25 Anime Romance 2018 Terbaik dan Wajib Ditonton

Anime Romance 2018 Terbaik
Anime Romance 2018 Terbaik

Anime Romance 2018 Terbaik pasti banyak yang dicari oleh para pemirsa karena di tahun 2018 ini adalah tahun yang dinantikan oleh para penggemar anime karena banyak sequel anime yang selama ini mereka tunggu-tunggu akhirnya tercapai.

Selain memiliki banyak sequel seri unggulan, terdapat juga beberapa anime baru yang tidak kalah jauh menariknya dengan seri sequel, terutama untuk bergenre romance. Banyak beberapa seri romance dari memiliki cerita yang sederhana, ringan, berat, tikung-menikung, dan lain-lain. Untuk kali ini Animenoen akan memberikan Rekomendasi Daftar Anime Romance 2018 Terbaik.



Daftar Anime Romance 2018 Terbaik


Daftar Anime Romance 2018 Terbaik berikut ini dipilih berdasarkan cerita berkualitas, grafis yang bagus, karakter yang disukai, dan tingkat kepopuleran.

1. Tada-kun wa Koi wo Shinai

Tada-kun wa Koi wo Shinai - Anime Romance 2018 Terbaik

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.59
Genre: Comedy, Romance, Slice of Life
Sinopsis:

Telah diketahui bahwa sepanjang hidup Mitsuyoshi Tada, ia tidak pernah merasakan namanya cinta. Ia hanyalah seorang pria yang ingin menjadi fotografer seperti Ayahnya yang dulu adalah seorang fotografer terkenal.

Sayangnya ayahnya telah meninggal sejak Tada masih kecil karena sebuah kecelakaan. satu-satunya barang peninggalan Ayahnya, kini hanyalah sebuah kamera yang selalu dibawa Tada untuk ia gunakan dalam berfoto.

Pada suatu hari, pada waktu bunga sakura bermekaran, Mitsuyoshi sedang menggunakan kesempatan momen indah tersebut untuk berfoto. Namun ketika ingin memfoto pemandangan bunga sakura, ia dihalangi oleh seorang gadis berambut pirang bernama Teresa Wagner yang ternyata sedang tersesat dan terpisah dari dari teman seperjalanannya.

Ketika hujan turun, Tada dan Teressa tidak sengaja bertemu kembali, namun Tada yang melihat Teressa dalam keadaa basah kuyup dan terlihat menyedihkan, membuat ia merasa kasihan dengannya dan memutuskan untuk membantunya dengan tinggal di kedai keluarganya untuk sementara. 

Tak lama kemudian, muncul seorang gadis bernama Alex yang ternyata merupakan teman seperjalanan Teressa. Setelah mereka berpisah, ternyata keesokan harinya Teressa dan Alex hadir kembali dalam hidupnya karena keduanya baru saja menjadi seorang murid baru di sekolah yang sama.

Review:
Anime Romance 2018 dengan cerita original tanpa adaptasi dari manapun. Ceritanya sangat manis, dengan balutan comedy yang terdapat di sepanjang episode yang akan membuatmu terhibur. 

Selain itu grafisnya juga sangat bagus, penuh warna sehingga menghasilkan pemandangan yang indah dan hal tersebut sangat cocok untuk penerapan anime slice of life seperti ini. 

Namun awal-awal memang disajikan cerita slice of life comedy yang menenangkan dan menghibur, namun ketika memasuki konflik dalalm pertengahan episode, akan ada kejutan yang akan membuatmu penasaran karena cerita menjadi lebih seru dan menarik sehingga membuat Tada-kun wa Koi wo Shinai sangat pantas untuk dijadikan sebagai peringkat pertama Anime Romance 2018 Terbaik.


2. Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Mina

Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Mina - Anime Romance 2018 Terbaik
Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Mina

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 8.38
Genre: Comedy, Romance, School, Supernatural
Sinopsis:

Baru-baru ini, masyarakat jepang sedang dihebohkan dengan sebuah sindrom misterius bernama “Sindrom Pubertas”, sebuah sindrome yang hanya menyerang para remaja yang sedang memasuki masa pubertas karena pada masa tersebut mereka mengalami tingkat kepekaan dan ketidakstabilan yang tinggi. 

Hal tersebut mungkin sedang terjadi oleh remaja bernama Sakuta Azugawa, siswa tahun kedua yang bersekolah di dekat Enoshima telah menjalani hidup tak biasa dimana ia bertemu dengan beberapa gadis dengan Sindrom Pubertas. 

Di saat itu, ia bertemu dengan sosok gadis berpakaian kelinci di perpustakaan. Gadis kelinci tersebut sebenarnya merupakan senior Sakuta yang bernama Mai Sakurajima. Namun dengan beberapa alasan, semua orang yang berada di sekitar Mai tidak bisa melihat sosok dirinya. Mengapa Mai menjadi sosok yang tidak bisa terlihat? Ini adalah kisah tentang Sakuta yang mencari jawaban tersebut bersama dengan Mai sambil membentuk sebuah ikatan tersembunyi.

Review:
Salah satu Anime Fall yang sangat pantas untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Romance 2018 Terbaik dan berkualitas karena selain memiliki alur cerita yang sangat bagus dan keren, seri ini memiliki hal unik dengan menyelipkan unsur supernatural. 

Setelah kamu menonton episode pertamanya, dijamin setelahnya kamu akan penasaran setelah itu kamu merasa ketagihan dan ingin segera terus menonton anime ini hingga berakhir. Awal cerita memang terkesan biasa, namun seiring cerita berkembang terdapat beberapa kejutan yang membuat penonton tak terduga.

3. High Score Girl

High Score Girl - Anime Romance 2018 Terbaik
High Score Girl

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.12
Genre: Comedy, Romance, School, Seinen
Sinopsis:
tahun 1991 merupakan tahun keemasan dimana Game Arcade masih berjaya. Haruo Yaguchi, Seorang anak laki-laki yang duduk di bangku SD kelas 6 hanyalah anak yang biasa, tidak begitu populer, serta tidak memiliki daya tarik.

Walaupun Semua yang ada dalam dirinya biasa-biasa saja, Namun Ia memiliki satu hal yang menjadi keahlian Haruo, yaitu bermain game. Saat ia sedang di dalam maupun di luar rumah, kegiatannya hanyalah bermain game.

Namun Pada suatu hari, kehidupan Haruo berubah saat Haruo pergi ke sebuah tempat game arcade lokal, ia bertemu dengan anak perempuan bernama Akira Oono yang ternyata juga suka bermain game. Berbeda dengan Haruo, Akira merupakan gadis cantik, yang dikenal sangat pintar dan populer. Selain itu ia berasal dari keluarga kaya.

