25 Anime Romance Sad Ending Terbaik dan Tersedih!! Awas Nyesek

Anime Romance Sad Ending Terbaik

Anime Romance Sad Ending Terbaik, adalah anime dengan cerita penuh emosional yang membuat perasaan penonton berubah-ubah karena cerita yang diberikan dibuat dengan cara menyedihkan, mengharukan, dan lain-lain yang membuat hati penonton tersentuh.

Biasannya anime seperti ini memiliki genre drama karena suatu cerita anime tidak akan menarik jika tidak ada drama yang menyentuh di dalamnya. Untuk kali ini Animenoem akan memberikan rekomendasi daftar anime romance sad ending terbaik yang dijamin akan membuat perasaan kalian terbawa hingga merasa galau yang tidak bisa hilang dalam waktu singkat.



Seperti Apa Anime Romance Sad Ending yang masuk ke dalam List?


Perlu diketahui, bahwa penyajian ending dalam suatu anime sangat berbeda-beda terutama untuk anime romance. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan keunikan tersendiri supaya memperluas selera penonton sehingga mereka tidak akan bosan karena sering disuguhkan dengan cerita happy ending. Khusus untuk anime romance sad ending, biasannya yang terjadi dalam cerita adalah:
  • Salah satu tokoh utama mati 
  • Pasangan tokoh tidak berhasil menyelesaikan konflik mereka
  • Pasangan tidak bisa bersama atau dengan kata lain berpisah
  • Tertikung,
  • dan lain-lain
Kira-kira seperti itulah bagaimana cerita anime romance sad ending berakhir. Langsung saja, berikut daftar Anime Romance Sad Ending!

25. Charlotte

Charlotte - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Charlotte

Jumlah Episode: 13

Rating MAL: 7.92
Genre: Drama, School, Super Power
Sinopsis:
Yuu Otsaka, adalah Seorang remaja yang diberkati kemampuan supernatural dimana dirinya dapat merasuki orang lain dalam lima detik. Namun sayangnya, kekuatan yang ia miliki ia salahgunakan dengan menggunakannya untuk merasuki para murid demi mendapatkan nilai tinggi dalam ujian sehingga ia dapat masuk ke sekolah populer bernama SMA Hinomori.

Saat ia mulai hadir di sekolah tersebut, sekali lagi, Yuu menyalahgunakan kekuatan untuk kepentingan pribadi.

Perbuatan aneh yang Yuu lakukan, dicurigai oleh seorang gadis bernama Nao Tomori. ia segera mengetahui bahwa Yuu memiliki kemampuan supernatural yang ia gunakan untuk mendapatkan nilai tinggi dalam ujian. Telah diketahui bahwa Nao ternyata juga memiliki kemampuan supernatural dimana dirinya dapat membuat dirinya menghilang.

Selain itu ia juga merupakan ketua OSIS dari sekolah tersebut dan meminta Yuu untuk mengumpulkan orang-orang dengan kemampuan supernatural termasuk adiknya yang bernama Ayumi Otsaka dengan tujuan agar mereka bisa aman dari para peneliti yang mengincar mereka untuk dijadikan sebagai bahan eksperimen yang membuat hidup mereka berantakan seperti kakak dari Nao.

Review:
Anime Romance Sad Ending terbaik dengan awalan cerita-certa santai yang sangat nyaman untuk ditonton. Emosi penonton mulai berbuah ketika cerita ini mulai memasuki konflik dimana banyak adanya plot twist yang tak terduga sehingga membuat penonton semakin penasaran dengan cerita selanjutnya.

Penyajian cerita dengan memberikan elemen superpower atau supernatural dalam seri ini membuat anime ini tampak unik dan sangat direkomendasikan untuk ditonton.

24. School Days

School Days - Anime Romance Sad Ending Terbaik
School Days

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 6.00
Genre: Harem, Drama, Romance, School
Sinopsis:
Makoto Itou, seorang siswa laki-laki biasa yang menjalani kehidupan sehari-hari dengan normal di kota Harahihama. Di awal semester kedua, ia melihat seorang gadis cantik bernama Kotohana Katsura yang ternyata ia bersekolah di tempat yang sama. Setiap hari Mereka selalu bertemu karena menaiki kereta yang sama.

Seiring berjalannya waktu, entah mengapa Makoto mulai tergila-gila dengan Kotohana.

Bahkan Makoto diam-diam mengambil foto Kotohana untuk dijadikan layar ponsel. Karena Makoto merupakan laki-laki pemalu, ia tidak berani untuk berbicara kepada Kotohana. Namun ketika temanya yang bernama Saionji Sekai melihat foto Kotohana dalam ponsel Makoto, ia menawarkan bantuan untuk membuat Makoto bisa dekat dengan Kotohana. Setelah mereka mulai berteman dan menjalani hubungan dekat, Makoto menemui Saionji untuk mengucapkan rasa terimakasih.

Mereka bertiga akhirnya menjalani hubungan persahabatan. Namun dalam hubungan persahabatan tersebut, mulai memicu adanya kisah cinta dari tiga remaja yang membuat kebahagiaan tersebut tidak bertahan lama.

Review:
Anime Romance Sad Ending yang dijamin membuat emosi kalian tercampur aduk antara merasa kasihan, marah, dan sedih. Mengetahui anime ini mendapatkan rating rendah, penyebabnya adalah karakter utama yang membuat kalian merasa jengkel dengannya. Namun dibalik hal tersebut terdapat beberapa pelajaran yang harus diambil dalam cerita ini terutama pelajaran bahwa kalian harus menghargai seorang wanita.

Ini adalah anime yang diambil dari visual novel namun terdapat beberapa perbedaan antara anime dan visual novelnya. Ketika konflik mulai memuncak, unsur psychological dalam seri ini mulai terlihat yang mungkin akan membuat kalian sedikit merinding.

23. Kuzu no Honkai

Kuzu no Honkai - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Kuzu no Honkai

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.57
Genre: Drama, Romance, Ecchi, School, Seinen
Sinopsis:
Hanabi Yasuraoka, seorang gadis SMA yang jatuh cinta kepada pria yang dikenal sangat akrab dengannya dan keluarganya. Pria tersebut bernama Kanai Narumi, seorang pria yang bekerja sebagai guru di tempat dimana Hanabi bersekolah. Sayangnya, ia harus menerima kenyataan bahwa pria yang ia cintai memiliki rasa suka terhadap seorang guru musik bernama Akane Minagawa. 

Pada suatu hari, Hanabi bertemu dengan Mugi Awaya, seorang remaja SMA yang ternyata mempunyai nasib yang sama dengannya dimana perempuan yang ia sukai yang ternyata adalah Akane.

Untuk menghilangkan rasa sakit hati yang mendalam, Hanabi dan Mugi memutuskan untuk berpacaran. Hubungan mereka segera membuat para murid di sekitar sekolah merasa rasa iri dan menganggap bahwa Hanabi dan Mugi merupakan pasangan cocok yang sangat sempurna. Namun kenyataannya, tujuan mereka berpacaran ternyata tidak lain hanya sebagai pelampiasan untuk menghilangkan rasa sakit hati yang masing-masing dialami mereka.

Review:
Kisah Drama cinta segitiga yang sangat rumit untuk dipahami dengan konflik NTR yang membuat penonton mampu terbawa suasana dan merasa nyesek dengan alur cerita yang dibuat di setiap episodenya.

