40 Anime Drama Romance Terbaik Paling Baper

Anime Drama Romance Terbaik
Anime Drama Romance Terbaik

Anime Drama Romance memiliki berbagai macam cerita didalamnya. Cerita Drama Romance tidak selalu memberikan rasa emosional kepada penonton, bahkan beberapa ada yang menyelipkan unsur comedy supaya penonton bisa santai sejenak supaya tidak terlalu tegang karena terus menerus disajikan sebuah konflik.

Pada kesempatan kali ini, Animeneom akan memberikan Rekomendasi Daftar Anime Drama Romance Terbaik yang sangat mantap untuk ditonton dengan keunggulan dari segi cerita, grafis, dan lain-lain.



Anime Drama Romance Terbaik


Deretan Anime Drama Romance Terbaik berikut ini dipilih dari tingkat kepopuleran dan kualitas cerita. Dalam deretan ini terdapat seri yang fokus dengan genre lain namun drama romancenya masih terasa. berbagai macam konflik dibuat untuk memberikan cerita menegangkan, dan konflik tersebut biasanya terdiri dari:

  • Konflik Cinta Segitiga
  • Adanya Unsur NTR
  • Cinta yang mempertaruhkan hubungan persahabatan
  • Heroine yang memiliki masalah karena sebuah tragedi atau memiliki sebuah penyakit.
  • dan lain-lain

Jadi langsung saja, berikut daftar Anime Drama Romance dengan berbagai cerita menarik dan seru untuk ditonton.

1. Clannad

Anime Drama Romance Terbaik - Clannad
Clannad

Jumlah Episode: 23
Rating MAL: 8.31
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, Supernatural, School, Drama
Sinopsis:
Kehidupan Tomoya Okazaki semakin hancur, dan hal tersebut membuat dirinya tidak ingin lagi menjalani hidup dengan benar. Ini terjadi karena keadaan keluarganya yang sangat memprihatinkan. Sang Ayah, setiap hari mabuk-mabukan setelah pulang ke rumah sedangkan Sang Ibu telah meninggalkan mereka karena kelakuan ayahnya tersebut.

Hal tersebut membuat hubungan Tomoya dan keluarganya selalu berakhir bertengkar. kurangnya keharmonisan keluarga Tomoya membuat cita-citanya untuk menjadi seorang pemain basket tidak bisa terwujud dan membuatnya merasa putus asa dengan kehidupannya saat ini.

Ketika Tomoya mulai berniat untuk menjalani hidup sesukanya, disana ia bertemu dengan seorang gadis bernama Nagisa Furukawa, siswi yang sebenarnya merupakan kakak kelas Yomoya namun tidak lulus karena pada saat ujian ia tidak masuk. Tomoya terkesan dengan Nagisa yang mengalami cobaan berat tersebut namun masih mampu menghadapinya dengan penuh semangat.

Tomoya akhirnya mulai menjalani berteman dengan Nagisa dan mendapatkan berbagai pelajaran hidup yang membuat dirinya harus tetap teguh walaupun mengalami cobaan seberat apapun berkat kehadiran Nagisa dalam hidup Tomoya.

Review:
Anime Drama Romance Terbaik yang akan mengubah-ubah emosimu dari perasaan tertawa hingga menangis. Pada Anime ini kamu akan mendapatkan pelajaran dari point-point penting yang disampaikan dalam cerita.

Selain memberikan banyak nilai positif, ceritanya sangat menarik, penuh drama yang bikin baper hingga membuat penonton berlinang air mata. Namun cerita tidak hanya mengarah ke drama saja karena Anime ini juga memiliki genre comedy natural yang tidak garing dan sangat menghibur.

2. White Album 2

Anime Drama Romance Terbaik - White Album 2
White Album 2

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.87
Genre: Drama, Music, Romance, Slice of Life
Sinopsis:
Memasuki pertangahan Bulan Oktober, Klub musik SMA Hojou terancam bubar karena kekuarangan anggota klub. Supaya bisa bertahan, klub tersebut diharuskan untuk tampil dalam festival sekolah yang sebentar lagi akan diadakan.

Sayangnya Anggota sebelumnya dari klub tersebut keluar sehingga klub tersebut hanya menyisakan dua anggota, yaitu seorang gitaris bernama Kitahara Haruki dan sahabatnya yang bernama Takeya Lizuka. Dalam keadaan terpuruk yang dialami klub, harapan untuk tampil dalam pertunjukan mungkin tidak bisa terwujud.

Namun mereka tidak akan menyerah begitu saja. Dua anggota tersisa, berusaha keras untuk mencari anggota baru supaya dapat mengisi kekosongan dalam klub. Kerja keras yang dilakukan Haruki ternyata membuahkan hasil, dua anggota baru telah bergabung.

Mereka terdiri dari: Setsuna Ogiso, Seorang gadis populer yang telah memenangkan Miss Houjou dalam dua tahun yang akan menjadi vocalist karena memiliki suara emas; dan Kazusa Touma, gadis berambut hitam yang merupakan teman sekelas Haruki.

Klub musik mulai menandakan kebangkitannya, namun dalam proses kebangkitan tersebut, konflik baru mulai muncul dimana kedua gadis terlibat dalam cinta segitiga dengan Haruki.

Review:
Drama yang fokus terhadap konflik kisah cinta segitiga ini, memiliki alur cerita yang membuatmu terus penasaran dengan penonton yang bertanya-tanya bagaiamana hubungan tersebut berakhir.

Anime yang diadaptasi dari Visual Novel ini menjadi salah satu anime terpopuler tahun 2013 karena dramanya yang membuat penonton nyesek dan baper.

Selain unggul dalam cerita, grafisnya juga enak dilihat, background lumayan, serta desain karakter yang dibuat sama persis dengan Visual Novelnya. Jika kamu ingin mencari Anime Drama Romance Terbaik dari konflik cinta segitiga, White Album 2 adalah rekomendasi terbaik untukmu.

3. Nagi no Asukara

Anime Drama Romance Terbaik - Nagi no Asukara
Nagi no Asukara

Jumlah Episode : 26
Rating MAL : 8.23
Genre : Drama, Fantasy, Romance, School
Sinopsis :
Dahulu kala, kehidupan umat manusia terbagi ke dua tempat. mereka yang hidup di bawah laut, dan mereka yang hidup darat dekat dengan lautan. mereka yang tinggal di bawah laut mampu hidup dan menjalani kehidupan seperti penghuni di darat tanpa khawatir kehabisan nafas.

Hal tersebut lantaran Umat manusia disana memiliki sebuah lapisan kulit bernama “Ena” yang membuat mereka mampu bernafas dalam air. Namun lapisan tersebut tidak boleh kering karena hal tersebut justru membuat mereka kesulitan bernafas dalam daratan.

Seiring kehidupan berjalan, manusia penghuni bawah air memilih bermigrasi di wilayah permukaan untuk mendapatkan sebuah kehidupan baru. Waktu terus berjalan, penghuni bawah laut yang bermigrasi semakin banyak.

Karena berbeda jenis manusia, kini manusia penghuni bawah laut sering menjadi bahan diskrimasi. Kisah berpusat tentang beberapa remaja dari kelompok penghuni bawah air, mereka adalah: Manaka Mukaido, Hikari Sakashima, Kaname Isaki dan Chisaki Hiradaira.

Mereka adalah teman masa kecil yang sudah bersama sejak lama, kini tempat dimana mereka besekolah harus dilanjutkan di wilayah daratan karena sekolah mereka sebelumnya telah ditutup. Karena belum terbiasa disana, , mereka harus beradaptasi di tempat baru dimana mereka bersekolah.

Disana ia bertemu dengan manusia dari daratan bernama Tsumugu Kihara, teman sekolahnya yang diketahui suka memancing. Ini adalah kisah tentang sekelompok remaja tersebut yang harus beradaptasi di lingkungan barunya.

Review:
Bagi kamu pecinta Anime Drama Romance dengan konflik berupa kisah cinta rumit, Nagi No Asukara adalah pilihan cocok untuk kamu.

Awal Cerita memang disajikan agak lambat, namun di episode selanjutnya, kamu akan menemukan konflik unik berupa kisah cinta bercabang-cabang dan hal ini membuat kamu betah untuk terus menontonnya karena penasaran.

Selain memberikan banyak konflik yang menarik, Anime dengan Konsep fantasy ini juga dikenal unggul dari Grafisnya yang sangat indah, warna warni dan memukau dari Studio P.A Works sehingga Nagi no Asukara layak untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Drama Romance Terbaik.

4. Nana

Anime Drama Romance Terbaik - Nana
Nana

Jumlah Episode: 47
Rating MAL: 8.50
Genre: Music, Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, Shoujo
Sinopsis:
Nana Komatsu, adalah seorang gadis lugu berumur 20 tahun yang memiliki kebiasaan jatuh cinta pada pandangan pertama kepada seseorang di sekelilingnya dengan mudah. Kekasihnya bernama Shouji Endo yang kini sedang berada di kota Tokyo.

Komatsu berusaha menabung uang dalam beberapa tahun untuk mencari kekasih tercintanya tersebut. Di sisi lain dari Komatsu yang pergi ke Tokyo untuk mengikuti dan mencari kekasihnya di Tokyo, terdapat Nana lainnya yang bernama Nana Osaki, seorang perempuan penyanyi band punk bernama “Black Stone” atau disingkat “BLAST” .

Ia tinggal bersama kekasihnya bernama Ren Honjo sejak 16 tahun yang merupakan seorang pemegang bass dari bandnya. Dengan tekad kuat untuk menjadi seorang rockstar, Osaki memutuskan untuk pindah ke Tokyo pada usianya yang sudah memasuki 20 tahun untuk mengembangkan karirnya dalam bermain musik.

Kedua Nana secara tidak sengaja bertemu dalam sebuah takdir dan Mereka mulai berteman dan berbagi apartement. Meskipun memiliki tujuan yang berbeda, mereka dapat bersahabat dengan baik hingga mampu menjalani hubungan semakin dekat.

Namun tak lama kemudian, Kisah dari kedua Nana ini memiliki masalah yang berbeda dan masalah tersebut mungkin berkaitan dengan hubungan persahabatan dan asmara.

Review:
Walaupun visualnya bukanlah selera dari penggemar anime jaman sekarang, artinya tidak ada karakter moe, loli, dan semacamnya, namun segi ceritanya sangat unggul dari Anime Drama Romance lainnya.

Setiap Karakter, dibuat sedemikian rupa dengan karakter di dunia nyata supaya ceritanya lebih real dimana konfliknya dibuat realistis.

Selain ceritanya yang mengesankan, Penerapan Character Development nya juga sangat bagus dan ini menjadi sebuah Rekomendasi Anime Drama Romance Terbaik bagi penonton yang ingin mencari cerita berkualitas.

5. Little Buster

Anime Drama Romance Terbaik - Little Buster
Little Buster

Jumlah Episode: 26
Rating MAL: 7.61
Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, School, Romance
Sinopsis :
Di usia mudanya, seorang anak bernama Riki Naoe harus mengalami kesedihan mendalam karena kehilangan orang tuanya yang meninggal karena sebuah kecelakaan tragis. Setelah Orang tuanya meninggal, Riki berubah menjadi anak yang sering menutup diri dari dunia sosial.

