Review dan Sinopsis Kyoukaisenjou no Horizon

Sinopsis Kyoukaisenjou no Horizon
Sinopsis Kyoukaisenjou no Horizon


Sinopsis Kyoukaisenjou no Horizon


Pada abad ke-20, ditemukan sebuah dunia pararel yang bisa dihuni untuk manusia. Kini para manusia meninggalkan Bumi yang sudah tandus dan hidup diantara bintang-bintang di angkasa. Namun segera, sebuah peristiwa tak terduga terjadi dan menyebabkan sebagian manusia tidak bisa melakukan perjalanan di luar angkasa dan akhirnya mereka kembali ke Bumi.

Bumi yang sekarang menjadi tempat layak huni namun hanya untuk daerah Shinsuu, Jepang. Karena Shinshuu terlalu kecil untuk dihuni umat manusia, mereka menggandakan area dengan membuat dimensi di setiap wilayah Jepang untuk menampung penduduk yang kembali.

Setelah itu, umat manusia kembali melakukan pembentukan kembali sejarah menurut Perjanjian Kitab Suci. Reproduksi berjalan dengan lancar hingga pada Tahun 1413 Era Perjanjian, negara dari wilayah dimensi tiba-tiba menyerang Jepang dan mengusir penduduk asli Jepang . Memasuki Tahun 1648 Era Perjanjian, dimana penduduk Jepang kini tinggal di Kota terapung Musashi sambil diawasi oleh pihak wilayah dimensi dari dunia atas.

Sebuah rumor tentang kehancuran mulai menyebar ke seluruh dunia dan memicu sebuah keresahan. Hal tersebut merupakan kesempatan bagi murid dari Akademi Musashi untuk mengambil kembali tanah air mereka.

Informasi Kyoukaisenjou no Horizon


Japanese 境界線上のホライゾン
Type TV
Jumlah Episode 12
Sumber Light Novel
Produser Bandai Visual, Lantis, ASCII Media Works, Sony PCL
Genre Action, Sci-Fi, Fantasy
Studio Sunrise
Ditayangkan 2 Oktober 2011 – 25 Desember 2011
Durasi 24 Menit per episode

Kyoukaisenjou no Horizon (境界線上のホライゾン) merupakan sebuah Light Novel Jepang karya Minoru Kawakami sebagai penulis dan Satoyashu sebagai Ilustrator. Novel ini mulai dipublikasikan pada tanggal 10 September 2008.

Setelah itu untuk versi manga juga dan dibuat oleh Hideo Takanaka lalu dipublikasikan pada tanggal 27 Agustus 2011. Adaptasi Anime mulai dibuat, diproduksi oleh Studio Sunrise dengan mendapatkan 13 episode yang mulai ditayangkan pada tanggal 2 Oktober 2011 dan berakhir pada tanggal 25 Desember 2011. Setelah itu, seri ini kembali tayang dengan mendapatkan season dua yang mulai ditayangkan tanggal 8 Juli 2012.

Karakter Kyoukaisenjou no Horizon


Toori Aoi [Jun Fukuyama]

Karakter Utama dalam cerita yang merupakan Pemimpin Pasukan Federasi Tinggi Akademi Musashi Ariadust sekaligus seorang ketua OSIS. Walaupun statusnya sebagai pemimpin, Toori tampak memiliki kemampuan yang rata-rata dan dikenal publik sebagai pemimpin yang kurang meyakinkan, tidak berkompeten, tidak terlalu atletis.

Toori memiliki penampilan rambut pendek dan mata berwarna coklat, mengenakan anting-anting , dan tubuh ramping. Ia memiliki sifat yang konyol, sering memberikan lelucon kotor, cabul, sering bertelanjang, dan sering melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan sikap layaknya seorang pemimpin.

Namun Toori bisa saja menjadi sosok yang serius ketika saat dirinya maupun teman-temannya memasuki situasi sulit, selain itu ia juga memiliki keinginan yang besar yaitu menciptakan dunia dimana mimpi semua orang akan menjadi kenyataan. 

Walaupun Toori sering menunjukkan kekonyolannya, ia sangat dihormati olah semua orang yang berada di Musashi. Toori tidak memiliki kemampuan untuk bertempur tempur, dalam medang pertempuran, Toori lebih mengandalkan kecerdasannya yang membuat dia dapat mengecoh lawannya dengan tingahnya dan membuat mereka menganggap Toori seperti pria tak berguna dan bodoh.


Horizon Ariadust/P-01s [Minori Chihara]

Tokoh Utama perempaun dalam cerita yang merupakan seorang Android perempuan yang bekerja di Toko Roti Blue Thunder dan populer di kalangan para murid dari Musashi. Ia memiliki penampilan seperti teman masa kecil Toori, yaitu Horizon Ariadust yang telah meninggal 10 tahun yang lalu.

