30 Anime Slice of Life Comedy Terbaik, Cerita Ringan Tapi Lucu

Anime Slice of Life Comedy Terbaik
Anime Slice of Life Comedy Terbaik

Anime Slice of life Comedy, adalah dua genre yang dikombinasikan menjadi sebuah anime tentang keseharian menggunakan lelucon biasa namun menghibur.

Untuk menyajikan anime seperti ini, dibutuhkan kecermatan sanga author dalam membuat lelucon ringan, receh tapi berkualitas karena beberapa anime comedy pernah di cap gagal karena comedynya terlalu absurd, dipaksaaan sehingga penonton tidak mendapatkan humornya.

Walaupun begitu, tapi ada juga yang berhasil dimana walaupun seri tersebut bukan slice of life, dan humornya absurd, kelucuannya sangat terasa. Untuk kali ini Animenoem akan memberikan rekomendasi untuk kamu tentang deretan Daftar Anime Slice of Life Comedy Terbaik.



Daftar Anime Slice Of Life Comedy Terbaik

Anime Slice of Life Comedy memiliki berbagai jenis setting dan ide cerita. Ada yang biasa, ada juga yang menyelipkan sesuatu semacam supernatural atau fantasy supaya terkesan unik. Kalau begitu langsung saja, Berikut ini adalah rekomendasi anime slice of life comedy terbaik yang memiliki cerita tak terlalu berat, bikin adem, tapi juga bisa bikin kamu ngakak di setiap episodenya.

1. Non-Non Biyori

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Non-Non Biyori
Non-Non Biyori

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.01
Genre: Comedy, School, Seinen, Slice of Life
Sinopsis:
Desa Asahigaoka, tidak lebih sekedar desa kecil yang sangat berbeda dengan kota dimana disana hanya ada rumah sederhana tanpa adanya kendaraan dan bangunan pabrik. Namun disana memiliki udara yang sangat segar dan bersih karena tidak ada populasi yang berasal dari kendaraan maupun pabrik.

Hidup di desa tersebut mungkin terasa membosankan karena tidak ada hal menarik seperti video game atau yang semacamnya. Namun penduduk desa sana memiliki kegiatan sendiri untuk menghibur diri mereka.

Ichijou Hotaru, adalah anak perempuan yang masih menginjak bangku sekolah kelas 5 SD. Telah diketahui bahwa Hotaru berasal dari Tokyo yang dipindahkan ke Desa Asahigaoka sehingga untuk melanjutkan pendidikannya, Hotaru menghadiri Sekolah Asahigaoka, Sekolah yang menggabungkan semua tingkat menjadi satu karena disana hanya terdapat 4 murid.

4 Murid tersebut terdiri dari: Miyauchi Renge, murid paling muda dengan memiliki kecerdasan murni, rasa ingin tahu yang tinggi, serta memiliki ciri khas dengan mengatakan “Nyanpasu”; dan 3 Koshigaya bersaudara yang terdiri dari: Komari, murid kelas 8 bertubuh kecil; Natsumi, murid kelas 7 yang nakal; dan Suguru, laki-laki anak tertua dari tiga bersaudara yang telah menginjak bangku kelas 9

Walauupun terlihat membosankan, namun keseharian dari anak-anak tersebut selalu diisi dengan hal-hal yang berwarna dan sangat menggembirakan.

Review:
Anime Slice of Life Comedy Terbaik pertama jatuh kepada Non-Non Biyori. Alasannya adalah seri ini memiliki cerita ringan yang sangat luar biasa dan mudah dipahami. Tidak hanya itu, visual yang diberikan seri ini sangat mendukung, menghangatkan hati, dan enak dipandang.

Latarnya juga berdasarkan dari Lokasi Jepang sungguhan yang dibuat lebih baik serta karakternya yang menarik dan imut-imut sehingga membuatmu tertarik dengan mereka. Maka dari itu Non-Non Biyori layak untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Slice of Life Terbaik.

2. Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge
Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.02
Genre: Slice of Life, Comedy, School
Sinopsis:
Mengisahkan tentang Tanaka, seorang remaja laki-laki berubuh kurus yang memiliki sifat pemalas dan tidak ingin bergerak walaupun untuk melakukan kegiatan sehari-hari nya termasuk berjalan.

Ketika melakukan suatu kegiatan, Ia selalu mencari cara bagaimana mengeluarkan energi yang sedikit supaya ia dapat memenuhi kemalasannya. Disaat ia harus melakukan kegiatan yang memerlukan banyak energi, dalam waktu singkat

Tanaka langsung terbaring lemas dan mengeluh. Namun kegiatan sehari-hari Tanaka tidak terganggu karena semua itu berkat sahabat dekatnya bernama Oota, pria dengan kepribadian dan fisik yang berkebalikan dengan Tanaka, dimana ia sangat tinggi, atletis, kuat, dan suka menolong orang.

Semua kegiatan Tanaka selalu dibantu oleh Oota terutama untuk berjalan dimana ia selalu menggendong Tanaka ke tempat tujuannya supaya Tanaka dapat menghemat energi. Keseharian mereka berdua selalu berjalan unik. Ini adalah kisah Tanaka bagaimana caranya ia menghemat energi.

Review:
Anime Slice of Life School Comedy bertemakan tentang keseharian sekolah yang wajib diikuti. Awal-awal cerita kamu akan disuguhkan dengan tingkah lucu dan unik dari Tanaka yang mencoba untuk menghemat energi. Namun seiring berjalannya episode, cerita tidak hanya berfokus itu saja.

Beberapa Karakter baru akan muncul dan turut menghibur penonoton supaya tidak membosankan. Character Development juga dilakukan dengan baik terutama untuk Tanaka yang awalnya diperlihatkan 100% pemalas, namun semakin lama, ia berusaha untuk melakukan kegiatan sehari-harinya sendiri.

Jika kamu ingin mencari Anime Slice of Life Comedy yang tidak biasa, seri ini bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu.

3. Danshi Koukousei no Nichijou

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Danshi Koukousei no Nichijou
Danshi Koukousei no Nichijou

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.34
Genre: Slice of Life, Comedy, School
Sinopsis:
Cerita berpusat tentang tentang keseharian dari tiga remaja bersahabat yang kehidupannya selalu dipenuhi dengan kegiatan hal-hal tak biasa.

Mereka terdiri dari: Tabata Hidenori, laki-laki berkacamata yang suka berbuat hal konyol dan gila; Toshitake Tanaka, remaja berambut pirang dengan tingkahnya yang tidak jauh beda dengan Hidenori; serta Tadakuni, remaja yang bisa dibilang paling normal dari kedua temannya dan menjadi pelurus dari perilaku bodoh mereka meskipun terkadang ia juga ikut terpengaruh dalam kegiatan konyol mereka.

Telah diketahui bahwa mereka adalah murid dari sekolah khusus untuk laki-laki SMA Sanada Utara. Setiap hari mereka selalu memiliki topik pembicaraan aneh dan tak ada habis-habisnya.

Selain ketiga remaja tersebut, beberapa murid dari SMA Sanada Utara terkadang ikut dalam berbagai aktivitas sehari-hari hal-hal seru dan menggembirakan.

Review:
Anime Slice of Life comedy Terbaik dimana setiap episodenya dijamin akan membuatmu tertawa. Cerita dari seri ini disajikan secara episodik (satu episode terdiri dari beberapa judul) dan semuanya memiliki comedy ringan namun cerdas sehingga dapat menghibur penonton.