Seiring berjalannya cerita terdapat adegan-adegan yang membuat penonton tak menduganya dimana perkembangan cerita dibuat dengan sangat sempurna. Visual yang dibuat dengan background dan polesan warna yang indah dan sangat nyaman untuk ditonton sebagai rekomendasi daftar anime romance sad ending terbaik.


22. Romeo x Juliet

Romeo x Juliet - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Romeo x Juliet

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 7.79
Genre: Fantasy, Romance, Action, Historical, Drama
Sinopsis:
Benua terapung Neo Verona, merupakan tempat dimana Keluarga Montague berkuasa setelah mereka membunuh semua keluarga Capulet dan menyisakan putri dari keluarga mereka yang bernama Juliet Fiammata Asto Capulet. Empat belas Tahun telah berlalu setelah insiden tersebut, kini sang pemimpin keluarga Montague bernama Leontes menjadi seorang penguasa wilayah.

Dalam kondisi yang dialami Juliet sekarang sebagai anggota keluarga Montague yang tersisa, ia memutuskan untuk bersembunyi di tempat dimana keluarga Montague tidak mengetahuinya.

Supaya dirinya tetap aman saat ia berada di kota, Juliet menyembunyikan identitasnya dengan menyamar sebagai sosok pembela kebenaran dengan nama “Red Whirlwind” dengan berpenampilan layaknya seorang laki-laki. Pada Suatu hari, Juliet telah bertemu dengan seorang pria yang diketahui merupakan pangeran Montague bernama Romeo. Mereka pun saling jatuh cinta dalam pandangan pertama.

Sayangnya, perbedaan status mereka dari dua keluarga yang bermusuhan, membuat mereka terpaksa untuk menghadapi satu sama lain namun mereka melakukannya sambil mempertahankan cinta mereka berdua.

Review:
Animr Romance Sad Ending tentang Romeo dan Juliet, yang dibuat versi berbeda dan diubah menjadi Anime Fantasy Romance Terbaik. Awal cerita dimana tokoh utama perempuan mengalami nasib yang tragis.

Namun setelah itu seiring berjalannya cerita kalian diberikan adanya kisah cinta romantis yang sangat manis dengan momen-momen dramatis yang tidak boleh dilewatkan. Untuk visual, mengetahui anime yang rilis tahun 2007, Walaupun kurang nyaman dipandang namun saat kalian menontonnya mungkin kalian langsung terbiasa dengan hal itu.

21. 5 Centimters per Second

5 Centimters per Second - Anime Romance Sad Ending Terbaik
5 Centimters per Second

Jumlah Episode: 3 (Movie)
Rating MAL: 7.93
Genre: Drama, Romance, Slice of Life
Sinopsis:
Tonoo Takaki dan Shinohara Akari adalah dua anak yang tidak memiliki teman. Mereka memutuskan untuk menjadi sahabat setelah mereka berada di kelas yang sama saat memasuki Sekolah Dasar. Mereka lebih memilih menghabiskan waktu bersama dengan mengunjungi ke perpustakaan dibandingkan bermain bersama teman-teman lainnya karena tubuh fisik mereka yang lemah dan mudah terserang penyakit.

Karena sering bersama, Teman-teman mereka sering mengejek dengan mengatakan bahwa Takaki dan Akari berpacaran.

Setelah lulus dari Sekolah Dasar, Akari harus pindah dan meninggalkan Takaki karena pekerjaan orang tuanya. Akhirnya mereka bersekolah di tempat yang berbeda, Akari melanjutkan sekolahnya ke tempat Tochigi sedangkan Takaki melanjutkan sekolahnya ke Tokyo. Walalupun mereka berjauhan, Takaki dan Akari sering mengirim surat dan saling memberi kabar. Namun waktu pun berlalu, Keberadaan mereka semakin jauh. untuk itu mereka memutuskan untuk bertemu terakhir kalinya karena adanya kemungkinan bahwa mereka tidak bisa saling bertemu lagi.

 Akan tetapi ketika Takaki menuju ke tempat yang sudah dijanjikan, Badai salju yang kencang telah melanda kota dan membuat kereta yang dinaiki Takaki mengalami kendala.

Review:
Ini adalah kisah cinta dengan pembagian cerita menjadi 3 bagian yang membuat hatimu tersentuh. Untuk memahami isi cerita dengan baik, kalian tidak boleh melompati sedikitpun adegan maupun dialog dalam cerita. Anime produksi commix Wave Film sudah pasti menghasilkan visual yang sangat menakjubkan dan sangat indah walaupun anime tersebut keluaran lama.

Ini merupakan salah satu Anime Romance Sad Ending yang wajib ditonton namun jika kalian tidak paham dengan ceritanya walaupun sudah ditonoton berkali-kali, kalian bisa baca artikel kami: Penjelasan dan Maksud Ending Cerita 5 Centimeters per Second

20. Clannad: After Story

Clannad: After Story - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Clannad: After Story

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 9.00
Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, Romance
Sinopsis:
Sequel dari Clannad, melanjutkan kisah tentang Tomoya Okazaki dan Nagisa Furukawa. Liburan musim panas segera berakhir dan semester kedua sebentar lagi akan dimulai. Setelah itu mereka lulus SMA bersama. Tomoya yang tidak bisa menemukan jalan untuk menggapai masa depannya memutuskan untuk mempelajari prinsip kehidupan kerja keras melalui kekuatan dari dukungan Nagisa.

Mereka memperdalam hubungan untuk membentuk ikatan baru dan menghadapi masalah bersama-sama dalam Kisah yang selalu berjalan sepanjang waktu. Awal cerita diawali saat ayah dari Nagisa akan melakukan pertandingan baseball melawan tim dari toko sebelah. Pada saat itu ia mengajak Tomoya untuk mengikuti pertandingan baseball tersebut dan memintanya untuk mengumpulkan anggota lain bersama dengan Nagisa.

Review:
Kisah lanjutan dari seri Clannad dengan penyajian cerita yang tidak jauh dari sebelumnya yaitu penuh dengan cerita dramatis, mengharukan, dan terkadang diselipi adegan comedy yang menghibur, serta perkembangan karakter dari sebelumnya yang dibuat lebih baik melalui konflik yang dialami mereka.

Setiap episode akan membuat kalian kadang tertawa, tenang, dan menangis. Keunggulan anime ini adalah ending ceritanya dibagi menjadi dua versi, yaitu Happy Ending dan Sad Ending dimana keduanya sama-sama dieksekusi dengan sangat sempurna dan menghasilkan sebuah cerita yang menakjubkan.

19. Hotarubi no mori e

Hotarubi no mori e - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Hotarubi no mori e

Jumlah Episode: 1 (Movie)
Rating MAL: 8.54
Genre: Drama, Romance, Shoujo, Supernatural
Sinopsis:
Penasaran dengan kisah dari gunung dewa, seorang anak berusia 6 tahun bernama Hotaru Takegawa mencoba pergi ke gunung tersebut dan berakhir tersesat di hutan. Setelah putus asa karena tidak bisa menemukan jalan keluar, ia bertemu dengan seorang pria bertopeng bernama Gin. Telah diketahui bahwa Gin bukanlah manusia melainkan seorang Makhluk Roh yang hidup di sekitar hutan tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa ia tidak boleh disentuh oleh orang lain karena hal tersebut akan membuatnya lenyap.