Dalam kesedihan Riki yang masih ia rasakan, seorang anak laki-laki bernama Kyousuke Natsume mencoba untuk menolong Riki untuk menghilangkan rasa depresinya dengan merekrut Riki ke dalam sebuah kelompok bernama “Little Buster”, kelompok beranggotakan para remaja yang merupakan teman masa kecil.

Mereka terdiri dari: Kengo Miyazawa, Masato Inohara, Rin Natsume, dan Kyousuke Natsume, Dengan kehadiran kelompok Little Buster, kehidupan Riki mulai diisi dengan keceriaan dengan melawan berbagai masalah dan melakukan berbagai kegiatan masa muda yang menyenangkan.

Beberapa tahun telah berlalu, kini mereka sudah menginjak bangku sekolah SMA, Seiring berjalannya waktu, hari-hari menyenangkan Little Buster semakin berkurang.

Kyousuke Sebagai ketua Little Buster, memutuskan untuk membentuk tim baseball sebagai siswa tahun terakhir supaya mereka bisa menghabiskan masa-masanya dengan melakukan aktivitas bersama di sekolah.

Sayangnya jumlah anggotanya belum mencukupi, Riki yang merasa harus berbalas budi karena dulu telah ditolong oleh Litte Buster memutuskan untuk menolong Kyousuke dengan mencari anggota baru.

Review:
Perlu diketahui, jika kamu menonton anime ini, mungkin akan terasa membosankan. Dramanya juga biasa, serta romance tidak terlalu tebal karena pada Little Buster hanya menyajikan banyak cerita comedy yang menghibur. Namun kamu tak perlu khawatir.

Cerita dengan konflik yang sebenarnya ada di sequelnya, yaitu Little Buster! Refrain, dimana cerita sebagai Anime Drama Romance dimulai dari situ dengan drama yang menyentuh, kisah cinta menarik dan dijamin akan membuatmu merasa puas.

6. Kotonoha no Niwa (The Garden of Words)

Anime Drama Romance Terbaik - Kotonoha no Niwa
Kotonoha no Niwa

Jumlah Episode: 1 (Movie)
Rating MAL: 8.25
Genre: Slice of Life, Psychological, Drama, Romance
Sinopsis:
Takao Akizuki, adalah seorang pelajar 15 tahun yang bercita-cita ingin menjadi desainer sepatu pada suatu hari nanti. Saat Pelajaran di Sekolah masih berlangsung, Diketahui Takao sering membolos apalagi saat turun hujan dengan pergi ke taman.

Pada Suatu hari, ia bertemu dengan seorang perempuan yang sedang duduk di Gazebo sambil memakan cemilan dan minum bir dengan pakaian rapinya. Ia adalah Yukino Yukari, seorang wanita dewasa misterius yang hampir setiap hari disana dengan mengenakan sepatu yang berbeda-beda.

Sepatu Yukino, menarik perhatian Takao dan membuatnya ingin mendesain sepatu-sepatunya untuk mendapatkan inspirasi. Akhirnya mereka mulai saling mengenal dan bertemu pada setiap hujan turun. Takao selalu bertemu dengan Yukino di tempat tersebut dan saling bercerita tentang diri mereka.

Seiring berjalannya waktu, kedekatan mereka membuat keduanya tidak sadar bahwa mereka mengembangkan perasaan satu sama lain.

Review:
Salah satu Anime buatan Makoto Shinkai yang dikenal sebagai masterpiece Anime Drama Movie Terbaik dengan cerita yang berhasil membuat penonton baper dengan setiap cerita yang ia buat.

Kotonoha no Miwa, adalah salah satu karya unggulan dimana seri ini memberikan grafis yang memanjakan mata, karena efek menakjubkan bagaikan sebuah lukisan bergerak serta latar yang diambil dari tempat nyata.

Anime Drama Romance berjenis Movie ini memiliki cerita menarik tentang kisah cinta dua pasangan dengan perbandingan umur yang cukup jauh. Kisah cinta mereka yang disajikan dalam seri ini sangat menyentuh karena dramanya cukup kuat.

7. Shigatsu wa Kimi no Uso

Anime Drama Romance Terbaik - Shigatsu wa Kimi no Uso
Shigatsu wa Kimi no Uso

Jumlah Episode: 22
Rating MAL: 8.87
Genre: Drama, Music, Romance, School, Shounen
Sinopsis:
Arima Kousei, adalah anak laki-laki memiliki bakat menakjubkan dalam bermain piano dan sering memenangkan berbagai kejuaraan kompetisi piano peringkat pertama di tingkat anak-anak seumurannya.

Saking berbakatnya dia , Arima mendapatkan julukan sebagai “Manusia Metronome”, dimana julukan tersebut diberikan untuk sang pianis terhebat dan termuda seperti dirinya.

Bakat yang ia miliki, semua itu adalah berkat kerja keras ibunya yang telah mendidik dan mengajarinya dengan baik melalui metode khususmya sehingga membuat Arima sehebat seperti sekarang ini.

Namun ketika Ibunya telah meninggal, Kesedihan mendalam yang dirasakan Arima membuat ia memutuskan berhenti bermain piano untuk selamanya. Beberapa tahun kemudian, Arima kini telah menjadi remaja yang menginjak bangku sekolah SMP.

Pada suatu hari ia bertemu dengan seorang gadis berambut pirang cantik bernama Kaori Miyazono. Ternyata Kaori adalah gadis yang memiliki bakat dalam bermain musik sama seperti Arima.

Kedua remaja yang berbakat dalam bermain musik, dipertemukan dalam sebuah takdir, dan pertemuan mereka membuat Arima memutuskan untuk kembali terjun ke dunia musik sekali lagi.

Review:
Rekomendasi Anime Drama Romance Terbaik bertema musik yang sangat populer karena dapat membuat penonton tidak bisa move on dengan suguhan cerita dramatis yang sangat menyentuh.

Untuk cerita drama romance, seri ini juaranya karena sudah banyak penonton yang mengaku bahwa seri ini memang layak untuk dijadikan sebagai Anime Drama Romance School Terbaik.

 Grafis yang disajikan juga bagus, memiliki gerakan halus, apalagi efek pengambilan gambar saat memasuki konser musik. Hal paling utama dari seri ini adalah OST sesuai tema yang dibuat sangat bagus dan epic untuk didengar.

8. Hachimitsu to Clover

Anime Drama Romance Terbaik - Hachimitsu to Clover
Hachimitsu to Clover

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 8.13
Genre: Comedy, Drama, Josei, Romance, Slice of Life
Sinopsis:
Shinobu Morita, Yuuta Takemoto, Takumi Mayama merupakan tiga remaja dari universitas jurusan seni yang tinggal di apartemen murah dengan hidup pas-pasan

Walaupun masing-masing memiliki sifat yang berbeda-beda namun ketiga remaja tersebut mampu menjalani hubungan baik hingga menjadi sahabat.

Pada suatu hari, mereka bertemu dengan perempuan bertubuh mungil bernama Hagumi Hanamoto, yang ternyata ia adalah sepupu dari seorang dosen seni bernama Shuuji Hanamoto. Meskipun bertubuh kecil, namun ia memiliki banyak keunggulan dan sangat berbakat dalam berbagai hal.

Hagumi memiliki teman baik yang sangat dekat dengannya, Ia adalah Ayumi Yamada dimana kedekatan mereka berdua bisa disetarkan dengan hubungan saudara.

Setelah pertemuan tersebut, ketiga pemuda masing-masing mulai memiliki perasaan cinta. Shinobu dan Yuuta segera jatuh cinta dengan orang yang sama yaitu Hagumi dan menimbulkan sebuah persaingan diantara mereka.

Sedangkan di sisi lain, Ayumi mempunyai perasaan terhadap Mayama namun sayangnya Mayama memendam perasaan cinta dengan seorang desainer janda bernama Rika Harada. Para pemuda tersebut kini terlibat dalam sebuah konflik cinta segitiga rumit sambil menjalani kehidupan sebagai seorang mahasiswa.

Review:
Salah satu Anime Drama Romance yang wajib ditonton karena ceritanya sangat menakjubkan. Dari sinopsis mungkin kamu sudah sadar konflik yang diberikan seri ini.

Yap, Hachimitsu no Clover adalah Anime Drama Romance yang menyajikan kisah cinta rumit dari para mahasiswa. Ceritanya seru dan membuatmu penasaran, selain itu grafisnya bagus dan nyaman untuk ditonton.

9. ef: Tale of Memories/Melodies

Anime Drama Romance Terbaik - ef: Tale of Memories/Melodies
ef: Tale of Memories/Melodies

Jumlah Episode: 12 (2 Season)
Rating MAL: 8.08
Genre: Mystery, Drama, Romance
Sinopsis:
Ini adalah kisah tentang Seorang remaja bernama Hirono Hiro yang tertarik bekerja sebagai pembuat manga. Pada saat malam natal, Hiro melihat seorang pencuri yang sedang melewatinya dengan naik sepeda.

Setelah itu, ia segera bertemu dengan seorang gadis bernama Miyako Miyamura yang tiba-tiba meminjam sepeda Hiro untuk mengejar pencuri tersebut.

Setelah Hiro berusaha untuk menyusul Miyako, ia menemukan sepedanya telah rusak beserta Miyako yang dalam kondisi tidak sadar. Setelah pertemuan tak terduga mereka, akhirnya keduanya menghabiskan malam natal bersama-sama.

Keesokan harinya, secara kebetulan ternyata mereka berada di sekolah yang sama. Karena mereka mulai akrab dan menjalani hubungan baik, hal tersebut membuat teman semasa kecil Hiro bernama Kei Shindou merasa cemburu dan akhirya Kisah cinta Hiro mulai berjalan rumit.

Di sisi lain, cerita berkisar tentang pria bernama Renji Asou yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang ksatria berzirah. Pada suatu hari, Ia bertemu saudara kembar Kei bernama Chihiro Shindou yang memiliki sifat pemalu. Ia menghabiskan waktu dengan membaca buku sendiri di sebuah stasiun kereta yang sudah tak dipakai.

Mereka pun mulai menjadi teman dan memutuskan bersama untuk membuat novel. Akan tetapi setelah Renji mengetahui tentang rahasia Chihiro dimana ingatanya hanya bertahan sementara, Disini Kisah cinta rumit terjalin dengan penuh kenangan, penolakan, dan misteri.

Review:
Anime Drama Romance yang satu ini akan membuatmu bertanya-tanya karena genre mystery yang perlu dipahami jika kamu sudah menonton anime ini hingga selesai.

Bagi kamu pecinta Anime Drama Romance dengan cerita berat seri ini sangat direkomendasikan untuk ditonton. Selain memiliki cerita yang mengesankan, grafisnya juga bagus namun standar mengetahui ini adalah seri yang agak lama karena rilis pada tahun 2007

10. Plastic Memories

Anime Drama Romance Terbaik - Plastic Memories
Plastic Memories

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 8.00
Genre: Sci-Fi, Drama, Romance
Sinopsis:
Mengisahkan tentang waktu yang sudah memasuki masa depan. Kini manusia hidup berdampingan dengan Android yang diciptakan untuk membantu mereka dalam melakukan berbagai kegiatan.

