Review dan Sinopsis Genshiken

Review dan Sinopsis Genshiken
Genshiken

 Sinopsis Genshiken

Cerita berpusat pada Sasahara Kenji, Seorang mahasiswa introvert yang memiliki sifat pemalu dan tidak memiliki kepercayan diri memutuskan untuk masuk ke dalam klub Masyarakat Studi Visual Budaya Modern atau bisa dikatakan sebagai "Genshiken" dengan harapan agar ia dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan penuh rasa percaya diri.

Akan tetapi kebanggaannya seketika dihancurkan oleh seorang pria otaku bernama Harunobu Madarame yang menjelek-jelekannya. Setelah celaan tersebut, Kenji kembali tidak percaya diri dan segera meninggalkan klub tersebut.

Namun, saat dirinya bertemu dengan laki-laki tampan bernama Makoto Kousaka yang juga seorang Otaku sekaligus anggota Genshiken, Kenji akhirnya kembali masuk ke dalam Genshiken dan akhirnya menjadi anggota.

Kini ia terlibat dalam beberapa kegiatan klub yang berhubungan dengan anime atau manga seperti menghadiri Doujinshi, mengikuti festival otaku, dan lain-lain. Kini dengan kehidupan barunya, Kenji mulai bisa menikmati hidupnya sebagai Otaku dan bertemu dengan teman-teman otaku unik lainnya.

Informasi Genshiken

Japanese 夜げんしけん
Type TV
Jumlah Episode 12
Sumber Manga
Produser Genco, Lantis, Kids Station, Toshiba Entertainment
Genre Slice of Life, Comedy, Parody
Studio Palm Studio
Ditayangkan 7 Januari 2008 – 1 April 2008
Durasi 25 Menit per episode

Genshiken (げんしけん) merupakan sebuah serial manga Seinen karya Shimoku Kio yang menceritakan tentang gaya hidup seorang Otaku di dalam klub Genshiken yang memiliki kepanjangan “Gendai Shikaku Bunka Kenkyuukai” atau Masyarakat Studi Visual Budaya Modern.

Seri Manga ini mulai dipublikasi pada tanggal 25 April 2002 oleh manga bulanan Kodansha “Afternoon”. Setelah itu sebuah adaptasi anime di buat dan diproduksi oleh Palm Studio dengan jumlah 12 episode dan ditayangkan pada tanggal 10 Oktober 2004.

Pada 22 Desember 2006, seri ini mendapatkan OVA sebanyak 3 episode yang diproduksi oleh Studio Ajia-Do setelah itu pada 10 Oktober 2007, seri ini mendapatkan sequel dengan judul Genshiken 2 yang dibuat oleh Studio Arms dan selanjutnya pada 7 Juli 2013, seri ini sekali lagi mendapatkan sequel dengan judul Genshiken Nidaime yang dibuat oleh Studio Production I.G.

Karakter Genshiken


Kenji Sasahara [Takanori Ooyama, Tatsuya Kobashi]

Kenji adalah karakter utama yang diperkenalkan dalam Genshiken pertama. Ia adalah seorang otaku introvert yang hanya menyukai anime dan manga namun menyangkal bahwa ia adalah otaku.

Pada awal menjalani sebagai mahasiswa tahun pertama di Universitas Shiiou dan masuk ke dalam Genshiken, Kenji masih memiliki sifat pemalu, tidak percaya dengan dirinya sendiri, dan hanya ingin masuk ke dalam klub yang berkaitan dengan hal yang ia sukai.

Penampilan Kenji terbilang sederhana, tidak ada penampilan mencolok yang ada dalam dirinya. Kenji segera dijadikan sebagai ketua klub ketiga oleh Madarame dan setelah itu ia mulai terbuka dan menerima dirinya sebagai otaku lalu menjadi Sosok karakter yang berkepala dingin. 


Harunobu Madarame [Nobuyuki Hiyama, Kazuyuki Okitsu]

Ketua Genshiken kedua yang merupakan otaku paling keras dari anggota lainnya. Ia digambarkan sebagai pria tinggi rata-rata, tubuh kurus, menggunakan kacamata berukuran besar, dan sering berpenampilan dengan pakaian sederhana.