Ketika mereka bertanding dalam sebuah game Arcade, ternyata Haruo berasil dikalahkan olehnya sebanyak 30 kali. Karena tidak mau menyerah, Haruo akhirnya menantang Akira untuk bermain game andalannya yaitu Street Fighter II. Namun ternyata hasilnya tidak berubah. Pertemuan mereka yang diawali dengan kompetisi bermain game Arcade, membuat hubungan aneh mereka mulai terbentuk.

Review:
Cerita yang sedikit unik, dimana latarnya mengambil latar waktu dimana game era 90 an masih populer. Sepanjang cerita kamu akan diperkenalkan berbagai game 90-an yang membuatmu merasa nostalgia.

Selain itu hal yang membuat seri ini dijadikan sebagai Daftar Anime Romance 2018 Terbaik adalah cerita yang menarik, Animasinya yang menggunakan gaya 3DCGI namun tetap nyaman untuk ditonton, Character development sempurna dimana hal tersebut dikembangkan melalui Interaksi parakter serta hubungan mereka yang dibuat seolah nyata karena hubungan tersebut dibutuhkan waktu bertahun-tahun.

4. Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Wotaku ni Koi wa Muzukashii - Anime Romance 2018 Terbaik
Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Jumlah Episode: 11
Rating MAL: 8.06
Genre: Comedy, Romance
Sinopsis:
Narumi Momose, seorang wanita muda cantik dan imut yang diketahui sedang mengalami masalah tentang percintaan karena hobi sebagai seorang otaku, gamer dan seorang Fujoshi. Setelah keluar dari pekerjaan lamanya, Narumi kini pindah ke pekerjaan barunya dan disana ia ternyata bertemu dengan beberapa teman masa kecilnya sejak SMP yang telah mengetahui rahasia otakunya.

Mereka adalah: Hirotaka Nifuji, laki-laki yang merupakan juga seorang otaku dan gamer dengan mulut tajam; Hanako Koyanagi; wanita muda dengan tampilan dewasa dan keren; dan Tarou Kabakura, seorang pria menyenangkan dengan wajah seram yang sering berkelahi dengan Hanako.

Untuk mencegah teman-temann masa kecilnya memberi tahu rahasianya, Narumi mengajak mereka untuk minum-minum sebentar. Ketika Dalam perjalanan, Hirotaka memberikan pertanyaan kepada Narumi, “Kenapa tidak berpacaran saja dengan orang yang paham hobimu atau pria yang sama-sama seorang otaku?”.

Setelah itu, Hirotoka kembali bertanya kepada Narumi “Mengapa kau tidak berpacaran saja dengan ku”. Ini adalah Kisah antara Narumi dan Hirotoka yang sebagai sesama otaku yang menjalani hubungan asmara sambil menyeimbangkan antara hobi dan pekerjaanya.

Review:
Cinta dengan hobi yang sama, mungin itu adalah kesan untuk anime Romance 2018 yang satu ini. Alasan Wotaku ni Koi wa Muzukashii sangat pantas untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Romance 2018 Terbaik adalah Jalan cerita yang menarik dimana setiap episodenya menyajikan comedy yang sangat lucu melalui tingkah pasangan tokoh sebagai sesama otaku yang sangat menghibur untuk ditonton.

Selain unggul dalam jalan cerita, Grafis dari A-1 Pictures yang dibuat sederhana ini dengan tingkat visual yang rata-rata membuat seri ini nyaman untuk ditonton.

5. Chuunibyou demo Koi ga Shitai! Movie: Take On Me

Chuunibyou demo Koi ga Shitai! Movie: Take On Me - Anime Romance 2018 Terbaik
Chuunibyou demo Koi ga Shitai! Movie: Take On Me

Jumlah Episode: 1 (Movie)
Rating MAL: 8.32
Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life
Sinopsis:
Rikka Takanashi kini sudah memasuki usia 18 tahun, dimana usia tersebut seharusnya sudah mencapai masa dewasa. Namun untuk Rikka, usia hanyalah sebuah angka karena tingkahnya tidak berubah apalagi sindrom Chunnibyou yang masih ada dalam dirinya.

Sebagai siswa tahun ketiga, ini adalah waktunya para murid senior untuk menentukan langkah selanjutnya dimana mereka akan menantikan ujian masuk perguruan tinggi. Memasuki waktu musim panas, Rikka dan pacarnya yaitu Yuuta Togashi menjalani kehidupan bersama seperti biasanna.

Namun hubungan mereka sepertinya sudah mencapai puncak dan tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya karena Kakak dari Rikka, yaitu Touka akan membawa adiknya pergi ke italia untuk mendapatkan pekerjaan tetap.

Keputusan Touka untuk pergi ke italia mungkin akan membuat Rikka dan Yuuta harus terpisah, namun pada saat itulah teman-temannya menyarankan Yuuta untuk membawa Rikka pergi bersama dan melakukan kawin lari.

Review:
Ini adalah lanjutan sequel dari anime Chuunibyou demo Koi ga Shitai! yang berbentuk movie. Susana cerita yang kamu dapat sama seperti ceri sebelumnya dimana ada cerita romance yang manis, comedy lucu, serta drama yang membuatmu baper.

Yang berbeda adalah cerita baru serta grafis yang lebih maksimal mengetahui bahwa seri ini merupakan movie, karena seri ini rilis pada tahin 2018, maka Chuunibyou demo Koi ga Shitai! Movie: Take On Me termasuk Daftar Anime Romance 2018 Terbaik.


6. Karakai Jouzu no Takagi-san

Karakai Jouzu no Takagi-san - Anime Romance 2018 Terbaik
Karakai Jouzu no Takagi-san

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.91
Genre: Romance, Comedy, School, Slice of Life, Shounen
Sinopsis:
“Siapa yang tersipu, dia yang kalah”, sebuah permainan yang dilakukan oleh kedua remaja SMP bernama Nishikata dan teman sekelas yang duduk di sebelahnya bernama Takagi. Setiap hari mereka berdua melakukan kegiatan yang tidak biasa.

Namun untuk Nishikata, ia selalu mengalami nasib yang kurang mengungtungkan karena selalu dijahili Takagi. Mereka melakukan berbagai kompetisi dengan macam-macam taruhan, namun dengan kecerdikan Takagi Nishikata selalu berakhir kalah karena sering termakan jebakan yang dibuat oleh Takagi.

Karena perbuatannya setiap hari, Nishikata harus menanggung malu yang membuat hidupnya tidak terasa tenang. Tidak tinggal diam begitu saja, terkadang Nishikata membuat bermacam-macam rencana untuk membuat Takagi merasa malu dan tersipu.

