35 Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa

Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa

Daftar Anime Romance School memiliki daya tarik tersendiri bagi yang menikmatinya dan memilki banyak hal yang disukai bagi para penggemar anime.

Jika kamu yang masih memasuki masa sekolah, mungkin dengan menonton genre tersebut akan membuatmu termotivasi dalam menjalankan sekolah dan mendapatkan inspirasi untuk mendekati orang yang kamu sukai. Banyak perasaan yang kamu dapat ketika menonton anime ini, untuk itu, Animenoem akan memberikan Rekomendasi Daftar Anime Romance School Terbaik.



Daftar Anime Romance School Terbaik


Beberapa macam alur cerita dan karakter terdapat dalam genre ini, dan yang paling utama adalah sebagian besar cerita diikuti oleh para murid namun pasangan mereka diatur bermacam-macam, dari yang otaku dan populer, pintar dan bodoh, dan lain-lain.Terdapat ciri-ciri  sebuah anime yang masuk ke dalam kategori romance school diantaranya:

  • Berlatar Sekolah
  • Pasangan Tokoh merupakan remaja
  • Penampilan Tokoh sebagian besar mengenakan pakaian seragam sekolah
  • Adanya suatu kegiatan sekolah yang membuat hubungan pasangan tokoh berkembang
  • dan lain-lain
Berikut ini adalah Rekomendasi Daftar Anime Romance School yang tidak boleh kamu lewatkan dengan macam-macam tema cerita yang berkesan dan dijamin akan membuatmu ketagihan!


1. Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Shigatsu wa Kimi no Uso

Jumlah Episode: 22
Rating MAL: 8.87
Genre: Drama, Music, Romance, School, Shounen
Sinopsis:
Cerita mengikuti seorang anak yang menjadi pianis jenius. Ia adalah Arima Kousei, anak laki-laki yang sangat lihay dalam bermain piano dan sering memenangkan berbagai kejuaraan kompetisi piano di tingkat seusianyadan sering mendapatkan banyak penghargaan.

Karena Arima sangat berbakat, ia menjadi terkenal dan memiliki julukan “Manusia Metronome”, julukan untuk sang pianis terhebat dan termuda. Bakat menakjubkan yang ia miliki, semua adalah berkat kerja keras didikan ibunya yang mengajarinya dengan berbagai metode khusus hingga membuat Arima seperti sekarang ini.

Namun saat Ibunya telah meninggal, Kesedihan Arima membuat dirinya berhenti untuk bermain piano untuk selamanya. Beberapa tahun kemudian, Arima telah menjadi siswa SMP dan keputusannya untuk tidak bermain piano masih ia genggam.

Pada suatu hari ia dipertemukan dengan seorang gadis pirang cantik dan ceria bernama Kaori Miyazono. Telah diketahui bahwa ia memiliki kemampuan hebat dalam bermain alat musik biola. Dengan kesamaan bakat bermain alat musik, Kaori dan Arima mulai berteman dan kehadiran Kaori membuat Arima sekali lagi harus terjun ke dalam dunia musik.

Review:
Anime Romance School Terbaik dengan memberikan tema music dan cerita yang sangat mengesankan, penuh dengan drama, dan konflik menegangkan yang akan membuatmu penasaran. Selama episode berjalan, awal cerita tidak selalu serius, namun ketika terdapat beberapa hal yang terungkap, disitulah kamu akan menemukan drama yang akan membuatmu menangis dan baper.

Terkadang seri ini menyelipkan adegan comedy yang sangat menghibur dan lucu untuk ditonton. Karena anime ini bertema Music, maka OST yang sangat indah dan mendukung tema cerita. Visualnya juga bagus, tingkat pencerahannya sesuai dan sangat nyaman untuk dinikmati sebagai Rekomendasi Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa.


2. Tsuki Ga Kirei

Tsuki Ga Kirei - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Tsuki Ga Kirei

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.34
Genre: Romance, School
Sinopsis:
Cerita berkisar tentang para siswa SMP Daisan yang telah memasuki tahun ajaran baru. Akane Mizuno, seorang siswi yang memasuki tahun ketiga dari klub lari, kini harus berpisah dengan teman-teman yang sebelumnya satu kelas dengannya karena pembagian kelas baru.

Karena ia belum terbiasa dengan kelas barunya, Akane sangat pemalu dan biasannya ketika ia mengatasi rasa gugupnya, Akane memiliki kebiasaan dengan menekan sebuah boneka kentang ia bawa setiap hari.

Di saat yang sama, di kelas dimana Akane berada, terdapat seorang siswa laki-laki yang memiliki mimpi untuk menjadi seorang novelist bernama Kotarou Azumi. Sesuai dengan hobinya dalam menulis novel, Azumi mengikuti klub sastra untuk mendapatkan ilmu.

Pertemuan mereka, awalnya biasa saja karena belum saling mengenal, namun ketika sederetan kejadian yang membuat mereka bertemu, Akane dan Azumi akhirnya saling terbuka. Keterbukaan tersebut seiring berjalannya waktu menimbulkan sebuah perasaan nyaman yang terdapat dalam diri masing-masing.

Review:
Jika kamu mencari Anime Romance School dengan cerita yang adem, ringan, tanpa konflik berat seperti cinta segitiga, maka Tsuki ga Kirei adalah pilihan yang sangat tepat.

Walaupun terdapat kejadian-kejadian romantis yang tak mungkin terjadi di dunia nyata, namun hal tersebut sangat disukai para penonton dan seri Ini adalah Rekomendasi Daftar Anime Romance School yang sangat cocok ditonton diwaktu kamu senggang atau saat ingin bersantai.

3. ReLife

ReLife - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
ReLife

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 8.14
Genre: Slice of Life, Romance, School
Sinopsis:
Kaizaki Arata hanyalah sekedar pria gagal dalam menjalani hidup sebagai masyarakat dan menjadi seorang pecundang setelah keluar dari perusahaan sebelumnya dimana ia bekerja. Setelah ia mencari ke berbagai tempat untuk mencari pekerjaan, pria berusia 27 tahun ini tidak mendapatkan hasil karena kurangnya kemampuan yang ia miliki.

Ketika Arata telah sudah berada di ujung keputusasaan, seorang pria misterius bernama Ryou Yoake muncul dan menawarkan pekerjaan kepada Arata untuk bekerja di ReLife Research Institute. Namun untuk bekerja di perusahaan tersebut Arata harus memenuhi satu syarat, yaitu ia harus menjadi bahan uji coba “ReLife”, uji eksperimen kepada seseorang yang hidupnya gagal dengan meminum obat yang dapat membuat seseorang lebih muda 10 tahun.

Tanpa pikir panjang, ia langsung menyetujuinya dan meminum obat yang membuat dirinya kembali berumur 17 tahun. Setelah menjadi remaja, Arata diminta untuk memperbaiki diri dalam menjalani kehidupan sekolahnya sekali lagi.

Review:
Berbeda dengan yang lainnya, Rekomendasi Daftar Anime Romance School Terbaik kali ini memiliki cerita yang unik dimana seorang pria dewasa berubah menjadi remaja dan menjalani kehidupan sekolah. Di sepanjang cerita, kamu akan disuguhkan tentang Arata yang berusaha menjadi yang terbaik sebagai murid SMA dengan memberikan pertolongan kepada teman-teman di sekolahnya yang mengalami masalah dengan pola pemikiran dewasa yang ia miliki.

Untuk awal cerita seri ini menguatkan unsur slice of life setelah itu di saat pertengahan, unsur romance mulai dirasakan dan terdapat beberapa kejutan Untuk menyampaikan perkembangan cerita menjadi sempurna sehingga menjadi Anime Romance School Terbaik.


4. Yamada-kun to 7-nin no Majo

Yamada-kun to 7-nin no Majo - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Yamada-kun to 7-nin no Majo

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.83
Genre: Comedy, Harem, Mystery, Romance, School, Shounen, Supernatural
Sinopsis :
Dikenal sebagi murid tukang pembuat Onar di Masa SMP nya, Ryuu Yamada manjadi siswa yang ditakuti oleh para murid hingga membuat dirinya dijauhi dan menjadikan dirinya sebagai murid yang dikucilkan.

Setelah lulus dari SMP, Yamada memutuskan untuk memperbaiki diri dan meninggalkan jejak sebagai anak nakal dengan masuk ke SMA Suzaku yang tempatnya jauh dari Sekolah SMPnya guna mencegah murid yang mengenal dirinya.

Ketika baru waktu berjalan satu tahun, Yamada sudah mulai merasa bosan dengan kehidupan sebagai murid yang baik. Akhirnya ia mulai malas, dan membuatnya terjerumus kembali ke dalam kehidupan sebagai murid pembuat onar. Namun Pada Suatu hari, kehidupannya berubah ketika ia dipertemukan dengan seorang murid teladan cantik bernama Shiraishi Urara.

Setelah dipanggil dari Ruang Guru, ia terjatuh ke arah Urara dan mereka secara tidak sengaja berciuman. Namun Setelah itu, tanpa sebab yang jelas Mereka tiba-tiba saja bertukar tubuh.

Setelah terjadi peritiwa supernatural aneh tersebut, sang Wakil ketua OSIS bernama Toranosuke Miyamura membangkitkan kembali klub supernatural dan mencari tahu bagaimana mereka bisa berganti tubuh. Dalam pencariannya, mereka menemukan informasi tentang legenda 7 penyihir yang terdapat di sekitar SMA Suzaku. Siapa sajakah mereka?