Setelah pertemuan tersebut, Gin menolong Hotaru yang tersesat untuk mencari jalan keluar dari hutan. Setelah akhirnya Gin berhasil membawa Hotaru pulang dalam keadaan selamat, pada saat itu Hotaru berjanji kepada Gin bahwa ia akan terus mengunjunginya setiap musim panas. Kini setiap Musim panas, Hotaru menepati janjinya dengan selalu pergi ke hutan itu untuk bertemu dengan Gin.

Mereka bermain bersama dan akhirnya menjadi sahabat baik. Beberapa tahun kemudian, Hotaru mulai beranjak dewasa sedangkan Gin masih tetap masih sama saja dan tidak mengalami perubahan sama sekali. Bersahabatan mereka mulai menumbuhkan rasa cinta. Hotaru ingin terus bersama menemani Gin begitu pula dengan Gin.

Mengetahui mereka adalah makhluk yang berbeda, apakah hubungan mereka bisa bertahan dalam waktu yang lama?

Review:
Anime Romance Sad Ending terbaik yang tidak boleh kalian lewatkan karena memiliki alur cerita yang sangat mengesankan untuk ditonton dengan menyajikan cerita unik dimana kedua pasangan tokoh utama merupakan makhluk yang berbeda.

Hal yang menarik dari seri ini adalah bagaimana hubungan mereka tetap terjalin walaupun mereka beda dunia apa lagi bagi Gin yang tidak boleh disentuh oleh manusia. Anime ini memiliki visual yang sangat indah dari pemandangan latar sedangkan untuk desain karakter, seri ini dibuat secara sederhana namun tetap nyaman untuk ditonton.

18. Fullmoon wa Sagashite

Fullmoon wa Sagashite - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Fullmoon wa Sagashite

Jumlah Episode: 52
Rating MAL: 8.05
Genre: Music, Comedy, Supernatural, Drama, Romance, Shoujo
Sinopsis:
Mitsuki Kouyama adalah Seorang gadis berbakat yang memiliki cita-cita sebagai seorang penyanyi terkenal. Pada suatu hari, Ia bertemu dengan seorang anak laki-laki berumur 16 tahun di panti asuhan bernama Eichi Sakurai. Pertemuan tersebut membuat mereka mulai berteman dan hubungan mereka semakin lama semakin dekat hingga menimbulkan perasaan cinta.

Sayangnya saat Mitsuki ingin menyatakan perasaannya, Eichi telah meninggalkan panti asuhan karena ia telah diadopsi dan dipindahkan ke Amerika. 

Sebelum berpisah, Mereka telah membuat janji bersama untuk mewujudkan impian masing-masing. Mitsuki ingin menjadi seorang penyanyi profesional sedangkan Eichi ingin menjadi seorang astronot. Dua tahun kemudian, Mitsuki memulai langkahnya untuk mewujudkan impiannya sebagai penyanyi. Namun di awal perjuangannya ia langsung menghadapi cobaan besar dimana ia terserang penyakit Kanker tenggorokan yang dapat menurunkan kinerja Mitsuki dalam bernyanyi.

Tidak hanya itu, setelah ia mengidap penyakit kanker, Neneknya menjadi sangat membenci musik dan meminta Mitsuki untuk berhenti menyanyi lalu melakukan operasi pengangkatan kanker yang efeknya akan merusak pita suaranya.

Namun dengan keinginan kuat Mitsuki, ia tidak akan menyerah begitu saja dan ia menolak untuk melakukan operasi supaya ia dapat terus melanjutkan karirnya dalam bernyanyi.

Saat Mitsuki berjuang sangat keras untuk menggapai keinginannya, dua shinigami bernama Meroko Yui dan Takuto Akira muncul untuk menemui Mitsuki dan mengatakan bahwa hidupnya tinggal satu tahun. Peringatan tersebut membuat Mitsuki meminta bantuan kepada kedua shinigami tersebut untuk membuat Mitsuki menjadi seorang penyanyi terkenal supaya saat dirinya meninggal, Mitsuki tidak memiliki penyesalan sama sekali.

Review:
Perjuangan seorang gadis untuk meraih cita-citanya selagi mengidap penyakit dan neneknya yang menghalangi dirinya. Kisah penuh dengan adegan dramatis serta adanya unsur magic dan comedy yang membuat penonton terkadang merasakan kebahagiaan dan kesedihan.

Perkembangan karakter dalam seri ini dibuat dengan sangat baik dimana seiring berjalannya cerita, asal usul dan tujuan tokoh diungkap dan dieksekusi dalam waktu yang sangat tepat. Untuk bagian visual, gambar dan desain dibuat layaknya anime khas shoujo dan sangat nyaman untuk ditonton walaupun termasuk anime yang rilis pada tahun 2002. Ini adalah Daftar Anime Romance Sad Ending yang sangat direkomendasikan untuk kalian.

17. Hal

Hal - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Hal

Jumlah Episode: 1 (Movie)
Rating MAL: 7.63
Genre: Sci-Fi, Drama, Romance, Shoujo
Sinopsis:
Cerita berlatar di jaman dimana negara Jepang sudah sangat maju dengan adanya teknologi canggih hingga hadirnya Robot yang siap untuk hidup berdampingan dengan manusia. Walaupun Teknologi di sana sudah maju, hebatnya budaya dan tradisi di Negara Jepang tidak ditinggalkan dan masih bertahan hingga saat ini.

Kurumi, adalah seorang gadis cantik yang sangat mencintai kekasihnya bernama Hal. Sayangnya kejadian tragis dialami oleh kekasih tercintanya tersebut dimana ia telah meninggal karena kecelakaan sebuah Pesawat yang meledak.

Setelah kejadian tersebut, Kurumi sering menghabiskan waktu dengan mengurung dirinya diri, tidak ingin makan, minum, dan lain-lain. Untuk membuat Kurumi seperti sedia kala, sebuah perusahaan membuat Robot dengan wajah mirip dengan Hal dan ia diminta untuk menemani Kurumi. Robot Hal ditugaskan untuk bisa meyakini Kurumi bahwa dirinya bisa menjadi Hal.

 Mampukah Robot Hal mampu membuat hidup Kurumi kembali seperti semula?

Review:
Kisah cinta tentang robot dan manusia yang cukup untuk membuat kamu merasa baper, sedih hingga mengeluarkan air mata. Artwork dalam bagian karakter sama seperti anime Ao Haru Ride mengetahui bahwa Original Desain Karakter dari kedua seri adalah orang yang sama yaitu Io Sakisaka. 

Background yang dibuat di sepanjang cerita juga sangat bagus, penuh warna, dan sangat cerah. Dalam pertengahan konflik cerita terdapat adanya plot twist yang tak bisa diduga serta adanya alunan music lembut yang sangat mendukung untuk memberikan suasan Anime Romance Sad Ending.

16. Kotonoha no Niwa (The Garden of Words)

The Garden of Words - Anime Romance Sad Ending Terbaik
The Garden of Words

Jumlah Episode: 1 (Movie)
Rating MAL: 8.25
Genre: Slice of Life, Psychological, Drama, Romance
Sinopsis:
Takao Akizuki, merupakan seorang  pelajar 15 tahun yang ingin menjadi calon desainer sepatu suatu hari nanti. Saat Sekolah masih berlangsung, ia sering memilih untuk bolos sekolah pada waktu turun hujan dengan pergi ke taman. Pada Suatu hari ia bertemu dengan seorang perempuan yang terlihat sedang memakan coklat dan minum bir dengan pakaian rapi sambil duduk di Gazebo.