Android itu disebut sebagai Giftia, manusia buatan yang dikenal memiliki kesamaan dengan manusia dari wujud hingga perasaan. Namun sayangnya kehidupan Giftia dibatasi. jangka waktu hidupnya diketahui hanya mampu bertahan dalam waktu 81.920 jam atau 9 tahun 8 bulan.

Jika Giftia hidup lebih dari batas waktu yang ditentukan, mereka bisa rusak, mengamuk, dan lebih parahnya lagi, mereka bisa melakukan tindakan kasar.

SAI Corporation, Salah satu perusahaan pembuat Giftia unggulan karena dikenal mampu mengelola Giftia dengan kualitas terbaik karena kualitas Giftianya hampir menyamai dengan manusia.

Cerita berpusat tentang Mizugaki Tsukasa, seorang remaja 18 tahun yang gagal mengikuti ujian perguruan tinggi dan memutuskan untuk bekerja di Anak Perusahaan SAI Corps, yaitu Terminal Service.

Sebagai karyawan baru, Tsukasa mendapatkan tugas untuk mengambil para Giftia yang masa hidupnya sudah mencapai batas waktu untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Untuk mempermudah pekerjaanya, Tsukasa ditemani oleh seorang Giftia veteran cantik bernama Isla yang bekerja sebagai partner Tsuaka. Walaupun tampaknya Isla adalah Giftia bertubuh mungil dan terlihat pendiam, Isla sebenarnya merupakan Giftia terbaik yang bisa diandalkan dalam menjalani berbagai tugas.

Review:
Anime Drama Romance dengan kisah cinta unik antara manusia dan manusia buatan. Mungkin beberapa penonton tidak bisa membayangkan bagaiamana ceritanya berlangsung.

Selain memiliki cerita romance yang menarik dan unik, seri ini menyelipkan unsur comedy biasa yang menghibur ditambah animasi yang berkualitas dimana penggamaranya sesuai dengan latar masa depan yang dibuat.

11. Golden Time

Anime Drama Romance Terbaik - Golden Time
Golden Time

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 7.89
Genre: Comedy, Drama, Romance
Sinopsis:
Banri Tada, adalah seorang pria yang telah mengalami Amnesia namun sekarang Ia memilih untuk menjalani hidup baru dengan pintah ke Tokyo dan menjadi mahasiswa di salah satu universitas disana.

Telah diketahui bahwa Amnesia yang ia alami disebabkan oleh kecelakaan dan membuat ingatan tentang orang-orang terdekatnya seketika menghilang.

Daripada mencoba mengingat ingatan tersebut, lebih baik ia menjalani hidup baru, itulah yang pikirkan Banri saat ini. Hal tersebut dikarenakan bahwa Banri tidak ingin orang-orang terdekatnya di masa lalu kecewa karena tidak mengingat dirinya.

Hari Penerimaan Siswa baru telah dimulai, Saat Banri menuju ke sana, ia berakhir tersesat. Namun ternyata ia tidak sendiri, salah satu mahasiswa baru bernama Yanagisawa Mitsuo ternyata juga tersesat.

Setelah mereka bekerja sama untuk mencari jalan keluar, akhirnya tempat yang ia tuju telah sampai namun saat itu pula, mereka tiba-tiba bertemu dengan Kaga Kouko, gadis cantik dan kaya yang tiba-tiba memberikan mereka seikat bunga mawar sebagai ucapan selamat.

Review:
Salah satu Anime Drama Romance Terbaik ini, Awal ceritanya memberikan lebih banyak comedy berupa sebuah lelucon sederhana tapi lucu. Namun ketika terus mengikutinya, konflik dalam cerita mulai muncul dan disitulah berbagai cerita menyentuh dan kejutan terjadi.

Ketika memasuki pertengahan cerita akan ada beberapa hal yang membuatmu penasaran dengan setiap episodenya. Grafisnya juga bagus, standar berkualitas tinggi serta suara dari para seiyuu yang menghayati dan membuat anime ini tampak nyata.

12. Koi Kaze

Anime Drama Romance Terbaik - Koi Kaze
Koi Kaze

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.25
Genre: Drama, Psychological, Romance, Seinen, Slice of Life
Sinopsis:
Saeki Koushiro, adalah seorang Wedding Planer berusia 27 tahun yang tinggal bersama ayanhnya, kini sedang mengalami kehidupan berantakan. Hidupnya sangat sulit dan hal tersebut membuat ia tidak bisa tahan dengan kehidupannya saat ini.

Padahal dulu ia pernah memiliki seorang kekasih, namun hubungan mereka segera berakhir karana Koushiro bersikap sangat dingin kepadanya sehingga pacarnya menganggap bahwa ia mungkin sudah menemukan gadis lain.

Di pagi yang cerah, ketika Koushiro di sebuah kereta sambil merasakan putus asa dengan kehidupannya, ia bertemu dengan seorang gadis SMA yang membuat hati Koushiro seketika bergetar dan membuat hatinya terdorong untuk memiliki dirinya.

Setelah turun dari kereta, gadis itu pergi dengan meninggalkan dompetnya. Koushiro yang mengetahuinya, segeta mengambil dompet tersebut dan mengembalikanya. gadis itu senang karena tertolong dan tersenyum seperti bunga sakura yang mekar ke arah Koushiro.

Sepertinya Koushiro benar-benar memiliki perasaan kepadanya. Namun secara tak terduga, Koushiro terkejut bahwa gadis tersebut merupakan adiknya sendiri, dan kini ia menetap bersama dengan Koushiro dan ayahnya.

Review:
Mungkin sebagian sudah tahu cerita apa yang disuguhkan pada anime ini. Sudah terdapat gambaran dari sinipsis bahwa Ini adalah Anime Drama Romance Terbaik bertema incest (siscon-brocon) atau bisa disebut cinta antar saudara.

Tema cerita yang terkesan dewasa yang menyajikan sedikit comedy dan memfokuskan drama menyentuh dari sebuah konflik yang menegangkan dan bikin kamu penasaran. Untuk segi grafis, sebenarnya seri ini biasa saja pada masanya, tidak bagus, tapi juga tidak jelek.

Mungkin untuk kamu yang suka anime dengan karakter moe atau tampan, Koi Kaze kurang cocok, karena seri ini lebih mengedepankan kualitas cerita.

13. Higashi no Eden

Anime Drama Romance Terbaik - Higashi no Eden
Higashi no Eden

Jumlah Episode: 11
Rating MAL: 7.93
Genre: Action, Sci-Fi, Mystery, Drama, Romance, Thriller
Sinopsis:
Careless Monday, merupakan hari dimana sepuluh rudal dijatuhkan ke kota jepang pada tanggal 22 November 2010 namun tidak memberikan kerugian dari pihak manapun sehingga kejadian tersebut segera dilupakan oleh masyarakat dan mereka tetap melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa.

Kehidupan seorang gadis bernama Saki Morimi yang sedang melakukan Graduation Trip dengan pergi ke Washington D.C tiba-tiba saja terlibat masalah dengan polisi. Untungnya ia segera diselamatkan oleh seorang pria aneh telanjang bulat bernama Akira Takizawa.

Diketahui Akira merupakan pria misterius yang sedang mengalami amnesia dan membawa satu senjatan dan sebuah ponsel dengan rekening digital senilai 8,2 miliar yen didalamnya. Meskipun sosoknya penuh teka-teki, namun Saki bisa menjadi dekat dengan Akira tanpa tahu banyak tentang dirinya.

Ketika mereka kembali ke jepang dengan harapan untuk mengetahui siapa dirinya, teka-teki dalam diri Akira secara tidak sengaja telah melibatkan keselamatan dunia yang berkaitan dengan uang, ponsel, dan perisitwa jatuhnya rudal yang baru-baru ini terjadi pada senin lalu

Review:
Tidak hanya menjadikan cerita Anime Drama Romance sja, namun seri ini juga memiliki genre mystery yang menarik dan mampu membuatmu penasaran.

Meskipun seri ini lebih mengarakh ke action dan mystery, Romance dan dramanya tetap terasa. drama nya agak berat namun akan menarik jika kamu sudah paham dengan ceritanya.

Selain unggul dalam segi cerita, Artwork yang dimililik juga tak kalah bagus, pada episode pertama, kamu sudah disuguhkan dengan beberapa pemandangan indah dan menakjubkan.

14. Bokura Ga Ita

Anime Drama Romance Terbaik - Bokura Ga Ita
Bokura Ga Ita

Jumlah Episode: 26
Rating MAL: 7.45
Genre: Slice of Life, Drama, Romance, Shoujo
Sinopsis:
Ketika SMA memasuki tahun ajaran baru, Nanami Takahashi mulai berangkat ke sekolah dengan harapan bahwa ia akan memiliki banyak teman baru. Ia bertemu dengan seorang gadis pemalu bernama Yuri Yamamoto.

Setelah bertemu denganya, ia mendengar tentang anak laki-laki yang dikenal sangat popular di sekolah. ia adalah Motoharu Yano, laki-laki yang awalnya membenci Yuri, namun menjadi suka denganya karena berbagai hal.

Yuri sedikit peduli dengan Yano karena Yuri sebenarnya merupakan kakak dari pacar pertama Yano bernama Nana Yamamoto yang kini seudah meninggal. Setelah kematianya karena sebuah kecalakaan mobil, ia selalu mengingat Nana yang masih membekas dalam hatinya.

Pada saat itu Yano mengetahui bahwa Nana sedang berselingkuh dengan mantan pacarnya. setelah kejadian tersebut ia tidak ingin lagi mempercayai orang lain terutama jika hal tersebut berkaitan dengan Nana. namun berbeda untuk Nanami, ia jusru ingin terus mendukung dan menyemangati Yano.

Akhirnya mereka pun menjadi sahabat yang berakhir dengan saling menyukai. Ini adalah tentang kisah cinta Yano dan Nanami yang penuh perjuangan dengan mengatasi kesalahpahaman.

Review:
Anime Drama Romance terbaik dengan tema shoujo yang membuatmu baper dan terkadang ikut larut dalam cerita tentang sebuah cinta tak terbalaskan. Konfliknya juga menarik, seru dimana para tokoh mengungkin masa lalunya yang membuat cerita tampak grget.

ceritamya sebenarnya ringan tetapi juga akan membuatmu ketagihan. Walaupun grafisnya biasa saja karena memang anime ini termasuk lama yang rilis pada tahun 2006, maka dari itu untuk soal grafis, tidak ada hal istimewa, namun tetap nyaman di mata penonton.

15. Sola

Anime Drama Romance Terbaik - Sola
Sola

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.30
Genre: Drama, Romance, Slice of Life, Supernatural
Sinopsis:
Yorito Moriyima hanyalah sekedar remaja laki-laki sekolahan biasa yang suka memotret langit. Banyak hasil foto yang ia dapat dari saat matahari terbit hingga terbenam, awan, dan lain-lain. Pada suatu hari, ia bertemu dengan seorang gadis yang tampaknya sedang kesal karena terus menendang sebuah mesin minuman.

Ternyata gadis tersebut kesal lantaran jus tomat pilihannya tidak muncul padahal ia sudah memasukkan uangya. Setelah Yorito memberikan bantuan kepada gadis tersebut, tiba-tiba saja ia menghilang dari padangan Yorito dalam sekejap.