Ketika membeli doujinshi, Madarame sering membelinya tanpa memandang harga dan hal tersebut terkadang membuat dirinya menghabiskan banyak dana. Madarame sangat menyukai Gundam dan untuk menuruti hobinya tersebut, Madarame tidak segan-segan menghabiskan pengeluaran yang tidak sedikit.

Namun Madarame tidak menyesal dengan apa yang ia beli dan justru sebaliknya, ia sangat bangga dengan apa yang telah ia beli dan dirinya sebagai seorang otaku. Walaupun ia terlihat menakjubkan dalam hal otaku, namun ketika terlibat dalam masalah, Madarame sangat pengecut dengan memilih untuk lari dalam masalah daripada mengatasinya.


Saki Kasukabe [Satsuki Yukino, Rina Satou]

Satu-satunya mahasiswi anggota Genshiken yang bukan otaku dari semua anggota. Awalnya ia hanya mengikuti pacarnya, yaitu Makoto yang merupakan seorang otaku untuk pergi ke Genshiken namun pada akhirnya ia dipaksa oleh ketua klub pertama untuk bergabung dan menjadi anggota untuk menyelamatakan klub dari pembubaran.

Saki ditampilkan sebagai perempuan yang bergaya modern dan sering berpenampilan menarik. Selain itu terkadang Saki suka merokok dan ia sanga membenci Otaku karena gaya hidup mereka.

Awalnya tujuan Saki tetap bertahan ke klub Genshiken adalah untuk balas dendam dan ingin menghancurkan klub supaya dapat membebaskan pacarnya dari kegiatan otaku, namun kenyataannya tindakan Saki untuk menghancurkan klub justru membuat dirinya menjadi penyelamat Genshiken. 

Saki digambarkan sebagai perempuan yang kasar, percaya diri, dan tidak memiliki ketertarikan terhadap karakter dari suatu anime.


Souchirou Tanaka [Tomokazu Seki, Takayuki Kondou]

Mahasiswa senior yang netral terhadap para anggota Genshiken. Tanaka adalah seorang cosplayer garis keras yang sangat ahli dalam membuat desain kostum, perancang gunpla, dan seorang veteran model plastik. Tanaka memilki penampilan sebagai pria bertubuh sedang, memiliki rambut coklat panjang yang diikat ponytail dan sering menunjukkan wajah santai.

Pada saat marah ekspresinya bisa berubah dengan cepat. Tanaka memiliki ketertarikan dengan Kanako Oono dan mereka mulai menjalin dalam suatu hubungan. Tanaka adalah pria yang memiliki sifat ramah, berkepala dingin, dan mudah diajak bergaul.

Dalam merancang desain atau merancang kostum, ia sangat teliti untuk memberikan sebuah kostum yang berkualitas bagus. Tanaka tidak takut untuk mengajarkan kepada siapa saja yang tertarik dengan desain atau gambar model karena banyaknya pengalaman yang ia dapatkan dalam bidang tersebut.

Namun dalam pemodelan figure, Tanaka sama sekali tidak berpengalaman namun ia tetap berusaha untuk mempelajari dan menguasainya.


Makoto Kousaka [Mitsuki Saiga, Momoko Ohara]

Anggota Utama Genshiken berwajah tampan dan juga seorang otaku garis yang memiliki pacar yaitu Saki Kasukabe, wanita yang dulunya merupakan teman masa kecil. Makoto memiliki rambut pirang pendek, memiliki wajah imut seperti perempuan, dan berpenampilan yang membuat para gadis tertarik dengannya.

Sebagai seorang otaku, ia sangat senang dan terbuka dengan hobinya tersebut. Makoto dikenal sebagai pria yang terbuka, sabar, dan jarang memperlihatkan kemarahannya. Keahliannya adalah memainkan game fighting, puzzle serta game eroge yang bisa ia kuasai dalam tingkat paling sulit.

Dalam acara Comfest, ia selalu hadir untuk ikut turnamen video game dan menjadi tak terkalahkan. Walaupun ia sangat mencintai Saki, namun Makoto tetap mengutamakan hobinya sebagai otaku terlebih dahulu.


Mitsunori Kugayama [Kenji Nomura, Hiroki Yasumoto]

Merupakan anggota Genshiken yang memiliki tubuh gemuk dan penampilan biasa-biasa saja. Sebelumnya hadirnya Chika Ogiue , Mitsunori adalah satu-satunya artist dari anggota genshiken yang sebenarnya sangat berbakat dalam menggambar. Sayangnya bakatnya tersebut tidak ia maksimalkan dengan baik karena kurangnya motivasi dari dirinya dalam membuat sebuah doujinshi.