Ia memiliki rambut perak panjang, bermata biru, dan penampilan seperti Horizon namun dengan tubuh yang terbuat dari bahan mekanik. Sebagai Android, P-01s tidak memiliki emosi dan sering menampilkan ekspresi wajah datar. Selain itu, ia memiliki pemikiran logis, memiliki sifat baik dan suka melakukan hal yang ia inginkan.

Ia juga terkadang menunjukkan sikap peduli kepada Toori dan melakukan hal yang harus ia lakukan saat Toori menunjukkan kejenakannya dengan memberikan tindakan kasar seperti memukulnya.

Masazumi Honda [Miyuski Sawashiro]

Wakil Ketua OSIS Akademi Musashi Ariadust yang memiliki cita-cita tinggi untuk menjadi seorang politisi. Masazumi ditampilkan sebagai gadis dengan mata berwarna coklat, rambut berwarna hitam , dan memiliki dada kecil yang disebabkan karena operasi pengangkatan payudara di masa lalu demi mengubah gendernya menjadi laki-laki namun dihentikan karena Masazumi gagal dipilih untuk mendapatkan nama keluarga.

Karena di masa lalunya, ia tertekan oleh ayahnya, hal tersebut menciptakan kepribadian Musashi menjadi sosok yang serius dan terus menguatamakan kewajibannya daripada keinginan pribadi. Musashi sangat ahli dalam berdebat, namun sering terlihat tidak akur dengan Toori.

Tenzou Crossunite [Daisuke Ono]

Murid Akademi Musashi Ariadust sekaligus agen khusus pertama yang bertanggung jawab atas Intelejen. Tenzou merupakan seorang ninja yang memiliki kemampuan Ninjutsu hebat serta berbakat dalam memata-matai.

Dalam penampilannya, Tenzou selalu menutupi wajahnya dengan topi dan syal merah namun masih memperlihatkan sedikit rambut pirangnya. Ia dikenal sebagai murid yang baik namun terkadang Tenzou menamplkan sifat cabul dimana ia suka menyatakan cintanya kepada wanita berdada besar.

 Sebagai ninja, Tenzou sangat berbakat dalam pertempuran jarak dekat. Senjata yang sering ia gunakan adalah berbagai senjata ninja seperti kunia, pedang pendek, senjata beracun, dan lain-lain. Kecepatannya diketahui mampu melampaui kecepatan para murid Musahsi lainnya sehingga Tenzou dianggap sebagai kelas atas dan hal tersebut juga membuatnya dapat berjalan dalam dinding dan jalur vertikal.

Tomo Asama [Ami Kishimizu]

Selain sebagai Murid Akademi Musashi Ariadust, Tomo merupakan gadis dari keluarga Asama yang menjadi pendeta Kuil Asama Musashi. Ia adalah teman dari Toori dan Kimi serta dikenal dengan julukan “Sniper Maiden” karena kehebatannya dalam kemampuan pertempuran jarak jauh.

Tomo memiliki rambut berwarna ungu panjang yang diikat dengan pita berwarna merah, memiliki dua warna mata yang berbeda, yaitu warna merah di bagian kanannya yang merupakan mata alami sedangkan di bagian kirinya adalah mata konoha yang merupakan mata andalah Tomo untuk membidik target.

Tomo adalah gadis dengan kepribadian lembut dan peduli kepada teman-temannya, namun terkadang ia mudah marah ketika ditunjukkan saat ia diprovokasi, Tomo langsung mengarahkan panah kepada orang yang mengejeknya dengan alasan “Pemurnian”.

Sebagai seorang pendeta, seharusnya Tomo dilarang untuk tidak menyakiti orang lain, namun kenyataannya, Tomo sering terlibat dalam pertempuran dengan membidik target dan membuat dirinya hampir melanggar aturan.

Kimi Aoi [Chiwa Saito]

Kakak perempuan Toori, berada di tingkat kelas yang sama karena mereka lahir di tahun yang sama. Kimi memiliki ciri fisik rambut panjang bergelombang berwarna coklat dengan hiasan kain warna putih, mata berwarna hitam dengan sedikit warna silver, serta memiliki dada besar.

Sama seperti adiknya, Kimi juga sering menunjukkan sikap menyenangkan daripada serius. Selain itu, Kimi sering menjelek-jelekan Toori karena sifat bodohnya walaupun sebenarnya ia sangat peduli dengan adiknya. Kimi juga memiliki lidah tajam dan tidak suka dipanggil dengan nama aslinya karena beberapa alasan tertentu. Kimi merupakan pengikut dewa erotis dan tarian.