Review:
Unsur Supernatural yang diberikan dalam anime ini, membuat Yamada-kun to 7-nin no Majo menarik perhatian penonton. Tujuan utamanya tidak hanya mencari 7 penyihir yang ada di sekolah, namun juga terdapat beberapa alur cerita romantis ala remaja yang membuat kamu tersenyum dan tertawa dengan penyajian comedy yang dimiliki anime ini.

Selain itu untuk segi karakter, banyak karakter perempuan yang sangat cantik dan disukai karena memiliki sifat yang berbeda-beda. Desain karakter yang cantik tersebut juga menjadi salah satu daya tarik untuk membuat seri ini menjadi salah satu Anime Romance School Terbaik


5. Lovely Complex

Lovely Complex - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Lovely Complex

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 8.17
Genre: Comedy, Romance, Shoujo
Sinopsis:
Cerita berkisar tentang 2 pelajar SMA yang memiliki tinggi tak biasa. Koizumi Risa, seorang siswa perempuan yang memilki tinggi di atas rata-rata, dan di sisi lain Otani Atsushi, adalah siswa laki-laki dengan tinggi di bawah rata-rata.

Telah diketahui bahwa Mereka berdua mencari pasangan dengan tinggi yang sesuai untuk supaya dapat menciptakan pasangan serasi yang ideal. Telah diketahui mereka berdua berad di kelas yang sama dan mereka sering bertengkar dengan saling mengejek terutama mengenai tinggi masing-masing. Murid – murid sekitar memberikan mereka julukan “All Hanshin Kyojin” (sebuah sebutan untuk pelawak di jepang).

Mereka sering dijodoh-jodohkan karena sama-sama memiliki tinggi tak biasa. Ketika waktu musim panas, terdapat seorang pria bertubuh tingg bernama Ryoji Suzuki. Risa yang mengetahui kehadirannya segera langsung jatuh cinta kepadanya.

Dan secara kebetulan Otani juga menemukan gadis yang ia anggap cocok dengan dirinya, ia adalah Chiharu Tanaka, seorang gadis pemalu dan pintar yang memiliki tubuh tinggi pendek. Untuk mencapai masing-masing tujuan, Otani dan Risa memutuskan untuk bekerja sama demi mendapatkan pasangan yang mereka inginkan dengan menyusun rencana kencan berempat.

Review:
Untuk menciptakan pasangan karakter, biasanya yang diperhatikan adalah sifat maupun wajah karakter itu sendiri dimana karakter tersebut dibuat cantik/tampan. Akan tetapi dalam Lovely Complex memiliki hal menarik pada bagian pasangan tokoh yaitu dalam hal tinggi tubuh.

Memang tinggi tubuh tidak terlalu penting untuk mencipatkan pasangan, namun bagaimana jika perbandingan tinggi tubuh sangat jauh dan terbalik dimana yang tinggi adalah si perempuan sedangkan yang pendek adalah si laki-laki. Anime Romance School ini sangat menarik untuk ditonton dimana banyak adegan-adegan lucu, menghibur, serta terdapat sedikit adegan yang membuatmu baper saat menontonnya

6. Sakurasou Pet no Kanojo

Sakurasou Pet no Kanojo - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Sakurasou Pet no Kanojo

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 8.33
Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life
Sinopsis:
Kebaikan hati dan kegemarannya dalam memelihara kucing, membuat seorang remaja SMA bernama Kanda Sorata harus dipindahkan ke Asrama Sakura dan menghadiri Universitas Seni Suimei yang sebelumnya bernama SMA Suimei. 

Sekolah tersebut dikenal sebagai sekolah khusus untuk para murid-murid aneh namun ahli dalam suatu hal dengan berbagai macam permasalahan yang mereka miliki. Ketika Sorata menghadiri sekolah tersebut, ia bertemu dengan sekumpulan orang-orang aneh namun berbakat yang merupakan penghuni dari Asrama Sakura.

Mereka terdiri dari Misaki Kamiigusa, seorang animator dengan sifat ramah dan optimis; Jin Mitaka, si playboy berkacamata; Ryuunosuke Akasaka, seorang programmer penyendiri; dan orang-orang aneh lainnya.

Nanami Aoyama, teman masa kecil dari Sorata mengusulkan kepadanya untuk menemukan pemilik baru dari kucing-kucing yang ia pungut supaya ia bisa kembali ke asrama sebelumnya.

Ketika Sorata memulai rencana untuk kembali, seorang gadis pirang bernama Mashiro Shiina yang tidak bisa mengurus diri sendiri membuat rencana Sorata berantakan dan kini ia diminta untuk mengurusi Mashiro yang menjadi kini murid pindahan dan memiliki jiwa seni yang tinggi.

Review:
Heroine yang sangat polos adalah hal menarik dalam Sakurasou Pet no Kanojo. Tingkah plosnya yang lucu membuat para penonton menyukainya ditambah dengan cerita RomCom dan drama berkesan yang membuat kamu terkadang merasa baper dan tertawa.

Selain heroine yang menarik, karakter lain seperti para penghuni Asrama Sakura yang memiliki keunggulan dalam masing-masing bidang. Ini adalah Anime Romance School Terbak yang sangat berkesan dan mengajarkan kamu tentang beberapa hal penting di dalamnya.

7. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. (Oregairu)

Oregairu - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Oregairu

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.95
Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, Romance, School
Sinopsis:
Hachiman Hikigaya seorang murid SMA penyendiri yang bersifat apatis terhadap dunia sekitar. Ia menganggap bahwa seorang teman hanyalah kebohongan belaka dan memandang mereka sebagai orang bodoh yang suka menipu diri mereka sendiri. Saat Hachiman terus menjelek-jelekan dunia sosial modern,

ia diminta oleh gurunya untuk memaksa Hachiman bergabung ke dalam klub Volunteer Service, sebuah klub yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada murid yang mengalami masalah dan ingin meminta bantuan. Dalam menjalani kegiatan yang tak ia sukai, Hachiman ditemani oleh salah satu anggota klub Volunteer Service lain bernama Yukino Yuknoshita, seorang gadis cantik yang juga memiliki sifat dingin dan memiliki julukan“Ratu Es”.

Dengan bergabung ke dalam klub dan membantu para murid, mampukah pemikiran Haciman terhadao dunia sosial bisa berubah?

Review:
Daftar Anime Romance School Terbaik tentang kehidupan remaja yang menjalani masa sekolah kurang membahagiakan. Cerita yang dikembangkan dengan baik sambil memberikan adegan comedy biasa namun sangat lucu dan menghibur.

Selain itu, karakternya juga menarik terutama Hachiman dan Yukino, keduanya mengalami character development yang baik melalui interaksi dadakan walaupun keduanya memiliki sifat yang bertolak belakang namun memiliki nasib yang sama, yaitu tidak memiliki teman.

Karena cerita ini berfokus pada kegiatan klub untuk yang bertujuan untuk mengembangkan karakter, Oregairu sangat cocok untuk dijadikan sebagai Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa.


8. Clannad

Clannad - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Clannad

Jumlah Episode: 23
Rating MAL: 8.31
Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Romance, School, Drama
Sinopsis:
Kehidupan Tomoya Okazaki benar-benar sedang kacau. Bagaimana tidak, keadaan keluarganya sangat memprihatinkan karena sangat berantakan. Sang Ibu telah meninggalkannya sedangkan sang ayah selalu mabuk-mabukan.

Hal tersebut membuat hubungan Tomoya dan Ayahnya selalu berakhir dengan pertengkaran. kurangnya keharmonisan dalam keluarga Tomoya membuat dirinya putus ada dan tidak bisa meraih cita-citanya untuk menjadi seorang pemain basket.

Akan tetapi rasa putus asa telah mereda ketika ia mulai bertemu dengan seorang murid perempuan bernama Nagisa Furukawa yang satu angkatan dengannya. Selama Tomoya bersekolah, ia tidak tahu bahwa Nagisa merupakan teman seangkatannya.

Telah diketahui bahwa sebenarnya Nagisa adalah murid yang tidak lulus karena pada saat Ujian, ia sakit dan tidak masuk. Dengan kejadian memilukan tersebut, dalam mengulangi tahun ajaran baru, Nagisa tetap bersemangat. Mungkin dengan kehadiran Nagisa yang selalu bersemangat dapat membuat rasa putus asa dalam diri Tomoya berkurang.

Review:
Anime Romance School Terbaik yang akan mengubah-ubah emosimu dari perasaan tertawa hingga menangis. Clannad adalah anime yang memberikan pelajaran bahwa kita harus selalu bangkit dan bersemangat walaupun sedang dalam keadaan terburuk.

Sepanjang cerita berjalan dengan sempurna, selain kisah dramatis yang membuatmu baper, terdapat adegan-adegan comedy yang sangat lucu. Selain itu perkembangan karakter juga dilakukan dengan baik terutama Tomoya yang mulai berubah berkat adanya Nagisa dan seri ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang mencari Daftar Anime Romance School Terbaik.

9. Toradora

Toradora - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Toradora

Jumlah Episode: 25
Rating MAL: 8.39
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School
Sinopsis:
Ryuji Takasu memiliki sosok sebagai pria menakutkan dengan mata seram yang ia miliki sehingga membuat orang disekitarnya merasa takut dengannya. Namun Nyatanya Ryuji bukanlah sosok yang begitu, melainkan seorang pria baik hati, pintar memasak, mandiri, dan sangat menyukai kebersihan.

Pada suatu hari, di sekolah ia bertemu dengan gadis bertubuh pendek bernama Taiga Aisaka, siswi nakal yang terkenal dengan julukan “Palmtop Tiger” , julukan untuk menggambarkan bahwa dirinya seganas seekor macan saat mengamuk.