Namun pada akhirnya, Nishikata tetap saja yang malu karena jebakan buatannya justru mengenainya sendiri. Ini adalah kisah keseharian kedua remaja yang saling menyukai dengan berbagai kegiatan menyenangkan.

Review:
Suka Anime Romance tanpa memiliki jalan cerita berat, tidak rumit, serta tidak ada cinta segitiga didalamnya? Karakai Jouzu no Takagi-san adalah saran Anime Romance 2018 Terbaik buat kamu karena seri ini sangat memenuhi semuanya.

Cerita sepanjang episode yang hanya berisi keseharian biasa yang sangat ringan dan nyaman untuk ditonton tanpa memiliki konflik berat, serta kelakuan karakter yang menarik terutama tingkah Takagi yang selalu saja memiliki ide tak terduga untuk menjahili Nishikata.

Visualnya biasa-biasa saja namun untuk background sangat cocok untuk menggambarkan situasi yang didapat saat menonton seri ini sehingga membuatnya sangat pantas untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Romance 2018 Terbaik.


7. Irozuku Sekai no Ashita kara

Irozuku Sekai no Ashita kara - Anime Romance 2018 Terbaik
Irozuku Sekai no Ashita kara

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.77
Genre: Drama, Magic, Romance
Sinopsis:
Dunia ini biasannya dipenuhi dengan para penyihir. Berkisar di Kota Nagasaki, tepatnya di masa depan yang telah memasuki waktu 2078, dimana keberadaan para penyihir masih ada namun hanya beberapa dari sekian banyak manusia.

Hitomi Tsukishiro, seorang gadis berusia 17 tahun yang berasal dari keluarga penyihir harus merasakan penderitaan karena sepanjang hidupnya ia telah kehilangan penglihatan warnanya sehingga ia hanya bisa melihat warna hitam dan putih dan dibesarkan menjadi seorang anak tanpa emosi.

Nenek dari Hitomi yang merupakan seorang penyihir hebat bernama Kohaku Tsukishiro, tidak tahan melihat cucunya terus menderita. Akhirnya sang nenek memutuskan untuk membawa Hitomi pergi ke masa lalu pada tahun 2018 dimana ia akan menjalani hidup bersama dengan teman-teman barunya beserta neneknya yang masih berusia 17 tahun.

Review:
Salah satu anime original yang memiliki kisah cinta unik dimana terjadi cinta segitiga antara sang nenek dan sang cucu yang berasal dari masa depan.

Alasan untuk menjadikan seri ini sebagai Anime Romance 2018 Terbaik adalah ceritanya yang mengesankan dengan konsep time travel di awal ceritanya, drama menyentuh, serta grafiknya yang sangat wah, penuh warna, dan gerakan halus.

8. Koi wa Ameagari no You ni

Koi wa Ameagari no You ni - Anime Romance 2018 Terbaik
Koi wa Ameagari no You ni

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.61
Genre: Romance, Seinen
Sinopsis:
“Cinta tak memandang Usia”, sebuah ungkapan yang mungkin sangat cocok untuk seorang gadis remaja cantik 17 tahun bernama Akira Tachibana karena ia sedang mengalami hal tersebut dimana ia merasakan jatuh cinta terhadap seorang pria duda yang jauh lebih tua darinya.

Telah diketahui bahwa Akira merupakan gadis yang pendiam dan jarang menunjukkan emosinya. Kejadian dimana Akira jatuh cinta dengan pria tersebut, berawal dari dirinya yang mengalami cidera kaki sehingga hal itu membuatnya harus berhenti untuk menjadi seorang pelari.

Setelah hal tersebut, Akira memutuskan untuk bekerja paruh waktu di sebuah kafe dengan nama “Garden Cafe” dan bertemu dengan seorang manajernya yang bernama Masami Kondou, Seorang pria canggung berumur 45 tahun yang sudah memiliki satu anak dan telah berpisah dengan istrinya. Entah mengapa Akira segera mengembangkan perasaan dengan pria tersebut.

Tidak tahu alasan mengapa Akira bisa jatuh cinta dengannya, namun yang jelas ketika ia melihat kebaikan Masami yang ia tunjukkan kepada para pelanggan maupun pegawainya, hal tersebut membuat Akira suka kepadanya.

Review:
Anime Romance 2018 dengan cerita anti-mainstream dimana pengaturan pasangan kisah cinta dari seri ini terjadi oleh gadis remaja cantik berusia 17 tahun dan pria duda yang sudah berumur 45 tahun.

Perkembangan karakter adalah keunggulan utama yang dibuat dengan baik dimana sang heroine berusaha menjalani hidup baru. Selain itu animasimya dibuat dengan sangat lembut dan penuh warna serta musiknya yang sangat enak untuk didengar apalagi bagian ending yang dibawakan oleh Aimer.


9. Cardcaptor Sakura: Clear Card-hen

Cardcaptor Sakura: Clear Card-hen - Anime Romance 2018 Terbaik
Cardcaptor Sakura: Clear Card-hen

Jumlah Episode: 22
Rating MAL: 7.94
Genre: Adventure, Comedy, Fantasy, Magic, Romance, Shoujo
Sinopsis:
Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, akhirnya Sakura Kinomoto berhasil mengumpulkan kembali semua Clow Card yang dapat membawa bencana kepada dunia dengan mengubah kartu-kartu tersebut menjadi kartu miliknya.

Musim Semi telah tiba, ini adalah waktunya untuk Sakura mulai memasuki langkah baru dalam menjalani kehidupan sekolah sebagai murid SMP. Pria yang ia cintai, yaitu Shaoran Li, ternyata telah kembali dari Hongkong dan ikut berksekolah di tempat yang sama dengan Sakura.

Kembalinya Shaoran tentu membuat Sakura merasa sangat gembira. Awalnya situasi berlangsung damai. Ketika Sakura tertidur, ia bermimpi bertemu dengan sosok misterius berjubah serta melihat dirinya dikelilingi oleh sekumpulan kartu transparan.

Secara mengejutkan, ternyaya mimpi tersebut menjadi kenyataan dimana Sakura harus menghadapi musuh tak dikenal dan mendapatkan kunci untuk menempuh sebuah petualangan baru yang menunggunya.

Review:
Penantian lama untuk berharap seri ini mendapatkan sequel semenjak tahun 1998 akhirnya tidak sia-sia bagi para penggemar Anime Cardcaptor Sakura. Karena jarak tahun rilis begitu jauh, maka grafis yang diberikan berbeda dengan sebelumnya, dimana sequel ini memiliki grafis yang ditingkatkan lebih baik dan dibuat dengan gaya animasi sesuai dengan perkembangan jaman.