Selain kamu akan disuguhkan dengan berbagai comedy receh didalamnya, karakter-karakternya juga menarik, setelah beberapa episode kamu akan menyadari bahwa yang lucu tidak hanya ketiga remaja tersebut dan beberapa dari mereka bahkan memiliki tingkah yang lebih konyol dari ketiga tokoh utama sehingga tidak heran bahwa Danshi Koukousei no Nichijou layak untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Slice of Life Terbaik.

4. Barakamon

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Barakamon
Barakamon

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.47
Genre: Comedy, Slice of Life
Sinopsis:
Dalam sebuah acara penghargaan Kaligrafi, terdapat Seorang Kaligrafer berbakat bernama Handa Seishuu yang hadir dalam acara tersebut. Namun suasana acara mulai berubah ketia Handa memukul seorang kurator senior karena mengkritik bahwa hasil karyanya tidak asli.

Karena kejadian tersebut, Ayah Handa menyarankan kepada putranya bahwa ia perlu menenangkan diri. Dalam memberikan Handa sebuah kehidupan yang tenang, ia ditempatkan pulau terpencil jauh dari dari Tokyo dimana disana gaya hidupnya akan jauh dari gaya hidup perkotaan.

Pulau Goto, adalah pulau yang akan ditinggali Handa yang letaknya berada dekat Pulau Kyushu. Disana Handa mungkin akan dapat menememukan sebuah ketenangan karena suasananya sangat sejuk tanpa adanya populuasi dari pabrik maupun hal yang mengganggu seperti bangunan gedung tinggi.

Disana hanya ada sebuah desa kecil dimana Handa tinggal dan menjadi tempat inspirasi dalam membuat seni kaligrafi. Selain desanya indah dan tentang, penduduknya juga ramah, santun, dan baik.

Namun beberapa penduduk disana ternyata juga ada yang menjadi pengganggu bagi Handa, salah satunya adalah seorang anak bernama Naru Kotoishi.

Mulai dari desa ini kehidupan baru Handa akan dimulai dan seiring berjalannya waktu, Handa mulai menemukan hal-hal yang membuat dirinya mengetahui pelajaran yang membantu dirinya dalam memperoleh sebuah inspirasi dalam seni kaligrafi.

Review:
Cerita yang simple, bisa dipahami, background pedesaan yang dibuat sangat wah dan bikin hati adem akan kamu dapatkan setelah kamu menonton Anime Slice of Life Comedy Terpopuler yang satu ini.

Tokoh utama dari seri ini bukanlah seorang remaja melainkan pria dewasa yang memiliki profesi sebagai seorang kaligrafer. Walaupun ceritanya sederhana namun seri ini memiliki yang berkualitas yang sangat lucu dan dijamin akan membuatmu tertawa.

5. Nichijou

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Nichijou

Jumlah Episode: 26
Rating MAL: 8.52
Genre: Slice of Life, Comedy, School, Shounen
Sinopsis:
Cerita berpusat tentang kegiatan di sekitar kota Tokisadame. Disana terdapat Tiga remaja yang sudah menjadi sahabat sejak kecil, mereka terdiri dari: Aioi Yuuko, gadis ceria dan energik yang suka mengucapkan kata “selamat pagi”; Minakami Mai, gadis berambut hitam yang memiliki sifat tenang namun cerdas; dan Naganohara Mio, gadis ceria yang memiliki rambut berwarna biru.

Kegiatan sehari-hari mereka, selalu dipenuhi dengan berbagai keseruan dan hal konyol. Selain ketiga remaja tersebut, terdapat beberapa orang aneh lain dengan tingkah yang tidak jauh berbeda dengan Ketiga sahabat tersebut.

Mereka terdiri dari Shinonome Nano, manusia buatan yang memiliki sifat agak pemalu namun keibuan, seorang ilmuan bernama Shinonome Hakase yang menciptakan Nano namun baru menginjak usia 8 tahun, dan Kucing berbicara ciptaan Hakase bernama Sakamoto. 

Kegiatan mereka setiap hari, menjadi sebuah pengalaman tak terlupakan dalam kehidupan keenam orang tersebut. Dalam menjalani kegiatan sehari-hari, terkadang mereka mengalami sebuah kejadian tak biasa seperti digigit burung gagak saat menuju ke sekolah dan rangkaian kejadian aneh yang lainnya.

Review:
Anime Genre Slice of Life Comedy selanjutnya, memiliki cerita yang hampir mirip dengan Danshi Koukousei no Nichijou. Namun tingkah para karakter disini lebih absurd, dimana banyak kejadian tak terduga didalamnya, namun leluconnya dibuat dengan baik dan mampu membuat tertawa penonton.

Selain comedy nya yang menyenangkan, Animasinya juga halus walaupun grafisnya sederhana seperti kartun anak-anak, namun seri ini tetap layak ditonton sebagai Anime Slice of Life Terbaik.

6. Yuru Camp△

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Yuru Camp△
Yuru Camp△

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.32
Genre: Slice of Life, Comedy
Sinopsis:
Memasuki waktu liburan, ini adalah kesempatan untuk seorang gadis bernama Rin Shima untuk melakukan hobinya, yaitu berkemah sendiran tanpa ditemani siapapun sambil melihat pemandangan indah dari Gunung Fuji daripada berlibur di tempat yang mewah dan modern seperti yang dilakukan oleh sebagian remaja kota.

Karena sendirian, Rin menyiapkan segala persiapan berkemah sendiri seperti menyiapkan api unggun, tenda dan lain-lain. Pada suatu hari, Rin bertemu dengan seorang gadis sedang dalam keadaan tertidur di dekat toilet umum.

Gadis tersebut bernama Nadeshiko Kagamihara, gadis pindahan dari wilayah Shizuoka yang berniat untuk melihat gunung Fuji dengan bersepeda dan modal 1000 yen. Sayangnya rencana kepulangannya berjalan berantakan karena saat memasuki setengah jalan dari tujuannya, ia tertidur karena kelelahan.

Karena ia tidak tahu apa yang harus ia lakukan dan tidak tahu dimana ia berada, Nadeshiko memilih untuk bergabung ke dalam perkemahan bersama dengan Rin dan pertemuan tersebut tak telah menciptakan sebuah pertemanan yang terjadi secara terburu-buru.

Review:
Anime Slice of Life Comedy tentang tema perkemahan yang akan mendorong dirimu untuk melakukan kegiatan berkemah dan berpikir bahwa berkemah itu adalah hal yang sangat menyenangkan. Dalam seri ini kamu akan disuguhkan tentang cerita suka cita perkemahan yang ringan, tanpa konflik berat, dan sederhana.

Dengan tambahan grafis yang memukai melalui sebuah pemandangan indah, membuat hati penonton merasa tenang dan damai ditambah suasana cerita yang cukup ringan dan membuatmu para penonton betah untuk terus menyaksikan episode selanjutnya.

7. Working Series

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Working Series
Working Series

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.50 - 8.10
Genre: Comedy, Slice of Life
Sinopsis:
Sebuah Seri bergenre slice of life, menceritakan tentang tokoh utama yang merupakan seorang remaja dengan masalah pribadinya. Untuk mengatasi masalah tersebut sang tokoh utama menemukan solusi, yaitu melakukan pekerjaan paruh waktu sebagai seorang pelayan di sebuah restoran keluarga bernama Wagnaria.

Di sana kehidupan Tokoh utama mulai diisi dengan penuh dengan keceriaan, canda tawa dan berbagi bersama dengan rekan-kerjanya yang memiliki sifat unik.

Ini adalah kisah tentang kegiatan sehari-hari yang terjadi di restoran tersebut. Working!! rilis pada Spring 2010 sedangkan WWW.Working!! adalah cerita alternatif dari seri Working!!, rilis Fall 2016 dengan para tokoh yang berbeda namun setingnya sama.