Di hari selanjutnya, ia bertemu kembali dengan gadis tersebut yang diketahui sedang diburu oleh seorang pria misterius. Tanpa mengetahui apa yang terjadi, Yorito segera menyelamatkan gadis tersebut dan membiarkannya tinggal di kediamannya.

Telah diketahui bahwa Gadis tersebut bukanlah manusia, melainkan ia adalah seorang “Yaka”, makhluk yang tidak bisa terkena matahari dan ia bernama Matsuri Shihou.

Review:
Sepanjang cerita drama yang disajikan dapat membuatmu terbawa suasan hingga menjadi baper. Sola merupakan salah satu karya berkualitas dengan alur menarik dengan melibatkan sebuah konflik cinta segitiga.

Animasinya juga dibuat cukup baik, pada pembukaan, kamu sudah disajikan dengan suasana cair. Selain itu dengan tambahan unsur supernatural membuat konsepnya bagus sehingga seri ini layak masuk sebagai rekomendasi Daftar Anime Drama Romance Terbaik.

16. Ano natsu de Matteru

Anime Drama Romance Terbaik - Ano natsu de Matteru
Ano natsu de Matteru

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.63
Genre: Comedy, Drama, Romance, Sci-Fi, Slice of Life
Sinopsis:
Cerita memasuki Musim panas, Kaito Kirishima, seorang murid remaja sekolahan biasa yang memiliki sebuah kamera video baru.

Ketika ia hendak mencoba kamera barunya di sebuah jembatan di dekat kota, ia melihat sebuah benda aneh dengan cahaya biru terang melintasi langit yang sedang menuju di sebuah bukit. Pada saat itulah keitika benda aneh tersebut jatuh, Kaito meraskan hal buruk akan terjadi.

Setelah jatuh, tiba-tiba dirinya terhempas namun sebelum ia terluka karena menabrak sesuatu, sosok misterius telah menangkap Kaito. Keesokan harinya, Kaito tiba-tiba sudah terbangun saja di dalam kamarnya tanpa mengetahui apa yang terjadi dan mengapa dirinya tiba-tiba bisa sampai kamarnya.

Karena terlalu rumit untuk dipikirkan, akhirnya ia melupakan kejadian tersebut sejenak dan melanjutkan kehidupannya dengan bertemu dengan teman-temannya untuk membuat film dengan kamera baru yang ia miliki.

Disekolahnya ternyata terdapat kakak kelas baru bernama Ichika Tatsuki. Dengan kehadiran Ichika, Kaito dan kawan-kawannya menghabiskan waktu musim panas dengan ikut mengundangnya supaya hari-hari mereka jauh lebih menyenangkan ketika membuat sebuah film.

Review:
Sebuah cerita tidak biasa yang Disutradarai oleh Nagai Tatsuyaki (sutradara dari anime Toradora dan Anohana) dengan kisah cinta antar manusia dan alien dengan konflik cinta segitiga yang dramatis dan membuat penonton berlinang air mata dengan cerita yang disajikan.

Untuk segi grafis, pemandangannya terkesan menggambarkan sebuah anime slice of life dari pada Sci-fi karena unsur sci-fi hanyalah sampingan untuk mendukung jalan cerita utama dari kisah cinta Ichika.

Jika kamu mencari Anime Drama Romance terbaik dengan cerita yang unik, Ano natsu de Matteru bisa menjadi sebuah rekomendasi yang bagus.

17. Kareshi Kanojo no Jijou

Anime Drama Romance Terbaik - Kareshi Kanojo no Jijou
Kareshi Kanojo no Jijou

Jumlah Episode: 26
Rating MAL: 7.65
Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Shoujo, Slice of Life
Sinopsis:
Cerita berpusat tentang siswi bernama Miyazawa Yukino, seorang siswi yang dikenal sangat cerdas, cantik dan populer. Dengan keinginan untuk menjadi menjadi nomer satu supaya ia selalu diberi pujian, ia melakukan banyak upaya yang sangat besar untuk mewujudkannya.

Pada saat tes masuk SMA, Salah satu siswa populer, tampan, dan pintar bernama Shouichirou Arima mendapatkan ranking lebih tinggi dari Yukino.

Karena Yukino gagal meriah ranking 1, ia memutuskan untuk menjadikan Arima sebagai sainganya dengan bekerja keras dan belajar lebih giat supaya dapat melampauinya. Setelah Yukino berhasil melampauinya, entah mengapa, ia tidak merasakan bahwa ia menang.

Yukino dan Arima setelah itu ditunjuk sebagai pengurus kelas karena sama-sama mempunyai potensi tinggi. Suatu hari, Arima menghampiri Yukino lalu menyatakan perasaan pada Yukino secara tiba-tiba.

Namun ia segera ditolak mentah-mentah. Namun pada saat Arima datang ke rumah Yukino, ia melihat suatu hal tak terduga dari sifat Yukino yang sesungguhnya.

Review:
Salah satu Anime lawas namun memiliki cerita berkualitas sehingga wajib untuk diikuti sebagai Anime Drama Romance Terbaik.

Sepanjang cerita penuh makna dan pesan bahwa cinta itu tidak hanya memandang dari penampilan. Selain menyajikan kisah baper, seri ini juga membawakan banyak adegan comedy yang dijamin dan membuatmu ngakak tak henti-hentinya.

18. Kuzu no Honkai

Anime Drama Romance Terbaik - Kuzu no Honkai
Kuzu no Honkai

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.57
Genre: Drama, Romance, Ecchi, School, Seinen
Sinopsis:
Cerita berpusat tentang Hanabi Yasuraoka, seorang gadis SMA yang jatuh cinta kepada seorang pria yang sangat akrab dengannya dan keluarganya.

Pria yang dimaksud adalah Kanai Narumi, pria yang bekerja sebagai guru di tempat dimana Hanabi bersekolah. Sayangnya, ia harus menerima kenyataan pahit bahwa pria yang sangat ia cintai ternyata jatuh cinta kepada seorang guru musik bernama Akane Minagawa.

Pada suatu hari, Hanabi tidak sengaja bertemu dengan Mugi Awaya, seorang remaja SMA yang ternyata mengalami nasib yang sama dengan Hanabi dimana perempuan yang ia sukai mencintai orang lain. Setelah diketahui perempuan yang dimaksud ternyata Akane.

Untuk menghilangkan rasa sakit hati dalam diri mereka berdua, Hanabi dan Mugi memutuskan untuk berpacaran. Hubungan mereka, ternyata membuat heboh para murid di sekitar sekolah karena merasa iri dan menganggap bahwa Hanabi dan Mugi adalah pasangan cocok dan sempurna.

Namun kenyataannya, tujuan mereka berpacaran ternyata tidak lain hanyalah sebagai pelampiasan untuk menghilangkan rasa sakit hati yang mereka alami.

Review:
Salah satu Anime Drama Romance Terbaik dengan Kisah Drama cinta segitiga rumit untuk dipahami dengan konflik NTR yang membuat penonton terbawa suasana dan memberikan perasaan nyesek dengan alur cerita yang dibuat di setiap episodenya.

Dalam perkembangan episode, seringkali terjadi sebuah cerita yang membuat penonton tak menduganya. Selain itu Visual juga bagus, background dan polesan warna yang indah dan sangat nyaman seolah membuat hati adem walaupun suasanya grafis dan cerita bertolak belakang.

19. Irozuku Sekai no Ashita kara

Anime Drama Romance Terbaik - Irozuku Sekai no Ashita kara
Irozuku Sekai no Ashita kara

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.77
Genre: Drama, Magic, Romance
Sinopsis:
Di sebuah dunia penuh dengan penyihir, di Kota Nagasaki yang kini sudah memasuki masa depan yaitu tahun 2078, dimana keberadaan para penyihir masih ada namun hanya sedikit dari sekian banyaknya manusia.

Hitomi Tsukishiro, adalah seorang gadis berusia 17 tahun dari keluarga penyihir yang harus merasakan penderitaan di sepanjang hidupnya karena tidak bisa melihat warna dunia dan hanya mampu melihat warna hitam dan putih yang membuat dirinya tumbuh menjadi seorang anak tanpa memiliki emosi.

Kohaku Tsukishiro, selaku Nenek dari Hitomi yang merupakan seorang penyihir hebat, tidak tahan melihat cucunya terus merasakan penderitaannya. Untuk itu sang nenek akhirnya memutuskan untuk membawa Hitomi pergi ke masa lalu, yaitu tahun 2018 dimana ia akan menjalani hidup bahagia bersama dengan teman-teman dari masa lalu beserta neneknya yang masih berusia 17 tahun.

Review:
Anime Drama Romance 2018 Original yang menyita perhatian banyak penonton karena grafisnya yang sangat wah, penuh warna dan gerakan yang menakjubkan hampir mirip dengan gradis Nagi no Asukara karena keduanya sama-sama diproduksi oleh orang yang sama dan sama-sama dibuat oleh P.A Works.

 Alasan Irozuku Sekai no Ashita kara masuk ke dalam kategori salah satu Anime Drama Romance 20adalah, ceritanya yang mengesankan walaupun Romance nya sedikit dan lebih fokus ke Drama tentang perkembangan yang dialami Hitomi.

20. True Tears

Anime Drama Romance Terbaik - True Tears
True Tears

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.47
Genre: Drama, Romance, School
Sinopsis:
Hidup satu rumah bersama dengan seorang gadis cantik dan disukai tampaknya adalah sebuah mimpi bagi siswa SMA bernama Shinichirou Nakagami, seorang siswa yang memiliki bakat hebat dalam bidang artistik. Namun kenyataannya, ternyata hal tersebut justru menjadi sebuah mimpi buruk baginya ketika mimpi tersebut terwujud.

Hiromi Yuasa, gadis seusianya sekaligus teman sekolah Shinichirou, harus tinggal bersama dengan keluarganya setelah ayahnya meninggal. Alasan Hiromi tinggal dengan keluarga Shinchirou adalah Ayah dari Hiromi sangat dekat dengan Ayah Shinichirou bahkan mereka saling menganggap sebagai anggota.

Untuk itu, Hiromi yang kini tinggal di kediaman keluarga Shinichirou, merupakan salah satu kebaikan dari kedua ayah yang bersahabat tersebut.

Namun selama tinggal bersama mereka, Hiromi terlihat tidak pernah menunjukkan senyumannya, padahal saat di sekolah, Hiromi dikenal sebagai gadis pintar, ceria, pandai dalam olahraga, dan populer.

Di tempat Shinichirou bersekolah, ia bertemu dengan gadis yang tertarik dengannya, yaitu Noe Isurugi, gadis dengan sikap aneh, dimana dirinya menyukai seekor ayam dan percaya bahwa mereka bisa terbang.

Bersama dengan teman-teman lainmya, Mereka memulai menjalani sebuah hubungan aneh hari demi hari namun membuat mereka semakin dekat, dan seiring berjalannya waktu, Shinichirou mulai berusaha untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan tentang cinta dan kesedihan.

Review:
Anime Drama Romance Terbaik yang satu ini memiliki cerita penuh adegan dramatis yang membuatmu baper dan tersentuh.

