yang memiliki sifat pendiam, polos, dan miskin.

Awalnya keberadaan Mikoto tidak dipedulikan oleh Naoto karena statusnya yang rendah. Namun saat diketahui bahwa Mikoto telah memperoleh nilai yang lebih tinggi, hal tersebut mulai mengganggu pikiran Naoto karena telah melampaui keceradasannya dan menyatakan bahwa Mikoto akan menjadi tujuannya karena telah merenggut sebagian kesempurnaannya.

Sepuluh tahun kemudian, Mikoto dan Naoto telah memasuki di perguruan tinggi yang sama.

Persaingan mereka belum berakhir, Naoto telah gagal mengalahkan Mikoto dari menginjak bangku SMP hingga SMA. Kini mereka menjalani pertandingan terakhir dan Naoto terus berjuang untuk mengalahkan Mikoto tanpa peduli pengorbanannya.

Review:
Seorang laki-laki dengan status tinggi tiba-tiba dikalahkan dengan murid pindahan dengan status rendah menjadikan cerita yang bagus sebagai awalan. Comedy sang disajikan dengan sederhana namun sangat lucu. Selain itu adanya persaingan diantara mereka semakin lama menumbuhkan sebuah perasaan cinta yang tak terduga sehingga membuat seri ini menjadi salah satu Manga romance terbaik sepanjang masa.

5. Watashitachi no Shiawase na Jikan

Watashitachi no Shiawase na Jikan - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 8
Rating MAL : 8.79
Genre : Drama, Music, Romance, Slice of Life, Psychological, Seinen
Sinopsis :
Ketika hidup sudah mencapai keputusasaan, hal yang dipikirkan adalah bunuh diri. Dua orang yang telah menjalani kehidupan gelap kini sudah tidak memiliki harapan untuk hidup. Juri Mutou seorang perempuan yang merupakan anak dari seorang pianis terkenal yang karirnya telah berakhir setelah melahirkan dirinya, sudah melakukan percobaan bunuh diri untuk yang ketiga kalinya dengan membenci ibunya. Ia sangat trauma dengan kejadian kelam yang ia alami saat ia remaja.

Seorang biarawati sekaligus bibi dari Juri yang bernama Monica, telah mengunjungi seorang Narapidana secara rutin.

Dan kini ia mengajak Monica untuk ikut dengannya menjenguk tahanan tersebut dan meminta dirinya untuk memberikan sedikit pengetahuan kepadanya. Ia adalah Yuu, seorang narapidana yang sebentar lagi mencapai kematiannya karena telah divonis hukuman mati dengan alasan telah membunuh tiga orang. Ia mendapatkan surat dari Monica dan ingin membantunya.

Namun Yuu menganggap bahwa bantuan dari Monica hanya sekedar sebagai rasa kasihan.

Yuu dan Juri bertemu dan menyadari bahwa mereka sama. Untuk itu mereka memutuskan mengadakan pertemuan mingguan dan mencoba memahami satu sama lain yang mungkin akan mengubah kehidupan mereka.

Review:
Manga Romance dengan penyajian cerita yang sangat menakjubkan dan menarik sehingga sangat direkomendasikan untuk dibaca. Banyak pesan-pesan berarti dalam manga ini terutama tentang bagaimana menghargai kehidupan melalui cerita tentang karakter yang diceritakan telah mengalami masa lalu yang buruk dengan penyajian cerita yang membuat manga ini memiliki cerita yang menenangkan hati .

4. 5-toubun no Hanayome

5-toubun no Hanayome - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : -
Rating MAL : 7.68
Genre : Comedy, Romance, School, Shounen, Harem
Sinopsis :
Bercerita tentang seorang remaja SMP yang miskin sehingga memiliki banyak masalah yang terkait dengan perekonomian. Ia adalah Fuutarou Uesugi, siswa yang dikenal sebagai laki-laki anti-sosial.

Pada suatu hari ia bertemu dengan seorang murid pindahan perempuan kaya bernama Itsuki Nakano. Hubungan mereka tidak terlalu akrab, bahkan pertemuan mereka diawali dengan sebuah pertengkaran. Uesugi mengetahui terdapat tempat les privat dengan bayaran tinggi yang cukup untuk menghidupi dirinya.