Ceritanya masih bagus seperti prequelnya dimana seri ini menyajikan cerita romance yang sangat manis, adanya comedy lucu, petualangan seru untuk diikuti, serta hal menarik lain yang menjadi alasan Cardcaptor Sakura: Clear Card-hen sangat pantas untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Romance 2018 Terbaik.

10. Kishuku Gakkou no Juliet

Kishuku Gakkou no Juliet - Anime Romance 2018 Terbaik
Kishuku Gakkou no Juliet

Jumlah Episode: 22
Rating MAL: 7.94
Genre: Adventure, Comedy, Fantasy, Magic, Romance, Shoujo
Sinopsis:
Kisah tentang dua negara yang telah menjadi musuh abadi sejak lama, Bangsa Timur Touwa serta Asrama dari Kerajaan Barat selalu terjadi persaingan yang berlangusung di sebuah sekolah perbatasan Akademi Dahlia.

Dua pesaing tersebut dikenal sebagai “Anjing Hitam dari Touwa” dan “Kucing Putih dari Kerajaan Barat”. Walaupun mereka selalu berperang yang sudah terjadi dari generasi sebelumnya, mereka memiliki kesamaan dalam kebanggaan dan semangat juang yang tinggi.

Akan tetapi Sang Pemimpin dari kedua pihak, yaitu Romio Inuzuka dari Touwa serta Juliet Persia dari Kerajaan Barat, ternyata saling jatuh cinta secara diam-diam. Kini pasangan cinta terlarang tersebut harus memperjuangkan cinta mereka sambil menghindari masalah yang mungkin dapat mempengaruhi persaingan dari masing-masing pihak.

Review:
Anime Romance 2018 Terbaik dengan pembukaan yang disajikan dengan baik serta animasi standar namun tetap nyaman untuk dinikmati.

Alur cerita yang diberikan dari seri ini tidak hanya memberikan kisah asmara tentang kedua tokoh utama, namun juga terdapat cerita tentang perkelahian antar sekolah layaknya pertarungan gang dengan bumbu comedy di dalamnya.

Desain karakternya juga bagus terutama untuk karakter utama perempuan yang layak dijadikan waifu terbaik 2018 sehingga membuat seri ini sangat layak untuk ditonton sebagai Daftar Anime Romance 2018 Terbaik.

11. 3D Kanojo: Real Girl

3D Kanojo: Real Girl - Anime Romance 2018 Terbaik
3D Kanojo: Real Girl

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 6.72
Genre: Romance, School, Shoujo
Sinopsis:
Sebagai seorang otaku, remaja bernama Hikari Tsusui memilih untuk menjalani hidup dengan menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game dan menonton anime saja tanpa mempedulikan dunia sosial sehingga hal tersebut membuat dirinya sulit untuk berinteraksi di dunia sosial.

Dalam kehidupan sekolahnya, Ia tidak memiliki teman dan dijauhi teman-teman sekolahnya karena dianggap sebagai pria aneh. Namun ia masih memilki satu teman, yaitu seorang laki-laki sesama otaku yang sama-sama suka menyukai gadis 2D.

Suatu hari, Tsusui telah terlambat sekolah dan membuat ia harus menerima hukuman dimana ditugaskan untuk membersihkan kolam renang. Ketika Tsusui menjalani tugasnya, ia bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Iroha Igarashi yang juga ternyata dihukum karena terlambat.

Telah diketahui Iroha merupakan gadis populer di kalangan laki-laki yang menjalani hidup sesukanya. Sosok Iroha merupakan sosok yang sangat tidak disukai oleh Tsusui. Namun dibalik kepopulerannya Iroha ternyata hanyala seorang gadis polos yang juga tidak memiliki teman seperti Tsusui karena kepopulerannya membuat dirinya sangat dibenci oleh para siswa perempuan.

Setelah mereka menyelesaikan hukumannya, seorang pria muncul untuk menggoda Iroha. Karena Tsusui tak ingin tinggal diam, Tsusui menolong Iroha walaupun ia tak begitu tertarik kepadanya. Karena Tsusui lemah, ia malah berakhir dihajar hingga babak belur.

Setelah Iroha mengetahui bahwa ia diselamatkan oleh Tsusui, ia bertanya dengannya, “apakah kau ingin menjalin hubungan denganku atau tidak?”. Ini adalah kisah cinta pertama Tsusui terhadap gadis nyata karena sebelumnya ia hanya menyukai gadis 2D.

Review:
Anime Romance 2018 yang satu ini membuktikan bahwa tidak semua Otaku mengalami nasib yang menyedihkan dalam hubungan asmara. Cerita yang dibuat secara kebetulan dan tak terduga, dimana seorang Otaku yang payah berpacaran dangan gadis cantik dan populer di sekolah.

Konsep seperti ini mungkin sudah terbilang biasa karena sudah banyak anime yang menerakpan cerita seperti ini. Namun walaupun biasa, sepanjang cerita tetap menarik untuk diikuti.

Cerita yang berjalan dengan memberikan banyak adegan romance dan comedy yang sangat manis dan menghibur melalui interaksi Tsusui dengan Iroha membuat seri ini sangat direkomendasikan untuk ditonton sebagai Anime Romance 2018 Terbaik. 

12. Darling in the FranXX

Darling in the FranXX - Anime Romance 2018 Terbaik
Darling in the FranXX

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 7.64
Genre: Action, Drama, Mecha, Romance, Sci-Fi
Sinopsis:
Memasuki waktu masa depan, dimana bumi sudah di ambang kehancuran. Umat manusia yang masih bisa bertahan hidup, tinggal di sebuah kota bergerak bernama “Plantation”, dipimpin oleh sebuah organisasi bernama APE yang telah terbentuk untuk tujuan melindungi umat manusia.

Telah diketahui bahwa Kehancuran dunia disebabkan karena kemunculan makhluk raksasa bernama “Klaxosaur” , makhluk yang memiliki empat macam bentuk berdasarkan ukuran mereka. Untuk melawan Klaxosaur, organisasi APE menjadikan anak-anak generasi baru sebagai harapan untuk menjalankan misi melawan Klaxosaur.

Mereka menggunakan sebuah mesin bernama “Franxx”, senjata mesin yang dikenal sangat ampuh untuk melawan mereka dengan dua pilot berbeda jenis kelamin. anak-anak dilatih secara ketat dengan membuat mereka menghabiskan hidupnya di Mistilteinn, atau bisa dikenal sebagai “Sangkar Burung” supaya mereka dapat menjadi pilot Franxx yang menjajikan tanpa tahu apa-apa tentang dunia luar termasuk langit biru.