Kanako Ohno [Ayako Kawasumi, Yukana]

Anggota perempuan pertama sekaligus ketua keempat dari klub Genshiken yang memiliki fetish yaoi pria berotot setengah baya. Ia dibesarkan di Amerika Serikat sejak dirinya memasuki kelas tiga hingga ia lulus SMA.

Setelah lulus, ia pergi ke Jepang dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Shiiou dan menjadi anggota Genshiken pada musim gugur. Ohno memiliki sikap yang lembut, sering berbicara dengan pelan, dan mudah merasa malu.

Alasan Ohno bergabung ke dalam Genshiken adalah karena tempat tersebut adalah satu-satunya yang bisa menerima fethisnya yang disebut “oyajicon” dan hal tersebut membuat dirinya berpacaran dengan Souichirou Tanaka.


Chika Ogiue [Kaori Mizuhashi, Nozomi Yamamoto]

Seorang Fujoshi yang membenci dan merasa malu dengan dirinya sendiri karena hobinya sebagai otaku. Rasa sukanya terhadap yaoi diketahui berasal dari beberapa seri shounen yang ia sukai. Ia mulai tampil pada Seri “Genshiken 2” dan menjadi anggota Genshiken Sebagai seorang artist gambar tingkat amatir setelah Mitsunori.

Ogiue berasal dari wilayah Tohuku Jepang yang pindah ke Tokyo dengan menyembunyikan aksen Tohuku nya . Walaupun awalnya Ogiue tidak menerima dirinya bahwa ia seorang otaku, namun semakin berjalannya waktu akhirnya ia menerima hobinya tersebut.

Ogiue memiliki penglihatan buruk sehingga untuk membantu penglihatannya ia memerlukan sebuah lensa kontak atau kacamata. Setelah menjadi anggota klub, Ogiue segera ditunjuk sebagai ketua klub kelima Genshiken.


Susanna Hopkins [Yuuko Gotou, Oozora Naomi]

Susanna atau biasa dipanggil “Sue” merupakan teman Amerika dari Kanako Ohno yang datang bersama dengan teman amerikanya bernama Angela untuk menghadiri acara ComiFest. Ia memiliki ciri-ciri bertubuh mungil, berambut pirang, dan mata berwarna biru muda.

Susanna adalah perempuan yang kurang ramah dan kasar, kedatangannya ke Genshiken membuat para anggota klub terkejut dengan perkataanya lewat sebuah kutipan dalam anime dan manga yang menjadi komunikasi utamanya.

Sama seperti Ohno, Susanna memiliki ketertarikan sebagai seorang fujoshi. Selain tertarik dalam dunia otaku, Susanna diperlihatkan bahwa ia juga suka dengan berbagai budaya Jepang lainnya. Dalam seri “Genshiken Nidaime”, Susanna pindah ke Jepang, menghadiri Universitas Shiiou sebagai mahasiswi tahun pertama dan secara resmi menjadi anggota Genshiken generasi kedua.

Saat menjadi anggota, ia sangat dekat dengan Ogiue bahkan dipekerjakan olehnya sebagai asisten untuk manga resminya. Selain itu ia masih suka memberikan banyak kata-kata melalui kutipan anime atau manga.


Hato Kenjirou [Kazutomi Yamamoto, Ai Kakuma]

Merupakan siswa tahun pertama dari Universitas Shiiou dan mulai menjadi Anggota Genshiken pada seri “Genshiken Nidaime” sebagai satu-satunya anggota laki-laki yang baru. Kenjiro adalah laki-laki yang memiliki wajah mirip perempuan serta seorang fudanshi.

Karena dirinya fudanshi yang terkesan aneh sebagai laki-laki mungkin akan memberikan masalah untuknya dan Kenjirou memutuskan untuk merubah penampilannya menjadi seorang perempuan. Perannya sebagai perempuan sangat bagus dan membuat orang-orang disekitarnya tidak mengetahui bahwa Kenjirou sebenarnya laki-laki.

