Inilah Urutan Super Saiyan dan Transformasi Saiyan Terkuat

Urutan Super Saiyan Terkuat

Urutan Super Saiyan Dragon Ball dan Transformasi lain yang hanya dimiliki oleh ras Saiyan, salah satu ras yang dikenal terkuat sealam semesta karena mereka terus mampu berkembang dan terus-menerus mampu melampaui batas kemampuan yang dimiliki mereka bahkan hingga ke tingkat dewa.

Untuk seukuran saiyan kelas rendah saja mereka memiliki tingkat kekuatan yang sangat besar tergantung cara melatihnya. Seiring meningkatnya kekuatan, mereka mampu memilki tingat perubahan tertentu. Pada postingan kali ini Animenoem akan membahas tentang daftar urutan super saiyan dan wujud saiyan dari Anime Dragon Ball

Cannon:


Sebelum membahas tentang wujud super saiyan, alangkah baiknya jika membedakan transformasi menjadi dua yaitu cannon dan non-cannon. Jika kalian belum tahu, Cannon merupakan Suatu bahan, ide, maupun cerita dari suatu seri yang mengikuti alur cerita dari karya aslinya. 

Untuk lebih jelasnya pada bahasan tentang transformasi dragon ball ini, Wujud Cannon bisa dikatakan sebagai wujud yang dibuat secara resmi oleh sang Mangaka Akira Toriyama yang berarti wujud tersebut terdapat dalam manga dan animenya.

Base Form

Urutan Super Saiyan Terkuat

Base form merupakan wujud biasa dari seorang manusia saiyan. Untuk seorang manusia saiyan, batas kekuatan mereka sangatlah besar bahkan melebihi manusia biasa. Contohnya saja saat Goku masih kecil yang sudah memiliki kekuatan melebihi manusia dimana dirinya tidak mempan terhadap peluru senapan. 

Mengetahui bahwa Ras saiyan merupakan ras petarung yang tercipta hanya untuk ditakdirkan bertarung, walaupun umur mereka sudah memasuki 80 tahun, namun umur tersebut masih terbilang muda, masih sanggup untuk meningkatkan kekuatan untuk bertarung. Bisa dikatakan bahwa kekuatan maksimal dari Base form bisa membuat seorang saiyan mampu menghancurkan sebuah planet.

Great Ape (Ozaru)

Urutan Super Saiyan Terkuat

Wujud Saiyan dengan merubah dirin menjadi seekor kera raksasa yang sangat ganas dengan kekuatan penghancur luar biasa. Wujud ini hanya bisa dilakukan oleh Saiyan yang masih memiliki ekor. 

Cara untuk melakukan perubahan ini cukup sederhana, yaitu hanya dengan melihat Bulan Purnama yang bersinar atau planet lain dengan kandungan energi yang sama dengan Bulan Purnama. Pada saat mereka melihat cahaya yang terdapat pada Bulan Purnama, pancaran energi yang terkandung dalam cahaya tersebut masuk melalui mata dan akhirnya membangkitkan kekuatan Ozaru dalam diri mereka. 

 Jika tidak ada Bulan Purnama atau planet lain dengan energi yang sama, bangsa saiyan bisa membuat sebuah Bulan Purnama palsu melalui tembakan Ki. Saiyan yang berubah menjadi Ozaru akan kembali seperti semula ketika sumber energi yang memicu kebangkitan kekuatan Ozaru lenyap (seperti menghancurkan bulan) atau memotong ekor mereka.

Super Saiyan

Urutan Super Saiyan Terkuat

Wujud tingkat tinggi yang hanya dimiliki oleh seorang Saiyan dan bisa dilakukan jika jumlah kekuatan tempur yang mereka memiliki memenuhi syarat. 

Sebelum muncul, transformasi ini dianggap sebagai wujud yang tidak pernah muncul dan hanya dikatakan tidak lain hanya sekedar sebuah legenda. Namun wujud ini mulai pertama kali diperlihatkan oleh Goku melalui kemarahan setelah melihat kematian Krillin di depan matanya oleh Frieza. Dalam Teori baru yang didapat dari Dragon Ball Super. Wujud Super Saiyan bisa didapatkan tergantung jumlah S-Cell dalam tubuh mereka. S-Cell merupakan sel yang hanya dimiliki oleh seorang saiyan. 