Pertemuan tersebut kurang menyenangkan dimana Ryuuji yang bertabrakan dengan Taiga tidak menyadari kehadirannya karena memiliki tubuh kecil. Hal tersebut sontak membuat Taiga marah besar dan langsung memukul Ryuuji.

Pertemuan mereka kembali terjadi saat sepulang sekolah dimana Ryuuji sedang berniat untuk merapikan tas yang berantakan. Ketika sedikit keributan terjadi, keduanya membongkar rahasia mereka. Ryuuji memiliki perasaan terhadap siswi bernama Minori Kushieda yang merupakan sahabat Taiga sedangkan Taiga menyukai seorang siswa bernama Yuusaku Kitamura. 

Akhirnya karena orang yang dituju merupakan teman dekat mereka, Taiga dan Ryuuji memutuskan untuk bekerja sama dalam mencapai masing-masing tujuan.

Review:
Daftar Anime Romance School Terbaik dan Terpopuler yang sangat wajib ditonton jika kamu belum tahu mengenai anime yang satu ini. Cerita berkisar dari Ryuuji dan Taiga yang awalnya saling membenci menjadi saling jatuh cinta dan memberikan kisah manis dan menarik.

Perkembangan karakternya juga dilakukan dengan baik, dimana beberapa dari mereka berubah menjadi lebih baik. Adegan comedy yang dibuat dalam Anime Romance School ini juga sangat lucu, menghibur dan dapat membuatmu ketagihan saat menontonnya.

10. Kokoro Connect

Kokoro Connect - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Kokoro Connect

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.94
Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, Romance, School
Sinopsis:
Cerita berpusat dari 5 Siswa dari Akademi Yamaboshi yang terdiri dari 2 laki-laki dan 3 perempuan yang sedang sedang mencari klub. Setelah mereka melihat-lihat semua klub yang ada, mereka menyadari bahwa ternyata tidak ada klub yang cocok. Akhirnya kelima murid tersebut membentuk klub sendiri dengan nama Klub Penelitian Budaya (Cultural Research Club) atau disingkat C.R.C.

Anggota klub Klub Penelitian Budaya terdiri dari: Taichi Yaegashi, Yui Kiriyama, Iore Nagase, dan Himeko Inaba. Kegiatan yang dilakukan klub tersebut adalah menjalani kegiatan santai dan menulis berbagai artikel yang menarik bagi mereka. Awal kehidupan sekolah mereka tampak biasa-biasa saja.

Namun pada suatu hari, terjadi peristiwa tidak masuk akal dimana terjadi pertukaran tubuh para kelima murid tersebut. Berawal dari pertukaran tubuh pada Aoki dan Yui, ketika keduanya menjelaskan apa yang terjadi, anggota lainnya tidak percaya begitu saja.

Setelah itu di hari selanjutnya pertukaran tersebut masih terjadi dan akhirnya menyebar ke seluruh anggota C.R.C. Apa yang terjadi sebenarnya? Apakah mereka mampu mengembalikan keadaan semula?

Review:
Ini adalah Anime Romance School Terbaik yang ceritanya berkisar tentang kegiatan klub di sekolah. Awal cerita memang terlihat santai-santai saja, bahkan saat pertukaran tubuh tersebut, mereka tidak menanggapinya secara serius, bahkan menjadi sebuah adegan comedy yang lucu.

Namun ketika memasuki pertengahan episode konflik yang sebenarnya mulai terjadi. Satu demi satu karakter diungkapkan secara jelas melalui cerita flashback yang dramatis dan membuatmu baper. Untuk Visual, seri ini tidak ada yang istimewa namun tetap nyaman untuk ditonton dan sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin mencari Daftar Anime Romance School Terbaik

11. Ao Haru Ride

Ao Haru Ride - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Ao Haru Ride

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.82
Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Shoujo, Slice of Life
Sinopsis:
Karena sifatnya yang sangat feminim dan pemalu, seorang siswi bernama Yoshioka Futaba, menjalani kehidupan masa SMP-nya dengan menyedihkan karena hal tersebut membuat para siswa perempuan lain merasa iri hingga membuat mereka menjauhi Futaba.

Padahal Futaba sendiri tidak begitu senang jika dirinya menjadi perhatian para siswa laki-laki karena ia menganggap bahwa siswa laki-laki hanya sekedar sekumpulan orang-orang berisik yang membuat dirinya tidak tenang. Namun ada satu-satu laki yang ia pandang berbeda dari yang lain.

Ia adalah Tanaka Kou, seorang siswa yang disukai Futaba namun sayangnya saat memasuki liburan musim panas, ia telah pindah ke sekolah lain. Hal tersebut membuat Futaba sedih dan membuatnya harus memendam perasaan sukanya tanpa bisa diungkapkan.

Setelah lulus dari SMP, Futaba memutuskan untuk mengubah kepribadianya, dan ketika memasuki sekolah SMA, Futaba menjadi sosok gadis tomboy yang tak terlihat begitu menarik dipandangan oleh kalangan pria, Namun hal tersebut membuat dirinya mendapatkan teman perempuan yang menyukai sifat Futaba sekarang.

Ketika ia memulai hidup barunya, sosok dari masa lalu Futaba muncul kembali, dimana Tanaka, seorang pira yang dulu ia sukai muncul di hadapan Futaba. Namun ternyata ia juga merubah keprbadiannya dan berbeda dari yang dulu. Selain itu namanya bukanlah Tanaka Kou, melainkan Mabuchi Kou, seorang pria yang yang memiliki sifat dingin dan cuek.

Review:
Penggambaran seri ini sangat mendukung suasana konsep cerita di dalamnya, polesan warna indah bagaikan sebuah lukisan yang bergerak, serta desain karakter khas shoujo yang membuatmu tertarik ingin menontonnya.

Kisah mengikuti Futaba yang berusaha keras untuk mendapatkan teman namun di sisi lain ia juga harus berjuang untuk memperjuangkan cintanya.

Awalnya ceritanya begitu sederhana dan mainstream, namun ketika pertengahan terjadi sedikit konflik cinta rumit yang akan membuatmu terus penasaran saat menonton Daftar Anime Romance School terbaik yang satu ini.

12. Kimi ni Todoke

Kimi ni Todoke - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Kimi ni Todoke

Jumlah Episode: 25
Rating MAL: 8.12
Genre: Slice of Life, Drama, Romance, School, Shoujo
Sinopsis:
Seorang gadis polos, lemah lembut, pemalu dan baik bernama Sawako Kuronuma mengalami kesulitan dalam mendapatkan teman. Karena rambut panjangnya yang terurai banyak orang-orang disekitarnya salah paham tentang Sawako dimana mereka menganggap bahwa Sawako terlihat menyeramkan seperti hantu bernama “Sadako” yang ada dalam film “The Ring”. 

Setelah gosip tentang betapa menakutkanna Sawako, beberapa rumor mulai berkembang, ada yang bilang bahwa Sawako memiliki kekuatan supernatural, melihat hantu, bahkan ada yang mengatakan jika ada yang melihat Sawako, maka ia akan tertimpa kesialan.

Karena hal tersebut Sawako harus menjalani kehidupan sekolah sebagai penyendiri karena selain ia pemalu, ia juga dijauhi oleh teman-temannya di sekolah. Akan hidupnya berubah ketika ia bertemu dengan siswa populer bernama Shouta Kazehaya.

Berbeda dengan yang lain, Kazehaya tertarik kepada Sawako dan ingin berteman dengannya. Hubungan pertemanan tersebut mulai terjalin dan semakin berjalannya waktu, hubungan mereka memberikan kesempatan dan harapan untuk menjalin hubungan romantis.

Review:
Kimi ni Todoke adalah Kisah yang tidak hanya fokus dalam percintaan, namun Anime Romance School yang satu ini juga memberikan cerita tentang persahabatan yang sangat berkesan.

Cerita yang ringan tanpa memiliki konflik yang begitu berat sama seperti , sebenarnya memang ada konflik masalah cinta dimana terdapat perempuan lain yang mencintai Kazehaya, hal tersebut wajar karena ia adalah seorang pria popler dan tampan.

Perkebangan karakter juga sangat baik, terutama untuk Sadako yang berlahan-lahan mulai terbuka setelah berteman dengan Kazehaya. Visualnya dari seri ini memberikan nuansa heartwarming, yang mendukung ringannya cerita di dalamnya dan beberapa adegan comedy menghibur serta drama yang membuatmu baper.

13. Little Buster

Little Buster - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Little Buster

Jumlah Episode: 26
Rating MAL: 7.61
Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, Romance, School
Sinopsis:
Masih berusia sangat muda, Riki Naoe harus mengalami rasa pedih yang begitu mendalam karena telah kehilangan orang tuanya yang disebabkan oleh sebuah kecelakaan tragis.

Setelah meninggalnya Orang tua Riki, ia berubah menjadi anak yang sering menutup diri dari dunia masyarakat. Dalam kesedihan yang dialami Riki, seorang anak laki-laki bernama bernama Kyousuke Natsume datang dalam kehidupan Riki dan menolongnya dari rasa depresi. Selain itu, Kyousuke merekrut Riki ke dalam sebuah kelompok bernama “Little Buster”, kelompok yang beranggotakan para remaja yang sudah menjadi teman sejak kecil. Mereka terdiri dari: Rin Natsume, Masato Inohara, Kyousuke Natsume, dan Kengo Miyazawa.