Review:
Jika list sebelumnya memberikan latar sekolahan, pegunungan, dan pedesaan, kali ini adalah List Anime Slice of Comedy berlatar restoran karena seri ini memberikan cerita bertema pekerjaan dimana kegiatan sehari-hari penuh kelucuan dilakukan di tempat tersebut.

Untuk seri Working!!, terdapat unsur romance manis yang berasa dan menghibur sedangkan WWW.Working!! hanya memberikan cerita comedy dan slice of life yang tak kalah menghibur dengan seri utamanya.

8. Asobi Asobase

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Asobi Asobase
 Asobi Asobase

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.24
Genre: Comedy, School, Slice of Life
Sinopsis:
Cerita berpusat tentang tiga remaja perempuan siswa sekolahan yang menjalani kehidupan penuh dengan permainan. Kasumi Nomura, siswi yang dikenal memiliki kecerdasan tinggi, serius ,berkepala dingin, dan pandai dalam memainkan berbagai permainan namun ia tidak bisa berbahasa inggris.

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggirinya, Kaumi meminta salah satu teman sekolahnya bernama Olivia, gadis berambut pirang yang diketahui merupakan keturunan Amerika. Namun secara mengejutkan bahwa Olivia ternyata juga tidak bisa berbahasa Inggris.

Satu lagi gadis dari ketiga murid perempuan, ia adalah bernama Hanako Honda, gadis berambut panjang diikat dua sisi yang merupakan murid dengan sifat tidak normal. Mereka bersama-sama tergabung dalam sebuah klub bernama klub Pastimers yang tidak diakui secara resmi oleh sekolah untuk tujuan menentukan apa yang dilakulan di saat waktu luang.

Review:
Seri ini adalah salah satu Anime Slice of Life Comedy Terbaik yang rilis pada tahun 2018 yang sangat wajib ditonton. Genre Slice of Life dari seri ini mungkin sedikit terasa karena disini kamu akan diberikan kegiatan tak biasa di sekolah dengan pertunjukkan comedy penuh wajah aneh dan lucu serta lelucon tak terduga namun sangat menghibur dan membuatmu tertawa di setiap episodenya.

Walaupun grafis dan openingnya terlihat adem, tapi jangan tertipu karena comedy yang diberikan berbeda dari anime slice of life comedy yang lainnya.

9. Saiki Kusuo Psi-Nan

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Saiki Kusuo Psi-Nan
Saiki Kusuo Psi-Nan

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 8.56
Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, School, Shounen
Sinopsis:
Mempunyai kekuatan psikis yang bisa mendapatkan segalanya mungkin akan terlihat menyenangkan dan membuat hidup lebih mudah. Mendapaktan kekuatan tersebut adalah hal yang diinginkan oleh sebagian besar manusia karena dengan kekuatan tersebut mereka tak perlu berusaha keras untuk meraih sesuatu.

Namun nyatanya, memiliki kekuatan yang mampu mendapatkan segalanya justru membuat hidup terasa bosan. Hal ini dialami oleh Saiki Kusuo, seorang remaja yang sejak lahir diberkahi sebuah kekuatan cenayang yang luar biasa dan membuat ia dapat melakukan segala hal dengan mudah. Ia mampu melihat benda secara tembus pandang, membaca pikiran, teleport, dan lain-lain.

Namun bukan kehidupan nyaman yang didapat, ia justru merasa bosan dengan kehidupannya. Karena kekuatan yang ia miliki, Saiki tidak bisa merasakan perasaaan seseorang ketika meraih tujuannya, karena hal tersebut bisa dilakukan Saiki dengan mudahnya.

Walaupun begitu, ia masih memiliki keinginan, yaitu menjalani hidup dengan tenang dan damai. Namun dalam kehidupannya, ia selalu mengalami berbagai masalah merepotkan yang berasal dari kekuatan maupun dari orang-orang aneh di sekelilingnya.

Orang-orang aneh tersebut terdiri dari, Nendou Riki, pria berdagu pantat yang pikirannya tidak bisa dibaca Saiki, Shun Kaido, chuunibyou akut yang suka bertingkah aneh, dan orang-orang eksentrik lainnya.

Review:
Ketika kamu ingin menonton Anime Slice of Life Comedy Terbaik yang satu ini, kamu memerlukan kecermatan dalam membaca subtitle maupun mendengarkan para tokoh berbicara, karen lelucon dari seri ini diberikan melalui sebuah dialog yang berjalan dengan cepat.

Selain itu adanya unsur supernatural dalam seri ini membuat Kesan Slice of Life nya sedikit unik dengan karakter-karakternya yang menarik serta cerita episodik tanpa adanya komedi garing yang dijamin akan membuatmu tertawa.

10. Gin no Saji

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Gin no Saji
Gin no Saji

Jumlah Episode: 11
Rating MAL: 8.15
Genre: Comedy, School, Shounen, Slice of Life
Sinopsis:
Cerita berpusat tentang Hachiken Yuugo, seorang remaja sekolahan yang dikenal sebagai murid rajin dan selalu bekerja keras dalam menjalani kehidupan sekolahnya.

Namun, walaupun dikenal sebagai murid terbaik di sekolah, ada satu hal yang masih kurang dari dalam dirinya, yaitu belum menemukan tujuan hidup yang sesungguhnya. Permasalahan Hachiken dalam mencari tujuan hidup, membuat dirinya menjadi bosan dan ingin menemukan hal baru supaya dapat menemukan harapan yang sesungguhnya.

Selain itu Suasana dari Keluarga Hachigen selalu berlangsung tegang, dan juga, Ayahnya ingin putranya untuk menjadi anak yang cerdas dan menjadi orang hebat sehingga di masa depannya ia bisa melakukan pekerjaan apapun.

Namun Hachicken tidak menginginkan hal yang sama dengan ayahnya. Untuk mencoba hal baru, Hachiken mencoba mendaftar sekolah tinggi khusus pertanian Ooezo pada tahun ajaran baru dengan harapan bisa menjalani kehidupan sekolah dengan tenang tanpa terganggu dengan suasana ketegangan dari keluarganya.

Namun bersekolah disana ternyata sangat berbeda dengan sekolah yang biasa Hachiken hadiri. Di Sekolah Ooezo, ia harus melakukan berbagai kegiatan praktik sekolah pertanian yang tidak ditemukan oleh Hachiken di sekolah sebelumnya seperti menanam tanaman, merawat kebun, mengurus hewan ternak dan kegiatan pertanian yang berkaitan dengan fisik.

Karena Hachiken mengira bahwa ia akan mengandalkan pikiran seperti sekolah sebelumnya, kegiatan tersebut sangat sulit dilakukan olehnya. Namun seiring berjalannya waktu, Hachiken bersama dengan teman-teman barunya di sekolah membuat dirinya menemukan sebuah pelajaran hidup yang belum pernah ia dapatkan.

Review:
Anime Slice of Life Comedy Terbaik berlatar sekolah yang berada di pedesaan ini memiliki banyak keunggulan. Selain ceritanya bagus dan menarik, beberapa isi cerita didalamnya terdapat pesan-pesan yang membuatmu memahami sebuah arti dalam hidup.

Selain itu unsur comedynya juga berasa serta background pedesaan yang sangat nyaman dimata sehingga membuat seri ini layak untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Slice of Life Comedy Terbaik.

11. New Game

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - New Game
New Game

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.73
Genre: Game, Slice of Life, Comedy
Sinopsis:
Mengisahkan tentang seorang gadis bernama Suzukaze Aoba. Sejak kecil ia saangat suka sekali bermain game khususnya game bernama Fairies Stories. Tidak hanya tertarik dengan gamenya, Aoba juga sangat menyukai desain karakter yang dibuat.