Ia bernama  Yukino Yukari, setiap Takao datang ke taman tersebut, ia selalu bertemu denganya dengan mengenakan sepatu yang berbeda-beda .

Sepatu Yukino yang berbeda-beda menarik perhatian Takao dan membuatnya ingin sekali mendesain sepatu-sepatunya untuk mendapatkan inspirasi. Akhirnya mereka saling mengenal dan pada setiap hujan turun, Takao selalu bertemu dengan Yukino dan hubungan mereka berdua semakin lama-semakin akrab hingga mereka berbagi bekal dan saling bercerita tentang diri mereka. Ketika Takao menceritakan kepada Yukino tentang cita-citanya yang ingin menjadi desainer sepatu, Yukino ingin membantunya dengan memberikan buku tentang desain sepatu.

Hubungan mereka semakin dekat, Takao mulai mempunyai perasaaan cinta terhadap Yukino walaupun tidak peduli seberapa tuakah dia.

Review:
Anime Romance Sad Ending dengan kualitas grafis yang sangat memanjakan mata, cerita yang menakjubkan serta, karakter yang menarik. Karena seri ini merupakan karya buatan Makoto Shinkai, maka untuk memahami isi cerita kalian perlu memperhatikan dialog dan adega-adegan yang terdapat dalam cerita tersebut supaya kalian bisa mendapatkan perasaan saat menonton anime ini.

15. Anohana (Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai)

Anohana - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Anohana

Jumlah Episode : 11
Rating MAL : 8.54
Genre : Slice of Life, Supernatural, Drama
Sinopsis :
Sekumpulan anak-anak yang bersahabat selalu bermain bersama-sama. Namun sejak kematian salah satu teman dari mereka bernama Meiko Honma atau kerap disapa Menma yang disebabkan karena sebuah kecelakaan, mereka mulai memisahkan diri dan menjalani hidup masing-masing Setelah beberapa tahun kemudian, Jinta Yadomi, salah satu sekaligus ketua dari kelompok tersebut kini menjalani kehidupanya dengan meyendiri dan menjauhi dunia sosial.

Ia tidak masuk ke sekolah manapapun dan hanya menikmati sisa hidupnya dengan bermain game.

Namun kehidupannya mulai berubah ketika sesosok hantu muncul di tempat Jinta yang ternyata adalah roh dari Menma. Telah diketahui penyebab Menma menjadi gentayangan karena masih ada keinginan yang belum ia wujudkan. Namun sayangnya ia tidak mengingat keinginan tersebut sehingga Jinta harus membantu mencari keinginan Menma dengan mengumpulkan teman-teman masa kecilnya sekali lagi supaya keinginan terakhir Menma dapat terwujud.

Mampukah Jinta siap untuk mengumpulkan teman-teman lamanya walaupun sebenarnya mereka tidak ingin kembali bertemu karena hal tersebut akan mengingat tentang tragedi masa lalu yang menyedihkan dengan penuh rasa bersalah.

Review:
Cerita yang melibatkan unsur supernatural dimana salah satu tokoh utama merupakan hantu gentayangan yang ingin mewujudkan keinginan terakhirnya. Konsep tersebut sangat unik dan orisinal dimana jarang anime lain yang menerapkan konsep cerita seperti ini. Penyajian alur dibuat dengan baik dan dalam beberapa episode akan membuat kalian berlinang air mata dan sangat cocok bagi kalian para pecinta Anime Romance Sad Ending .

14. Air

Air - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Air

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.41
Genre: Slice of Life, Supernatural, Drama, Romance
Sinopsis:
“Gadis Langit” Merupakan kisah legenda yang diceritakan secara turun temurun. Mengetahui kisah tersebut dari ibunya, seorang pria bernama Yukito Kunisaki berpetualang ke berbagai tempat untuk mencari Gadis Langit tersebut. Ketika ia datang di sebuah kota yang berada di dekat pantai, pada saat itu Yukito sedang dalam keadaan lapar dan tidak memiliki uang untuk membeli makanan.

Ia akhirnya menghentikan pencarian gadis langit dan berhenti di kota tersebut untuk melakukan pertunjukkan boneka sihir yang ia pelajari dari ibunya.

Berharap mendapatkan uang yang cukup untuk membeli makanan, pertunjukkannya justru membuat para penonton merasa bosan dan tidak tertarik hingga pertunjukan tersebut berakhir tanpa mendapatkan sedikitpun uang. Ketika ia terus menahan lapar dan hampir pingsan, seorang gadis baik hati namun aneh bernama Misuzu Kamio segera mendekatinya.

Melihat keadaan yang dialami Yukito, Misuzu menawarkannya untuk tinggal di kediamannya dan memintanya untuk menjadi temannya.

Tidak ada pilihan lain, Yukito menerima tawaran Misuzu karena makanan. Setelah akhirnya kondisi Yukito lebih baik, ia diijinkan oleh Misuzu untuk tinggal di rumah bersama dengannya. Sementara Yukito tinggal di kediaman Misuzu, ia bertemu dengan beberapa gadis lain, berteman dengan mereka, dan mulai memahami mereka untuk mendapatkan petunjuk dalam menemukan Gadis Langit.

Review:
Anime Romance Sad Ending yang diadaptasi dari Visual novel dengan tambahan adanya konsep fantasy dan supernatural. Selain itu penyajian Cerita dibuat penuh emosional dan sangat dramatis yang dijamin akan membuat hati penonton tersentuh karena seiring berajalannya cerita akan membuat kalian seolah-olah masuk di dalamnya. Untuk Animasi dari seri ini cukup bagus dan sangat cocok untuk anime drama romance meskipun tergolong lama dimana anime ini rilis pada tahun 2005

13. Angel Beats

Angel Beats - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Angel Beats

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 8.30
Genre: Action, Comedy, Drama, School, Supernatural
Sinopsis:
Yuzuru Otonashi tiba-tiba terbangun di sebuah halaman sekolah dalam keadaan tidak ingat apa yang terjadi sebelum dirinya bangun kecuali namanya saja. Saat ia bangun, Otonashi bertemu dengan gadis berambut ungu bernama Nakamura Yuri yang mengatakan bahwa Otonashi telah mati dan kini ia memasuki dunia Afterlife yang merupakan dunia bagi para manusia yang sudah mati.

Dunia tersebut ada untuk mereka yang mati namun masih memiliki keinginan untuk diwujudkan ketika masih hidup.

Yuri adalah ketua dari sebuah organisasi bernama Shinda Sekai Sensen (SSS), organisasi yang dibentuk untuk melawan Dewa yang membuat dunia tersebut. Telah diketahui bahwa Mereka sedang bertempur untuk melawan seorang gadis yang diketahui merupakan malaikat bernama Kanade Tachibana. Dalam situasi tersebut, Ia menyuruh Otonashi untuk menjauh dari Kanade. Namun Otonashi tidak percaya dengan semua perkataan Yuri dan memilih untuk menemui Kanade dan bertanya apa yang terjadi sebenarnya.

Namun jawaban yang diberikan Kanade sama, Otonashi sudah mati.

Ketika Otonashi meminta bukti bahwa dirinya berada di dunia Afterlife, Kanade dengan cepat langsung menusuk Otonashi dan membuatnya tak sadarkan diri. Setelah kejadian tersebut, secara mengejutkan Otonashi bangun dan terkejut bahwa belum mati. Ternyata di dunia tersebut, Otonashi ia menyadari bahwa dirinya tidak bisa mati. Jika seseorang mati dalam dunia tersebut, maka beberapa menit kemudian ia akan segera sadar kembali dan tubuhnya akan kembali seperti semula.