Dengan kehadiran kelompok tersebut, kehidupan ceria Riki mulai terisi kembali dengan melawan berbagai masalah dan melakukan kegiatan masa muda yang menyenangkan. Beberapa tahun pun berlalu dan mereka sudah menginjak bangku SMA, Pada masa itu hari-hari menyenangkan Little Buster mulai meredup.

Sebagai ketua Little Buster, Kyousuke memutuskan untuk membentuk tim baseball sebagai siswa tahun terakhir yang menghabiskan masa-masanya dengan melakukan aktivitas bersama di sekolah. Sayangnya jumlah anggotanya belum mencukupi, Riki yang dulu telah ditolong oleh Litte Buster kini harus berganti menolong Kyousuke sebagai balas budi dengan mencari anggota baru. Mampukah ia berhasil?

Review:
Awal penyajian dari Anime Romance School yang satu ini, akan membuatmu merasa tertawa karena comedy yang dimiliki anime ini. Namun ketika memasuki pertengahan dimana para karakter diungkapkan melalui sebuah kisah flashback, cerita mulai dramatis dan mengubah emosi dari tertawa menjadi merasa sedih dan tersentuh.

Untuk season pertama, Unsur Romance dari Little Buster tidak begitu kuat, karena hanya menceritakan tentang persahabatan. Sedangkan untuk season kedua, hal-hal yang kalian cari seperti hubungan romance akan diungkapkan disana dan dijamin membuatmu puas saat menontonnya Sehingga seri ini sangat pantas untuk dijadikan Rekomendasi Daftar Anime Romance School Terbaik.

14. Sakamichi no Apollon

Sakamichi no Apollon - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Sakamichi no Apollon

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.44
Genre: Drama, Josei, Music, Romance, School
Sinopsis:
Kaoru Nishimi seorang remaja yang berbakat dalam bermain piano, kini menjadi seorang introvert karena dirinya terus terpaksa menyesuaikan diri di lingkungan baru yang disebabkan oleh keluarganya yang selalu berpindah-pindah. Karena terus menyesuaikan diri, Kaoru tidak memiliki teman tetap sehingga tidak ada teman yang mengisi kekosongan dalam hidupnya dan hal tersebut membuat dirinya kehilangan harapan.

Ketika Kaoru pindah ke wilayah Kyushu, ia bertemu dengan seorang remaja bernama Sentarou Kawabuchi yang dikenal sebagai anak nakal dan liar.

Hadirnya Sentarou dalam kehidupan Kaouru sebagai teman pertama di wilayah Kyushu membuat hidup Kaoru menjadi lebih berarti. Walaupun Sentarou memilik tubuh yang tinggi, kuat dan dijuluki liar, ia sebenarnya merupakan pria yang baik.

Sentarou menyukai musik bergenre Jazz dan pertemanan mereka membuat keduanya saling berbagi. Kaouru belajar tentang musik dari berbagai genre termasuk Jazz dan berlahan ia menjadi pianis yang membawa kesenangan dalam hidupnya dengan bantuan oleh teman-temannya di sekolah termasuk seorang gadis bernama Ritsuko Mukae yang keluarganya merupakan pemilik sebuah toko rekaman.

Bersama-sama mereka menjalani hidup dengan kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi kenangan yang mungkin tidak bisa dilupakan oleh Kaoru.

Review:
Untuk Daftar Anime Romance School Terbaik yang satu ini, unsur romancenya bisa dibilang tipis dan lebih banyak berfokus terhadap cerita tentang persahabatan yang memberikan banyak pesan positif di dalamnya.

Untuk desain karakter, semuanya dibuat seperti wajah nyata dan terlihat dewasa (mengetahui bahwa seri ini bergenre josei) serta sepanjang cerita mengharukan yang dapat membuat penonton menangis. Keunggulan yang menjadi daya tarik lain dari anime ini adalah music OST bergenre jazz yang memiliki alunan lembut dan asyik untuk didengar.

15. Sukitte ii na yo

Sukitte ii na yo - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Sukitte ii na yo

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.66
Genre: Drama, Romance, School, Shoujo
Sinopsis:
Cerita berpusat tentang Seorang gadis 16 tahun bernama Mei Tachibana yang memilih hidup sendiri tanpa ingin mendaptakan seorang teman maupun pacar karena ia menganggap bahwa keberadaan mereka akan menghilang dalam waktu dekat dan dapat menyebabkan perasaan sakit hati.

Untuk mencegah rasa sakit yang pernah dirasakan Mei di masa lalu, Ia sangat yakin dengan keputusannya dalam menjalani hidup sendiri. Pada suatu hari, ia bertemu dengan seorang siswa laki-laki populer bernama Yamato Kurosawa. Pertemuan mereka kurang menyenangkan dimana saat itu terjadi sebuah kesalahpahaman diantara mereka berdua dan membuat Mei menendang Yamato.

Setelah ditendang, bukannya merasa marah, Yamato justru menjadi tertarik dengan Mei dan akhirnya ia berusaha untuk mengejar Mei untuk menjadikannya sebagai seorang teman karena ia sangat berbeda dari wanita lain yang ia temui.

Ketika mereka bersama di suatu tempat, sebuah ciuman diluncurkan oleh Yamato kepada Mei secara tiba-tiba. Ternyata hal tersebut ia lakukan untuk melindungi Mei dari penguntit yang menganggu. Ciuman yang tak terduga tersebut adalah awal dari kisah cinta mereka.

Review:
Rekomendasi Daftar Anime Romance School yang wajib ditonton dan tidak boleh dilewatkan begitu saja karena Sukitte ii nayo adalah Anime Romance School yang sangat manis dan dijamin akan membuatmu terhibur.

Walupun alurnya terbilang mainstream dan mudah ditebak, namun tetap saja, sepanjang cerita akan membuatmu penasaran. Selain itu selipan drama juga terkadang akan membuatmu tersentuh hingga meneteskan air mata. Penggambaran dari Studio Zexcs mungkin tidak begitu istimewa karena sederhana namun sangat nyaman untuk ditonton.

16. Kimi to Boku

Kimi to Boku - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Kimi to Boku

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.80
Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Shounen, Slice of Life
Sinopsis:
Sebuah kisah persahabatan dari para remaja yang sudah saling kenal sejak masih kecil dan hingga kini mereka slelau bersama. Mereka terdiri dari: Shun Matsuoka yang memiliki sifat lembut dan sikapnya yang mirip perempuan, dua Asaba bersaudara kembar bernama Yuuta dan Yuuki, dan Kaname Tsukahara, si ketua kelas yang bersifat tenang.

Hari-hari mereka selalu dihabiskan dengan waktu berkumpul bersama dan mendapatkan banyak kesenagan dan kegembiraan. Namun mereka menyadari bahwa terdapat bagian kosong yang kurang dari dalam mereka.

Kekosongan tersebut mulai diisi setelah hadirnya seorang siswa pindahan baru dari Jerman bernama Chizuru Tachibana, remaja blasteran dari Jerman dan Jepang. Ketika Chizuru mulai ikut bergabung dalam kelompok remaja tersebut, mereka mulai mendapatkan sebuah kegembiaraan yang lebih.

Review:
Seperti yang dikatakan dalam sinopsis, Kimi to Boku adalah seri Slice of Life yang hanya memberikan keseharian para remaja. Unsur Romancenya hanya sedikit namun begitu terasa saat ditonton dan cukup untuk membuatmu terhibur.

Visualnya sangat cocok dengan suasana cerita dalam anime ini, menenangkan tanpa adanya konflik berat sehingga sangat sangat cocok untuk kamu yang ingin mencari Daftar Anime Romance School Terbaik tanpa memiliki cerita berat.

17. Orange

Orange - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Orange

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.71
Genre: Sci-Fi, Drama, Romance, School, Shoujo
Sinopsis:
Memasuki tahun ajaran baru, kini seorang gadis bernama Naho Takamiya menjalani hari pertama masuk sekolah sebagai siswa tahun kedua. Di hari pertama tersebut, ia sudah bangun kesiangan dan terlambat untuk berangkat ke sekolah.

Saat Naho mau berangkat, ia menemukan sebuah surat misterius yang ditunjukkan untuk dirinya. Telah diketahui bahwa surat tersebut berasal dari dirinya 10 tahun mendatang. Awalnya ia tidak percaya begitu saja dengan surat tersebut, namun setelah melewati berbagai peristiwa dan mengulangi suatu kesalahan yang ternyata sama dengan apa yang tertulis pada surat tersebut, Naho akhirnya percaya tentang keberadaan dari surat masa depan tersebut.

Dalam catatanya di masa depan, tertulis tentang penyesalan-penyesalan yang dilakukan oleh Naho. Surat tersebut ditulis ditunjukkan untuk memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan oleh Naho di masa depan. Naho masa depan berharap kepada dirinya yang sekarang untuk tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang tertulis untuk kedua kalinya.

Dari semua kesalahannya, terdapat salah satu kesalahan dimana ia harus membantu masalah yang dihadapi oleh teman barunya bernama Naruse Kakeru, supaya Naho tidak mendapatkan penyesalan. Dengan bantuan catatan panduan masa depan Naho, ia berusaha untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan dan mencegah dari kesalahan untuk kedua kalinya terutam jika hal tersebut berkaitan dengan Kakeru.

Review:
Daftar Anime Romance School Terbaik dengan kisah yang mengharukan untuk ditonton. Hal unik dari Orange adalah adanya kehadiran sosok tokoh dari masa depan yang membantu dirinya di masa sekarang untuk mencegah kesalahan yang ia perbuat.

 Sepanjang cerita yang disampaikan dengan unsur drama yang akan membuatmu tersentuh dan meneteskan air mata. Selain itu penggambarannya juga bagus, warna yang menenangkan, sederhana, dan nyaman untuk ditonton sebagai Rekomendasi Daftar Anime Romance School Terbaik.