Setelah Aoba lulus sekolah SMA, Aoba berniat untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan bernama Eagle Jump, perusahaan game yang telah mengelola beberapa game favoritnya termasuk game Fairies Stories.

Pada hari pertamanya bekerja, Aoba begitu bersemangat dan memahami tugasnya sebagai pegawai baru yaitu membuat desain karakter dibawah pengawasan Kou Yagami, sang pemimpin dalam perancangan karakter.

Di sana Aoba bertemu dan berkenalan dengan beberapa karyawan yang selalu berbagi semangat dalam membuat game. Mereka terdiri dari: Yun Ijima, desainer karakter khusus monster; Takimoto Hifumi, perempuan pemalu yang suka berkomunikasi lewat pesan singkat; Shinoda Hajime, tim animator yang mempunyai koleksi figur, dan beberapa karyawan lainnya.

Review:
Salah satu Anime Slice of life Comedy Terbaik dengen keunggulan desain karakternya yang sangat moe-moe dan membuat para penonton tertarik untuk menonton anime ini.

Jalan ceritanya sangat bagus dan sederhana, dimana hanya berisi kegiatan para staff Eagle Jump tentang membuat sebuah game dengan adanya comedy sederhana dan menghibur. Disini kamu tidak hanya disuguhkan hiburan, namun juga terdapat sebagian ilmu tentang bagaimana cara membuat desain karakter 3D, game, dan lain-lain.

12. Emiya-san Chi no Kyou no Gohan

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Emiya-san Chi no Kyou no Gohan

Jumlah Episode: - (ONA)
Rating MAL: 7.76
Genre: Comedy, Slice of Life
Sinopsis:
Merupakan Spin-off dari cerita serial Fate/Stay Night, ini adalah kisah tentang para Servant dan Master terutama untuk Emiya Shirou yang harus menentukan menu makanan setiap harinya.

 Makanan ini bukanlah makanan biasa, melainkan sebuah makanan yang dibuat dengan indah hingga menjadi hidangan terlezat di dunia yang akan disajikan di Meja Emiya setiap hari dari Musim Semi, Musim Panas, Musim Gugur, dan Musim Dingin.

Review:
Jika kamu adalah penggemar seri fate, pasti kamu tidak akan asing lagi dengan para karakter yang terdapat. Jika biasannya kamu akan disuguhkan adegan action seru penuh ketegangan dalam pertarungan servant, yang akan temukan disini sangat berbeda dari biasannya.

Disini kamu hanya disuguhkan tentang kegiatan memasak dan beberapa cerita ringan dan menghibur yang tidak akan kamu temukan dalam seri Fate/Stay Night dengan penyajian slice of life yang sangat terasa ditambah grafis yang sangat heartwarming.

13. Yuru Yuri

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Yuru Yuri
Yuru Yuri

Jumlah Episode: 11
Rating MAL: 7.68
Genre: Comedy, School, Shoujo Ai, Slice of Life
Sinopsis:
Setelah menghabiskan waktu sekolahnya sebagai siswa kelas 6 SD selama satu tahun tanpa sahabatnya, akhirnya Akari Akaza, lulus dan kini menjadi siswa tahun pertama di SMP Nanamori dan kembali bersama dengan dua sahabatnya, yaitu Yui Funami dan Kyouko Toshino yang kini menjadi siswa tahun kedua.

Dalam menghadiri sekolah pertamanya, Akari langsung mengawali hari pertamanya dengan buruk. Pada pagi hari, Akari terlambat bangun pagi sehingga ia juga terlambat masuk sekolah. Karena terburu-buru, ia salah mengenakan seragam dan sementara itu kedua temannya sudah menunggu di luar.

Telah diketahui, saat Yui dan Kyouko masih menjadi siswa kelas 1, mereka membentuk sebuah klub bernama klub hiburan, klub yang kegiatannya tidak memiliki tujuan jelas yang kerjanya hanya bermain untuk menghibur anggotanya sendiri. Tempat Klub tersebut menggantikan klub teh yang sebelumya sudah dibubarkan dan kini Akari juga ikut bergabung ke dalam klub tersebut.

Tak lama kemudian, salah sati teman sekelas Akari bernama Chinatsu Yoshikawa, juga ikut bergabung ke dalam klub hiburan karena bahwa mereka bertiga sedang bergabung ke dalam klub the yang sudah dibubarkan.

Setelah Chinatsu dijelaskan bahwa klub teh telah dibubarkan kedua murid tersebut meyakinkan dan meminta Chinatsu untuk bergabung ke klub hiburan. Ini merupakan kisah kegiatan sehari-hari dari sekelompok gadis klub hiburan yang menghabiskan waktu hanya dengan minum teh dan melakukan berbagai aktivitas tak biasa lainnya.

Review:
Sesuai dengan judulnya, seri ini agak sedikit memiliki unsur yuri didalamnya, namun kamu tidak perlu khawatir dan merasa terganggu karena unsur yuri hanya sedikit karena sebagian besar ser ini mengarah ke slice of life dan comedy.

Para tokoh dalam Yuru Yuri semuanya adalah perempuan, mereka sangat menarik dan mampu menyajikan comedy yang sangat lucu dan menghibur sehingga anime ini layak untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Slice of Life Comedy Terbaik.

14. Comic Girls

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Comic Girls
Comic Girls

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.57
Genre: Comedy, Slice of Life
Sinopsis:
Seorang gadis SMA berusia 15 tahun bernama Kaoruko Moeta yang pemalu, merupakan seorang artis manga 4 panel dengan nama pena “Chaos”. Ketika karyanya dikirim ke editor manga, ia langsung mendapatkan penolakan karena kurangnya pengalaman Kaoruko.

Selain itu dalam penilaian survei pembaca manga, karya Kaoruku mendapatkan nilai yang terbawah. Karena karyanya sering diberikan kritik pedas dan ditolak, editor menyarankan Kaoruko untuk mengingkatkan kemampuan dalam membuat manganya dengan menghadiri sebuah asrama wanita khusus artis manga.

Disanalah ia bertemu dengan beberapa penghuni asrama yang memiliki masing-masing keunggulan dalam membuat manga.

Mereka terdiri dari: Koyume Koizoka, teman sekamar Kaoruku yang merupakan pencipta manga shoujo; Ruki Irokawa, gadis berambut biru yang merupakan artis manga romance remaja, dan Tsubasa Katsuki, seorang artis manga shounen. Para gadis ini sering berkumpul dan berbagi ilmu untuk saling mendukung.

Review:
Kesannya hampir mirip dengan New Game, dimana karakternya dibuat moe, imut dan bercerita tentang suatu pekerjaan. Hanya saja Comic Girls menceritakan tentang keseharian para artis manga dengan masing-masing tingkah lucu yang membuatmu tertawa.

Anime Slice of Life Comedy Terbaik dengan Jumlah 12 Episode yang disajikan, tentu akan membuatmu merasa puas. Karakternya banyak yang menarik, grafisnya juga sangat memukau dengan pewarnaan yang sangat indah untuk dilihat.

15. Blend S

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Blend S
Blend S

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.65
Genre: Slice of Life, Comedy
Sinopsis:
Sakuranomiya Maika, seorang Gadis remaja SMA dengan usia menginjak 16 tahun, telah mengalami kesulitan dalam menjalani kehidupanya. Ia sangat sulit mencari sebuah pekerjaan paruh waktu yang cocok untuk dirinya karena memiliki sebuah senyuman mengerikan yang dapat membuat orang disekitarnya merasa takut.