Hiro, adalah salah anak-anak tersebut yang memiliki codename: 016. Telah diketahui bahwa Hiro kehilangan motivasinya untuk menjadi seorang pilot Frankxx karena gagal menajalani tes bakat. Saat upacara kelulusan, Hiro tidak hadir dan pergi ke sebuah danau.

Namun disana, ia segera bertemu dengan seorang gadis misterius dengan rambut merah mudah dan tanduk di kepalanya. Ia adalah Zero Two, seorang pilot yang dikenal sebagai “Partner Killer” karena setiap partnernya telah ditentukan, partner tersebut langsung meninggal. Pertemuan mereka, membuat kedua pilot tanpa partner ini telah disatukan dan menjadi pasangan Frankxx yang hebat melebihi siapapun.

Review:
Cerita dengan konsep Latar waktu kehancuran dunia serta umat manusia yang harus bertahan hidup tempat terbatas.

Walaupun awalnya memiliki genre mecha, namun sebenarnya Anime Romance 2018 yang satu ini ternyata memiliki unsur romance drama yang sangat kuat, bahkan sepanjang ceritanya lebih berfokus terhadapt hal tersebut daripada fokus untuk mengalahkan Klaxosaur. Namun walaupun drama romance nya lebih banyak, cerita yang diberikan tetap menarik untuk ditonton.

13. Sword Art Online: Alicization

Sword Art Online: Alicization - Anime Romance 2018 Terbaik
Sword Art Online: Alicization

Jumlah Episode: -
Rating MAL: 8.18
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Game, Romance
Sinopsis:
Setelah diberi tugas untuk menyelidik ancaman seorang player bernama “Death Gun” dalam Game Gun Gale Online, Kirigaya Kazuto atau biasa dikenal Kirito ditawari pekerjaan kembali oleh Kikuoka Seijirou untuk mengikuti sebuah uji coba eksperiman FullDive generasi keempat dengan memasuki ke dunia maya bernama “Underworld” , dunia dimana waktu disana berlangsung seribu kali lebih cepat bibandingkan waktu di dunia nyata.

Disanalah Kirito akan ditugaskan untuk mengawasi penduduk di dunia tersebut. Setelah memasuki dunia Underworld, telah diketahui bahwa ia sedang berada di dunia fantasy dengan beberapa ingatan baru di dalamnya.

Setelah itu, Kirito bertemu dengan seorang anak bernama Eugeo yang merupakan NPC dari Dunia Underworld namun memiliki emosi yang mirip dengan manusia.

Ketika ia bertemu dengan Eugeo, Terdapat ingatan samar-samar dalam dirinya yang menggambarkan masa kecilnya bersama Eugeo. Selain terdapat Eugeo, terdapat seorang lagi yang muncul dalam ingatan Kirito dan diketahui ia adalah seorang gadis berambut pirang bernama Alice Zuberg.

Review:
Berbeda dengan serial Sword Art Online sebelumnya, sequel yang satu ini memilki jalan cerita yang lebih baik serta terdapat hubungan romance dengan tokoh utama perempuan yang baru.

Bagi kamu yang sudah menonton Anime SAO pastinya sudah tahu bagaimana unsur romance yang terdapat dalam seri ini. Salah satu Anime Romance 2018 Terbaik ini memiliki jalan cerita yang lebih seru, grafis yang baru, serta sound effect yang lebih nyata.

14. Beatless

Beatless - Anime Romance 2018 Terbaik
Beatless

Jumlah Episode: 20
Rating MAL: 6.21
Genre: Action, Drama, Romance, Sci-Fi
Sinopsis:
Kemajuan Teknologi berkembang begitu cepat, kini umat manusia telah menciptakan sebuah teknologi bernama hIE, sebuah robot mirip manusia dengan tingkat kecerdasan melebihi manusia yang diciptakan sebagai pelayanan publik.

Keberadaan hIE mulai diakui dan menjadi bagian dari kehidupan manusia. Sebagian besar hIE digunakan untuk melakukan sebuah pekerjaan yang tidak bisa dilakukan manusia, namun hal tersebut mungkin akan membuat tenaga kerja manusia menurun atau bahkan tergantikan.

Arato Endou, seorang remaja yang memandang hIE berbeda dengan yang lain. Walaupun hIE merupakan robot, namun Arato menganggap para hIE seperti manusia seperti dirinya. Pada suatu hari kehidupannya berubah ketika sebuah kekacauan terjadi di sebuah toko yang disebabkan oleh Salah satu hIE yang telah diretas.

Kehidupannya Arato yang sudah berada di ambang kematian, segera diselamatkan oleh hIE bernama Lacia yang memiliki wujud tak biasa dimana ia membawa sebuah senjata berbentuk peti mati. Pada saat itu, ia menawarkan sebuah kesepatan kepada Arato, menjadikan Lucia sebagai pemiliknya dan Lucia akan menyelamatkannya.

Review:
Jika kamu menonton Anime Romance 2018 yang satu ini, mungkin sejenak akan mengingatkanmu tentang anime Guilty Crown, karena keduanya memiliki desain karakter serta awalan yang mirip terutama pada bagian dua pasangan karakter utama.

Hal tersebut memang wajar, karena desain karakter dari kedua seri dibuat oleh orang yang sama. Untuk segi cerita, Beatless memang memiliki alur cerita yang sedikit rumit serta banyak drama di dalamnya, namun unsur romance dari seri ini lumayan bagus untuk dinikmati dan membuat Beatless layak untuk dijadikan sebagai Rekomendasi Daftar Anime Romance 2018 Terbaik.

15. Shikioriori

Shikioriori - Anime Romance 2018 Terbaik
Shikioriori

Jumlah Episode: 3 (Movie)
Rating MAL: 7.31
Genre: Drama, Romance, Slice of Life
Sinopsis:
Sebuah Antologi dengan 3 bagian cerita di dalamnya, cerita tersebut terdiri dari: “Sunny Breakfast”, “A Small Fashion Show”, dan “Shanghai Love”. Ketiga bagian kisah tersebut berlatar di tiga tempat berbeda yang berada di sekitar kota di China.

Kisah kenangan dalam sebuah mangkuk mie hangat yang mengepul, kesenengan sederhana melalui sebuah kenangan dan merasakan bagaimana cinta tidak bisa dikalahkan oleh aliran waktu.

Cerita pertama mengisahkan tentang seorang pemuda dari Beijing bersama dengan neneknya yang berada di kampung halamannya, Cerita kedua mengisahkan tentang keluarga tinggal di wilayah Guangzhou, serta cerita yang ketiga mengisahkan tentang Shanghai.