18. School Rumble

School Rumble - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
School Rumble

Jumlah Episode: 26
Rating MAL: 8.02
Genre: Comedy, Romance, School, Shounen
Sinopsis:
Sebuah kisah cinta rumit terjadi si sekitar sekolah SMA Yagami. Tsukamoto Tenma, siswa perempuan kelas 2 yang sangat menyukai siswa datar dan nyentrik bernama Karasuma Ouji. Namun Tenma merasa kesulitan bagaimana dirinya menyampaikan perasaanya kepada Ouji.

Disaat yang sama siswa berpenampilan berandalan bernama Harima Kenji ternyata menyukai Tenma namun ia juga mengalami masalah sama dimana ia merasa kesulitan dalam mengungkapkan perasaannya kepada Tenma.

Di sisi lain seorang siswi populer bernama Eri Sawachika ternyata juga menyukai Kenji. Suatu ketika, saat Kenji bekerja sebagai seorang mangaka, ia dibantu oleh adik Tenma bernama Tsukamoto Yakumo. Kenji yang berniat untuk merahasiakan pekerjaannya membuat Tenma menanggap bahwa Kenji dan Yakumo berpacaran.

Kesalahpahaman tersebut membuat Kenji berusaha untuk meyakinkan Tenma bahwa ia dan Yakumo tidak berpacaran bahkan dirinya tidak tertarik sama sekali denganya. Saingan Kenji dalam mengejar Tenma bertambah dimana terdapat seorang pria bernama Harima Suuji yang juga menyukai Tenma. Kedekatan Ouji dan Tenma semakin dekat dan di sisi lain, ikatan antara Eri dan Yakumo kepada Kenji juga semakin kuat.

Review:
Setelah kalian membaca sinopsis diatas, kalian menyadari betapa rumitnya kisah cinta dari Anime Romance School yang satu ini. Selain memberikan kisah cinta rumit, seri ini juga akan mengajarkan kepadamu bahwa untuk mendapatkan cinta, kamu memerlukan sebuah perjuangan yang amat keras.

Sepanjang cerita kamu akan disuguhkan beberapa adegan comedy tak terduga yang sangat lucu dan menghibur. Untuk visualnya sendiri, anime ini rilis pada tahun 2004, memiliki penggambaran sederhana namun tetap terlihat nyaman untuk ditonton sebagai Rekomendasi Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa.


19. Chuunibyou demo Koi ga Shitai!

Chuunibyou demo Koi ga Shitai! - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Chuunibyou demo Koi ga Shitai!

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.88
Genre: Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, School
Sinopsis:
Setiap manusia memililiki keinginan untuk jalan hidup yang berbeda-beda, salah satunya adalah memiliki keinginan untuk menjadi orang istimewa layaknya seseorang yang diberkahi kekuatan dari dewa, atau memiliki hal-hal fantasi lainnya. Orang-orang tersebut dianggap memiliki sebuah sindrom bernama “Chuunibyou”.

Seorang remaja bernama Yuuta Togashi, menjalani masa SMPnya dengan menjadi seorang Chuunibyou. Ia menyebut dirinya sebagai “Dark Flame Master” dan menganggap bahwa ia memiliki sebuah kekuatan luar biasa yang tersimpan dalam dirinya. Karena tingkah yang dianggap anehnya, ia selalu dipermalukan oleh teman-teman sekolahya dan membuat kehidupan SMP Yuuta menyedihkan.

Setelah lulus SMP, Yuuta memutuskan menjalani hidup baru dengan menjadi orang normal dan membuang kebiasaan Chuunibyou nya jauh-jauh. Ia masuk ke SMA yang tempatnya jauh dari tempat SMPnya demi menghindari orang-orang yang kenal dengannya.

Saat mulai masuk sekolah, Yuuta dikejutkan dengan seorang siswi Chuunibyou yang satu kelas dengannya. Rikka Takanashi, gadis yang mengenakan penutup mata satu dan menyebut dirinya sebagai “Wicked Eye”, seseorang dengan kemampuan mata mengerikan yang tersegel.

Yuuta mencoba untuk tidak mendekatinya demi menjalani hidup normal. Namun untuk menghilangkan kebiasaan Chuunibyounya tidaklah mudah ketika ia harus diuji dengan berhadapan oleh gadis chuunibyou menjadi teman sekelasnya yang ternyata juga merupakan tetangganya.

Review:
Anime Romance School terbaik dengan fokus terhadap cerita Romance Comedy tentang pasangan chuunibyou yang akan membuat kalian tertawa dan terhibur di sepanjang episodenya.

Awal episode disuguhkan penuh adegan lawakan komedi ala chuunibyou yang dilakukan Yuuta dan teman-teman Chuunibounya di sekolah dengan tambahan adegan-adegan pertarungan melalui imajinasi chuunibyou yang tidak biasa.

Perkembangan mulai terjadi pada pertengahan episode, dimana cerita lebih serius dengan menekankan unsur drama yang akan membuatmu baper dan tersentuh saat menontonnya.

20. Amagami SS

Amagami SS - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Amagami SS

Jumlah Episode: 25
Rating MAL: 7.50
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School
Sinopsis:
Dua tahun lalu saat menjalani masa SMP, seorang siswa bernama Junichi Tachibana, mengalami kepedihan pada saat malam natal dimana pada hari itu seharusnya menjadi kencan pertamanya dengan gadis yan ia sukai.

Tapi ternyata ia telah ditolak oleh gadis tersebut kencan berakhir menyedihkan. Kini Junichi yang sudah memasuki masa SMA terus merenung memikirkan tentang cinta, dan tidak ingin lagi menyatakan perasaan cintanya kepada perempuan yang ia minati.

 Akan tetapi ketika terdapat beberapa gadis cantik yang mulai masuk ke dalam hidupnya, hal tersebut mungkin adalah kesempatan kedua bagi Junichi untuk merasakan betapa indahnya cinta. Ini adalah kisah tentang bagaimana cara Junichi menjalani hubungan romantis kepada perempuan-perempuan tersebut.

Review:
Amagami SS adalah Anime Romance School yang unik dimana ceritanya dibagi menjadi beberapa episode untuk setiap Heroine. Jadi intinya, setiap cerita dengan satu heroine itu selesai, maka cerita kan berulang kembali dengan heroine lainnya.

Penyajian konsep Romance seperti ini memang jarang diterapkan anime lain. Hal yang membahagiakan adalah setiap cerita heroine selesai akan mendapatkan Happy ending. Untuk karakter, para tokoh perempuan memiliki sifat yang berbeda-beda sehingga cara Junichi berinteraksi dengan mereka juga berbeda dan tidak akan membuatmu mudah bosan.

21. Nisekoi

Nisekoi - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Nisekoi

Jumlah Episode: 20
Rating MAL: 7.85
Genre: Harem, Comedy, Romance, School, Shounen
Sinopsis:
Ichijou Raku adalah anak yang berasal dari keluarga Yakuza. Ketika ia akan dinobatkan oleh ayahnya sebagai penerus pemimpin Yakuza, Raku menolak permintaan ayahnya dan lebih memilih untuk menjadi siswa biasa yang terpelajar.

Setiap hari, Raku menjalani hidup dengan slelalu dikawal oleh para Yakuza demi keamanan namun sebenarnya hal tersebut membuat hidup Raku terganggu.

Telah diketahui bahwa Raku memiliki sebuah benda berharga yang ia dapat dari seorang anak perempuan di masa lalunya. Raku tidak ingat siapa dia, namun yang ia ingat adalah janji yang mereka buat bersama gadis tersebut.

Pada suatu hari ia bertemu dengan seorang gadis pirang bernama Kirisaki Chitoge. Pertemuan mereka berlangsung singkat karena Chitoge terlihat sedang buru-buru. Saat sampai di sekolah, ternyata Raku terkejut bahwa Chitoge adalah murid pindahan yang berada di kelas yang sama dengan Raku. Tak hanya itu, Raku dikejutkan sekali lagi bahwa Chitoge merupakan putri dari ketua Gangster yang akan dijodohkan dengan Raku sebagai perwujudan hubungan baik antara Yakuza dan Gengster.

Review:
Anime Romance School yang terkenal dengan dua karakter cantik yang menghebohkan dunia anime. Chitoge dan Onodera adalah dua karakter cantik yang menjadi waifu favorit dan membuat penonton heboh dengan siapa yang akan dipilih oleh sang tokoh utama (Raku).

Cerita dengan memberikan banyak comedy yang sangat lucu, serta adegan Romance yang sangat manis dan menghibur. Tokoh perempuan yang menjadi sorotan tidak hanya Chitoge dan Onodera saja, namun ada beberapa karakter lain dari Anime Romance School Terbaik ini yang juga masuk daftar Harem Raku yang membuatmu penasaran, dan membuat cerita tidak mudah ditebak.

22. Nijiiro Days

Nijiiro Days - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Nijiiro Days

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 7.49
Genre: Comedy, Romance, School, Shoujo, Slice of Life
Sinopsis:
Cerita berkisar tentang 4 sahabat yang merupakan teman SMA. mereka adalah: Tomoya Matsunaga, seorang playboy dengan banyak pacar; Natsuki Hashiba, pria yang tidak memiliki harapan dalam percintaanya ;Keiichi Katakura, pria sadis yang sering membawa cambuk; dan Tsuyoshi Naoe, yang merupakan seorang otaku.