Namun, seseorang dari italia telah menolong Maika dengan menawarkan pekerjaan karena sedang mencari seorang karyawan yang memiliki sosok yang cocok seperti Maika.

Telah diketahui, bahwa ia adalah seorang manager dari kafe khusus bernama “Zokusei Cafe”, dimana para pelayan disana bekerja sesuai dengan karakter yang telah ditentukan seperti menjadi seorang tsundere, seorang Imouto maupun seorang idol.

Untuk pekerjaan Maika, ia dijadikan sebagai pelayan dengan karakter sadis, karena senyum mengerikannya yang cocok dan kini ia harus bekerja dengan memperlakukan para pelanggannya dengan cara sadis dan kejam.

Review:
Salah satu Anime Terbaik dan Terpopuler 2017 dengan lagu opening yang sangat asik untuk didengar dan menjadi memeable. Ceritanya hampir mirip dengan seri Working!! dimana seri ini bertema tentang kafe.

Ceritanya yang dibuat sederhanya namun menarik beserta dengan karakter-karakter perempuan imut membuat anime banyak diminati oleh banyak orang. Banyak keunggulan yang akan kamu temukan saat kamu menonton langsung Anime Slice of Life Comedy Terbaik yang satu ini.

16. Himouto! Umaru-chan

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Himouto! Umaru-chan

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.40
Genre: Comedy, School, Seinen, Slice of Life
Sinopsis:
Cerita berpusat tentang Seorang gadis berambut pirang bernama Umaru Doma, gadis yang dianggap sebagai gadis sempurna di mata orang-orang karena ia memiliki wajah yang cantik, imut, cerdas, baik, pandai dalam olahraga dan bermain musik.

Banyaknya keunggulan yang dimiliki Umaru membuat dirinya dikenal oleh banyak orang sehingga ia menjadi sangat populer di sekolah. Namun Aturan Dunia yang mengatakan bahwa, “sesempurna apapun manusia pasti masih memiliki kekurangan dalam dirinya walaupun hanya sedikit” masih berlaku. Hal tersebut juga berlaku bagi Umaru.

Ketika ia berada di rumah, Umaru menunjukkan semua kekurangannya. Ia memiki sikap buruk, dimana ia suka bermalas-malasam, suka membaca manga, menonton anime, bermain game sambil mengonsumsi makanan ringan tanpa mempedulikan kebersihan.

Satu-satunya orang yang tahu tentang keburukan Umaru adalah kakaknya yang bernama Doma Taihei. Ia adalah orang yang selalu membersihkan semua sisa sampah berserakan yang dibuat oleh Umaru.

Dengan kekurangan yang ia miliki, mampukah Umaru terus bertahan dalam menyembunyikan sikapnya yang sebenarnya tanpa diketahui siapapun dan menjadi tetap sempurna dimata orang-orang?

Review:
Anime tentang imouto dimana tokoh utamanya memiliki kepribadian ganda yang sangat wajib untuk ditonton. Alasannya adalah keunggulan yang terdapat pada karakter utamanya, yaitu Umaru yang tingkah lucunya membuat banyak orang terhibur.

Walaupun tidak ada tujuan cerita utama, seri ini sangat menarik untuk diikuti karena isi cerita hanya menyajikan keseharian para karakter yang seru untuk diikuti sebagai Daftar Anime Slice of Life Comedy Terbaik.

17. K-on

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - K-on
K-on

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.86
Genre: Slice of Life, Comedy, Music, School
Sinopsis:
SMA Sakuragaoka memasuki tahun ajaran baru, dan ini adalah waktunya mereka kedatangan para murid baru. Yui Hirasawa, salah satu siswi baru tahun pertama yang periang , telah melihat sebuah poster Klub Musik Ringan di sekolahnya yang membuat dirinya berimajinasi.

Karena ingin imajinasinya terus berjalan, tanpa sadar apa yang sebenarnya ada di dalam isi selembaran tersebut, Yui langsung segera mendaftar ke klub tersebut.Setelah Yui mendafatar, ia mulai menyadari bahwa ia hanyalah salah paham karena telah salah mengartikan kata musik ringan dalam poster tersebut.

Ternyata di dalam lembaran poster tersebut , tertulis bahwa klub sedang mencari seorang pemain gitar. Karena Yui tidak memiliki pengalaman dalam bermain gitar, ia segera masuk ke dalam ruangan klub untuk menjelaskan kesalahpahaman tersebut sebelum terlambat.

Saat ia masuk, Yui langsung disambut oleh Ketiga murid dari anggota klub musik, mereka terdiri dari: Ritsu Tainaka, yang menjadi pemain drum; Tsumugi Kotobuki seorang pemain piano; dan Mia Akiyama sebagai pemain bass.

Setelah mengetahui penjelasan dari kebenaran Yui, mereka langsung kecewa terutama di bagian kurangnya pengetahuan Yui tentang musik, namun mereka tetap mencoba untuk mempertahankan Yui sebagai anggota klub dengan membuat imajinasinya terwujud dan demi mencegah bubarnya klub musik.

Mulai sekarang Yui melatih kemampuan bermain gitarnya dengan bantuan para anggota klub musik Sambil melakukan kegiatan sekolah dan rumah. Apakah Yui mampu menjadi seorang gitaris yang diinginkan oleh para anggota klub dan memperoleh sebuah hasil yang baik saat band mereka diminta untuk tampil?

Review:
Penyajian cerita yang ringan, lucu, dan mudah dipahami dengan memadukan musik didalamnya supaya terkesan unik. Anime Slice of Life Comedy Terbaik yang satu ini memiliki cerita lurus yang hanya memberikan point-point pentingnya saja tentang kegiatan klub musik.

Selain itu karakternya juga sangat disukai dan desainnya dibuat moe apalagi yang membuat adalah Studio Kyoto Animation dimana studio yang sering dijumpai dengan banyaknya anime berkarakter moe jika digarap oleh studio tersebut.

18. Gochuumon wa Usagi desu ka?

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Gochuumon wa Usagi desu ka?
Gochuumon wa Usagi desu ka?

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.59
Genre: Slice of Life, Comedy
Sinopsis:
Dalam langkah barunya untuk masuk ke kehidupan Sekolah SMA yang tempatnya jauh dari rumahnya. Seorang gadis 15 tahun bernama Kokoa Hoto yang energik dan mudah berteman, pindah di sebuah kota baru namun berakhir tersesat di sebuah kafe unik bernama Rabbit House. 

Setelah diketahui lebih lanjut, Ternyata Rabbit House merupakan tempat yang akan ia tinggali. Karena rasa terimakasih telah menerimanya untuk tinggal,

Kokoa memutuskan untuk ikut membantu bekerja disana bersama dengan putri dari sang pengelola bernama Chino Kafuu, gadis mungil dan imut yang belum memasuki usia dewasanya bersama dengan seekor kelinci berbicara bernama Tippy yang ada di kepalanya;  dan Rize Tedeza, gadis yang bekerja paruh waktu di Rabbit House serta teman-teman barunya yang lain.

Review:
Salah satu seri yang akan membuatmu merasa diabetes setelah menontonnya karena Salah Satu anime slice of life ini berisi karater loli moe yang sangat imut ditambah adanya comedy ringan yang membuatmu senyum-senyum sendiri hingga tertawa karena tingkah lucu mereka.

Ceritanya begitu ringan, lelucon-lelucon dari para karakter juga tidak membosankan, ditambah dengan visualnya yang sangat indah dengan animasi gerakan yang halus sehingga membuat seri ini layak ditonton sebagai Daftar Anime Slice of Life Comedy Terbaik.