Jumlah S-Cell yang dimiliki, tergantung pada sukma mereka mereka. 

Semakin tinggi sukma/jiwa/semangat, maka juga semakin tinggi S-Cell. Jika jumlah S-Cell banyak dan sudah mencukupi, maka kekuatan besar akan bangkit melalui kemarahan atau kesedihan dan tak diragukan lagi bahwa mereka kapan saja bisa melakukan perubahan Wujud Super Saiyan. 

Selain melalui kemarahan atau rasa sedih, Perubahan wujud Super Saiyan juga bisa dilakukan dengan cara lain, yaitu sama seperti yang dilakukan oleh Saiyan dari Universe 6 Yaitu memfokuskan sensasi yang dirasakan di punggung lalu berubah ke dalam wujud Super Saiyan tanpa harus mengeluarkan emosi.

Super Saiyan: Second Grade (Ascended Super Saiyan)

Urutan Super Saiyan Terkuat

Ini masih masuk ke dalam Super Saiyan pertama namun berbeda dengan sebelumnya, wujud ini memiliki penampilan dengan otot terlihat lebih besar dan rambut lebih kaku. Bisa dikatakan bahwa wujud Super Saiyan pertama fase tahap kedua yang berarti ini bukanlah wujud sebenarnya dari kekuatan penuh SSJ karena wujud ini hanyalah SSJ biasa dengan memasukkan Ki dalam tubuh untuk membentuk otot demi meningkatkan serangan dan kecepatan. 

Hal tersebut bisa disimpulkan bahwa ini hanya peningkatan paksaan yang memiliki kekurangan yaitu mengurangi kelincahan dan keseimbangan.

Super Saiyan: Third Grade


Tahap lanjutan dari Super Saiyan: Second Grade dimana konsep dan cara penerapannya pun juga sama yaitu meningkatkan secara paksa kekuatan tempur dengan mengembangkan otot demi meningkatkan serangan fisik dan mengabaikan kecepatan dan gerakan karena bentuk otot terlalu besar dan terlalu berat sehingga membuatnya tidak seimbang. 

Transformasi ini digunakan oleh Trunks untuk melawan Cell Final Form serta Caulifla untuk melawan Goku pada saat Turnamen Kekuatan dimana adegan tersebut hanya terdapat dalam Anime.

Super Saiyan Full Power

Urutan Super Saiyan Terkuat

Wujud sebenarnya dari Super Saiyan yang telah berhasil dikuasai sepenuhnya. Penampilannya tidak berbeda jauh dengan Super Saiya biasa, yang berbeda adalah aura yang terpancar dalam diri mereka lebih stabil, terkendali dan tidak boros tenaga seperti wujud ketika pertama kali dimunculkan. 

Wujud ini didapatkan oleh Goku dengan memasuki wujud super saiyan namun ditambah dengan menyingkirkan rasa kegelisahan. Goku dan Gohan, merupakan orang pertama yang telah berhasil menguasai tahap tersebut setelah berlatih di Time Chamber dan setelah itu mereka membiarkan diri mereka untuk tetap masuk ke dalam wujud tersebut sampai Cell Games tiba supaya energi positif mereka terus mengalir yang dapat membuat menarik prehatian insting para hewan liar hingga mendekati mereka.

Super Saiyan 2

Urutan Super Saiyan Terkuat

Tahap lanjutan yang sebenarnya setelah memasuki wujud super saiyan. Dibilang tahap lanjutan yang sesungguhnya karena pada transformasi ini, kekuatan, kecepatan,energi yang dibutuhkan lebih besar dari yang sebelumnya. Wujud ini mulai diperkenalkan pertama kali oleh Son Gohan ketika dirinya melawan Cell dalam Cell Games saat ia melihat orang-orang yang ia sayangi tersiksa sedangkan dirinya tidak bisa berbuat apa-apa. 

Penampilan dari wujud ini berbeda dengan yang sebelumnya dimana Super Saiyan 2 memiliki aura yang terlihat lebih besar dengan tambahan adanya percikan listrik di sekitar aura tersebut, serta rambut sedikit lebih panjang naik ke atas yang terlihat lebih kaku dan runcing. 