Sambil mereka berjuang bersama-sama untuk menyelesaikan sekolahnya, mereka juga sering menghabiskan hari bersama dan menikmati masa muda mereka dengan merasakan jatuh cinta. Namun, pada malam natal, Natsuki telah dibuang oleh pacarnya, menangis sendirian di jalanan.

Di saat ia bersedih, seorang gadis denga pakaian santa claus memberikan Natsuki tisu. Sebagai rasa terima kasih, Natsuki memberikan syal kepada orang tersebut yang seharusnya syal tersebut direncanakan untuk diberikan ke mantan pacarnya.

Setelah liburan sekolah usai, Natsuki dan teman-temanya kembali bersekolah seperti biasa. Ketiga murid dari kelompok tersebut ternyata juga memiliki permasalahan tentang cinta. Dan pada saat itu, Natsuki telah menemukan gadis yang memakai pakaian santa, ia bernama Anna Kobayakawa. 

Secara kebetulan ternyata Anna satu sekolah dengan Natsuki dan Natsuki segera jatuh cinta dengan Anna. Mulailah usaha Natsuki untuk mendekati Anna tentunya dengan dukungan teman-temanya.

Review:
Cerita yang berfokus tentang para remaja yang menikmati masa-masa sekolahnya dengan kisah persahabatan dan cinta. Walaupun hanya berdurasi 13 menit per episodenya, sepanjang cerita yang diberikan akan membuatmu puas dan ketagihan.

Karakter-karakternya sangat unik, mereka memiliki ciri khas masing-masing yang bisa memberikan cerita berbeda-beda tentang mereka dan membuatmu tidak akan mudah bosan.

Daftar Anime Romance School Terbaik yang satu ini, visualnya dibuat cukup baik, terutama desain karakter laki-lakinya yang tampan dan menarik perhatian penonton perempuan mengetahui bahwa anime ini memiliki genre shoujo. Namun seri ini bisa dinikmati oleh laki-laki karena desain perempuannya pun juga dibuat cantik-cantik.

23. True Tears

True Tears - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.47
Genre: Drama, Romance, School
Sinopsis:
Hidup satu rumah bersama dengan seorang gadis yang disukai tampaknya adalah sebuah mimpi bagi, siswa SMA bernama Shinichirou Nakagami yang memiliki bakat hebat dalam bidang artistik. Namun pada kenyataannya, hal tersebut ternyata menjadi mimpi buruk baginya ketika terwujud.

Hiromi Yuasa, gadis seusianya sekaligus teman sekolah dari Shinichirou yang tinggal bersama keluarganya setelah ayahnya Hiromi meninggal. Telah diketahui. Ayah dari Hiromi sangat dekat dengan Shinichirou bahkan sampai menganggapnya sebagai keluarga sendiri.

Untuk itu, tinggalnya Hiromi di kediaman keluarga Shinichirou adalah hal yang masuk akal dan wajar. Namun selama setahun tinggal bersama, Hiromi terlihat tidak pernah menunjukkan senyumnya, padahal saat di sekolah, Hiromi adalah gadis yang dikenal sangat pintar, ceria, pandai dalam olahraga, dan populer yang merupakan kebalikan dari sikapnya saat di rumah.

Di tempat Shinichirou bersekolah, ia bertemu dengan gadis bernama Noe Isurugi yang tertarik terhadap Shinichirou. Telah diketahui bahwa Noe memiliki sikap aneh, dimana dirinya menyukai ayam dan percaya bahwa mereka bisa terbang.

Bersama dengan teman-teman lainya, Mereka memulai menjalani hubungan aneh hari demi hari, Shinichirou berusaha untuk menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan tentang cinta dan kesedihan.

Review:
Rekomendasi Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang masa dengan cerita penuh adegan dramatis yang membuatmu baper dan tersentuh.

Kisah cinta segitiga yang berjalan di sepanjang cerita membuat rasa penasaran penonton siapa tokoh wanita yang dipilih oleh Shinichirou karena banyak hal bagian cerita yang tidak mudah ditebak sehingga sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin mencari Daftar Anime Romance School Terbaik dengan cerita dramatis dan konflik yang menegangkan.

24. Isshuukan Friends

Isshuukan Friends - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Isshuukan Friends

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.65
Genre: Slice of Life, Comedy, School, Shounen
Sinopsis:
Bercerita tentang seorang murid kelas 2 SMA berumur 16 tahun bernama Yuuki Hase yang akhirnya berani untuk berbicara kepada siswi yang ia sukai dengan memintanya untuk menjadi teman. siswi tersebut adalah Kaori Fujimiya, gadis dengan sifat dingin dan cuke yang dikenal suka menjauhkan diri dari orang lain. Pada saat waktu istirahat, Yuuki menemukan Kaori sedang makan siang di atap sekolah.

Mulai dari pertemuan tersebut, Yuuki memutuskan untuk bertemu Kaori setiap hari dan berharap bahwa Yuuki mampu mengenal dan memahami Kaori lebih banyak. Semakin berjalannya waktu, mereka sering menghabiskan waktu bersama, setelah itu Kaori mulai terbuka dengan Yuuki. Saat mulai mendekati akhir minggu, Kaori mulai menceritakan alasan sebenarnya mengapa ia menjauhi orang lain dan bersikap dingin.

Setiap akhir minggu, Ingatan dan Kenangan Kaori bersama teman-temanya kecuali keluarganya akan menghilang dan di setiap hari senin ingatan Kaori akan kembali saat seoertu dirinya belum mengenal Yuuki.

Telah diketahui bahwa penyebab kelainan Ingatan Kaori disebabkan karena sebuah kecelakaan mobil yang ia alami saat dirinya masih SMP. Untuk itu, karena tidak ingin menyakiti teman-temannya, Kaori memutuskan untuk hidup sendiri.

Pada saat Hari senin tiba, seperti yang dikatakannya, Kaori telah kehilangan semua ingatan tentang Yuuki. Namun dengan tekad kuat yang dimiliki Yuuki sebagai laki-laki yang ingin menjalani hubungan lebih dari pertemanan. Setiap hari senin ia selalu mengajukan pertanyaan “Maukah kau menjadi temanku sekali lagi?”

Review:
Dilihat dari sinopsis saja, Daftar Anime Romance School yang satu ini sudah terkesan menyedihkan mengetahui cerita dimana sang tokoh utama laki-laki, yaitu Yuuki berjuang untuk lebih dekat dengan gadis yang ia sukai yaitu Kaori sementara Kaori memiliki penyakit hilang ingatan yang terjadi seminggu sekali. Kisah yang diberikan sangat emosional akan membuatmu terharu dengan visual yang menenangkan.

25. Koi to Senkyo to Chocolate

Koi to Senkyo to Chocolate - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Koi to Senkyo to Chocolate

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.23
Genre: Drama, Romance, School
Sinopsis:
Mengikuti sebuah kegiatan klub memang merupakan bagian mendasar dalam pendidikan. Namun bagaimana jika klub tersebut dianggap tidak bermanfaat? Hal tersebut kini dialami klub Food Research Club yang terancam akan dibubarkan setelah ketua OSIS baru akan dibentuk.

Pasalnya adalah kandidat Ketua OSIS tersebut memiliki rencana untuk membubarkan klub-klub yang dianggap hanya menghabiskan dana sekolah dan klub FRC adalah salah satunya demi memanfaatkan dana sekolah secara efektik untuk hal-hal yang berguna.

Chisato Sumiyoshi selaku penemu klub FRC yang dikenal sangat membenci cokelat, tidak ingin membiarkan klubnya bubar begitu saja. Untuk itu, ia menjadikan salah satu anggota klub FRC yang juga merupakan teman masa kecilnya, yaitu Yuuki Ojima untuk ikut menjadi kandidat Ketua OSIS.

Dari sini, perjuangan Yuuki untuk menjadi ketua OSIS dimulai dan ia dibantu oleh beberapa orang termasuk ketua OSIS yang sekarang. Selama perjuangan Yuuki berlangsung, berbagai konflik terjadi mulai terjadi dan ia harus mengatasi konflik tersebut satu demi satu.

Review:
Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang masa degan Cerita yang berawal menyelamatkan sebuah klub, namun semakin lama cerita menjadi tak terduga dimana terdapat beberapa konflik bercabang-cabang yang akan membuatmu penasaran.

Sebagian konflik tersebut terjadi di sekolah dan sebagiannya lagi merupakan masalah cinta tentang tokoh utama dan masa lalu dari beberapa karakter. Memang sebanarnya konfliknya sangat seru, namun hasilnya mungkin seakan membuat seri ini kehilangan arah cerita utamanya yaitu, membuat si tokoh utama ya menjadi Ketua OSIS.

26. Bokura wa Minna Kawai-sou

Bokura wa Minna Kawai-sou - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Bokura wa Minna Kawai-sou

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.87
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School
Sinopsis:
Cerita berkisar tentang Usa Kazunari yang memasuki masa SMA dengan rencana untuk menjalani hidup mandiri dan mencari ketenangan dengan tinggal seorang diri,

Pada Suatu hari di perpustakaan sekolahnya, Usa melihat seorang senior misterius yang membuat menarik hatinya. Begitu sampai tempat tinggalnya di Peningapan Kawaisou

Usa terkejut ketika mengetahui bahwa kakak kelasnya tersebut adalah seorang perempuan bernama Ritsu Kawai ternyata juga tinggal disana. Namun ketenangan yang diharapkan Usa ternyata hanyalah angan ketika mengetahui bahwa Kawaisou adalah tempat untuk orang-orang yang unik yang akan membuat hidup Usa lebih aneh namun seru dan berwarna.