Review:
Sesuai yang tertulis pada sinopsis, anime ini memiliki 3 episode yang disajikan dalam 1 Movie. Setiap episode memiliki cerita, peran, dan setting yang berbeda. Untuk grafis tidak perlu dipertanyakan, bahwa seri ini diproduksi oleh studio CoMix Wave Films, studio pencipta anime unggulan Kimi no Nawa.

Cerita yang disajikan mungkin akan membuatmu sedikit kebingungan, namun jika kamu memperhatikannya dengan baik, jalan cerita bisa dipahami sehingga anime ini bisa menjadi hiburan untukmu sebagai Rekomendasi Daftar Anime Romance 2018 Terbaik.

16. ReLIFE: Kanketsu-hen

ReLIFE: Kanketsu-hen - Anime Romance 2018 Terbaik
ReLIFE: Kanketsu-hen

Jumlah Episode: 4 (Special)
Rating MAL: 8.31
Genre: Slice of Life, Romance, School
Sinopsis:
Kaizaki Arata, seorang pria gagal dalam menjalani hidup sebagai masyarakat dan menjadi pecundang setelah keluar dari perusahaan terakhir dimana ia bekerja. Setelah mencari ke berbagai tempat untuk mendapatkan pekerjaan, pria yang sudah berumur 27 tahun ini tidak mendapatkan hasil apapun karena kurangnya kemampuan yang ia miliki.

Ketika sudah berada di ujung keputusasaan, tiba-tiba saja Arata telah ditolong oleh seorang pria misterius bernama Ryou Yoake yang muncul dan menawarkan pekerjaan kepada Arata untuk bekerja di sebuah perusahaan bernama ReLife Research Institute. 

Namun diperlukan satu syarat untuk bisa bekerja di sana. Syarat tersebut adalah Arata harus menjadi bahan percobaan uji “ReLife”, sebuah uji eksperimen untuk seseorang yang hidupnya gagal dengan meminum obat yang dapat membuat orang tersebut lebih muda 10 tahun.

Arata yang kini memiliki status pengangguran langsung menyetujui persyaratan Ryou dan meminum obat tersebut. Setelah itu Arata tiba-tiba kembali menjadi seorang remaja berumur 17 tahun. Setelah menjadi remaja, Arata memulai hidup remajanya dengan memperbaiki diri untuk mendapatkan masa depan yang menjanjikan.

Review:
Ini adalah sequel ReLIFE berbentuk episode special dengan jumlah 4 episode yang akan menghabiskan seluruh jalan cerita di manganya.

Karena akan segera dibuat tamat hingga chapter terakhir, mungkin jika hanya 4 episode sepertinya kurang. Untuk itu jika kamu membaca manga, terdapat beberapa cerita dan adegan yang di skip, selain itu karakter figuran disini dibuat samar-samar.

Namun hal ini lebih baik daripada cerita menggantung karena jika kamu belum membaca manganya, maka ceritanya bisa kamu nikmati dengan baik dan membuat sequel ReLIFE yang rilis tahun 2018 ini layak untuk dijadikan sebagai Anime Romance 2018 Terbaik.

17. Grancrest Senki

Grancrest Senki - Anime Romance 2018 Terbaik
Grancrest Senki

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 7.27
Genre: Action, Fantasy
Sinopsis:
Ancaman makhluk bernama “Chaos” membuat dunia hampir dilanda kehancuran. Untuk mengalahkan makhluk tersebut, diperlukan sebuah segel suci atau “Grancrest” yang didalamnya terkandung sebuah kekuatan sihir yang besar dan cukup untuk mengalahkan Chaos.

Namun Grancest hanya dimiliki oleh para bangsawan saja dan sayangnya mereka yang memiliki Grancrest mengabaikan kewajiban mereka untuk melindungi rakyat bawah dengan mengalahkan Chaos dan lebih memilih untuk untuk mendapatkan kekuasaan dengan merebut Grancrest dari penguasa lain.

Siluca Meletes, adalah seorang Mage perempuan yang sedang menjalani hukuman setelah menghina seorang penguasa karena ia mengatakan kepada penguasa tersebut bahwa ia tidak melakukan kewajibannya.

Di sisi lain, terdapat Seorang pria bernama Theo Cornaro, seorang ksatria yang berkelana untuk melatih kemampuan bertarungnya sebagai pemegang grancrest agar ia dapat mewujudkan keinginan untuk membebaskan kampung halamannya dari para penguasa jahat.

Pada suatu haru, Takdir telah mempertemukan mereka, Keduanya memutuskan untuk bekerja sama untuk mengalahkan Chaos demi menciptakan dunia yang dipenuhi dengan kedamaian walaupun awalnya mereka memiliki beberapa perbedaan.

Review:
Walaupun awal-awal membosankan, cerita lambat, dan mudah ditebak, namun jika kamu sabar, dan terus mengikutinya, maka keseruan dalam cerita akan mulai terlihat.

Selain itu romancenya juga sangat menarik dan manis walaupun hubungan pasangan tokoh terkesan buru-buru serta terdapat beberapa kisah cinta penuh tikungan yang akan membuatmu merasa tegang dan selalu penasaran di sepanjang episode dari Anime Romance 2018 yang satu ini.

18. Ore ga Suki nano wa Imouto dakedo Imouto ja Nai

Ore ga Suki nano wa Imouto dakedo Imouto ja Nai - Anime Romance 2018 Terbaik
Ore ga Suki nano wa Imouto dakedo Imouto ja Nai

Jumlah Episode: 10
Rating MAL: 5.57
Genre: Comedy, Romance
Sinopsis:
Bercerita tentang sepasang saudara bernama Yuu Nagami dan Suzuka Nagami. Yuu merupakan seorang siswa SMA tahun ketiga biasa yang terobsesi untuk menjadi seorang penulis light novel, sedangkan Suzuka merupakan siswi SMP tahun ketiga yang dikenal sebagai murid tercantik, pintar, dan juga seorang ketua OSIS.

Sang kakak, yaitu Yuu telah diketahui mengikuti banyak kontes light novel namun selalu gagal dalam babak penyisihan. Pada suatu hari, Yuu terkejut pada adiknya yang menulis sebuah light novel ero bertema tentang kasih sayang adik perempuan kepada kakak laki-lakinya, telah memenangkan sebuah hadiah utama dalam kontes light novel.

Yang lebih mengejukan lagi Suzuka tidak mengerti apapun tentang hal yang berkaitan dengan light novel. Untuk itu Suzuka meminta kakaknya untuk menggantikan dirinya sebagai penulis light novel dengan nama pena bernama Towano Chikai.