Mengetahui apa yang dilakukan Kanade kepadanya, Otonashi memutuskan untuk ikut bergabung ke dalam Organisasi SSS untuk melawan Malaikat dan menentang dewa.

Review:
Serial yang membuat hati kalian tercampur aduk antara tertawa dan sedih. seri ini menyajikan kisah tentang konsep anime dimana tokoh masuk ke dunia lain sehingga menjadi salah satu Anime Isekai terbaik. Awalnya alur cerita dibuat dengan penuh adegan comedy yang sangat menghibur dan cukup untuk membuat penonton tertawa.

Namun seiring berjalannya cerita, perkembangan cerita mulai mengubah suasana dan menjadi sebuah anime dengan menyajikan kisah tragis kematian para karakter yang sangat menyedihkan sehingga membuat seri ini sangat pantas untuk dijadikan rekomendasi Anime Romance Sad Ending terbaik.


12. Chrono Crusade

Chrono Crusade - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Chrono Crusade

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 7.75
Genre: Action, Demons, Historical, Romance, Shounen, Supernatural
Sinopsis:
Tahun 1920 merupakan tahun dimana tingkat kejahatan meningkat pesat. Di wilayah Amerika, sekumpulan iblis muncul untuk membawa ketakutan dan kepanikan. Selain itu penyembah para iblis juga bermunculan dan seiring berjalannya waktu keberadaan mereka meningkat sehingga terjadi kekacauan di berbagai wilayah. Organisasi suci bernama Ordo Magdalena telah didirkan untuk menjalani tugas dalam membasmi para iblis yang menyebabkan kekacauan.

Cerita berpusat pada Organisasi Ordo Magdalena cabang New York, tempat dimana seorang biarawati bernama Rossete Christoper berada.

Bersama dengan rekan timnya yang merupakan seorang iblis muda bernama Chrno, mereka menjalani berbagai misi untuk membasi para iblis yang mengancam dan mengatasi kejahatan. Mereka dikenal sebagai tim yang sangat baik dalam menjalani misi meskipun mereka sering menyebabkan kekacauan dan kerusakan dalam misi mereka.

Dengan masa lalu gelap yang mereka alami, membuat keinginan dalam melawan ancaman iblis lebih kuat terutama Rossete yang ingin mencari sang adik bernama Joshua yang menghilang karena diambil oleh seorang iblis pendosa Aion.

Review:
Anime Romance Sad Ending yang sangat berkesan karena tidak hanya memberikan cerita romance saja melainkan adanya unsur action dengan pertarungan melawan para iblis yang sangat menegangkan dan menghibur. Penyajian awal cerita, mungkin akan membuat kalian berpikir bahwa ini sangat membosankan.

Namun ketika memasuki pertengahan cerita, plot utama benar-benar mulai terlihat dan kalian menyadari bahwa ternyata cerita dari seri ini dibuat dengan sempurna. Untuk Artwork sendiri, penggambaran ini lumayan bagus walaupun dibuat dengan gaya lama dan ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang menyukai Anime Romance dengan Sad Ending.

11. Kobato.

Kobato. - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Kobato.

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 8.05
Genre: Comedy, Drama, Romance, Fantasy
Sinopsis:
Hanato Kobato adalah seorang gadis cantik, ceria dan memiliki sifat lugu yang berasal dari dunia lain. Pada Suatu hari ia datang ke Planet Bumi dengan muncul dari langit untuk menjalani tugas dalam mengisi dan mengumpulkan botol dengan konpeito, sebuah wujud dari kesedihan dari manusia.

Ia melakukan tugas tersebut supaya keinginan Kobato untuk pergi ke suatu tempat yang ingin ia kunjungi dapat terwujud.

Tugas yang ia jalani sangat cocok denganya karena tugasnya adalah membantu orang-orang kesusahan yang merupakan bagian dari sifat baiknya. Namun supaya tugasnya dapat diselesaikan dengan baik, ia harus menuruti beberapa aturan yang telah ditetapkan. Aturan tersebut adalah Kobato tidak boleh jatuh cinta kepada manusia yang telah ia sembuhkan hatinya serta tugasnya harus diselesaikan sebelum memasuki empat musim.

Kini Kobato mulai berjuang untuk menjalani kewajibannya dengan ditemani Ioryogi, sebuah roh berwujud anjing yang menjadi pembimbing dan pengawas Kobato dalam menjalankan tugasnya.

Review:
Anime Romance Sad Ending produksi dari CLAMP, yang memiliki ciri khusus dimana karakter yang diperankan sama layaknya sebuah Anime Crossover. Drama dalam anime ini disajikan dengan sangat baik dan cukup untuk membuat hati kalian berbuah. Walaupun terkadang konflik tidak terlalu berat namun cerita yang disajikan sangat sulit untuk ditebak oleh penonton karena selama alur cerita berlangsung, akan memberikan drama yang membuat penonton penasaran dengan episode selanjutnya.

10. White Album 2

White Album 2 - Anime Romance Sad Ending Terbaik
White Album 2

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.87
Genre: Drama, Music, Romance, Slice of Life
Sinopsis:
Pada Pertengahan Bulan Oktober, Klub musik dari SMA Hojou terancam mengalami pembubaran. Untuk menyelamatkan klub, para anggota harus tampil saat festival sekolah yang sebentar lagi akan diadakan dalam waktu dekat. Sayangnya Semua Anggota dari klub tersebut keluar sehingga hanya menyisakan dua anggota yang terdiri dari seorang gitaris bernama Kitahara Haruki dan sahabatnya yang bernama Takeya Lizuka. 

Dalam keadaan yang dialami klub, mungkin harapan untuk tampil dalam pertunjukan tak akan pernah terwujud.

Namun mereka tidak akan menyerah, dua anggota yang tersisa dari klub musik berusaha mencari anggota baru untuk mengisi kekosongan dalam klub. Setelah usaha keras yang dilakukan Haruki, akhirnya dua anggota baru telah bergabung. Mereka adalah: Seorang gadis populer yang memenangkan Miss Houjou dalam dua tahun bernama Setsuna Ogiso yang akan menjadi vocalist dengan suara emas yang ia miliki dan seorang gadis bernama Kazusa Touma yang merupakan teman sekelas Haruki.

Klub musik mulai menunjukkan kebangkitannya, namun seiring berjalannya waktu, kedua gadis tersebut mulai melibatkan diri dalam cinta segitiga yang rumit.

Review:
Anime Romance Sad Ending terbaik yang menyajikan Kisah cinta remaja sekolahan dengan penuh dengan adegan drama yang akan membuat kalian menangis karena merasa sedih maupun terharu. Untuk menikmati anime ini, kalian harus memahaminya baik-baik dengan tidak melewatkan adegan maupun dialog dalam cerita. Karakter-karakter yang terdapat dalam seri ini dibuat dengan nyata dimana adanya hal-hal dari sang karakter yang akan membuat penonton tak terduga.