Untuk berubah ke dalam wujud ini dibutuhkan S-Cell dan pancaran tenaga yang lebih besar dari syarat untuk menjadi super saiyan yang pertama. Ada beberapa cara untuk mendapatkan wujud ini yaitu dengan melakukan latihan keras, meluapkan emosi yang sangat besar, dan mebangkitkan naluri dengan sendirinya ketika dalam keadaan mendesak.

Super Saiyan 3

Urutan Super Saiyan Terkuat

Ini adalah Transformasi setelah Super Saiyan yang kedua. Dalam wujud ini yang bisa melakukannya hanyalah Goku dan Gotenks. 

Transformasi yang satu ini merupakan tingkatan ketiga dimana kekuatan, kecepatan, dan kemampuan lainnya meningkat lebih besar daripada yang sebelumnya, namun untuk mempertahankan wujud tersebut tidak mudah karena Transformasi Super Saiyan 3 membutuhkan energi yang lebih besar dari Wujud yang sebelumnya. Goku yang mendapatkan wujud ini saja harus melalui banyak latihan ketika dirinya di dunia lain dengan melatih wujud Super Saiyan 2 supaya tingkat kekuatan jauh lebih kuat. 

Wujud ini juga didapat oleh Goten dan Trunks setelah bergabung menjadi Gotenks dan menguasai teknik fusion mereka.

Saiyan Beyond God

Urutan Super Saiyan Terkuat

Saiyan Beyond God (SBG) adalah Mode Base ketika seorang Saiyan menguasai Ki God namun mereka menggunakan kekuatan tersebut dalam batas tertentu. Dilihat dari penampilan, tidak ada perubahan yang mencolok dengan tambahan adanya aura putih di sekitar tubuh sang saiyan. 

Sebenarnya mode ini sama seperti Base Form hanya saja ki yang digunakan memakai jenis Ki God atau Ki Dewa serta kekuatan tempur yang dimiliki bahkan lebih kuat dari Super Saiyan sehingga banyak para fans yang kesulitan membedakan mana yang Saiyan Beyond God mana yang Base Form sebelum mereka melakukan sebuah pertarungan.

Super Saiyan God

Urutan Super Saiyan Terkuat

Ini adalah tingkatan Super Saiyan yang berbeda dengan sebelum-sebelumnya karena untuk transformasi ini sudah tidak menggunakan pancaran energi yang biasa melainkan memakai “Ki God”, yaitu pancaran tenaga yang hanya dimiliki oleh para dewa dan tidak bisa dirasakan oleh orang biasa dan tidak bisa dirasakan oleh para Z Fighter. 

Namun konsepnya hampir sama dengan Super Saiyan biasa, hanya saja energi yang diperlukan untuk mencapai wujud ini adalah Ki God. 

Ketika Ki God Atau Energi Dewa sudah tinggi maka kemungkinan besar seorang saiyan mampu berubah wujud ke dalam Super Saiyan God. Untuk saiyan yang belu, memiliki ki God sama sekali, mereka bisa mendapatkannya melalui sebuah ritual yang dilakukan 5 saiyan berhati murni, lalu mengirimkan ki melalui hati kepada satu orang saiyan yang dituju untuk menjadi Super Saiyan God. 

Kekuatan yang dimiliki dalam wujud ini berkali-kali lipat lebih kuat dengan Super Saiyan yang ketiga dan cukup kuat untuk menghadapi seroang Dewa Penghancur. 

Namun pengendalian wujud tersebut lebih sulit dari Wujud Super Saiyan biasa seperti apa yang dialami Goku saat pertama kali memasuki wujud Super Saiyan God untuk melawan Beerus. Untuk mendapatkan Ki God selain melalui Ritual, ternyata ki god juga bisa didapatkan melalui latihan khusus dari malaikat atau pelayan Dewa Penghancur.

Super Saiyan Blue

Urutan Super Saiyan Terkuat

Wujud ini sebelumnya bernama Super Saiyan God Super Saiyan, dimana pada tahapan ini pengguna melakukan perubahan super saiyan dengan menggunakan Ki God. Transformasi ini merupakan lanjutan dari super saiyan god dimana kekuatan tempur mereka meningkat. S0ayangnya jumlah ki dewa yang diperlukan lebih banyak dari yang sebelumnya.