Akan tetapi Ia segera mengetahui bahwa muridnya ternyata adalah teman sekelasnya yang merupakan lima saudara kembar berwajah cantik, dan salah satu dari mereka terdapat Itsuki yang sebelumnya telah bertemu dengan Uesugi. Mereka merupakan murid tipe yang tidak suka belajar dan suka membuat onar yang membuat Uesugi kerepotan dalam mendidik mereka.

Kini Uesugi harus berusaha untuk mendapatkan kepercayaan dari para gadis tersebut dengan mendidik mereka untuk menjadi lebih baik. Hari-hari Uesugi dipenuhi dengan kehebohan dalam kisah cinta yang unik.

Review:
Kisah tentang seorang mentor yang memiliki murid kembar lima dengan sifat yang merepotkan. Ini bisa menjadi salah satu daftar manga romance comedy yang memiliki kesan cerita yang menawan dan menarik untuk dibaca. Unsur comedy dari manga ini juga sangat menghibur serta perkembangan cerita yang cukup baik sehingga ini bisa dijadikan sebagai rekomendasi untuk kalian.

3. Love so Life

Love so Life - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 111
Rating MAL : 8.47
Genre : Comedy, Drama, Romance, Shoujo, Slice of Life
Sinopsis :
Bekerja di sebuah tempat yang berkaitan dengan apa yang disukai merupakan keputusan yang tepat karena hal tersebut dapat membuat orang tersebut bekerja menjadi lebih baik. Seperti apa yang dilakukan oleh Shiharu Nakamura, seorang gadis remaja yang sangat menyukai anak-anak yang berada di sebuah panti asuhan dimana ia bekerja dan disana terdapat dua anak kembar berusia dua tahun yang bernama Aoi Matsunaga dan Akane Matsunaga yang sangat menyukai Shiharu.

Karena mereka menyukai Shiharu, sang paman dari anak-anak itu menawarkan pekerjaan untuknya sebagai pengasuh dari kedua anak tersebut dan akan memberikannya gaji yang lebih besar.

Orang tersebut adalah Seiji Matsunaga, seorang pria tampan yang bertanggung jawab atas anak kembar tersebut karena diketahui bahwa ayahnya telah meninggalkan mereka tanpa sebab setelah ibunya telah meninggal. Shiharu mengurus kedua anak tersebut hanya dengan ingatan tentang saat dirinya dirawat oleh ibunya. Namun secara mengejutkan Shiahru menyadari bahwa ia telah jatuh cinta dengan keluarga dadakan tersebut.

Review:
Cerita tentang gadis SMA yang menjadi babysitter dari dua anak kembar yang memiliki seorang paman yang sangat tampan. Ini adalah manga romance terbaik yang memiliki cerita manis, fresh, dan penyajian yang dikemas secara realistis.

Menjadikan tokoh utama perempuan sebagai pengasuh bayi merupakan keputusan yang tepat untuk membuat alasan sang tokoh perempuan berdekatan dengan sang tokoh utama laki-laki. Cerita khas dari manga Shoujo yang menenangkan hati dan memilki kesan imut didalamnya.

2. Horimiya

Horimiya - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : -
Rating MAL : 8.58
Genre : Comedy, Romance, School, Shounen, Slice of Life
Sinopsis :
Ini adalah kisah antara kedua remaja yang merupakan teman sekelas dengan kepribadian ganda yang saling bertemu. Kyouko Hori, seorang siswa SMA yang sangat populer karena sifat ramah dan kemampuan akademik yang ia miliki. Di luar sekolah ternyata Kyouko memiliki sisi yang berbeda. Karena ditinggal oleh orang tuanya ditempat yang jauh dengan alasan pekerjaan.

Kyouko kini harus menjadi anggota keluarga yang harus mengurus adik laki-lakinya dan harus melakukan pekerjaan rumah sehingga dirinya tidak bisa bersosialisasi di luar sekolah.