9. Isshuukan Friends

Isshuukan Friends - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Isshuukan Friends

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.65
Genre: Slice of Life, Comedy, School, Shounen
Sinopsis:
Bercerita tentang seorang siswa kelas 2 SMA berumur 16 tahun bernama Yuuki Hase yang akhirnya berani untuk berbicara kepada gadis yang ia sukai dengan memintanya untuk menjadi teman. Gadis tersebut adalah Kaori Fujimiya, gadis dingin dan tenang yang dikenal suka menjauhkan diri dari orang lain karena tidak ingin memiliki teman.

 Pada saat jam istirahat, Yuuki menemukan Kaori sedang makan siang di atap sekolah.

Mulai dari pertemuan tersebut, Yuuki memutuskan untuk bertemu dengan Kaori setiap hari dengan berharap bahwa Yuuki mampu mengenal dan memahami Kaori dengan baik. Semakin berjalannya waktu, mereka sering menghabiskan waktu bersama-sama, setelah itu Kaori mulai terbuka dengan Yuuki. Saat mendekati akhir minggu, Kaori mulai menceritakan alasan sesungguhnya mengapa dirinya menjauhi orang lain dan bersikap dingin.

Setiap akhir minggu, Ingatan dan Kenangan Kaori bersama teman-temanya kecuali keluarganya akan menghilang dan di setiap hari senin ingatan Kaori akan di reset kembali saat dirinya belum mengenal Yuuki.

Telah diketahui bahwa penyebab Ingatan Kaori yang menghilang seminggu sekali disebabkan karena sebuah kecelakaan mobil yang ia alami saat SMP. Untuk itu, karena ia tidak ingin menyakiti teman-temannya, Kaori memutuskan untuk hidup sendiri. Pada saat Hari senin tiba, seperti yang dikatakannya, Kaori telah kehilangan semua ingatan tentang Yuuki. Namun karena tekad kuat yang dimiliki Yuuki sebagai laki-lai yang ingin menjalani hubungan lebih dari pertemanan.

Setiap hari senin ia selalu mengajukan pertanyaan kepada Kaori “Maukah kau menjadi temanku sekali lagi?”

Review:
Dilihat dari sinopsis saja, ini mungkin sudah terkesan menyedihkan mengetahui cerita dimana sang tokoh utama laki-laki, yaitu Yuuki berjuang untuk lebih dekat dengan gadis yang ia sukai yaitu Kaori sementara Kaori memiliki penyakit dimana ingatan tentangnya hanya bisa bertahan selama seminggu.

Kisah yang sangat emosional dan dijamin akan membuat penonton merasa galau walaupun visual yang dari seri ini dibuat dengan nuansa tenang sehingga saat menontonnya membuat hati terkadang tercampur aduk.

8. ef: Tale of Melodies

ef: Tale of Melodies - Anime Romance Sad Ending Terbaik
ef: Tale of Melodies

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.11
Genre: Mystery, Supernatural, Drama, Romance
Sinopsis:
Lanjutan dari cerita ef: Tale of Memories. Di Masa lalu, hadir seorang siswa SMA dari Akademi Otowa bernama Yuu Himura. Ia dikenal sangat rajin karena dirinya ingin mempertahankan prestasi yang ia miliki. Pada saat itu, ia dipertemukan dengan seorang gadis dari hubungan masa lalu yang sebenarnya ingin dilupakan.

Ia adalah Yuko Amamiya yang mengenal Yuu dan menganggapnya sebagai cinta pertama dan hingga sekarang ia masih menyimpan perasaan cinta tersebut. Pertemuan tersebut membuat Yuu sekali lagi harus menghadapi sebuah penyesalan dari masa lalu. Di sisi lain, pada Masa kini, terdapat seorang pria tampan bernama Shuiichi Kuze yang penampilannya menggambarkan seperti seorang penggoda wanita.

Namun ketika mengenalnya lebih dalam, ternyata Kuze merupakan orang yang baik dan penyendiri. Tetangganya bernama Mizuki Hayama yang tidak ingin membiarkannya begitu saja, berusaha dekat dengan Kuze dan akhirnya menimbulkan perasaan jatuh cinta walaupun memiliki perbedaan usia yang jauh.

Review:
Ini adalah Anime Romance Sad Ending yang tidak biasa dimana penyajian cerita dibuat agak berat dan perlu berpikir untuk memahaminya. Alur cerita yang akan membuat kalian berhadapan dengan cerita masa lalu dan masa kini secara berulang serta banyaknya kisah drama yang kalian temukan dalam seri ini.

Konflik yang dibuat secara rumit dengan menyelipkan unsur misteri supaya cerita tidak mudah ditebak dan membuat kalian selalu penasaran dengan episode selanjutnya. Untuk keseluruhan anime ini dieksekusi dengan baik sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai Rekomendasi Anime Romance Sad Ending Terbaik.


7. Hachimitsu to Clover

Hachimitsu to Clover - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Hachimitsu to Clover

Jumlah Episode : 24
Rating MAL : 8.13
Genre : Comedy, Drama, Josei, Romance, Slice of Life
Sinopsis :
Yuuta Takemoto, Shinobu Morita, Takumi Mayama merupakan seorang mahasiswa dari universitas jurusan seni. Mereka tinggal di apartemen yang sama dengan biaya murah karena kehidupan mereka yang bisa dibilang pas-pasan.

Walaupun Ketiga pemuda tersebut mempunyai sifat yang berbeda-beda namun mereka mampu menjalani hubungan dengan baik dan menjadi sahabat. Pada suatu hari mereka dipertemukan dengan seorang perempuan bertubuh mungil bernama Hagumi Hanamoto, gadis yang ternyata merupakan sepupu dari dosen seni bernama Shuuji Hanamoto. Meskipun bertubuh seperti anak kecil, ia memiliki banyak bakat dan berbagai keunggulan.

Hagumi memiliki teman baik bernama Ayumi Yamada yang kedekatannya sama seperti seorang saudara.

Tak lama kemudian, Para pemuda tersebut masing-masing mulai jatuh cinta. Shinobu dan Yuuta segera jatuh cinta dengan Hagumi yang menimbulkan sebuah persaingan diantara mereka. Sedangkan di sisi lain, Ayumi memiliki perasaan dengan Mayama namun sayangnya Mayama jatuh cinta dengan seorang desainer janda bernama Rika Harada. Para pemuda tersebut kini terlibat dalam sebuah konflik cinta segitiga yang sangat rumit selagi mereka menjalani kehidupan sebagai seorang mahasiswa biasa.

Review:
Alasan mengapa seri ini sangat wajib ditonton sebagai anime romance sad ending terbaik adalah konflik cinta segitiga yang dibuat sangat rumit dan menarik serta adanya unsur drama yang akan membuat anime ini sangat seru untuk ditonton. Selain itu walaupun banyak ketegangan yang terdapat dalam cerita, unsur comedy diselipkan dalam seri ini supaya penonton bisa lepas dari perasaan tegang.

6. Kimi ga Nozomu Eien

Kimi ga Nozomu Eien - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Kimi ga Nozomu Eien

Jumlah Episode: 14
Rating MAL: 7.34
Genre: Drama, Romance, Slice of Life
Sinopsis:
Cerita berkisar tentang Takayuki Narumi, seorang siswa SMA yang mulai berteman dengan seorang gadis berambut biru bernama Mitsuki Hayase karena alasan bahwa sahabat Mitsuki yang bernama Haruka Suzumiya memiliki perasaan terhadap Takayuki.

Sejak saat itu Mitsuki dan teman Takayuki yang bernama Shinji Taira juga mulai saling berteman dan menjalani hubugan baik.