Review:
Anime Romance 2018 Terbaik ini bertema tentang imouto yang konsepnya hampir mirip dengan anime yang rilis pada tahun sebelumnya yaitu Eromanga-Sensei dimana tokoh utama adalah orang yang ingin menjadi penulis light novel, setelah itu sang adik juga memiliki kemampuan tersebut namun lebih baik.

Cerita comedy biasa tapi menghibur, namun seri ini memiliki sedikit masalah tentang animasinya, karena sepanjang episode gerakannya sedikit patah-patah serta wajah karakter yang terlihat buruk.

19. Yuragi-sou no Yuuna-san

Yuragi-sou no Yuuna-san - Anime Romance 2018 Terbaik
Yuragi-sou no Yuuna-san

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.21
Genre: Harem, Comedy, Supernatural, Romance, Ecchi, Shounen
Sinopsis:
Diberkahi sebuah kemampuan supernatural untuk melihat hantu, hidup seorang remaja bernama Kogarashi Fuyuzora selalu bermasalah. Namun sekarang hal tersebut bukan masalah karena ia sudah mampu belajar cara melawan para roh jahat.

Hal yang ia inginkan saat ini adalah menjalani hidup normal, memiliki tempat tinggal, dan bisa bersekolah layaknya remaja normal. Sayangnya keinginan tersebut sulit untuk diwujudkan karena keadaan Kogarashi yang sangat miskin dan menjadi seorang tunawisma. 

Pada suatu hari saat Kogarashi ingin mencari tempat tinggal dengan harga murah, ia mendapatkan sebuah rumah kost “Yuragi Manor” yang dulunya merupakan tempat penginapan pemandian air panas yang sangat populer. Namun kepopuleran tersebut meredup setelah tempat itu dihantui oleh roh seorang siswi yang mayatnya ditemukan disana.

Tanpa mempermasalahkan hal tersebut, akhirnya Kogarashi memiliih tempat kost tersebut sebagai tempat tinggalnya. Tak lama ia tinggal disana, Kogarashi segera melihat hantu yang berkeliaran dan hantu tersebut ternyata adalah roh gadis 16 tahun bernama Yuuna Yunohana yang sangat cantik dan imut. Bukannya takut, Kogarashi justru ingin membantu Yuuna untuk mengatasi masalah yang ia alami.

Review:
Bagi kamu pecinta romance dengan tambahan ecchi di dalamnya, Yuragi-sou no Yuuna-san adalah Rekomendasi Anime Romance 2018 Terbaik buat kamu karena di sepanjang cerita, kamu akan disuguhkan dengan banyak adegan ecchi.

Walaupun memiliki banyak ecchi, jalan cerita dari seri ini lumayan bagus, serta terdapat comedy yang dapat menutupi kekurangan yang dimiliki seri ini sehingga seri ini sangat layak untuk masuk Rekomendasi Daftar Anime Romance 2018 Terbaik.


20. Devils Line

Devils Line - Anime Romance 2018 Terbaik
Devils Line

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 6.85
Genre: Action, Drama, Romance, Seinen, Supernatural, Vampire
Sinopsis:
Di dunia ini, umat manusia tidak sadar bahwa terdapat keberadaan para vampir di dunia mereka. Namun mereka tidak bisa mengetahui para vampire tersebut karena vampir memiliki wujud yang serupa dengan manusia.

Dari luar wujud mereka memang terlihat seperti manusia biasa, namun saat mereka melihat darah, para vampir bisa saja mengamuk dan berubah menjadi sosok monster mengerikan. Yuuki Anzai, seorang setengah vampir yang ditugaskan sebagai bayangan dibawah pengawasan oleh pihak kepolisian untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan vampir jahat yang mengancam.

Pada suatu hari ia telah menyelamatkan seorang mahasiswi bernama Tsukasa Taira yang hampir saja menjadi mangsa seorang vampir. Setelah kejadian tersebut, Anzai terus berusaha untuk melindungi Tsukasa, namun keduanya segera saling terikat dan membentuk sebuah hubungan.

Namun hubungan tersebut merupakan hal sulit bagi Anzai karena ia terkadang harus menahan nafsunya untuk memangsa darah Tsukasa. Selain Anzai harus mengendalikan haus darahnya, ia juga harus menghadapi berbagai ancaman lain.

Review:
Anime Romance 2018 yang satu ini memiliki genre action, dimana banyak adegan pertarungan nyata dengan gerakan lincah dan halus tanpa adanya unsur superpower maupun supernatural. Selain itu tokoh utama disini adalah seorang pria dewasa yang merupakan seorang setengah vampir dan bertugas sebagai polisi.

Alur ceritanya sungguh menarik, suasananya yang terkesan gelap membuat kamu sedikit mengingatkan dengan anime tokyo ghoul dimana terdapat ras lain yang ikut bergabung dalam kehidupan manusia. Untuk segi romance, seri ini sangat bagus, banyak momen-momen manis diantara kedua tokoh utama yang membuat penonton terhibur walaupun ceritanya gelap.

21. Nil Admirari no Tenbin

Nil Admirari no Tenbin - Anime Romance 2018 Terbaik
Nil Admirari no Tenbin

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 6.56
Genre: Fantasy, Historical, Josei, Romance
Sinopsis:
Cerita sejarah alternatif dimana Zaman Taishou tidak berakhir dalam 15 tahun melainkan 25 tahun, yang berarti zaman tersebut berakhir pada tahun 1936. Demi menyelamatkan keluarga dari keruntuhan, sang putri bangsawan bernama Kuze Tsugumi harus merelakan dirinya untuk dinikahkan dengan pria yang sama sekali tidak ia kenali.

Namun sebelum hari pernikahan, sebuah peristiwa tak terduga terjadi dialami oleh Tsugumi dimana adiknya yang bernama Hitaki telah meninggal karena bunuh diri. Alasan Hitaki bunuh diri belum jelas, namun saat meninggal, ia terlihat sedang memegang sebuah buku tua. Telah diketahui bahwa buku merupakan buku “Maremono”, sebuah buku tidak biasa yang dapat memberi pengaruh besar kepada pembacanya. Akibat setelah Tsugumi membacanya, ia memiliki sebuah kekuatan besar “Aura”, yaitu sebuah cahaya emosi yang tidak bisa dilihat oleh orang biasa.

Review:
Anime Romance 2018 Terbaik yang rilis pada musim Spring dengan tema historical harem yang sangat unik dan menarik untuk ditonton. Animasi yang diberikan bagus, pewarnaannya hampir mirip dengan anime Code Realize (mengetahui keduanya sama-sama anime adaptasi dari game Idea Factory). Alur cerita dengan beberapa plot twist serta romance adanya unsur harem namun sayangnya beberapa karakter mudah ditebak dan hal tersebut membuat score anime ini rendah.