Bagaimanakah perjuangan yang dilakukan Usa untuk mendapatkan hati Ristu dan Bagaimanakah nasb kehidupan Usa di Kawaisou dengan orang-orang yang tinggal disana?

Review:
Konsep dan cerita hampir mirip dengan Sakurasou pet no Kanojo, dimana para tokoh disini semuanya unik-unik mengetahui penginapan yang ditinggali oleh sang tokoh utama merupakan penginapan khusus untuk orang-orang unik.

Comedy ringan yang dilakukan oleh para karakter aneh tersebut akan membuatmu tertawa. Selain itu cerita romance nya juga unik, mengetahui karakternya aneh, cara mereka berinteraksi dan memberikan situasi romance sangat menarik yang terkadang diberikan adegan comedy di dalamnya sehingga membuat Bokura wa Minna Kawai-sou sangat pantas untuk dijadikan Rekomendasi Daftar Anime Romance School Terbaik.

27. Saenai Heroine no Sodatekata (Saekano)

Saekano - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Saekano

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.66
Genre: Harem, Comedy, Romance, Ecchi, School
Sinopsis:
Untuk memenuhi hasratnya sebagai otaku, seorang remaja bernama Aki Tomoya bekerja paruh waktu demi mendapatkan barang-barang kebutuhan otaku-nya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Tomoya telah mengumpulkan berbagai koleksi anime, game, light novel bahkan merchandise menarik melalui penghasilan yang ia dapat. Pada suatu hari, ia dipertemukan dengan seorang gadis tercantik bernama Megumi Kato.

Satu Bulan kemudian Setelah pertemuannya dengan Megumi, Tomoya menyadari bahwa Magumi ternyata adalah teman sekolahnya. Tomoya, yang sering menikmati game otaku milik orang lain, kini mulai memutuskan untuk membuat game buatan sendiri. Game yang ia buat adalah sebuah game Visual Novel simulasi kencan.

Dengan mengumpulkan beberapa ahli di sekolah untuk menjadi staff game yang ia buat, Tomoya mengundang kenalanya. Mereka adalah Eriri Spencer Samawura, seorang gadis berambut pirang yang bekerja sebagai Illustrator dan Kasumigaoka Utaha, gadis berambut panjang yang menjadi pengarang naskah dalam visual novel.

Untuk heroin dalam gamenya, Tomoya memasukkan Kato dalam Visual Novel buatannya. Mampukah Tomoya dan kawan-kawan berhasil membuatnya?

Review:
Anime Romance School Terbaik dengan cerita memberikan awal cerita secara sederhana, yaitu si tokoh utama yaitu Touya yang ingin berniat untuk membuat game sendiri, mengajak kenalannya yang semuanya adalah perempuan untuk membantunya dalam membuat game.

Memang dalam cerita, ini seperti cerita untuk membuat game, akan tetapi semakin lama, unsur harem mulai terlihat dan cerita untuk membuat game tersebut hanya sebagai sampingan.

Karakter perempuan adalah hal yang disukai, semuanya cantik, waifuable dan akan membuatmu bingung siapa yang akan dipilih oleh Tomoya. Visualnya bagus, cukup cerah, dan enak untuk dipandang sebagai Rekomendasi Daftar Anime Romance School Terbaik.


28. Tonari no Kaibutsu-kun

Tonari no Kaibutsu-kun - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Tonari no Kaibutsu-kun

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.70
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School, Shoujo
Sinopsis:
Shizuku Mizutani, seorang siswa perempuan tahun pertama yang pendiam, jarang bersosialisasi, dan tidak mementingkan apapun selain nilai sekolahnya. Namun Kehidupan penyendirinya berubah setelah ia bertemu dengan siswa pemberontak bernama Yoshida Haru.

Diawali saat Mizutani diminta oleh gurunya untuk memberikan materi pelajaran kepada murid yang duduk di sampingnya yang ternyata Haru. Sejak hari pertama masuk sekolah, Haru tidak menampakkan di sekolah lagi karena berkelahi dengan seniornya.

Untuk itu Mizutani diminta membujuk Haru supaya ia mau bersekolah lagi. Ketika dalam perjalanan ke tempat Haru untuk memberikan materi pelajaran, ia melihatnya bersama dengan empat temannya. Ia menyadari bahwa empat teman tersebut terlihat tidak menganggap Haru sebagai temannya.

Karena Haru tidak memiliki teman sungguhan, ia meminta Mizutani untuk menjadi temannya. Karena sama-sama tidak memiliki teman, Mizutani tahu betul perasaan yang dialami Haru. Akhirnya mereka pun berteman dan seiring berjalannya waktu, hubungan mereka semaklin lama semakin erat.

Review:
Anime Romance School Terbaik yang mengisahkan tentang kedua karakter yang telah diatur menjadi pasangan yang akan membuatmu penasaran. Yang unik adalah keduanya memiliki sifat bertolak belakang dan akan membuatmu bertanya-tanya bagiamana cara mereka untuk mengembangkan hubungan.

Untuk karakternya sangat menarik, walaupun awalnya fokus terhadap kedua karakter penyendiri, sepanjang jalan cerita ternyata ada beberapa karakter baru dengan permasalahan yang sama. Banyak adegan-adegan comedy yang terjadi dari dua karakter bertolak belakang yang akan membuatmu tertawa sehingga seri ini selain cocok dijadikan rekomendasi Daftar Anime Romance School seri ini juga sangat direkomendasikan sebagai Anime Romance Comedy Terbaik.

29. Kaichou Wa Maid Sama

Kaichou Wa Maid Sama - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Kaichou Wa Maid Sama

Jumlah Episode: 26
Rating MAL: 8.20
Genre: Comedy, Romance, School, Shoujo
Sinopsis:
SMA Seika awalnya adalah sekolah khusus laki-laki. Namun kini sekolah tersebut menjadi sekolah umum dan sekolah ini terbuka untuk para murid perempuan yang ingin sekolah disana. Walaupun sudah menjadi sekolah umum, SMA Seika masih terasa seperti sekolah laki-laki karena murid disana masih didominasi oleh murid laki-laki.

Di saat itulah seorang ketua OSIS perempuan pertama kali telah dipilih, ia adalah Misaki Ayuzawa, seorang siswi yang terkenal mengerikan di kalangan laki-laki karena sifatnya yang galak dan ahli bela diri namun ia sangat disukai oleh para murid perempuan karena Misaki bersifat lemah lembut dan selalu membantu mereka dari para murid laki-laki yang nakal.

Permasalahan ekonomi melanda Misaki dan ia memutuskan untuk diam-diam bekerja sambilan di sebuah café untuk menyambung hidup. Akan tetapi pekerjaanya itu diketahui oleh seorang murid laki-laki tampan dan populer bernama Usui Takumi. Bagaimana nasib Misaki selanjutnya? Mampukah ia membuat Usui untuk tetap menjaga rahasia besarnya?

Review:
Alasan mengapa Kaichou Wa Maid Sama menjadi salah satu Daftar Anime Romance School Terbaik adalah banyaknya nilai positif yang terkandung di dalamnya.

Yang pertama adalah segi cerita, dimana cerita dari seri ini sangat berkesan, banyak adegan comedy yang lucu, serta romance khas shoujo yang membuatmu iri dengan pasangan karakter yaitu Misaki dan Usui.

Untuk segi karakter, hal yang menjadi sorotan adalah sosok Misaki yang sangat disukai, dimana ia sangat bekerja keras, ramah terhadap perempuan, membela yang lemah, dan yang paling utama adalah Tsundere. seri ini dibuat oleh J.C.Staff dengan penggambaran biasa namun tetap nyaman untuk ditonton.

30. Tsurezure Children

Tsurezure Children - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Tsurezure Children

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.87
Genre: Comedy, Romance, School, Shounen
Sinopsis:
Masa muda memanglah hal yang sangat menyenangkan. mereka yang memasuki masa tersebut bisa melakukan apa saja dan bisa merasakan hal-hal yang belum pernah diketahui karena mereka sedang memasuki tahap perkembangan dan pertumbuhan untuk menjadi dewasa.

Cinta adalah salah satunya. Cinta adalah sebuah perasaan yang tercipta ketika remaja memasuki masa pubertas dan dapat dirasakan ketika mereka berada di dekat pasangan lawan jenis. Ini adalah kisah dari para remaja yang memiliki sifat polos dan tidak tahu bagaimana cara menyatakan perasaan cinta dan tidak mengenali bagaimana rasanya jatuh cinta.

Cinta di masa muda itu sebenarnya adalah hal yang menyenangkan, indah dan yang paling penting adalah memberikan pengalaman yang tidak dapat dilupakan.

Review:
Ingin mencari Anime Romance School yang ringan-ringan tanpa konflik berat, memiliki adegan comedy, tidak ada cinta segitiga, atau semacamnya? Tsurezure Children adalah pilihan Anime Romance School yang sempurna untuk kamu.

Walaupun durasinya hanya 12 menit, namun di setiap episodenya sangat cukup untuk membuatmu tertawa dan senyum-senyum sendiri dengan tingkah para pasangan karakter serta ceritanya yang manis dan imut untuk ditonton.

Anime dari adaptasi 4-koma manga ini menjadi salah satu Anime Romance School Terpopuler yang memiliki visual yang indah dan menenangkan walaupun pada desain karakter, gambarnya dibuat biasa-biasa saja.