Ketika ia berbicara, penggunaan nada perempuannya sangat sempurna, selain itu penampilan wanitanya membuat dirinya terlihat cantik dan menarik. Sebagai seorang laki-laki, Kenjirou memiliki rambut pendek berwarna coklat gelap, kulit halus dan sempurna karena ia sangat rajin merawat kulitnya.

Kenjirou memiliki sifat yang ramah, santun, santai, tenang ketika berbicara namun sering kebingungan ketika ia masuk ke dalam situasi yang memalukan. Ketika ia menghadiri kelas, Kenjirou menjadi laki-laki sedangkan ia hanya menjadi perempuan saat masuk ke dalam klub Genshiken.


Mirei Yajima [Yumi Uchiyama]

Salah satu Anggota baru yang juga diperkenalkan dalam seri “Genshiken Nidaime” yang memiliki penampilan seperti laki-laki tanpa memperhatikan tingkat feminimnya.

Sekilas ia memang tampak seperti laki-laki namun sebenarnya Yajima adalah perempuan yang bertubuh gemuk, memiliki rambut hitam sebahu, dan mengenakan kacamata. Yajima tertarik dengan Genshiken setelah ia melihat poster yang digambar oleh Ogiue.

Sama seperti anggota perempuan kebanyakan, ia juga seorang fujoshi namun tidak terlalu mencolok seperti yang lainnya. Yajima memiliki sifat yang agak pemalu namun sering memasang wajah seringai yang membuat orang lain tidak bisa menebak apa yang ada di pikirannya. Selain itu ia juga sangat menghormati perasaan orang lain serta suka menegur jika seseorang melakukan kesalahan.


Rika Yoshitake [Sumire Uesaka]

Seorang mahasiswi tahun pertama yang bergabung ke dalam Genshiken sebagai salah satu dari empat anggota baru dalam seri “Genshiken Nidaime”. Rika memiliki penampilan rambut panjang berwarna hitam yang diikat dengan gaya ponytail, mengenakan kacamata berwarna merah, memiliki tinggi rata-rata, dan ramping.

 Rika memiliki sifat yang terbuka, ceria, rasa ingin tahu yang tinggi, serta tidak merasa malu mengungakp dirinya bahwa ia adalah seorang fujoshi. Selain itu Rika juga terkadang usil kepada para anggota Genshiken dan tidak asing dengan yang namanya gosip. Ketika ia berlebihan dengan keusilannya, Yajima menegurnya untuk tidak melakukan perbuatan jahat tersebut.

Review Genshiken


Setelah kamu baca sinopsis genshiken, detail informasi, dan karakter, sekarang waktunya untuk memberikan Review tentang anime yang satu ini. Seperti yang sudah ditulis diatas bahwa Genshiken adalah anime yang menceritakan tentang gaya hidup seorang otaku, yang berarti di sepanjang cerita kamu akan disuguhkan bagaimana kehidupan, keseharian, kegiatan apa saja yang dilakukan sebagai seorang otaku.

Jika kamu seorang otaku namun belum menemukan kegiatan yang menyenangkan, ini adalah tontonan yang wajib untuk kamu dan mungkin di dalam ceritanya terdapat hal yang bisa kamu tiru sebagai orang yang menyukai anime manga dan sebagainya.

Anime ini memiliki cerita tentang keseharian otaku yang disajikan secara menghibur dengan para karakter yang memiliki sifat unik, memiliki masing-masing lelucon, dan tingkah yang lucu dan membuatmu tertarik dengan mereka.

Selain comedy terdapat banyak adegan-adegan parody yang dilakukan para karakter melalui sebuah percakapan dengan menyindir suatu anime populer , terdapat penampakan sebuah kostum atau gambar, atau memerankan salah satu tokoh pada anime tersebut. Terkadang dalam beberapa episode terdapat selipan unsur drama dan romance didalmnya yang memberikan sebuah cerita tak terduga.

Sepanjang cerita berjalan, karakter baru akan muncul, bahkan akan menggantikan karakter utama sebelumnya. Dalam seri Genshiken Nidaime, terdapat beberapa tokoh utama yang diganti oleh anggota dari generasi baru untuk mencegah rasa bosan dengan peran yang dimainkan oleh karakter yang itu-itu saja. Ini adalah Rekomendasi yang sangat cocok bagi kamu pecinta anime comedy, slice of life, dengan selipan adegan parody yang menghibur.
Previous
Next Post »