Kemampuan yang ia miliki dalam pertempuran hanyalah sebuah tarian sebagai seorang Shirabyoushi dimana kemampuan tersebut ia gunakan untuk menghindar serangan serta untuk menghibur mereka.

Futayo Honda [Yuu Kobayashi]

Futayo merupakan sepupu dari Masazumi Honda, Kepala Pasukan Keamanan Mikawa dan juga merupakan salah satu dari Empat Raja Surgawi Matsudaira. Sepanjang hidupnya, ia dilatih sangat keras oleh ayahnya sehingga menjadi seorang petarung yang sangat terampil namun hal tersebut membuat dirinya kurang tahu tentang dunia luar.

Futayo memilki penampilan seperti wanita muda dengan rambut biru gelap panjang, mata berwarna ungu dengan seragam satu set seperti murid Akademi Musashi Ariadust hanya saja dominan warna biru. Futayo adalah gadis yang sangat sopan dengan memegang kebanggaan nama keluarganya.

Latihan ketat dari ayahnya membuat Futayo kurang bersosialisasi sehingga Futayo memiliki sifat pemalu dimana dirinya merasa canggung saat bersosialisasi serta tidak mengenal istilah-istilah selain terkait dengan pertempuran.

Mengetahui jabatan dan latihan tempur yang ia jalani, membuat Futayo memiliki kemampuan hebat dalam pertempuran jarak mengengah. Senjatanya berupa sebuah tombak, ketika ia menyerang, Futayo sangat cepat, memiliki reflek luar biasa dalam menggunakan tombak.

Nate Mitotsudaira [Marina Inoue]

Penerus klan Mitotsudaira dan juga seorang ksatria Hexagone Francaise serta Murid Akademi Musashi Ariadust. Nate ditampilkan sebagai perempuan dengan rambut panjang berwarna perak keungunan dengan bentuk seperti bor besar di bagian belakang serta bentuk kecil di beberapa bagian depan.

Ia memiliki mata bewarna emas, kulit putih, serta menggunakan aksesoris jepit rambut berbentuk seperti telinga serigala. Nate memiliki sifat pekerja keras, sopan, dan bertanggung jawab. Ia sangat protektif dan tidak membiarkan siapapun kepada orang yang ingin membahayakan wilayah Musashi dan wilayah keluarganya.

Dalam lubuk hatinya, Nate memiliki keinginan untuk melindungi yang lemah serta ia sangat setia kepada tuannya yaitu Toori Aoi. Telah diketahui bahwa Nate memiliki kemampuan untuk berubah menjadi manusia setengah serigala yang membuat dirinya mendapatkan sebuah kekuatan luar biasa.

Dengan kemampuan berubah untuk menjadi setengah serigala serta senjata Argentees Chaines, membuat ia sangat diandalkan dalam bertempur dan mengalahkan banyak pasukan dari jauh.

Review Kyoukaisenjou no Horizon

Ini adalah Anime bertema futuristik dengan cerita yang memiliki dialog agak rumit, sehingga ketika kamu mencoba untuk memahami cerita mungkin akan sedikit bingung. Selain itu pacing untuk seri ini terbilang lambat.

Perlu kamu ketahui, Untuk memberikan prologue dari anime ini saja membutuhkan 5 episode. Namun setelah memulai memasuki konflik serius, cerita pun mulai seru apalagi ketika mulai memasuki Season 2, banyak hal seru yang kalian dapatkan diddalamnya.

Untuk segi karakter, mereka sangat menarik dan disukai terutama sang tokoh utama dari seri ini yang sedikit unik dan membuat penonton terhibur karena ia memiliki tingkah konyol dan bersikap aneh walaupun jabatannya sebagai seroang pemimpin pasukan Akademi Musashi Ariadust.

Karena tingkahnya, ia dianggap sebagai pemimpin tak berkompeten, konyol, dan selalu cerita. Ketika kamu terus mengikuti perkembangan cerita, kamu akan menyadari tentang fakta karakter utama yang akan membuatmu terkejut.

Konsep anime ini memberikan tema dimana anime tokoh utama pura-pura lemah karena walaupun sebenarnya ia bertingkah seperti orang yang tak berguna, sebenarnya karakter utama ini memiliki kecerdasan tinggi dalam menyusun strategi.

Selain tokoh utama, banyak juga karakter-karakter pendukung yang tak kalah menarik, mereka memiliki keunggulan sendiri-sendiri dan peran mereka sangat penting untuk membantu sang tokoh utama dalam menyelesaikan konflik.

Untuk animasi, seri ini diproduksi studio Sunrise, studio yang sudah berpengalaman dalam memproduksi anime bertema futuristik terutama untuk bergenre mecha. Adegan-adegan pertarungan yang terjadi sepanjang episode sangat seru dan akan membuatmu terus ingin menonton episode selanjutnya.
Previous
Next Post »