Kisah cinta segitiga antar karakter yang berjalan di sepanjang cerita membuat rasa penasaran penonton siapa tokoh wanita yang dipilih oleh Shinichirou karena banyak hal bagian cerita termasuk hubungan antar karakter yang tidak mudah ditebak sehingga membuat penonton penasaran dan menjadi sebuah Rekomendasi Anime Drama Romance terbaik dengan cerita yang membuat hatimu teriris dan nyesek.

21. 5 centimeters Per Second

Anime Drama Romance Terbaik - 5 centimeters Per Second
5 centimeters Per Second

Jumlah Episode: 3 (Movie)
Rating MAL: 7.93
Genre: Drama, Romance, Slice of Life
Sinopsis:
Ini adalah kisah tentang dua anak bernama Tonoo Takaki dan Shinohara Akari yang suka memilih untuk menghabiskan waktu bersama dari pada bermain dengan teman lainnya.

Mereka telah menjadi sahabat setelah mereka berada di kelas yang sama saat memasuki Sekolah Dasar. Mereka Sering pergi ke perpustakaan bersama-sama dibandingkan bermain bersama teman-teman lainnya karena tubuh fisik yang lemah dan mudah terserang penyakit.

Karena sering bersama, mereka dijadikan bahan olok-olok oleh Teman-temannya dengan menganggap bahwa mereka berpacaran.

Setelah lulus SD, Akari dan Takaki mulai berpisah lantaran Akari harus pindah karena pekerjaan orang tuanya. Akhirnya di tingkah sekolah selanjutnya, mereka bersekolah di tempat yang berbeda, Akari melanjutkan sekolahnya ke tempat Tochigi sedangkan Takaki melanjutkan sekolahnya ke Kota Tokyo.

Walalupun jarak mereka jauh, Takaki dan Akari sering mengirim surat untuk saling memberi kabar masing-masing. Namun waktu pun terus berlalu, jarak mereka semakin jauh. Karena Adanya kemungkinan mereka tidak bisa bertemu lagi, Takaki dan Akari memutuskan untuk bertemu untuk terakhir kalinya.

Namun saat Takaki menuju ke tempat yang sudah dijanjikan, Badai salju kencang melanda kota dan menyebabkan pertemuan mereka terhambat.

Review:
Berbeda dari Anime Drama Romance Terbaik lainnya, 5 cm Per Second membagikan 3 cerita ke dalam satu episode movie. Masing-masing cerita berkaitan, walaupun terkadang beberapa penonton tidak paham dengan ceritanya karena dialog kiasan yang diucapkan karakter.

Bagi kamu yang tidak paham, tidak perlu khawatir, kamu bisa membaca artikel Penjelasan dan Maksud Cerita 5cm Per Second. Selain memiliki cerita penuh makna, grafisnya juga sangat indah dan menakjubkan.

22. Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka? (SukaSuka)

Anime Drama Romance Terbaik - SukaSuka
SukaSuka

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.85
Genre: Sci-Fi, Drama, Romance, Fantasy
Sinopsis:
Sebuah ras baru muncul, mereka adalah makhluk buas dan mengerikan bernama “Beast” yang membuat kekacauan dimana-mana dan meyenbabkan keberadaan manusia punah.

500 tahun kemudian setelah malapertaka yang disebabkan oleh Beast, ras lain selain manusia yang masih bertahan hidup, memutuskan untuk tinggal di sebuah pulau terapung di langit dimana tempat tersebut menjadi satu-satunya tempat aman dari ancaman Beast.

Untuk mengalahkan Beast, dibutuhkan sebuah senjata kuno berwujud gadis dari ras “Leprechauns” yang menjadi senjata ampuh untuk melawan Beast.

Sayangnya Jangka waktu hidup para Leprechauns, hanya berlangsung sebentar dan kapanpun mereka bisa mati. Dalam situasi kurang menguntungkan, Satu-satuyna manusia yang masih hidup ternyata telah muncul. Ia adalah Willem kmetsch, manusia yang selama 500 tahun telah tertidur dan kini telah bangkit.

Setelah bangkit dari tidur panjangnya, Willem mulai menjalani hidup di kota Grimpjhal bersama dengan ras lain dan ditugaskan untuk menjadi penjaga gudang senjata.

Ketika memasuki gudang senjata yang dimaskud, ia terkejut bahwa senjata yang harus dilindungi bukanlah sebuah benda melainkan sekumpulan gadis muda dari ras Leprechauns.

Chtholly Nota Seniorious adalah salah satu ras Leprechauns yang pemberani dan bersedia mengorbankan dirinya demi menciptakan perdamaian Dunia. Dalam menjalani tugasnya, Willem menjaga anak-anak Leprechauns, sambil merasakan sebuah sosok seorang ayah yang terus mengawasi dan mendukung mereka.

Review:
Awalnya kesan cerita dari seri ini agak mirip dengan anime tema survival dimana para protagonis harus membasmi monster untuk kedamaian dunia.

Namun kenyataannya, Anime SukaSuka ternyata adalah Anime Drama Romance bertema fantasy dengan cerita menyentuh, bikin baper, dan membuatmu menangis.

Ceritanya bisa terbilang unik, karena selain memberikan cerita romance antar dua ras yang berbeda, seri ini menyajikan adegan pertarungan antara Willem dan Leprechauns melawan Beast yang seru untuk ditonton serta adanya kisah dramatis penuh emosional di dalamnya.

23. Myself; Yourself

Anime Drama Romance Terbaik - Myself; Yourself
Myself; Yourself

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.32
Genre: Drama, Romance, School
Sinopsis:
Di Kota Sakuranomori, terdapat 5 anak sahabat yang selalu menghabiskan waktu bersama. Mereka terdiri dari: Sana Hidaka, seorang lelaki tampan yang memiliki sifat agak dingin; Nanaka Yatsushiro, seorang gadis dengan sifat riang gembira; Dua Kembar Wakatsuki, yaitu Shuusuke dan Shuuri; dan Aoi Oribe yang memiliki sifat baik hati.

Salah satu dari kelima sahabat tersebut, yaitu Sana harus berpisah dengan teman-temannya dan pindah ke kota lain karena bisnis keluarganya. Sebagai tanda perpisahan, masing-masing teman Sana memberikan hadiah supaya persahabatan mereka terus dikenang.

5 tahun kemudian, kini Sana sudah menjadi seorang murid SMA. Ia kembali ke kampung halamannya karena merindukan teman-teman lamanya setelah 5 tahun tidak bertemu. Mengira teman-temannya berubah drastis, ternyata teman-teman Sana masih sama seperti dulu.

Tetapi dari semua teman-teman lama Sana, hanya Nanaka saja yang memiliki sifat jauh berbeda dimana ia sekarang menjadi pemurung dan dingin. Demi mempertahankan persahabatannya dengan Nanaka, mampukah Sana membuat Nanaka kembali seperti dulu?

Review:
Anime Drama Romance Terbaik dengan cerita yang disusun rapi sehingga memberikan sebuah alur menarik untuk diiktuti.

Cerita romance ringan tetapi alurnya serius dengan menambahkan banyak cerita-cerita baper, penuh makna mendalam walaupun agak lambat namun jika diikuti kamu akan menemukan keseruannya. Untuk Artwork, penggambarannya tidak terlalu istimewa, terkesan biasa, namun nyaman ditonton.

24. Kimi ga Nozomu Eien

Anime Drama Romance Terbaik - Kimi ga Nozomu Eien
Kimi ga Nozomu Eien

Jumlah Episode: 14
Rating MAL: 7.34
Genre: Drama, Romance, Slice of Life
Sinopsis:
Cerita berpusat tentang Takayuki Narumi, siswa SMA yang mulai berteman dengan gadis berambut biru bernama Mitsuki Hayase. Pertemanan mereka dilakukan karena sahabat Mitsuki bernama Haruka Suzumiya memiliki perasaan suka terhadap Takayuki sehingga ia bisa dekat dengannya lebih mudah.

Sejak saat itu Mitsuki dan teman dari Takayuki yang bernama Shinji Taira mulai berteman dan menjalani hubugan baik. Pertemanan Haruka dan Takayuki ternyata memberikan buih-buih cinta Haruka kepada Takayuki sehingga pada suatu hari, ia mengungkapkan perasaanya kepada Takuyuki.

Karena Takayuki tidak mencintai Haruka namun tidak ingin membuat hari Haruka sakit, akhirnya ia menerima perasaan Haruka begitu saja dan mulai menjadi pasangan kekasih.

Seiring waktu berjalan, Hubungan mereka semakin dekat sampai ke tahap hubungan seksual. Di sisi lain, ternyata Takuyuki dan Mitsuki justru menyadari adanya perasaan satu sama lain.

Setelah mengalami beberapa tragedi dalam kehidupan mereka, sebuah Hal tidak biasa mulai terjadi pada keempat sahabat tersebut.

Review:
Bingung baca sinopsisnya? intinya seri ini memberikan kisah cinta lebih dari segitiga. Tidak bisa dibayangkan bagaimana ceritanya jika hubungan romantisnya saja rumit seperti ini.

Yang pasti ini akan menjadi sebuah Anime Drama Romance Terbaik penuh ketegangan dari konflik yang disajikan. Selain konfliknya yang bagus, seri ini memiliki unsur NTR yang mampu menyayat hati penonton.

25. Sakamichi no Apollon

Anime Drama Romance Terbaik - Sakamichi no Apollon
Sakamichi no Apollon

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.44
Genre: Drama, Josei, Music, Romance, School
Sinopsis:
Kaoru Nishimi adalah seorang remaja yang sangat berbakat dalam bermain piano. Karena dirinya yang selalu berpindah-pindah tempat, ia menjadi seorang introvert karena harus terus menerus beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Karena terus berpindah, Kaoru tidak memiliki teman tetap karena ia selalu berakhir berpisah dengan teman- teman sebelumnya yang membuat Kaoru kehilangan harapan. Saat pindah ke wilayah Kyushu, Kaoru bertemu seorang remaja bernama Sentarou Kawabuchi yang dikenal sebagai anak nakal dan liar.

Dengan adanya Sentarou dalam kehidupan Kaouru sebagai teman pertamanya di Kyushu, ternyata membuat hidup Kaouru menjadi lebih bermakna. Sentarou sebenarnya adalah orang yang baik, tubuhnya yang tinggi menjadi penyebab dirinya dianggap sebagai pria yang liar.

Ia sangat menyukai musik Jazz dan pertemanan antara Sentarou dan Kaoru membuat keduanya saling berbagi pengetahuan.

Karena berteman dengan Shintarou, Kaouru belajar banyak hal musik Jazz dan berlahan ia menjadi pianis jazz yang mampu membawa kesenangan dalam hidupnya dengan bantuan oleh teman-temannya di sekolah termasuk gadis bernama Ritsuko Mukae yang keluarganya memiliki sebuah toko rekaman.

Review:
Anime Josei memiliki ciri khas tersendiri dari segi karakter. Desain Karakter yang tampak realistis serta memiliki cerita yang sangat dramatis untuk dinikmati. unsur romancenya bisa dibilang sedikit, karena seri ini lebih berfokus terhadap cerita tentang persahabatan penuh pesan positif di dalamnya.