19. Kobayashi-san Chi no Maid Dragon

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Kobayashi-san Chi no Maid Dragon
Kobayashi-san Chi no Maid Dragon

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 8.21
Genre: Slice of Life, Comedy, Fantasy
Sinopsis:
Kobayashi, adalah seorang Karyawan yang bekerja sebagai programmer. Setiap hari Ia menjalani hidupnya dengan tinggal di sebuah apartemen. Namun pada Pagi hari, saat Kobayashi bersiap untuk berangkat kerja di kantor, tiba-tiba ia melihat sebuah kepala naga yang sangat besar dihadapannya dan membuat Kobayashi terkejut bahkan menganggapnya sebagai mimpi.

Namun secara tiba-tiba, Naga tersebut berubah dengan sendirinya dan menjadi seorang gadis cantik dengan pakaian pelayan dengan ciri fisik berupa tanduk dan ekor naga. Ia adalah Tohru, seorang gadis naga yang datang ke rumah Kobayashi untuk tujuan balas budi karena sudah menyelamatkanya dari kematian pada waktu malam hari.

Ternyata pada malam itu, Kobayashi secara tidak sengaja menyelamatkan sekor naga yang terluka dalam keadaan sedang mabuk. Karena Tohru bersikeras ingin menjadi pelayan Kobayashi, akhirnya ia menyetujuinya dan menjadikan Tohru sebagai pelayan.

Namun, selama menjadi pelayan bukannya membantu, Tohru malah sering merepotkan Kobayashi karena tidak tahu apapun bagaimana cara menjadi pelayan.

Review:
Anime Slice of Life Comedy Terbaik yang satu ini berbeda dengan yang lainnya. Idenya sangat unik dimana seri ini juga menyuguhkan elemen fantasy bertema reverse isekai (karakter dari dunia lain terlempar di dunia nyata) dengan menyajikan berbagai peristiwa comedy dari adegan slice of life hingga adegan yang melibatkan kekuatan luar biasa dari naga.

karakter naganya juga menarik, mereka sangat unik, imut, dengan memiliki tingkah yang berbeda-beda ditambah dengan animasinya yang bagus dan membuat membuat penonton terhibur.

20. Tamako Market

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Tamako Market
Tamako Market

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.38
Genre: Slice of Life, Comedy
Sinopsis:
Distrik Perbelanjaan Usagiyama, merupakan tempat berkumpulnya komunitas bisnis unik dimana mereka saling membangun hubungan dekat. Seorang gadis ceria bernama Tamako Kitashirakawa merupakan putri dari seorang pembuat mochi yang memiliki toko bernama Tama-Ya. 

Pada suatu hari Tamako melihat seekor burung aneh yang bisa berbicara bernama Dera Mochimazzi. Telah diketahui, Dera merupakan seekor burung bangsawan dari negeri jauh yang sedang mencari pengantin untuk dijadikan pangeran di negaranya.

Namun karena Dera tertarik dengan Mochi dan terus memakannya, ia menjadi kelebihan berat badan sehingga tidak bisa terbang. Maka dari itu Dera akhirnya harus tinggal menumpang ke kediaman Tamako bersama dengan keluarga, teman-teman, dan masyarakat sekitar.

Ini adalah kisah Dera dan Tamako tentang kegiatan sehari-hari bersama dengan mereka terutama bersama dengan seorang laki-laki bernama Mochizou Ooji, teman masa kecil Tamako yang telah memendam perasaannya namun tidak bisa diungkapkan.

Review:
Salah satu seri dengan komedi ringan yang sangat cocok ditonton pada waktu senggang sebagai pelepas stress tentang cerita keseharian yang menarik untuk diikuti.

Plotnya dibuat ringkas, karakternya banyak yang menarik karena mereka memiliki masing-masing kepribadian berbeda yang unik dan sangat disukai. Untuk Visualnya, sama seperti Anime Kyoto Animation lainnya, desain karakternya moe, imut, dan waifuable.

21. Flying Witch

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Flying Witch
Flying Witch

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.60
Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Magic, Shounen
Sinopsis:
Mengisahkan tentang kehidupan penyihir di dunia fantasy dimana mereka yang sudah menginjak usia 15 tahun, mereka diharuskan untuk berpisah dari orang tua mereka supaya mampu menjadi orang yang mandiri dengan meninggalkan rumah orang tuanya.

Makoto Kowata, seorang penyihir yang sudah menginjak usia 15 tahun, ini adalah waktu baginya untuk meninggalkan kediaman orang tuanya yang berada di Yokohama ditemani dengan teman kucingnya bernama Chito lalu pindah ke wilayah Aomori, wilayah yang dikenal sebagai tempat bagi para penyihir untuk mencari ilmu.

Disana Makoto tinggal di kediaman sepupunya bernama Kei Kuramoto dan adiknya bernama Chinatsu Kuramoto. Dengan lingkungan barunya, Makoto mulai menjalani kehidupan yang berbeda dari biasannya .namun saat ia terlibat dengan seorang peramal, sebuah keanehan yang berkaitan dengan sihir telah terjadi pada dirinya dan hari-hari damainya pun mulai berubah.

Review:
Seri ini sangat cocok ditonton disaat kamu ingin bersantai karena suasananya sangat tenang dan mungkin bisa menghilangkan rasa depresi. Anime Slice of Life ini memiliki unsur fantasy yang mengusung teman penyihir sehingga terkesan unik.

Cerita yang disajikan tak terlalu berat, bisa dipahami dengan mudah, unsur comedynya yang sangat menghibur ditambah dengan animasi yang menyejukkan hati membuat seri ini layak ditonton sebagai Anime Slice of Life Comedy Terbaik.

22. Amanchu!

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Amanchu!
Amanchu!

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.34
Genre: Comedy, School, Shounen, Slice of Life
Sinopsis:
musim semi telah berlangsung, seorang gadis remaja 15 tahun bernama Hikari Kohinata mulai menghadiri sekolah SMA nya untuk pertama kali. Gadis ceria yang tinggal di dekat laut tersebut, diketahui sering menghabiskan waktunya hanya untuk menyelam.

Saat ia hadir di sekolah, Hikari bertemu dengan salah satu teman sekelasnya yaitu Futaba Ooki, seorang gadis pemalu yang baru saja pindah dari kota tokyo. Sifat malunya membuat Hikari tertarik dengan Futaba dan akhirnya mereka mulai membentuk sebuah ikatan pertemanan yang baru saja terbentuk.

Dengan kehadiran Hikari ke dalam kehidupan Futaba, membuat dirinya keluar dari rasa malunya, dan mulai terseret ke dalam berbagai kegiatan Hikari dalam menyelam. Bersama dengan guru mereka yang juga ikut tertarik untuk menyalam. Mereka tergabung ke dalam sebuah klub menyelam dan menjalani berbagai kegiatan yang menyenangkan dengan melakukan eksplorasi di bawah laut.

Review:
Suasananya yang sangat damai dan membuat hati adem membuat anime ini layak untuk dijadikan sebagai Anime Slice of Life Comedy Terbaik. Walaupun mengusung tema diving, bukan berarti anime ini fokus ke dalam genre sports.

Tema diving dalam seri ini hanya sebagai tambahan untuk membuat slice of lifenya tidak terasa membosankan. Grafisnya juga bagus, seri ini diproduksi oleh studio J.C.Staff yang berhasil membuat Amanchuu! menjadi salah satu Anime Slice of Life Comedy Terbaik.

23. Servant x Service

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Servant x Service
Servant x Service

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.77
Genre: Comedy, Seinen, Slice of Life
Sinopsis:
Pegawai Negeri bagian Kesehatan dan Kesejahteraan adalah tempat dimana seorang perempuan bernama Lucy bekerja. Alasan ia bekerja disana adalah untuk mencari pegawai yang telah menyetujui nama aneh yang diberikan orang tuanya.