Penampilan yang dimiliki dari wujud ini adalah, rambut sama seperti super saiyan pertama hanya saja rambut, mata, serta aura yang berwarna biru dengan tambahan adanya kilauan dan sedikit percikan listrik di sekitar auranya. 

Super Saiyan Blue merupakan Transformasi yang sangat sulit untuk dipertahankan. 

Dalam Manga Untuk mengeluarkannya saja cukup membutuhkan banyak energi ki, sedangkan ketika pengguna kembali ke bentuk normal lalu masuk ke dalam mode Super Saiyan Blue lagi, maka ia telah kehilangan banyak tenaga. Sama seperti yang dilakukan oleh Vegeta saat ia menunjukkan kekuatan Super Saiyan Blue kepada Cabba, ia telah kehilangan sedikit kekuatannya sehingga saat ia mengeluarkannya lagi untuk melawan Hit, Vegeta kalah telak karena kurangnya jumlah kekuatan tempur. 

Cara yang efisien ketika melawan musuh dengan melawan Super Saiyan Blue tanpa takut energi terkuras adalah menggunakan on/off super saiyan god ke super saiyan blue yang berarti pengguna memasuki mode Super Saiyan God, tetapi saat menyerang, sesaat pengguna berubah ke dalam wujud super saiyan blue untuk meningkatkan serangan dan kecepatan, lalu kembali ke dalam super saiyan God.

Super Saiyan Rose

Urutan Super Saiyan Terkuat

Wujud Super Saiyan yang hanya dimiliki oleh Black Goku, sang antagonis utama dalam Future Trunks Saga. Kekuatan yang terkandung dalam wujud tersebut hampir sama dengan Wujud Super Saiyan Blue atau mungkin saja lebih kuat. 

Selain itu perbedaan yang mencolok pada wujud ini adalah warna yang dimiliki berbeda yaitu warna pink. Black Goku mendapatkan wujud tersebut setelah ia terus menerus berkembang dengan bantuan Zamasu dari dunia lain dengan terus memulihkan tubuhnya yang terluka sehingga dirinya dapat terus berkembang.

Super Saiyan Blue Full Power (Manga)

Urutan Super Saiyan Terkuat

Transformasi Super Saiyan Blue sempurna dimana pada tahap ini Super Saiyan Blue bisa dikendalikan dengan baik dan kekuatan tempurnya lebih besar dari yang biasannya.

Penampilan pada wujud ini memiliki satu perbedaan yaitu Aura yang biasanya terlihat meluap-luap telah menghilang. Hal itu dikarenakan aura yang biasannya keluar telah disegel dan dimasukkan ke dalam tubuh untuk meningkatkan daya tempur serta meminimalisir pengeluaran energi secara berlebihan Sehingga wujud ini dapat dipertahankan lebih lama dibanding dengan biasannya. 

Wujud Super Saiyan Blue Full Power atau bisa disebut Mastered Super Saiyan Blue merupakan Transformasi yang tidak ada dalam Anime dan hanya ada dalam Manga dan pertama kali dimunculkan oleh Goku saat dirinya melawan Zamasu yang bergabung dengan Black Goku.

Legendary Super Saiyan

Urutan Super Saiyan Terkuat

Ini adalah Transformasi yang hanya dimiliki oleh seorang Saiyan Legendaris yang muncul ribuan tahun sekali. Wujud ini telah dianggap cannon setelah kemunculan seorang Saiyan dari Alam semesta keenam bernama Kale, serta munculnya Broly yang dibuat secara resmi oleh Akira Toriyama dalam Movie terbaru Dragon Ball Super. 

Transformasi ini termasuk transformasi langka dengan kekuatan tempur luar biasa yang bisa menyamai kekuatan Super Saiyan Blue bahkan lebih. Penampilan yang dimiliki dari wujud ini adalah rambutnya yang berwarna hijau serta otot yang membesar. Ketika pengguna memasuki wujud ini, kekuatan tempur akan terus-menerus berkembang dan meningkat serta si pengguna saat dalak mode tersebut kondisinya sedang mengamuk karena emosi yang tak terkendali.

Ultra Instinct (Migatte no Gokui)

Urutan Super Saiyan Terkuat

Berbeda dengan Super Saiyan lainnya, ini adalah wujud khusus yang didapat dari teknik yang bahkan tidak bisa dikuasai oleh para Dewa Penghancur. 