Selain unggul dalam cerita dan, musiknya sangat bagus, berbagai ost bergenre Jazz dimainkan dalam seri yang asik didengar ditambah gerakan animasi yang halus sehingga menjadi sebuah rekomendasi Anime Drama Romance Terbaik.

26. Shuffle

Anime Drama Romance Terbaik - Shuffle
Shuffle

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 7.23
Genre: Comedy, Drama, Ecchi, Fantasy, Harem, Magic, Romance, School, Seinen
Sinopsis:
Di sebuah dunia, Manusia, Dewa, dan Iblis hidup berdampingan. Cerita berpusat tentang seorang remaja sekolahan biasa yang hidupnya tiba-tiba disukai oleh para gadis dari ras yang berbeda-beda.

Rin Tsuchimi, seorang siswa SMP yang menjalani kehidupan sekolah di Akademi Verbena bersama dengan sahabat dekatnya bernama Kaede Fuyou, seorang gadis cantik yang sangat populer karena memiliki banyak penggemar.

Kedekatan Rin dan Kaede, membuat penggemar Kaede merasa iri dengan mereka. Selain mereka, terdapat salah satu siwa energik bernama Asa Shigure, yang merupakan kakak kelas dari Rin dan Kaede.

Kehidupan Rin sedikit demi sedikit mulai mengalami perubahan setelah hadirnya dua murid baru yang diketahui bahwa dari Keluarga Iblis dan Dewa yang menjadi tetangga Rin.

Mereka adalah: Lisianthus Eustoma atau biasa dipanggil Sia, adalah seorang anak dari Dewa serta Nerine, Putri dari Raja Iblis yang telah mencintai Rin bahkan sampai menganggapnya Rin merupakan suaminya. Gadis-gadis berdatangan masih belum berhenti begitu saja.

Setelah kehadiran Nerine dan Sia, Rin juga kedatangan seorang gadis imut bernama Primula. Ini kisah tentang bagaimana Rin memberikan kasih sayang kepada para gadis tersebut.

Review:
Anime adaptasi dari visual novel eroge ini memilki cerita dengan drama cinta yang rumit dari kehidupan enam remaja daru berbagau ras. Anime ini mengambil latar sekolah namun dikemas secara berbeda dari yang lainnya karena di seri ini terdapat ras selain manusia seperti Dewa, Iblis, dan lain-lain.

Konsep Anime Drama Romance dengan unsur fantasy ini membuat anime ini tampak unik. Walaupun rilis pada tahun 2005 grafisnya agak lumayan enak dilihat, tetapi untuk segi cerita, seri ini sangat menarik untuk ditonton.

27. Hotarubi no Mori e

Anime Drama Romance Terbaik - Hotarubi no Mori e
Hotarubi no Mori e

Jumlah Episode: 1 (Movie)
Rating MAL: 8.54
Genre: Drama, Romance, Shoujo, Supernatural
Sinopsis:
Karena rasa Penasaran dengan rumor yang terdapat di gunung dewa, seorang anak bernama Hotaru Takegawa mencoba pergi ke gunung tersebut namun justru malah berakhir tersesat.

Setelah putus asa karena tidak bisa menemukan jalan keluar, ia menangis, dan saat itu pula ia bertemu dengan pria bertopeng bernama Gin. Telah diketahui bahwa Gin bukanlah manusia, ia merupakan sebuah Roh yang hidup di sekitar hutan tersebut. Dalam kehidupannya Ia tidak boleh disentuh manusia karena jika hal tersebut terjadi maka ia akan lenyap.

Dalam pertemuan Gin yang melihat hotaru sedang menangis, Gin menolong Hotaru tanpa menyentuhnya dan pertolongan tersebut membuat awal hubungan mereka dimulai. Setelah berhasil pulang, Hotaru berjanji kepada Gin bahwa ia akan mengungjunginya setiap musim panas.

Ketika Musim panas selanjutnya telah tiba, sesuai janji Hotaru bahwa ia akan pergi ke hutan untuk bertemu dengan Gin. Mereka bermain bersama sehingga hubungan mereka semakin dekat walaupun tanpa bersentuhan.

Waktu terus berjalan, Hotaru mulai beranjak dewasa sedangkan Gin masih tetap masih sama saja karena ia tidak bisa menua sebagai roh. Bersahabatan mereka mulai menumbuhkan rasa cinta diantara Hotaru dan Gin. Dalam rasa cinta yang semakin berkembang tersebut, apakah Hotaru mampu terus bersama Gin.

Review:
Anime Drama Romance Terbaik yang tidak boleh kalian lewatkan karena memiliki alur ceritanya yang bagus untuk ditonton dengan cerita unik dimana menyajikan kisah tentang pasangan berbeda makhluk.

Perkembangan cerita yang dibuat baik tentang kedekatan Gin dan Hotaru untuk memberikan emosi yang dirasakan ketika memasuki bagian akhir cerita. Selain ceritanya bagus, visualnya juga keren, dengan pemandangan indah namun sederhana.

28. Nodame Cantabile

Anime Drama Romance Terbaik - Nodame Cantabile

Jumlah Episode: 23
Rating MAL: 8.41
Genre: Music, Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, Josei
Sinopsis:
Ini adalah kisah tentang dua orang dengan sifat yang bertolak belakang namun dipertemukan dalam sebuah takdir. Walaupun berbeda, namun mereka memiliki satu kesamaan yang membuat mereka saling terhubung dan terus bersama. kesamaan tersebut adalah “Musik”.

Di sebuah perguruan jurusan musik, terdapat seorang mahasiswa populer bernama Shinichi Chiaki. Tidak hanya populer, ia juga tampan, mandiri, rajin, berbakat dalam memasak, dan yang lebih penting dari semua itu, Chaiki adalah seorang pemain biola yang sangat hebat.

Walaupun dirinya meruapakan mahasiswa terbaik dalam memainkan biola, hal tersebut belum cukup bagi Chiaki karena impiannya yang sebenarnya adalah untuk menjadi seorang konduktor.

Pada suatu hari, ia bertemu dengan seorang gadis aneh bernama Megumi Noda yang hebat dalam bermain piano namun sifatnya sangat berbeda jauh dengan Chiaki. Jika Chiaki rajin, mandiri, dan pandai memasak, Sifat Noda adalah kebalikannya diaman ia sangat jorok, suka bertingkah aneh, dan sifat buruk lainnya.

Kedua musisi tersebut dipertemukan dalam kejadian dan membuat mereka bekerja bersama yang memicu sebuah perasaan cinta.

Review:
Jarang yang membahas anime sebagus ini, padahal memiliki cerita yang sangat bagus dan berkesan dimana seri menyeritakan kisah Bergenre Romance, Drama, Music yang tak kalah seru dengan Shigatsu wa Kimi no Uso.

Jika kalian memahami ceritanya melalui dari dialog-dialog yang sebagian memberikan kalian wawasan tentang musik, dramanya akan berasa dan penonton akan meneteskan air mata.

Grafis yang dibuat secara sederhana namun masih bisa dinikmati serta musik, soundtrack dengan pembawaan unik sehingga sangat pantas untuk dijadikan sebagai Anime Drama Romance Terbaik.

29. Sakurasou no Pet Kanojo

Anime Drama Romance Terbaik - Sakurasou no Pet Kanojo
Sakurasou no Pet Kanojo

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 8.33
Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life
Sinopsis:
Akibat gemar memelihara kucing, dan sering memungut kucing di jalan, seorang remaja SMA bernama Kanda Sorata harus dipindahkan ke Asrama Sakura dan diminta untuk menghadiri Universitas Seni Suimei yang sebelumnya bernama SMA Suimei.

Sekolah tersebut dikenal sebagai sekolah khusus untuk murid-murid aneh namun memiliki kehahlian tersendiri dalam suatu hal. Ketika Sorata hadir di sekolah tersebut, ia bertemu dengan sesama penghuni Asrama Seika yang merupakan sekumpulan orang-orang aneh namun berbakat.

Mereka terdiri dari: Ryuunosuke Akasaka, seorang programmer penyendiri; Misaki Kamiigusa, seorang animator dengan sifat ramah dan optimis; Jin Mitaka, si playboy berkacamata; dan lain-lain.

Nanami Aoyama, sebagai teman masa kecil Sorata mengusulkannya untuk menemukan pemilik baru dari kucing-kucing yang ia pungut supaya ia bisa kembali ke asrama sebelumnya.

Saat Sorata melakukan sesuai apa yang dikatakan Nanami, rencana untuk kembali ke asrama sebelumnya berantakan ketika seorang gadis pirang bernama Mashiro Shiina datang ke Asrama Seika.

Shiina merupakan seorang gadis yang tidak bisa mengurus diri sendiri namun sangat berbakat dalam melukis. Kini Sorata diminta untuk mengurusi Mashiro yang memiliki sifat sangat polos untuk membantu kegiatan sehari-harinya.

Review:
Anime Romance Comedy dengan hal menarik dari Kepolosan sang Heroine yaitu Mashiro yang tingkahnya sangat lucu dan menghibur penonton hingga membuat ini . Selain tingkah Mashiro masih terdapat murid-murid Asrama Seika lain yang ikut membantu menyajikan comedy tak kalah lucu dalam cerita.

Untuk ceritanya romancenya sendiri sangat bagus. Perkembangan hubungan antara Sorata dan Mashiro yang sangat manis serta melibatkan kisah cinta segitiga yang membuat baper banyak penonton sebagai Anime Drama Romance Terbaik.

30. Chuunibyou demo Koi ga Shitai!

Anime Drama Romance Terbaik - Chuunibyou demo Koi ga Shitai!
Chuunibyou demo Koi ga Shitai!

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.88
Genre: Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, School
Sinopsis:
Setiap manusia masing-masing punya jalan hidup sendiri. Salah satunya adalah hidup sebagai orang istimewa dengan diberkahi sebuah kekuatan yang tak dimiliki manusia lainnya. Orang tersebut biasanya dikenal mengidap sebuah sindrom bernama “Chuunibyou”

Yuuta Togashi, seorang remaja yang menjalani masa SMPnya sebagai seorang Chuunibyou dengan menyebut dirinya sebagai “Dark Flame Master” dimana ia memiliki sebuah kekuatan luar biasa dalam dirinya.

Karena tingkahnya aneh, ia menjadi murid yang selalu dipermalukan oleh teman-teman sekolahnya dan membuat kehidupan SMP Yuuta berakhir menyedihkan. Setelah lulus SMP, Yuuta memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya dengan membuang kebiasaan Chuunibyou nya jauh-jauh.

SMA yang ia tempati berada jauh dari tempat SMPnya berada demi menghindari orang-orang yang kenal dengannya.

Saat mulai masuk sekolah, rencana Yuuta untuk menjadi orang normal berjalan berantakan karena ia dikejutkan dengan kehadiran siswi Chuunibyou yang satu kelas dengannya bernama Rikka Takanashi, gadis yang mengenakan penutup mata di salah satu matanya dan menyebut dirinya sebagai “Wicked Eye”, seseorang dengan mengerikan yang tersegel pada matanya.

Yuuta mencoba untuk tidak mendekatinya supaya hidup normalnya berjalan dengan baik. Namun sekali lagi ia diketjutkan bahwa Rikka ternyata tetangga yang tinggal di dekat rumah Yuuta.