Namun pada suatu hari, Haruka mulai mengungkapkan perasaanya kepada Takuyuki. Karena Takayuki tidak ingin membuat hari Haruka sakit, akhirnya ia menerima perasaan Haruka dan mereka mulai menjadi pasangan kekasih. Seiring waktu berjalan, Hubungan yang mereka jalani semakin dekat hingga ke tahap hubungan seksual. Di sisi lain, ternyata Takuyuki dan Mitsuki menyadari adanya perasaan satu sama lain.

Setelah mengalami beberapa tragedi, Hal yang biasa terjadi kepada keempat sahabat tersebut kemungkinan tidak akan terjadi kembali.

Review:
Anime Romance Sad Ending terbaik selanjutnya adalah Kimi ga Nozomu Eien. Setelah kalian membaca sinopsis yang disajikan, mungkin kalian kebingungan dengan hubungan asmara yang terjadi dengan para karakter. ini adalah kisah romantis dengan konflik percintaan yang menegangkan karena adanya unsur NTR di dalamnya.

Mengetahui anime ini rilis pada tahun 2003, mungkin visual yang dibuat membuat seri ini kurang dipandang, namun jika kalian terus menonton episode lanjutan, mungkin hal tersebut akan membuat kalian terbaia. Jika kalian menoton seri ini maka kalian akan menemukan sebuah kisah drama yang sangat menyayat hati.

5. Kumo no Mukou, Yakusoku no Basho (The Place Promised in Our Early Days)

The Place Promised in Our Early Days - Anime Romance Sad Ending Terbaik
The Place Promised in Our Early Days

Jumlah Episode: 1 (Movie)
Rating MAL: 7.73
Genre: Drama, Military, Romance, Sci-Fi
Sinopsis:
Memasuki tahun 1974 dimana pada saat itu Jepang dalam kondisi berperang. Shirakawa Takuya dan Fujisawa Hiroki, dua sahabat yang lahir di tempat yang sama dan sering bersama-sama sejak kecil. mereka lahir pulau bernama Yaotu. Mereka tidak bisa hidup dengan tenang karena suara – suara tembakan dan bom dari perang yang sangat mengganggu mereka.

Keadaan tersebut membuat mereka memiliki impian untuk mewujudkan negara yang damai dan tenang.

Suatu hari Mereka bertemu dengan seorang gadis bernama Sawatari Sayuri. Ketika mereka bertiga mulai berteman, seiring berjalannya waktu Takuya dan Hiroki sama-sama mulai menyukai Sayuri. Walaupun mereka menyukai gadis yang sama, hal tersebut tidak ternyata tidak membuat hubungan persahabatan mereka goyah.  Beberapa tahun kemudian, memasuki Tahun 1996, bangunan menara Hokkaido telah selesai dibuat. Takuya, Hiroki dan Sayuri berniat untuk mendatangi menara bersama-sama untuk merakit Pesawat mereka sendiri.

Namun ketika memasuki musim panas, tanpa sebab yang jelas, Sayuri hilang secara misterius. hilangnya Sayuri membuat mereka mengambil jalan yang berbeda. 3 tahun kemudian Mereka memutuskan untuk berhenti bekerja di pesawat dengan tujuan agar melupakan kesedihanya tentang hilangnya Sayuri.

Review:
Ini adalah salah satu Anime Movie Romance terbaik buatan Makoto Shinkai, nama yang mungkin tidak asing bagi kalian karena dialah sang pencipta dari karya anime movie terbaik dan terpopuler yaitu Kimi No Na wa dan The Garden of Words.

Walaupun anime ini rilis pada tahun 2004, namun grafis dan background yang dibuat bisa disetarakan dengan kualitas animasi jaman sekarang bahkan bisa dibilang lebih. Seri yang akan memberikan cerita yang sangat emosional bagi kalian dan membuat kalian bersedih dengan kisah drama yang sangat menakjubkan sebagai Anime Romance Sad Ending Terbaik.


4. Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka? (SukaSuka)

SukaSuka - Anime Romance Sad Ending Terbaik
SukaSuka

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.85
Genre: Sci-Fi, Drama, Romance, Fantasy
Sinopsis:
Kemunculan ras baru yang merupakan makhluk buas dan mengerikan bernama “Beast” membuat keberadaan manusia punah. 500 tahun kemudian setelah umat manusia punah, ras lain yang masih hidup, kini harus tinggal di sebuah pulau yang mengambang di langit dimana tempat tersebut menjadi satu-satunya tempat yang aman dari para Beast.

Untuk mengalahkan Beast, mereka menggunakan senjata kuno berwujud gadis dari ras “Leprechauns” yang dianggap sangat ampuh untuk melawan Beast.

Sayangnya Jangka waktu hidup para gadis Leprechauns tersebut, hanya berlangsung sebentar dan mereka bisa mati kapan saja. Dalam situasi yang bisa dianggap kurang menguntungkan, telah diketahui bahwa terdapat satu orang dari ras manusia yang ternyata masih hidup karena keberadaannya selama 500 tahun, ia sedang dalam keadaan tertidur. Manusia tersebut bernama Willem Kmetsch.

Setelah terbangun, kini ia hidup di kota Grimpjhal bersama dengan ras lain dan ditugaskan untuk menjadi penjaga gudang senjata. Ketika ia memasuki gudang senjata tersebut, ia terkejut mengetahui bahwa senjata tersebut merupakan sekelompok gadis muda dari ras Leprechauns. Chtholly Nota Seniorious merupakan salah satunya ras Leprechauns pemberani yang bersedia mengorbankan dirinya demi menciptakan perdamaian Dunia.

Dalam menjalani tugasnya untuk merawat senjata anak-anak Leprechauns, Willem seperti merasa menjadi sosok seorang ayah yang terus mengawasi dan mendukung mereka.

Review:
Awal kesan cerita dari sinopsis mungkin akan membuat kalian menyimpulkan bahwa anime ini merupakan seri dengan konsep survival seperti Shingeki no Kyojin. Namun nyatanya cerita seperti itu hanya sebagian saja sedangkan sebagiannya lagi difokuskan untuk menyajikan sebuah cerita dramatis yang melibatkan pasangan tokoh antara Willem dan Chtholly yang membuat penonton baper berkepanjangan.

Selain unggul dalam cerita, Visual juga dibuat dengan sangat baik, kalian akan menyaksikan background berlatar fantasy yang sangat indah sehingga nyaman untuk dinikmati dan membuat anime ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang menyukai Anime Romance Sad Ending terbaik.

3. Guilty Crown

Guilty Crown - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Guilty Crown

Jumlah Episode : 22
Rating MAL : 7.76
Genre : Action, Sci-Fi, Super Power, Drama, Romance
Sinopsis :
“Lost Christmas”, merupakan insiden yang melibatkan sebuah virus bernama Virus Apocalypse yang menjadi sumber utama dalam kekacauan di Jepang yang terjadi pada tahun 2029. 10 tahun kemudian tepatnya tahun 2039, Jepang membentuk sebuah organisasi GHQ, yaitu Organisasi khusus yang diberikan tugas untuk membasmi Virus Apocalypse dengan segala cara karena mereka diberikan kebebasan dan boleh melakukan apa saja oleh pemerintah kepada mereka yang terjangkit virus apocalypse termasuk dibolehkan membunuh mereka.

Cerita berkisar tentang Shu Ouma, seorang remaja yang mungkin ditakdirkan untuk mengubah kekacauan yang sedang terjadi di Jepang. Shu merupakan murid yang dikenal sangat pendiam dan suka menyendiri.