Sebenarnya nama panjang Lucy sangatlah panjang yang disebabkan oleh orang tua yang dulu kebingungan saat memberikan namanya.

Hingga pada saat itu orang tuanya meminta rekomendasikan orang lain sebuah nama yang bagus hingga ketika banyak rekomendasi nama bagus, orang tuanya memutuskan untuk memakai semuanya sehingga menjadi sebuah nama yang sangat panjang dan aneh.

Namun entah mengapa, pegawai negeri mengesahkan begitu saja nama tersebut hingga sepanjang hidup Lucy, namanya menjadi bahan tertawaan.

Dalam pekerjaannya sebagai pegawai negeri, ia melalui beberapa kesulitan dan tantangan mulai dari keluhan para warga hingga bekerja bersama dengan rekan-rekan kerjanya yang masing-masing memiliki sifat aneh.

Review:
Untuk kamu yang memandang bahwa Menjadi pegawai negeri adalah pekerjaan yang membosankan, anime akan memberikan gambaran tentang keseharian penuh dengan kelucuan yang terjadi di lingkungan pekerjaan Pegawai Negeri yang sangat asyik untuk ditoton.

Beberapa adegan comedy sebagian besar terjadi pada sebuah dialog ringan namun menghibur. Selain itu kehadiran karakternya yang masing-masing memiliki keunikan, membuat Anime Slice of Life Comedy ini tidak akan mudah bosan untuk ditonton dan justru akan membuatmu ketagihan.

24. Hinamatsuri

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Hinamatsuri
Hinamatsuri

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.37
Genre: Comedy, Supernatural, Sci-Fi, Slice of Life, Seinen
Sinopsis:
Ini adalah kisah Kehidupan Salah satu Anggota Yakuza bernama Yoshifumi Nitta yang mulai tidak wajar setelah rumahnya tiba-tiba kedatangan sebuah benda logam misterius. Setelah Nitta melihat benda logam aneh tersebut, ia melihat seorang anak perempuan bernama Hina yang meminta Nitta untuk mengeluarkannya benda logam tersebut.

Ternyata Hina bukanlah anak biasa, ia adalah seorang anak perempuan yang memiliki kekuatan supernatural. Karena kekuatan aneh Hina, Nitta menyuruhnya pergi dari rumahnya, namun Nitta menolak sehingga terpaksa ia harus menerima Hina untuk tinggal di rumahnya.

Walaupun bukan manusia, Hina berperilaku seperti seorang manusia biasa seperti menonton TV, bersantai, pergi sekolah, dan lain-lain.

Dalam kehidupan Hina, ia diharuskan untuk menggunakan kekuatan supernaturalnya secara teratur karena jika kekuatannya tidak dikeluarkan sama sekali, maka kekuatannya bisa mengamuk dan yang paling buruk adalah amukannya mampu menyebabkan kehancuran. Dengan adanya Hina dalam kehidupan Nitta, Mampukah ia bisa bertahan dengan kehidupannya?

Review:
Sedikit mirip dengan Saiki Kusuo, Hinamatsuri adalah anime slice of life yang memiliki elemen supernatural didalamnya. Comedy dari seri ini sangat berasa, leluconnya cerdas dan akan membuatmu tertawa di sepanjang episodenya.

Karakter-karakternya menarik, jika kamu mengikuti seri ini, makan kamu akan menemukan beberapa karakter yang bahkan lebih menarik dari sang tokoh utama. Grafisnya juga standar tetapi bagus untuk dipandang sehingga seri ini pantas untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Slice of Life Comedy Terbaik.

25. Grand Blue

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Grand Blue
Grand Blue

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.41
Genre: Comedy, Seinen, Slice of Life
Sinopsis:
Kota di tepi laut Izu, disana dikenal sebagai tempat dengan sinar matahari yang cerah. Kota tersebut akan menjadi tempat baru bagi seorang remaja bernama Iori Kitahara untuk mengawali lembaran kehidupan baru dari kotanya karena keinginannya sendiri dengan mendaftar sebagai mahasiswa baru di Universitas Izu dan berharap untuk menemukan kehidupan bersama teman baik serta gadis-gadis cantik.

Namun rencana kehidupan Iori tidak berjalan sesuai ekspetasinya. Ketika ia datang ke toko alat selam bernama “Grand Blue” milik pamannya, Iori segera terlibat dengan segerombolan pria telanjang yang sedang melakukan pesta minum.

Telah diketahui bahwa mereka berasal dari klub renang. Iori segera terseret dan diajak untuk ikut ke dalam aktivitas mereka. Awalnya Iori menolak dan tidak ingin terpengaruh ke dalam kehidupan aneh mereka karena ia ingin menjadi seorang mahasiswa ideal.

Namun setelah ia mengikuti dengan rasa paksa, Iori dengan cepat malah terjerumus masuk ke dalam klub tersebut dan menjadi salah satu segerombolan orang-orang aneh dari klub menyelam tersebut. Ini adalah kisah keseharian tentang Iori dan teman-teman barunya dari klub menyelam dimana mereka lebih tertarik melakukan pesta alkohol sambil telanjang daripada melakukan kegiatan menyelam.

Review:
Salah satu anime ngakak di setiap episodenya. Tidak ada tujuan utama cerita, yang ada hanyalah kisah kegiatan sehari-hari antar klub renang penuh dengan kekonyolan. Disini kamu akan menemukan berbagai jenis lawakan dari lelucon biasa, lelucon jorok, hingga adu wajah eksrepsi yang tidak biasa dan konyol.

Grand Blue adalah salah satu Anime Slice of Life 2018 Terbaik dan tidak diragukan lagi bahwa anime ini layak untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Slice of Life Comedy Terbaik.

26. Lucky☆Star

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Lucky☆Star
Lucky☆Star

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 7.83
Genre: Slice of Life, Comedy, Parody, School
Sinopsis:
Di Kota Saitama, terdapat sebuah sekolah SMA bernama SMA Ryouou, tempat dimana para sekumpulan gadis imut bersekolah. Setiap hari, mereka selalu menjalani kehidupan penuh dengan kegembiraan dan kegilaan.

Konata Izumi, seorang gadis bertubuh mungil yang sangat ateltis dan pintar, namun memiliki sebuah kebiasaan buruk, yaitu sering bermalas-malasan dan memilih menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk membaca manga, bermain game, menonton anime, dan lain-lain. I

zumi ditemani oleh ketiga temannya yang terdiri dari: Dua kembar Hiiragi (Tsukasa dan Kagami), dan Miyuki Takara yang dikenal cerdas dan sopan. Ini adalah kisah tentang para perempuan yang mengisi masa remajanya dengan melakukan berbagai kegiatan yang tak biasa seperti menceritakan tentang pengamatan lucu tentang dunia menurut pemikiran mereka masing-masing.

Review:
Anime Slice of Life Comedy Terbaik penuh dengan parody dari berbagai anime populer dengan visual dari kyoto animation yang dibuat sederhana sama seperti Nichijou namun dengan gaya penggambaran versi Chibi. 

Grafik tak terlalu berlebihan, namun isi ceritanya sungguh mengagumkan, penuh comedy, animasi yang halus, karakter menarik yang membuatmu betah untuk terus menonton episodenya hingga tamat.

27. Shinryaku Ika-Musume

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Shinryaku Ika-Musume
Shinryaku Ika-Musume

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.55
Genre: Comedy, Shounen, Slice of Life
Sinopsis:
Di dalam Lautan, terdapat beberapa makhluk yang masih belum diketahui keberadaannya. Termasuk adanya sesosok monster cumi-cumi yang baru-baru ini mulai menampakan dirinya untuk tujuan menguasai daratan.