Review:
Anime Drama Romance terbaik ini awalnya fokus terhadap cerita Comedy antar pasangan imut chuunibyou yang akan membuat kalian tertawa dan terhibur di setiap episodenya.

Cerita comedy di awal penuh dengan canda dan tawa dari tingkah chuunibyou yang dilakukan Yuuta dan teman-teman Chuunibounya ditambah efek-efek dari adegan-adegan pertarungan imajinasi chuunibyou yang unik. Namun ketika memasuki pertengahan episode, drama mulai terlihat dan adegan-adegan baper mulai terjadi dengan kisah yang sangat menyentuh.

31. Saiunkoku Monogatari

Anime Drama Romance Terbaik - Saiunkoku Monogatari
Saiunkoku Monogatari

Jumlah Episode: 39
Rating MAL: 8.03
Genre: Adventure, Fantasy, Comedy, Romance, Historical, Drama
Sinopsis:
Menjadi seorang keturunan bangsawan terlihat menyenangkan karena bisa menjalani hidup bergelimang harta dan dipenuhi dengan kebahagiaaan. Sayangnya hal tersebut tidak terjadi pada keluarga dari Shuurei Kou. Mekipun berasal dari keluarga bangsawan, Kehidupannya tetap sulit.

Ayah Shuurei, bekerja sebagai pengurus perpustakaan kekaisaran yang dianggap sebagai pekerjaan terhormat namun diberi upah yang tidak cukup untuk kebutuhan keluarganya.

Untuk membantu memenuhi kehidupan sehari-hari, Shuurei kini harus ikut bekerja dengan menjadi guru yang mengajar anak-anak di sekolah kuil dan bekerja sebagai pemain musik di restoran Untuk menghidupi dirinya dan keluarganya.

Shuurei memiliki mimpi besar yang sulit untuk diwujudkan, yaitu mendapatkan jabatan pemerintahan dimana hal tersebut dilarang bagi kaum wanita. Seorang pria tampan bernama Ryuuki Shi kini menjadi seorang Kaisar Baru.

Karena sifatnya yang naif dan kemampuannya belum mencukupi, dirinya dianggap kurang pantas untuk mendapatkan jabatan tersebut.

Sang Penasihat Kaisar Agung meminta Shuurei untuk mengajari Ryuuki supaya dapat menjadi seorang pemimpin bertanggung jawab dengan menawarkan 500 keping emas jika Shuurei berhasil menjalani tugasnya.

Tawaran yang besar tersebut memang menggiurkan namun dengan tugas membantu Ryuuki menjadi kaisar yang baik, ternyata membuat mimpinya justru semakin jauh.

Review:
Sebuah Anime Drama Romance yang kurang populer namun memiliki cerita penuh kejutan. Cerita romance nya berjalan mulus walaupun dramanya sedikit namun terasa.

Selain itu seri ini memberikan tema kerajaan fantasy dengan memiliki konflik politik yang sangat seru untuk ditonton. Meskipun ini agak lawas dimana seri ini rilis pada tahun 2006, penggambarannya sudah bagus dan memiliki warna yang indah.

32. Romeo x Juliet

Anime Drama Romance Terbaik - Romeo x Juliet
Romeo x Juliet

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 7.79
Genre: Fantasy, Romance, Action, Historical, Drama
Sinopsis:
Benua terapung Neo Verona, merupakan tempat tinggal Keluarga Montague yang kini berkuasa setelah mereka membunuh semua keluarga Capulet hingga menyisakan putri dari keluarga mereka, yaitu Juliet Fiammata Asto Capulet.

Empat belas Tahun kemudian sang pemimpin keluarga Montague bernama Leontes kini telah resmi seorang penguasa wilayah. Dalam kondisi yang dialami Juliet sekarang ini sebagai anggota keluarga Montague yang tersisa, ia memutuskan untuk bersembunyi di tempat aman dari keluarga Montague yang tidak mengetahuinya.

Supaya keberadaannya aman, Juliet menyembunyikan identitasnya dan menyamar sebagai pembela kebenaran dengan nama “Red Whirlwind” yang memiliki penampilan seperti seorang laki-laki.

Pada Suatu hari, Juliet bertemu dengan seorang pria tampan yang diketahui merupakan pangeran Montague bernama Romeo. Mereka pun saling jatuh cinta satu sama lain dalam pandangan pertama.

Sayangnya, karena mereka berasal dari dua keluarga yang bermusuhan, mereka terpaksa harus menghadapi satu sama lain namun sambil mempertahankan cinta mereka berdua.

Review:
Romeo dan Juliet, merupakan kisah cinta bersejarah yang dianggap sebagai kisah paling sedih sepanjang masa. Untuk versi anime, Kisah Romeo dan Juliet dibuat berbeda namun rasa sedih yang dialami ternyata tidak jauh berbeda dengan aslinya.

Sebuah kisah pilu tentang kedua pasangan dengan cerita fantasy ditambah action yang keren serta momen-momen dramatis yang tidak kamu dilewatkan.

Visualnya sendiri tergolong sedikit kurang kurang bagus. namun jika kamu menontonnya, maka ceritanya akan mengalihkan pandanganmu terhadap grafis sehingga membuatmu bisa menikmatinya.

33. Kimi no Na wa. (Your Name.)

Anime Drama Romance Terbaik - Kimi no Na wa.
Kimi no Na wa.

Jumlah Episode: 1 (Movie)
Rating MAL: 9.23
Genre: Supernatural, Drama, Romance, School
Sinopsis:
Di sebuah kota kecil Itomori, tinggal seorang gadis remaja SMA bernama Miyamizu Mitsuha yang ingin menjalani hidup di kota besar seperti Tokyo. Pada suatu hari, saat Mitsuha menjalani hari-hari biasanya, ia merasa aneh dengan orang-orang disekitarnya yang menganggap Mitsuha seperti sedang melakukan sesuatu yang tidak biasa sebelumnya.

Karena ia tidak tahu apa yang terjadi dengan perbuatan yang ia lakukan sebelumnya, Mitsuha merasa bingung. Dalam bukunya terdapat tulisan “Siapa Namamu”, setelah itu ia menjawab dengan menulis namanya di bawah tulisan tersebut lalu menghiraukan apa yang terjadi.

Sambil mengeluh karena hidup di kota kecil, Mitsuha hanya bisa berharap bahwa ia bisa hidup di kota besar. Namun keesokan harinya, tiba-tiba Mitsuha mengalami kejadian aneh dimana ia menjadi sosok laki-laki yang tak ia kenal.

Ternyata ia menjadi seorang remaja laki-laki bernama Taki Tachibana yang tinggal kota Tokyo, dimana hidup disana merupakan kesempatan yang dinantikan oleh Mitsuha.

Review:
Salah satu anime buatan Makoto Shinkai yang akhirnya mendapatkan happy ending walaupun menggantung. Seperti biasa, cerita romance yang disajikan Makoto Shinkai ini sangat menakjubkan, dari segi cerita penuh dramatis, sampai ke segi grafis semua diperhatikan dengan baik demi memberikan sebuah Anime Movie Drama Terbaik yang Berkualitas.

Kalau masalah ceritanya dari seri ini, tak perlu ditanyakan lagi, banyak adegan-adegan yang membuatmu baper hingga larut dalam cerita dan membuat seri ini layak sebagai Rekomendasi Anime Drama Romance Terbaik.

34. Kokoro Connect

Anime Drama Romance Terbaik - Kokoro Connect
Kokoro Connect

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.94
Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, Romance, School
Sinopsis:
5 Siswa dari Akademi Yamaboshi yang terdiri dari 2 laki-laki dan 3 perempuan, mereka terdiri dari: Taichi Yaegashi, Yui Kiriyama, Iore Nagase, dan Himeko Inaba.

Telah diketahui bahwa kelima siswa tersebut sedang mencari klub yang cocok untuk mereka. Setelah berikeras mencari klub di sekolah, ternyata tidak ada yang cocok untuk mereka dan akhirnya mereka membentuk sebuah klub baru bernama Klub Penelitian Budaya (Cultural Research Club) atau disingkat C.R.C.

Kegiatan yang dilakukan klub baru tersebut hanyalah sekedar menjalani kegiatan santai dan menulis berbagai artikel yang dianggap menarik oleh mereka.

Awal kehidupan sekolah mereka berjalan biasa tanpa mengalami kendala. Namun ketika sebuah fenomena aneh terjadi pada mereka, persahabatan mereka mulai terancam rubuh.

Dimulai dari pertukaran tubuh yang terjadi pada Aoki dan Yui secara tiba-tiba, setelah itu dilanjutkan dengan pertukaran tubuh yang terjadi pada semua anggota klub C.R.C.

Review:
Ini adalah Anime Drama Romance Terbaik tentang keseharian di sekolah dengan cerita yang menarik dan seru untuk ditonton. Awal cerita dalam seri ini dibawakan santai, penuh comedy ringan tapi lucu.

Namun ketika masing-masing kehidupan mereka terungkap melalui pertukaran tubuh tersebut, disini ceritanya mulai dramatis, penuh kesedihan dan membuatmu baper. Jadi tak diragukan lagi kalau Kokoro Connect layak untuk dijadikan sebagai Rekomendasi Anime Drama Romance Terbaik.

35. Air

Anime Drama Romance Terbaik - Air
Air

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.41
Genre: Slice of Life, Supernatural, Drama, Romance
Sinopsis:
Kisah legenda tentang “Gadis Langit” telah diceritakan secara turun temurun. Seorang pria bernama Yukito Kunisaki yang Mengetahui kisah tersebut dari ibunya berpetualang ke berbagai wilayah untuk mencari kebenaran bahwa Gadis Langit tersebut ada.

Ketika ia sampai di sebuah kota di dekat pantai, Yukito yang tidak memiliki uang dan sedang dalam keadaan lapar, sementara memberhentikan pencariannya dan melakukan pertunjukkan boneka sihir yang ia pelajari dari ibunya untuk menghidupi dirinya.

Berharap untuk mendapatkan uang yang cukup, pertunjukkannya tarnyata membuat para penonton bosan dan tidak tertarik sehingga pertunjukan tersebut berakhir tanpa memperoleh uang sediktpun.

Karena terus menahan lapar, Yukito yang hampir pingsan ditolong oleh seorang gadis baik hati namun aneh bernama Misuzu Kamio. Melihat keadaan tidak baik yang dialami Yukito, Misuzu menawarkannya untuk tinggal di kediamannya dan memintanya untuk menjadi temannya.

Jika hal itu demi mendapatkan makanan, Yukito menerima tawaran Misuzu begitu saja. Setelah akhirnya kondisi Yukito lebih baik, ia diijinkan untuk tinggal sementara di rumah bersama Misuzu.

Sementara Yukito tinggal di kediaman Misuzu, ia bertemu dengan berbagai gadis lain yang tinggal di sekitar kota, berteman dengan mereka, dan mulai memahami mereka untuk mendapatkan sebuah petunjuk tentang Gadis Langit.

Review:
Salah satu anime adaptasi visual novel buatan “KEY” (Studio visual novel yang telah membuat Clannad, Angel Beats, Charlotte). Dari list-list tersebut, tampaknya sudah ada gambaran bagaimana penyajian ceritanya.