31. Kotoura-san

Kotoura-san - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Kotoura-san

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.35
Genre: Comedy, Drama, Romance, School
Sinopsis:
Sejak kecil, Haruka Kotoura dilahirkan memiliki sebuah kekuatan cenayang untuk membaca pikiran seseorang. Sepanjang hidupnya ia selalu menjawab pikiran-pikiran yang ia dengar. Sayangnya kebiasaan tersebut membuat dirinya harus menjalani hidup menyedihkan karena pikiran pribadi seseorang seharusnya bersifat privasi dan tidak boleh diketahui orang lain namun Kotoura membeberkannya begitu saja.

Dalam hidupnya Kotoura diejek dan dijauhi teman-temannya sehingga membuat ia selalu sendirian. Tidak hanya teman, bahkan karena dirinya, Orang tua Kotoura bercerai dan berpisah meninggalkan Kotoura untuk menjalani kehidupan masing-masing.

Ketika memasuki bangku SMA, Kotoura menjadi gadis penyendiri yang tidak ingin berbicara dengan siapapun. Namun ketika ia bertemu dengan murid laki-laki mesum bernama Yoshihisa Manabe, kehidupan Kotoura berlahan mulai berubah.

Berbeda dengan orang lain, Manabe sama sekali tidak keberatan dengan kemampuan yang dimiliki Kotoura dan ia malah berusaha untuk berteman dengannya serta membuat Kotoura bahagia.

Review:
Bisa dikatakan, bahwa unsur romance tidak terlalu tebal karena seri ini berfokus terhadap comedy dan perkembangan karakter dari Kotoura yang diceritakan secara dramatis dan menyentuh.

Alur cerita disusun dengan baik terutama bagian pengalihan suasana cerita yang awalnya terlihat suram dan sedih menjadi suasana cerita ringan dan bahagia. Perkembangan Karakter benar-benar dilakukan dengan baik terutama untuk si Kotoura yang awalnya memiliki sifat cuek, pemalu, penakut menjadi gadis ceria yang terbuka dan berani menghadapi masalah.

Ini adalah Daftar Anime Romance School Terbaik yang sangat wajib ditonton jika kamu ingin mencari Anime Romance School dengan cerita ringan namun memiliki drama menyentuh yang membuatmu merasa baper.

32. Hatsukoi Limited

Hatsukoi Limited - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Hatsukoi Limited

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.40
Genre: Comedy, Romance, School, Shounen
Sinopsis:
Sebuah perasaaan yang pasti dialami oleh setiap para remaja ketika mereka memasuki masa pubertas. Perasaan tersebut adalah “Cinta”, hal yang dialami oleh para remaja dan merupakan bagian dari mereka untuk menuju tahap kedewasaan.

Ini adalah beberapa Kisah pendek tentang anak sekolahan dari murid SMP dan SMA yang masing-masing sedang mengalami masalah cinta.

Namun kisah dari para remaja tersebut awalnya tidak saling berhubungan namun seiring berjalannya waktu kisah mulai saling terhubung dan memberikan suatu hal yang tak terduga dalam kehidupan mereka . beberapa murid sekolahan yang sedang merasakan hadirnya “cinta pertama” terdiri dari: Ayumi Arihara, Kei Enomoto, Rika Dobashi, Koyoi Bessho, dan Nao Chikura.

Review:
Seperti yang dijelaskan pada sinopsis, Anime Romance School ini memberikan cerita yang berbeda di setiap episodenya. Awalnya satu episode disajikan untuk kisah cinta dari karakter yang berbeda.

Namun semakin lama, kamu akan menyadari bahwa rangkaian cinta tersebut bahwa semakin lama diungkapkan menjadi sebuah kisah cinta yang rumit, adanya konflik memanas yang sangat seru untuk ditonton dan akan membuatmu penasaran.

Karakternya disajikan secara pas dan seimbang dimana masing-masing mereka memiliki keunggulan dan kekurangan. Kisah drama yang terjadi di sepanjang cerita akan membuatmu terhanyut didalamnya dan membuat seri ini menjadi salah satu Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa.


33. Haganai

Haganai - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Haganai

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.57
Genre: Harem, Slice of Life, Comedy, Romance, School
Sinopsis:
Memiliki penampilan yang menyeramkan dengan rambut campuran pirang dan hitam serta memiliki sorotan mata yang tajam, seorang murid pindahan baru bernama Kodaka Hasegawa dianggap sebagai murid nakal yang jahat sehingga teman-teman di sekolahnya takut dan tidak ingin mendekatinya.

Gelar “Anak Nakal” yang dimiliki Kodaka membuat dirinya tidak mendapatkan seorang pun teman. Satu bulan setelah kepindahan Kodaka, ia masih sama saja, hidup di sekolah tanpa memiliki teman dan dijauhi. Namun kehidupannya segera berubah ketika ia bertemu dengan gadis yang terlihat sedang berbicara sendiri.

Ia adalah Yozora Mikazuki, seorang siswa penyendiri yang sebenarnya sedang berbicara dengan teman imajinasinya. Mengetahui mereka memiliki nasib yang sama dimana mereka tidak memiliki teman, Kodaka dan Yozora membentuk sebuah klub bernama “Klub Tetangga” yang ditujukkan untuk para murid yang mengalami masalah sosial dan tidak memiliki teman.

 Ketika klub terbentuk sekumpulan orang-orang aneh pun mulai bermunculan dan mereka bersama-sama bersatu untuk melakukan kegiatan sehari-hari yang menyenangkan.

Review:
Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa dengan plot menarik dengan porsi ecchi dan harem yang tidak berlebihan. Komposisi antara comedy, ecchi, harem yang terbilang pas dengan macam-macam karakter yang memiliki sifat unik membuatmu tertarik ingin menontonnya.

Perkembangan yang dialami para karakter juga cukup kuat dan sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka Anime Romance School dengan memiilki banyak adegan comedy yang lucu.

34. Zutto Mae kara Suki deshita

Zutto Mae kara Suki deshita - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Zutto Mae kara Suki deshita

Jumlah Episode: 1 (Movie)
Rating MAL: 7.41
Genre: Romance, School
Sinopsis:
Ini adalah kisah tentang para remaja sekolahan yang memiliki kisah cinta masing-masing. Enomoto Natsuki adalah seorang siswi kelas 3 yang bersekolah di SMA Sakuragaoka. ia memiliki perasaan terhadap teman semasa kecilnya a yang bernama Yuu Setoguchi, namun sayangnya ia kesulitan untuk menyatakan perasaannya kepada Yuu.

Usaha Natsuki untuk mengejar Yuu selalu di dukung oleh kedua temanya yang Hayasaka Akari dan Aida Mio. Mereka selalu menghibur Natsuki ketika ungkapan perasaanya yang gagal. Di sisi lain, telah diketahui bahwa Mio juga sedang merasakan jatuh cinta, dan ia memiliki perasaaan kepada teman dekatnya yang bernama Serizawa Haruki. 

Mio dan Natsuki ternyata sama-sama dihadapi oleh konflik cinta yang tak terbalas. seorang pelajar laki-laki bernama Souta Mochizuki diketahui menyukai Akari sejak upacara pembukaan sedangkan seorang pria berambut putih bernama Koyuki Asae telah diketahui ternyata menyukai Natsuki.

Ia rela merubah dirinya dengan tidak mengenakan kacamata dan memotong rambutnya. Serangkaian Perjalanan Kisah Rumit mereka pun dimulai.

Review:
Anime Movie Romance berlatar sekolah dengan durasi 1jam yang sangat wajib ditonton dan tidak boleh dilewatkan sebagai Daftar Anime Romance School Terbaik. Ceritanya pun sederhana, lurus, yang jadi masalah utama adalah para karakter yang kesulitan untuk menyatakan perasaan kepada orang yang mereka sukai.

Walaupun ceritanya biasa-biasa saja, dan tidak ada hal yang istimewa, seri ini sangat menarik untuk ditonton karena Zutto Mae kara Suki Deshita memberikan cerita pahit manisnya ketika merasakan cinta saat memasuki masa remaja dengan adanya selipan adegan comedy ringan yang menghibur penonton.

35. Karakai Jouzu no Takagi-san

Karakai Jouzu no Takagi-san - Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa
Karakai Jouzu no Takagi-san

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.91
Genre: Comedy, Romance, School, Slice of Life, Shounen
Sinopsis:
Cerita berpusat tentang kehidupan seorang murid SMP bernama Nishikata yang nasibnya selalu dijahili oleh teman sekelas bernama Takagi. Mereka melakukan berbagai permainan tantangan dan Nishikata selalu berakhir kalah karena sering termakan oleh jebakan yang dibuat oleh Takagi.

Setiap hari Nishikata harus menanggung malu karena ulah Takagi yang membuat hidupnya tidak tenang. Namun Nishikata tidak tinggal diam dan membiarkan Takagi terus menjahilinya. Terkadang, Nishikata juga menyiapkan beberapa bahan supaya dirinya bisa menjahili Nishikata.

Sayangnya kecerdikan Takagi membuat jebakan Nishikata mengenai dirinya sendiri. Ini adalah kisah tentang kehidupan sehari-hari antara kedua remaja sekolahan tingkat SMP yang dijalani dengan penuh adanya persaingan.

Review:
Anime Romance School terbaik di tahun 2018 dengan cerita yang sangat ringan tanpa konflik. Isi cerita didalamnya hanyalah serangkaian perbuatan jahil dengan sedikit kisah romantis yang membuatmu senyum-senyum sendiri.

Visual dan Music yang diberikan sangat mendukung suasana dimana ada yang menggambarkan suasana romantis, perasaan gembira, dan tenang. Berbagai comedy melalui penjahilan Takagi terkadang membuatmu juga iktu terjebak di dalamnya sehingga seri ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa.
Previous
Next Post »