Teknik Ultra Instinct pernah dikeluarkan oleh Dewa Pengancur Alam Semesta 7 yaitu beerus saat melawan para dewa penghancur dari Alam semesta lain. Untuk mengetahui lebih lanjut, kalian bisa baca: Ultra Instinct Beerus dalam Manga Dragon Ball Super. Wujud ini hanya bisa didapat ketika pengguna sudah menguasai sepenuhnya Teknik Ultra Instinct. Wujud ini memiliki penampilan rambut base form hanya saja berwarna perak serta. 

Ketika memasuki wujud ini, tubuh pengguna akan bereaksi sendiri ketika sedang menyerang maupun diserang. 

Dalam mode ini, kekuatan yang dimiliki sang pengguna bisa dikatakan sudah melampaui kekuatan Dewa Penghancur. Transformasi Ultra Instinct pertama kali diperlihatkan oleh Son Goku saat dirinya terdesak karena kesulitan melawan Jiren. Keadaan mendesak yang dialami Goku membuat dirinya secara tidak sengaja telah menguasai teknik Ultra Instinct dan membangkitkan transformasi Ultra Instinct Sempurna. Untuk mengetahui lebhi detail penjelasan tentang wujud ini, kalian bisa Baca: Konsep dan Teori Perfect Ultra Instinct.

Non Cannon:


Setelah membahas tentang wujud yang dikeluarkan secara resmi alias Cannon, pembahasan selanjutnya adalah Wujud yang dibuat secara resmi yang berarti hanya muncul dalam Anime atau bisa dikenal dengan Non-Cannon. Non-Cannon juga bisa dikatakan sebagai Filler. Untuk yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Filler, Kalian Bisa Baca: Pengertian Filler dalam suatu Anime serta Kegunaanya.

False Super Saiyan

Urutan Super Saiyan Terkuat

False Super Saiyan atau bisa dikenal dengan nama Pseudo Super Saiyan, adalah transformasi sebelum super saiyan yang hanya dimunculkan dalam Movie Dragon Ball Z: Lord Slug oleh Goku saat dirinya menghadapi musuh dari bangsa Namek yang dikenal tak terkalahkan bernama Slug. 

Dalam memasuki mode tersebut pada saat itu Goku sedang dalam kondisi tidak biasa. 

Penampilan yang bisa dilihat dari wujud ini adalah ciri fisik goku ke dalam bentuk normal dengan tambahan adanya aura emas seperti super saiyan yang mengelilingi tubuhnya serta kekuatan yamg meningkat tajam sehingga cukup bagi Goku untuk mengalahkan Slug yang sebelumnya ia tidak sanggup untuk melawannya.

Super Saiyan: Kaio-Ken

Urutan Super Saiyan Terkuat

Wujud yang muncul dalam episode filler Goku melawan Pikkon dalam turnamen dunia lain. Untuk mencapai wujud ini, pengguna harus masuk ke dalam mode Super Saiyan terlebih dahulu, setelah itu si pengguna mengeluarkan teknik Kaio-Ken untuk meningkatkan daya tempur. 

Sayangnya wujud ini bisa dibilang sangat berat dan sangat membebani tubuh. Untuk memasuki wujud super saiyan saja tubuh sudah terbebani dan mengeluarkan banyak tenaga, jika dalam kondisi tersebut pengguna mengeluarkan teknik Kaio-Ken yang memiliki efek samping sangat membebani tubuh, hal tersebut bisa dibilang bahwa pengguna bisa saja dapat menghancurkan tubuhnya.

Super Saiyan 4

Urutan Super Saiyan Terkuat

Super Saiyan 4 merupakan transformasi selanjutnya dari Super Saiyan 3 yang muncul pada serial Dragon Ball GT. Berbeda dengan Super Saiyan sebelum-sebelumnya yang biasannya hanya berbeda pada penampilan rambut dan otot, untuk transformasi yang satu ini terdapat perbedaan jauh dengan perubahan sebelumnya. 

Rambut ketika memasuki wujud ini menjadi panjang dengan warna coklat. 