Seperti anime buatan Key lainnya, awal cerita dibuat penuh dengan cerita comedy yang lucu , konyol, dan berkualitas.

Seiring berjalannya cerita, suasana mulai terasa menegangkan, adegan dramatis dimulai dan disitu cerita yang awalnya menyajikan comedy santai menjadi sebuah Anime Drama Romance emosional yang akan membuatmu bersedih.

36. Kanon

Kanon
Kanon

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 8.09
Genre: Slice of Life, Supernatural, Drama, Romance
Sinopsis:
Ketika masih sangat muda, Seorang anak bernama Yuuichi Aizawa sering berkunjung ke tempat sepupunya yang tinggal di sebuah kota.

Namun karena sebuah tragedi misterius yang terjadi pada Yuuichi, kini ia memutuskan untuk meninggalkan kota tersebut dan melupakan semua kenangan di dalamnya.

Tujuh tahun berlalu, kini Yuuichi telah menginjak usia remaja SMA. Sekali lagi selama tujuh tahun ia kembali ke kota yang dulu sudah ia lupakan beserta semua kenangan di dalamnya.

Di sebuah stasiun, ia dijemput oleh seorang gadis yang tidak lain merupakan sepupunya bernama Nayuki Minase dan diantarkan ditempat dimana ia tinggal.

Selama ia berada di kota tersebut, Yuuichi bertemu dengan sekumpulan gadis yang mengenalnya dan pertemuan tersebut membuat sedikit demi sedikit mengungkap kenangan Yuiichi yang sudah ia lupakan.

Review:
Satu lagi anime buatan key yang akan membuatmu baper karena ceritanya yang sangat epic apalagi jika seri tersebut memiliki drama. Seri buatan key ini awalnya memberikan kisah kehidupan sehari-hari yang disajikan secara santai dan nyaman ditonton.

Seiring cerita berjalan, hal-hal yang membuatmu penasaran seperti kenangan masa lalu Yuuichi mulai terungkap.

Selain itu pengenalan karakter dalam seri dilakukan dengan baik, Artworknya juga bagus, penggambaran karakter hampir mirip dengan Clannad sehingga Kanon layak direkomendasikan sebagai Anime Drama Romance Terbaik.

37. Ao Haru Ride

Anime Drama Romance Terbaik - Ao Haru Ride
Ao Haru Ride

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.81
Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Shoujo, Slice of Life
Sinopsis:
Karena sifat feminim dan pemalu yang ada pada dirinya, kehidupan seorang siswi bernama Yoshioka Futaba, berjalan buruk saat memasuki masa SMP-nya. Alasannya adalah sifatnya tersebut membuat ia terlihat imut sehingga banyak laki-laki menyukainya dan membuat para murid perempuan merasa iri dan ingin menjauhi Futaba.

Padahal dalam pandangan Futaba sendiri, ia sebenarnya tidak begitu tertarik jika ia menarik perhatian banyak siswa laki-laki. Justru futaba tidak menyukai hal tersebut karena ia menganggap laki-laki hanya sekedar sekumpulan orang-orang berisik yang membuat dirinya tidak tenang.

Walaupun ia memiliki pandangan buruk terhadap laki-laki, Futaba memiliki ketertarikan pada salah satu murid bernama Tanaka Kou yang ia pandang berbeda dari siswa lainnya. Sayangnya pria pujaan harinya harus pindah ke sekolah lain setelah memasuki liburan musim panas.

Pindahnya Tanaka membuat Futaba sedih dan membuatnya terpaksa memendam perasaan sukanya tanpa bisa ia diungkapkan. Setelah lulus dari SMP, Futaba memutuskan untuk mengubah kepribadiannya supaya tidak terjadi kejadian serupa di masa SMP.

Saat mamsuki sekolah SMA, Futaba menjadi sosok gadis tomboy yang tak terlihat begitu menarik dikalangan pria Namun membuat dirinya mendapatkan banyak teman perempuan.

Dalam kehidupan barunya, secara mengejutkan sosok dari masa lalu Fuataba kembali. Ia adalah Tanaka yang kini memiliki sifat yang berbeda seperti dahulu dan kini ia menjadi sosok dingin dan cuek dengan berganti nama menjadi Mabuchi Kou.

Review:
Pertama yang diulasi dari seri ini adalah Penggambarannya yang mendukung dengan suasana konsep cerita di dalamnya, polesan warna indah bagaikan sebuah lukisan bergerak, serta desain karakter khas shoujo.

Untuk segi cerita, seri ini menyelipkan sebuah kisah tentang pertemanan dari Futaba lalu dilanjutkan tentang perjuangan untuk mengejar cintanya.

Ceritanya begitu sederhana dan agak mainstream di awal, namun ketika pertengahan konflik cinta mulai rumit, dan seiring berjalannya cerita akan membuatmu penasaran untuk menonton Anime Drama Romance Terbaik ini.

38. Kimi ni Todoke

Anime Drama Romance Terbaik - Kimi ni Todoke
Kimi ni Todoke

Jumlah Episode: 25
Rating MAL: 8.12
Genre: Slice of Life, Drama, Romance, School, Shoujo
Sinopsis:
Kisah berpusat tentang Sawako Kuronuma yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan teman. Masalahnya adalah karena rambutnya yang panjang seperi hantu “Sadako” yang ada pada film “The Ring” sehingga banyak murid menjauhinya karena takut.

Gosip tentang betapa menyeramnya Sawako mulai berkembang hingga ada beberapa siswa yang menganggap bahwa Ia memiliki kekuatan supernatural yang dapat membawa kesialan bagi orang-orang disekitarnya.

Namun sebenarnya yang ada dalam diri Sawako tidak begitu. Sosok sebenarnya dari Sawako adalah ia merupakan Seorang gadis polos, lemah lembut, pemalu dan baik kepada semua orang. Namun kehidupan suramnya mulai berkurang saat bertemu dengan siswa populer bernama Shouta Kazehaya.

Berbeda dari yang lain, Kazehaya justru tertarik kepada Sawako dan ingin berteman dengannya. Hubungan pertemanan mereka mulai terbentuk dan seiring berjalannya waktu kebersamaan mereka memicu sebuah perasaan romantis.

Review:
Salah satu Anime Drama Romance Terbaik dengan cerita yang manis dan nyaman untuk ditonton. Penggambarannya begitu tenang, adem sehingga memberikan suasana yang begitu nyaman di hati.

Walaupun Ceritanya tidak begitu berat, drama dalam yang dihasilkan dalam seri ini dijamin akan membuat mu baper. Selain ceritanya keren, Perkebangan karakter juga dibuat sangat baik, terutama untuk Sadako yang berlahan-lahan mulai terbuka setelah menjalani pertemanannya dengan Kazehaya.

39. Mashiro-iro Symphony: The Color of Lovers

Anime Drama Romance Terbaik - Mashiro-iro Symphony: The Color of Lovers
Mashiro-iro Symphony: The Color of Lovers

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.24
Genre: Harem, Drama, Romance, School
Sinopsis:
Distrik Kota Kagamidai dibagi menjadi dua bagian, distrik lama untuk masyarakat kelas atas sedangkan distrik baru untuk masyarakat kelas biasa.

Kedua distrik diketahui masing-masing memiliki lembaga akademi. Akademi dari distrik lama, yaitu Akademi khusus perempuan dari keluarga elite, sedangkan sekolah distrik baru, yaitu Akademi Swasta Kagamidai adalah sekolah untuk para murid biasa.

Pada suatu hari, kedua akademi mengalami masalah perekonomian yang membuat mereka berencana untuk menggabungkan kedua sekolah. Shingo Uryuu salah satu murid dari Akademi Swasta Kagamidai, menjadi orang yang beruntung.

Ia telah terpilih menjadi murid uji coba dari semua siswa dan ia akan masuk ke dalam Sekolah Elite dari Akademi khusus perempuan Yuihime selama 10 Bulan. Menjadi siswa Akedemi Elite dipenuhi banyak perempuan merupakan pengalaman pertama bagi Shingo yang belum pernah ia bayangkan.

Namun saat Shingo menghadiri Akademi tersebut, ia disambut kurang baik karena beberapa siswa disana yang tidak menyetujui tentang penggabungan dua sekolah tidak menyukai kehadiran Shingo. Mampukah Shingo mampu beradaptasi dan mendapatkan teman disana?

Review:
Anime Drama Romance Terbaik dengan cerita membuatmu ketagihan. Sepanjang episode berjalan, banyak adegan dramatis yang akan mengubah emosimu dari perasaan terharu, sedih, hingga bahagia.

Hal yang mencolok dari seri ini Desain karakter yang menarik, imut rambut warna-warninya yang membuat seri ini menarik untuk ditonton.

Tidak hanya desain karakternya, sifat mereka juga unik dimana mereka masing-masing memiliki sifat yang berbeda sehingga sulit untuk ditebak bagaimana perkembangan cerita berlangsung. Untuk keseluruhan seri ini cukup bagus dan direkomendasikan sebagai Anime Drama Romance Terbaik.

40. Koi to Senkyo to Chocolate

Anime Drama Romance Terbaik - Koi to Senkyo to Chocolate
Koi to Senkyo to Chocolate

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.23
Genre: Drama, Romance, School
Sinopsis:
Mengikuti klub adalah salah satu bagian dasar dalam menjalani kehidupan sekolah. Akan tetapi bagaimana jika klub tersebut dianggap tidak bermanfaat? klub Food Research Club, terancam akan dibubarkan setelah ketua OSIS baru akan dibentuk.

Pasalnya, kandidat Ketua OSIS tersebut memiliki rencana untuk membubarkan klub yang dianggap menghabiskan dana sekolah seperti FRC dan mempertahankan Klub yang mampu memanfaatkan dana sekolah secara efektik untuk hal-hal yang berguna.

Sang penemu klub FRC, yaitu Chisato Sumiyoshi yang dikenal sangat membenci cokelat, tidak ingin membiarkan klubnya bubar begitu saja.

Untuk menyelamatkan klubnya, ia menjadikan salah satu anggota klub FRC sekaligus teman masa kecilnya, yaitu Yuuki Ojima untuk ikut menjadi salah satu kandidat Ketua OSIS.

Mulai dari sini, perjuangan Yuuki untuk menjadi ketua OSIS dimulai. Dibantu oleh beberapa orang termasuk ketua OSIS yang sekarang masih menjabat. Selama perjuangan Yuuki berlangsung, serangkaian konflik terjadi mulai dan Yuuki mau tidak mau harus mengatasi konflik tersebut satu demi satu.

Review:
Meskipun awal tujuan ceritanya hanya sekedar menyelamatkan sebuah klub, namun berjalannya cerita konflik mulai berkembang dan membuat suasana semakin tegang.

Sebagian konflik berkaitan dengan sekolah dan sebagiannya lagi konflik tentang cinta tentang tokoh utama yang melibatkan masa lalu dari beberapa karakter.

Namun seri ini memiliki sedikit kekuarangan yaitu karakternya yang bisa dibilang sepi, karena hanya sedikit figuran yang muncul. Untuk keseluruhan sebenarnya Koi to Senkyo to Chocolate sangat bagus untuk ditonton dan direkomendasi sebagai Anime Drama Romance Terbaik.
Previous
Next Post »