Di sisi lain seorang remaja laki-laki bernama Izumi Miyamura dikenal sebagai seorang otaku yang mengenakan kacamata di sekolahnya. Ia sebenarnya adalah seorang pria yang memiliki hati lembut. Di luar sekolah, Izumi memiliki penampilan yang berbeda, ia lebih enak dilihat dan memiliki penampilan bergaya punk dengan sembilan tindikan yang terdiri dari empat tindikan di setiap telinganya serta satu di bibir. Pada suatu hari kedua remaja kepribadian ganda tersebut saling berpapasan satu sama lain dan mereka telah mengetahui rahasia masing-masing.

Kini untuk menjaga rahasia tersebut, mereka berteman dan mulai menjalani hubungan dekat.

Review:
Manga Romance terbaik yang memiliki cerita romcom klasik tentang remaja sekolahan. Jalan cerita yang dapat terbilang unik dengan karena terkadang sulit untuk ditebak. Penggambaran manga juga sangat bagus dan indah sehingga sangat nyaman untuk dibaca.

Karakter dari manga ini juga sangat menarik, yang pertama merupakan seorang gadis pintar, cerdas dan pekerja keras dan juga seorang pria memiliki penampilan berbeda di sekolah maupun luar sekolah. Hubungan dengan sifat yang mereka miliki, bisa ditebak apa yang akan mereka lakukan, namun hal tersebut justru membuat manga ini sangat menarik dan menakjubkan

1. Kaichou Wa Maid-Sama

Kaichou Wa Maid-Sama - Daftar Manga Romance Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Chapter : 98
Rating MAL : 8.46
Genre : Comedy, Romance, School, Shoujo
Sinopsis :
Cerita berkisar tentang sebuah sekolah yang dulunya merupakan sekolah laki-laki kini berubah menjadi sekolah umum. Sekolah tersebut adalah SMA Seika, disana merupakan sekolah yang dikenal dengan murid laki-lakinya yang susah diatur dan sangat liar yang menjadi penyebab mengapa sekolah tersebut diganti menjadi sekolah umum.

Akan tetapi ketika menjadi sekolah umum, terdapat salah satu murid perempuan yang mampu menaklukan para laki-laki berandalan tersebut.

Ia adalah Misaki Ayuzawa, seorang siswi dari SMA Seika yang memiliki sifat keras, Pantang menyerah, pemberani, dan memiliki seni ahli bela diri.

Karena sifatnya itu, Misaki ditunjuk sebagai Ketua OSIS dan menjadi siswi yang pertama kali menduduki jabatan OSIS sejak SMA Seika berubah menjadi sekolah umum. Misaki selalu melindungi para siswa perempuan yang diganggu oleh para murid laki-laki nakal. Walaupun Misaki adalah orang yang tegas dan mengerikan bagi para laki-laki, namun Misaki memiliki sisi yang lembut dengan teman-teman perempuanya. selain bekerja keras di sekolah, Misaki ternyata juga menyimpan rahasia bahwa ia bekerja paruh waktu di sebuah kafe sebagai pelayan.

Akan tetapi pada Suatu hari rahasia bahwa ia sedang mengambil pekerjaan paruh waktu ternyata telah terbongkar oleh seorang murid laki-laki tampan dan populer bernama Takumi Usui.

Review:
Salah satu manga shoujo populer yang telah memiliki adaptasi anime.

Manga ini mengandung sebuah cerita menarik dan menyenangkan untuk ditonton bagi pembaca dan akan membuat kalian tersenyum sendiri ketika membacanya karena comedy yang sangat menghibur. Jika kalian mencari Manga Romance terbaik, seri ini menjadi rekomendasi bagi kalian.

Memang manga ini telah diadaptasi di anime, namun animenya belum mencapai akhir padahal setelah cerita dari anime tersebut terdapat cerita menarik di dalamnya sehingga menjadi salah satu manga romance terbaik sepanjang masa.


Seri Romance, tidak hanya bagus dalam manga, namun terdapat anime romance yang tidak diadaptasi dari manga melainkan dari Light Novel atau Original, Akan lebih bagus lagi jika anime romance ditambah unsur Comedy supaya tidak terlihat biasa saja. untuk itu jika kalian tertarik dengan artikel ini, kalian juga bisa membaca beberapa artikel lain dari animenoem
Previous
Next Post »