Pada Suatu hari, takdir mempertemukannya dengan seorang penyanyi idola dari band EGOIST bernama Inori Yuzuriha. Telah diketahui bahwa Inori memiliki profesi lain selain menjadi penyanyi yaitu bekerja sebagai anggota Funeral Parlor, organisasi yang dibentuk untuk melawan pemerintahan dengan tujuan membebaskan Negara Jepang dari para pasukan GHQ yang suka bertindak sesuka hati kepada masyarakat yang terjangkit Virus Apocalypse.

Bisa dikatakan bahwa tindakan yang dilakukan Inori adalah tindakan sebagai seorang teroris.

Ketika Inori terpojok oleh para anggota GHQ, Inori meminta Shu untuk membawakan sebuah tabung silinder bernama Void Genome ke tempat yang aman. Void Genome merupakan tabung yang didalamnya mengandung kekuatan besar. Ketika Shu membawanya, secara tidak sengaja ia menjatuhkannya, dan kekuatan di dalam tabung tersebut masuk dalam diri Shu sehingga ia memiliki sebuah kekuatan yang tak tertandingi.

Review:
Salah Satu Anime Action Romance terbaik dengan latar cerita masa depan Tokyo yang memiliki alur cerita yang sangat mengesankan dan membuat kalian selalu penasaran di setiap episodenya.

Cerita yang mengangkat tema Anime Zero to Hero, dimana sang tokoh utama yang hanya merupakan murid biasa terlibat dalam kegiatan teroris dan mendapatkan Kekuatan berbentuk sebuah bentuk pedang terbaik dengan desain keren yang mampu menghancurkan robot dari GHQ. Selain itu Visual yang dibuat studio Production I.G dibuat sangat mengesankan dengan efek-efek yang dibuat dengan baik dan mengesankan.

2. Plastic Memories

Plastic Memories - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Plastic Memories

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 8.00
Genre: Sci-Fi, Drama, Romance
Sinopsis:
Cerita diambil dari latar masa depan dimana terdapat Android yang diciptakan untuk membantu kehidupan manusia. Android tersebut bernama Giftia, sebuah manusia buatan yang memiliki kesamaan dengan manusia dari wujud maupun perasaan. Namun sayangnya jangka waktu kehidupan Giftia dibatasi, yaitu mereka hanya mampu hidup dalam waktu 81.920 jam atau dalam kata lain 9 tahun 8 bulan.

Jika Giftia hidup lebih dari waktu yang ditetapkan, mereka bisa rusak, mengamuk, dan bertindak kasar.

Salah satu perusahaan pembuat Giftia yaitu SAI Corporation, perusahaan yang dikenal mampu mengelola Giftia dengan kualitas terbaik yang wujudnya dapat menyamai dengan manusia. Cerita berkisar tentang Mizugaki Tsukasa, remaja 18 tahun yang gagal mengikuti ujian perguruan tinggi dan berakhir menjadi karyawan di Anak Perusahan dari SAI Corp yaitu Terminal Service. 

Sebagai pegawai baru di perusahaan tersebut, Tsukasa menjalani tugas untuk mengambil Giftia yang masa hidupnya sudah mencapai batas waktu untuk mencegah terjadinya tindakan kasar. Ia tidak sendiri, Tsukasa ditemani oleh seorang Giftia veteran cantik bernama Isla. 

Walaupun ia adalah Giftia bertubuh mungil dan terlihat pendiam, Isla adalah Giftia terbaik yang bisa diandalkan dalam menjalani berbagai tugas terutama tugas pemulihan para Giftia.

Review:
Anime Romance Sad Ending Terbaik dengan jalan cerita yang akan membuat penonton menangis di pertengahan hingga akhir cerita. drama kisah cinta antara manusia dan android yang bisa dirasakan mulai dari episode pertama walaupun diselipkan adegan comedy yang cukup untuk menghibur penonton.

Selain itu, sepanjang alur cerita berjalan yang dibuat terkadang membuat penonton tidak tidak bisa menebak apa yang terjadi selanjutnya. Untuk Visual, seri ini dibuat dengan baik dimana background, desain karakter, dan lain-lain dibuat seperti menggambarkan masa depan.

1. Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso - Anime Romance Sad Ending Terbaik
Shigatsu wa Kimi no Uso

Jumlah Episode: 22
Rating MAL: 8.87
Genre: Drama, Music, Romance, School, Shounen
Sinopsis:
Arima Kousei, adalah seorang anak laki-laki yang sangat berbakat dalam bermain piano. Dalam berbagai kompetisi bakat piano Ia selalu meraih juara dan mendapatkan peringkat pertama. Bakat luar biasa yang ia miliki membuat dirinya terkenal hingga tidak ada yang bisa menandinginya di kalangan anak seumuran dirinya karena ia dianggap sebagai seorang pianis hebat termuda.

Karena gelar tersebut, orang-orang menjulukinya dengan sebutan nama “Manusia Metronome”. 

Selain mahir dalam bermain piano, Arima adalah anak yang sangat penurut. Berkat ibunya lah, Arima bisa menjadi seperti sekarang ini karena Sang Ibu adalah orang yang mengajari Arima dalam bermain piano dengan Metode khusus sehingga membuat dirinya menjadi pianis berbakat. Namun ketika kematian Ibunya, Arima yang merasakan kesedihan mendalam memutuskan untuk berhenti sebagai pianis dan menjalani hidup tanpa bermain piano.

Beberapa tahun berlalu, Arima telah menginjak bangku SMP. Suatu hari ia bertemu dengan Kaori Miyazono, seorang gadis cantik dan ceria yang ternyata merupakan pemain alat musik berbakat seperti Arima. Melihatnya bermain alat musik biola membuat Arima teringat masa lalunya saat bermain piano.

Pertemuan yang ditakdirkan tersebut akhirnya mengarahkan Arima untuk mulai kembali ke dunia musik dengan bantuan Kaori.

Review:
Untuk kalian para pecinta anime romance, pasti tidak asing lagi dengan seri yang satu ini. Cerita khas Shounen dengan cerita romantis yang dibuat sangat dramatis walaupun diselipkan adegan comedy di dalamnya sebagai hiburan tambahan. Kisah cinta antar tokoh yang sangat menyenangkan untuk ditonton, serta Music dan Soundtrack yang sangat mendukung emosi cerita seiring perkembangan alur cerita yang membuat seri ini sangat luar biasa.

Jika kalian belum menontonnya, Ini bisa menjadi seri yang sangat direkomendasi dan menjadi salah satu Anime Romance Sad Ending terbaik yang akan membuat kalian menangis, baper, tidak bisa tidur, galau yang terus berlangsung selama berminggu-minggu melebihi perasaan saat diputusi pacar (itupun kalau kalian pernah punya pacar).

Sekian Rekomendasi Anime Romance Sad Ending kali ini, mungkin jika kalian mengetahui anime lain dengan cerita yang lebih baper namun tidak ada dalam list ini, kalian bisa merekomendasikan atau memberitahu melalui komentar atau kontak yang tersedia.

Jika kalian tidak tahan dengan cerita anime romance sad ending kalian tidak perlu khawatir, karena kami memiliki list anime happy ending dimana Pasangan Tokoh Berakhir Menikah Bahagia dengan cerita yang tidak kalah baper dari yang sad ending.
Previous
Next Post »