Saat monster tersebut muncul, ternyata tampilannya tidak begitu mengerikan, bahkan bisa dibilang imut. Ia adalah Ika Musumi, seorang gadis cumi-cumi berambut biru yang memiliki penampilan seperti seorang gadis.

Karena ulah manusia yang membuat tempat tinggalnya tercemar, Ika yang tidak membiarkannya begitu saja berencana ingin menguasai daratan beserta manusia supaya tidak melakukan perbuatan tersebut kembali.

Dengan rasa kepercayaan diri yang tinggi, Ika mengatakan bahwa dirinya dapat mampu menguasai daratan hanya dengan rambut tentakelnya dan ludah tinta hitamnya saja.

Namun invasi Ika ternyata tidak berjalan lancar. Setelah memulai penyerangan dimana target pertamanya adalah menghancurkan sebuah rumah pantai yang merupakan tempat Keluarga Aizawa tinggal, sang penghuni rumah yang kesal dengan perbuatan Ika memintanya untuk bertanggung jawab dengan apa yang dilakukannya.

Sebagai ganti rugi, kini Ika harus bekerja sementara di sebuah restoran tempat Keluarga Aizawa. Disanalah Ika mulai mempelajari hal-hal tentang manusia yang belum ia ketahui dan bertemu dengan berbagai orang-orang aneh.

Review:
Setelah membaca sinopsisnya, kamu akan menyadari sebuah keunikan yang terdapat dalam Anime Slice of Life Comedy ini, yaitu hadirnya seorang manusia cumi-cumi yang menjadi penghibur utama cerita.

Tingkahnya yang tidak mengetahui apapun tentang manusia membuat sepanjang cerita menghibur. Selain itu grafisnya juga lumayan, terdapat beberapa karakter menarik selain sang tokoh utama, walaupun terdapat konsep fiksi di dalamnya, namun elemen slice of life dari seri ini masih terasa.

28. Azumanga Daioh

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Azumanga Daioh
Azumanga Daioh

Jumlah Episode: 26
Rating MAL: 8.04
Genre: Slice of Life, Comedy, School
Sinopsis:
Mengisahkan tentang kegiatan sehari-hari beberapa murid yang memiliki sifat aneh dan menyenangkan bersama dengan guru mereka yang juga ikut aneh di salah satu ruangan kelas di sebuah sekolah.

Chiyo Mihama, adalah seorang gadis berumur 10 tahun yang menjadi siswa teraneh di kelasnya namun memiliki kecerdasan yang tinggi hingga membuat dirinya lompat kelas ke kelas 5 di usianya. Tidak hanya Chiyo yang aneh, disana juga terdapa beberapa teman lainnya yang memiliki sifat aneh, unik, dan menarik.

Mereka terdiri dari: Tomo Takino, gadis tomboy yang sangat energik bahkan melebihi otaknya; Koyomi Mizuhara, si teman terbaik namun menjengkelkan; Sakaki, gadis yang terlihat paling normal dari lainnya yang paras cantik, ateletis, dan suka dengan hewan namun sebenarnya ia menyembunyikan sisinya yang lembut;

dan Ayumu Kasuga, murid pindahan bersifat aneh yang ditempatkan di kelas bersama dengan orang-orang aneh lainnya sama sehingga mereka menjadi sangat cocok.

Setiap hari, Mereka menghabiskan waktu bersama di sekolah dengan guru wali kelasnya bernama Yukari Tanizaki yang dikenal sangat menyeramkan dan kadang memiliki sifat cabul.

Review:
Kembali lagi Anime Slice of Life Comedy bertema sekolahan yang hanya berisi tentang kegiatan sehari-hari di sekolah dan dibuat dengan cerita secara episodik.

Selain ceritanya biasa namun seru, animasinya juga sederhana dan agak lawas (mungkin karena rilisnya tahun 2002) namun tetap nyaman untuk ditonton sehingga seri ini layak untuk dijadikan sebagai daftar Anime Slice of Life Comedy Terbaik

29. Hidamari Sketch

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Hidamari Sketch
Hidamari Sketch

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.49
Genre: Slice of Life, Comedy, School
Sinopsis:
Setelah bertahun-tahun kemdian, impian Yuno untuk memasuki sekolah SMA seni Yamabuki akhirnya telah terwujud. Setelah diterima, Yuno berencana akan meninggalkan rumah beserta keluarganya untuk pertama kali karena ia akan pindah ke Apartemen Hidamari yang terletak di sebrang jalan dimana sekolah berada.

Di sana, Yuno segera mendapatkan menjadi teman baik bagi para penghuni apartemen dan berbagi ikatan pertemanan termasuk kepada salah satu teman sekelasnya bernama Miyako, perempuan yang dikenal sebagai penghuni paling mengerikan beserta dengan dua orang murid kelas dua yaitu Sae dan Hiro.

Yuno memulai untuk membentuk jaringan pendukung yang ia butuhkan untuk menangani orang-orang aneh seperti pemilik apartemen yang maskulin, guru yang suka cosplay, dan semua orang-orang aneh lainnya yang berada di sekolah seni.

Review:
Sama seperti Anime Slice of Life lainnya, kamu tidak perlu mengharapkan plot yang mengejutkan pada seri ini. Ini hanyalah sekedar kegiatan sehari-hari dengan menyajikan comedy sederhana namun lucu dan mampu menghibur banyak penonton.

Krakternya dibuat seperti versi chibi, dan episodenya yang banyak, dimana terdapat 4 season didalamnya, semua ceritanya akan membuatmu merasa puas sebagai Daftar Anime Slice of Life Comedy Terbaik.

30. Genshiken

Anime Slice of Life Comedy Terbaik - Genshiken
Genshiken

Mengisahkan tentang Sasahara Kenji, Seorang mahasiswa introvert yang sangat pemalu dan sangat tidak percaya diri, memutuskan untuk masuk ke dalam klub Masyarakat Studi Visual Budaya Modern (Genshiken) dengan harapan agar bisa merubah dirinya dengan lingkungan penuh rasa percaya diri.

Setelah menyiapkan mental dan masuk ke dalam klub, seketika Kenji kembali hancur oleh seorang pria otaku bernama Harunobu Madarame yang membuat mental Kenji turun lagi dengan menjelek-jelekannya. Setelah celaan tersebut, Kenji kembali menjadi tidak percaya diri dan enggan untuk masuk klub tersebut kembali.

Namun, untungnya ia bertemu Makoto Kousaka, seorang lelaki tampan yang juga seorang Otaku sekaligus anggota Genshiken. Setelah bertemu dengannya, Kenji akhirnya kembali masuk ke dalam Genshiken dan akhirnya menjadi anggota klub.

Kini kehidupannya mulai berubah, setelah menjadi anggota klub, Kenji sering terlibat dalam beberapa kegiatan klub yang berhubungan dengan anime atau manga seperti menghadiri festival otaku, menghadiri Doujinshi, dan lain-lain. Kini dengan kehidupan baru Kenji bersama dengan teman baru sesama otaku telah dimulai.

Review:
Anime Slice of Life Comedy Terbaik tentang kehidupan sehari-hari otaku dimana setiap episodenya menyajikan berbagai kegiatan otaku yang sangat menarik dan menghibur. Bagi kamu yang tertarik mengikuti budaya otaku, anime ini sangat cocok dan wajib diikuti untuk kamu.

Comedynya juga berkualitas, selain menyajikan beberapa lelucon sederhana, terdapat juga beberapa adegan parody yang menarik untuk ditonton.
Previous
Next Post »