Selain itu tubuh ditutupi bulu berwarna merah, terdapat ekor, serta bayangan mata berwarna merah. Untuk mendapatkan wujud ini, soerang saiyan harus memasuki wujud Great Ape atau “Ozaru” terlebih dahulu, setelah berhasil mengendalikan kesadaran saat ke dalam mode Ozaru, maka Ozaru tersebut akan mengecil dan langsung berubah ke wujud baru Super Saiyan 4. Setelah mendapatkannya, sang saiyan bisa menggunakan wujud Super Saiyan 4 sesuka hati seperti yang dilakukan Goku. 

Berbeda dengan Goku, Vegeta menggunakan alat pemancar Blutz Wave tingkat tinggi buatan Bulma untuk berubah wujud ke dalam Super Saiyan 4 karena ia tidak memiliki ekor.

Super Saiyan Blue Kaio-Ken

Urutan Super Saiyan Terkuat

Salah satu Wujud yang hanya ditemukan dalam Dragon Ball Super Anime saja sedangkan dalam Manga mode ini tidak ada. Sebenarnya terdapat perbedaan konsep Super Saiyan Blue antara Anime dan Manga. 

Untuk Anime Super Saiyan Blue Kaio-Ken mudah dikendalikan karena mode ini kondisi tubuh lebih nyaman daripada Super Saiyan serta aliran ki yang tenang sedangkan dalam versi Manga Super Saiyan Blue merupakan wujud yang sangat sulit untuk dipertahankan karena menguras banyak tenaga. Untuk selengkapnya, kalian bisa Baca: Perbedaan Super Saiyan Blue Anime dan Manga.

Super Saiyan Anger

Urutan Super Saiyan Terkuat

Transformasi Non-Cannon selanjutnya adalah Super Saiyan Anger atau lebih dikenal dengan nama Super Saiyan Ikari, yaitu transformasi yang diperlihatkan pertama kali oleh Trunks saat melawan Zamasu dan Black Goku. Dalam wujud ini, terdapat dari penampilan yang berbeda dari super saiyan biasa, yaitu adanya aura warna biru dan warna kuning dengan tambahan sedikit percikan listrik yang terdapat di sekitar tubuh pengguna, rambut yang sedikit memanjang dan lebih runcing naik ke atas. 

Saat memasuki wujud ini, kekuatan yang dimiliki meningkat secara pesat hingga mampu setara dengan lawan yang memiliki kekuatan dewa.Hal tersebut dibuktikan dengan Future Trunks yang sebelumnya bukan tandingan Super Saiyan Rose Black Goku lalu setelah memasuki mode ini kekuatannya bisa seimbang dengan Black Goku.

Super Saiyan Blue Evolution (Anime)

Urutan Super Saiyan Terkuat

Wujud yang didapat oleh Vegeta yang hanya ada dalam Anime. Transformasi ini didapat ketika pengguna telah menghancurkan batas dari Wujud Super Saiyan Blue yang biasa digunakan. 

Wujud ini memiliki penampilan yang agak mirip dengan Super Saiyan: Second Grade yaitu otot yang membesar, rambut yang lebih kaku dan runcing dengan tambahan aura biru yang lebih gelap dan lebih besar dari biasannya. Pada mode ini, data tempur yang didapat lebih besar, kekuatan, kecepatan, kelincahan, serta meningkat secara pesat.


Setelah mengetahui penjelasan di atas, mungkin ada yang belum paham dengan urutan super saiyan yang sebenarnya karena penjelasan diatas dibuat terpisah dan dicampur dengan transformasi khusus yang hanya dimiliki orang tertentu.

Jadi bisa disimpulkan bahwa urutan super saiyan terkuat yang benar adalah:

Cannon:
Base→ SSJ→SSJ: Second Grade→SSJ: Third Grade→SSJ Full Power→SSJ2→SSJ3→SBG→SSG→SSB→SSR (Black)→SSB Full Power→LSSG (Kale/Broly)→Ultra Instinct

Cannon + Non Cannon:
Base→ False SSJ→SSJ→SSJ: Second Grade→SSJ: Third Grade→SSJ Full Power→SSJ: Kaioken (Goku)→SSJ2→SSJ3→SSJ4→SBG→SSG→SSB→ SS Ikari (F. Trunks)→SSR (Black)→SSB Full Power / SSB Kaioken (Goku)/SSB Evolution (Vegeta)→LSSG (Kale/Broly)→Ultra Instinct


Previous
Next Post »