22. Conception

Conception - Anime Romance 2018 Terbaik
Conception

Jumlah Episode: -
Rating MAL: 4.93
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Harem, Magic, Romance
Sinopsis:
Seorang remaja bernama Itsuki Yuge terkejut pada waktu kelulusan SMA nya bahwa sepupu sekaligus teman masa kecilnya yang bernama Mahiru Konatsuki mengatakan bahwa ia sedang hamil. Setelah pernyataan tersebut, tiba-tiba sebuah gerbang misterius terbuka dan membuat mereka terlempar ke dunia yang disebut Granvania. 

Telah diketahui bahwa Dunia Granvania telah dilanda kekacauan yang disebabkan oleh para makhluk jahat. Sedangkan untuk melawan para makhluk jahat tersebut dibutuhkan orang-orang yang disebut “Anak Bintang”. 

Untuk melahirkan anak bintang dibutuhkan seseorang yang tidakdrikan untuk menjadi ayah dari para “Gadis Bintang”. Itsuki adalah orang yang ditakdirkan tersebut dan kini ia harus menjalankan tugasnya untuk melahirkan Anak Bintang supaya ia bisa kembali ke tempat asalnya.

Review:
Anime adaptasi dari game bergenre harem, seri ini mungkin kurang cocok untuk kamu yang mengutamakan cerita berkualitas, namun jika kamu suka tema harem, romance dengan tema fanservice dan konsep isekai mungkin ini sangat cocok untuk kamu.

Sesuai dengan judul, tujuan utama dari Anime Romance 2018 ini adalah sang tokoh utama harus membuat anak dari para Gadis Bintang yang satu persatu akan dipertemukan dengan sang tokoh utama.

23. Dame x Prince Anime Caravan

Dame x Prince Anime Caravan - Anime Romance 2018 Terbaik
Dame x Prince Anime Caravan

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 6.63
Genre: Adventure, Comedy, Romance
Sinopsis:
Cerita berkisar di tiga Kerajaan yang terdiri dari: Inaco, kerajaan yang dikenal sebagai kerajaan kecil; Milidonia, Kerajaan yang dikenal dengan militernya yang kuat; dan Selenfaren, Kerajaan yang dikenal dengan sistem pemerintahan teokrasinya yang kuat.

Ketiga kerajaan tersebut awalnya memiliki hubungan baik tanpa memiliki masalah apapun. Namun pada suatu hari, terdapat kabar bahwa Kerajaan Milidonia akan menginvasi kerajaan Inaco yang kecil tesebut.

Keadaan semakin memburuk, ketika sang raja meninggalkan Inaco sehingga kerajaan tersebut tidak memiliki perlindungan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Ani Inako, sang putri dari kerajaan Inako akhirnya diminta untuk menghadiri sebuah upacara penandatangan yang akan membawa perdamaian ketiga kerajaan yang akan diadakan di Selenfalen.

Setelah Ani tiba di Selenfalen, segera ia mendapatkan berbagai kendala dan salah satunya pertemuan dengan para pangeran dari dua kerajaan yang sangat eksentrik.

Review:
Anime Romance bertema fantasy yang sangat keren dan unik untuk ditonton. Selain tema kerajaannya bagus, grafisnya juga dibuat dengan baik, penuh warna, dan sangat indah. Karakternya juga menarik terutama untuk sang pangeran dengan masing-masing sifat kekonyolan mereka yang membuatmu terhibur serta tokoh utama perempuan yang dijamin kamu akan suka dengannya.

Alasan yang kuat mengapa seri ini layak masuk ke dalam list Anime Romance 2018 Terbaik adalah dimana banyak adegan-adegan romantis antara sang putri dan pangeran yang sangat manis dan menghibur untuk ditonton.

24. Asagao to Kase-san.

Asagao to Kase-san. - Anime Romance 2018 Terbaik
Asagao to Kase-san.

Jumlah Episode: 1 (OVA)
Rating MAL: 8.00
Genre: Romance, School, Shoujo Ai
Sinopsis:
Yui Yamada, seorang gadis yang suka merawat lingkungan di sekolahnya agar tetap terjaga dan indah. Tidak ada hal lain yang biasa dilakukan Yamada karena sifat pemalu yang ia miliki. Namun pada suatu hari, ia bertemu sebuah keindahan yang berbeda dari biasannya.

Yamada segera tertarik dengan seorang perempuan atletis, energik, dan memiliki sifat kekanak-kanakan bernama Kase Tomoka. Mereka akhirnya mulai menjalani hubungan dekat. Walaupun mereka memiliki banyak perbedaan, kedetakan mereka berubah menjadi sebuah hubungan romansa.

Dalam perbedaan ini, apakah mereka bisa mempertahankan hubungan mereka dengan berbagai tantangan yang harus dilalui?

Review:
Ini bukanlah anime romance biasa, melainkan romance bertema yuri. Namun jalan cerita yang diberikan membuat seri ini layak untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Romance 2018 Terbaik karena walaupun ini yuri, ceritanya sangat manis, dan Rekomendasi ini mungkin cocok untuk kamu yang menyukai anime bergenre Yuri.

25. Akkun to Kanojo

Akkun to Kanojo - Anime Romance 2018 Terbaik
Akkun to Kanojo

Jumlah Episode: 25
Rating MAL: 6.87
Genre: Comedy, Josei, Romance, School
Sinopsis:
Mengisahkan tentang pasangan teman masa kecil yang telah memasuki hubungan sepasang kekasih. Atsuhiro Kagari, atau kerap disapa Akkun, merupakan seorang remaja yang suka memperlakukan kasar kepada pacarnya yang bernama Non Katagiri atau biasa dipanggil Nontan. 

Tidak hanya diperlakukan kasar, Akkun juga sering bersikap dingin dan terlihat seperti tidak peduli dengannya. Namun di dalam diri Akkun, ia sebenarnya merupakan seorang tsundere akut yang sebenarnya sangat peduli dan tergila-gila dengannya, serta mengalami kesulitan untuk menyampaikan perasaan yang sebenarnya.

Walaupun Nontan tidak mengetahui hal tersebut, Nontan tetap menerima Akkun bahkan sikap tsunderenya membuat Nontan justru menganggapnya lucu.

Review:
Anime yang berjalan hanya 3 menit namun ceritanya sangat memuaskan. Sebuah anime romance dengan karakter perempuan tsundere mungkin sudah biasa, namun untuk Akkun to Kanojo, karakter yang memiliki sifat tsundere justru tokoh utama laki-laki.

Selain alur cerita yang menarik, komedinya juga lucu dan imut sehingga seri ini pantas untuk direkomendasi sebagai Anime Romance 2018 Terbaik.
Previous
Next Post »