30 Anime Romance Slice of Life Terbaik

Anime Romance Slice of Life Terbaik
Anime Romance Slice of Life Terbaik

Anime Romance Slice of Life memilki ciri khas sendiri, salah satunya suasana yang didapat ketika menonton anime tersebut dan bagaimana rangkaian alur cerita yang dibawakan. Biasanya genre ini tidak hanya memberikan suasana tenang atau adem melalui dukungan grafis dari sisi slice of life.

Namun beberapa rangkaian cerita memiliki adegan kehidupan sehari-hari yang dilakukan orang pada umumnya untuk memberikan suasana santai supaya nantinya penonton tidak terlalu tegang ketika memasuki konflik. Pada postingan kali ini Animenoem akan memberikan Rekomendasi Anime Romance Slice of Life terbaik.

Daftar Anime Romance Slice of Life Terbaik


30. Momokuri

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Momokuri
Momokuri

Jumlah Episode: 26 (ONA)
Rating MAL: 7.22
Genre: Comedy, Romance, Slice of Life
Sinopsis:
Cerita berkisar tentang seorang gadis bernama Yuki Kurihara, gadis yang mempunyai keinginan untuk berkencan dengan seorang laki-laki bernama Momotsuki Shinya, pria yang ia cintai pada pandangan pertama.

Walaupun Yuki tampaknya terlihat seperti gadis biasa, namun sebenarnya ia sangat imut dan lucu. Karena saking tergila-gilanya dengan momo Yuki sampai mengawasi sambil mencatat kegiatan Momo supaya ia tidak tertinggal untuk melihat kesempatan hal imut yang dilakukan Momo.

Sementara itu, orang yang disukai Yuki, yaitu Momo Atau Momotsuki Sinya, adalah seorang laki-laki berpengalaman dalam hal cinta dan ingin membuat Yuki senang dan bahagia.

Review:
Anime Romance Slice of Life berdurasi 13 menit dengan memiliki banyak comedy dari pasangan imut ini. Disini kamu hanya disajikan dengan cerita imut dari tingkah kedua pasangan yang tidak biasa,

seperti tingkah Yuki dengan keahlian stalkernya untuk mendapatkan momen-momen imut yang dilakukan Momo serta Momo yang ingin membahagiakan pacarnya dengan caranya sendiri sehingga keduanya selalu bertingkah konyol. Tidak ada konflik berat dalam cerita, dan suasanya sangat santai dan cocok sebagai tontonan ringan.

29. Ai Yori Aoshi

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Ai Yori Aoshi
Ai Yori Aoshi

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 7.20
Genre: Harem, Slice of Life, Comedy, Drama, Romance
Sinopsis:
Karena dijodohkan dari kecil, seorang mahasiswa bernama Kaouru Hanabishi memutuskan untuk berpisah dengan keluarganya sehingga pernikahannya dibatalkan.

Sementara itu, keluarganya tidak tahu dimana keberadaan Kaoru sekarang sedangkan sang gadis yang sudah dijodohkan dengan Kaouru, tidak ingin dijodohkan dengan siapapun selain dengan Kaouru karena ia sudah terlanjur mencintainya.

Pada suatu hari, Kouru bertemu dengan seorang gadis berpakaian kimono bernama Aoi Sakuraba yang tampak sedang kebingungan. Setelah Kaouru membantu mencari alamat yang menjadi tujuan Aoi, ternyata rumah tersebut merupakan rumah kosong.

Tidak tahu apa yang harus dilakukannya sekarang, Kaoru memutuskan untuk membawa Aoi ke apartemennya untuk sementara dan meminta petunjuk tambahan supaya ia mampu menemukan tempat tujuannya.

Aoi segera memberikan sebuah foto dua anak yang tidak lain adalah dirinya dan gadis yang dijodohkannya. Secara mengejutkan bahwa gadis yang dijodohkan oleh Kaouru ternyata ada di hadapannya, yaitu Aoi.

Review:
Jika kamu menginginkan Anime Romance Slice of Life dengan cerita ringan, Ai Yori Aoshi adalah rekomendasi yang sangat pas untuk kamu.

Disini kamu akan disuguhkan dengan kisah cinta antara Aoi dan Kaouru yang sangat manis untuk ditonton, konflik tidak rumit selain meskipun terdapat unsur harem didalamnya. konfliknya berupa masa lalu yang dialami para karakter, ceritanya juga cukup bikin baper dan dapat memberikan beberapa motivasi kepada penonton.

28. Isshuukan Friends

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Isshuukan Friends
Isshuukan Friends

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.65
Genre: Slice of Life, Comedy, School, Shounen
Sinopsis:
Mengisahkan tentang siswa laki-laki kelas 2 SMA 16 tahun bernama Yuuki Hase, akhirnya mulai berbicara kepada gadis yang ia sukai bernama Kaori Fujimiya dengan memintanya untuk menjadi teman.

Kaori dikenal sebagai siswa perempuan dingin, tenang dan suka menjauhkan diri dari orang lain karena ketidakinginan untuk memiliki teman.Ketika memasuki waktu jam istirahat, Yuuki melihat Kaori sedang makan siang sendirian di atap sekolah.

Setelah pertemuan tersebut, Yuuki mulai berniat untuk bertemu dengan Kaori setiap hari dengan harapan Yuuki mampu mengenal dan memahami Kaori dengan baik. Seiring berjalannya waktu, mereka sering menghabiskan waktu bersama, dan akhirnya Kaori mulai terbuka dengan Yuuki.

Saat memasuki Minggu terakhir, Kaori mulai menceritakan alasan mengapa dirinya suka menjauhkan diri dan bersikap dingin dari orang lain.

Setiap akhir minggu, Ingatan dan Kenangan Kaori bersama teman-temanya kecuali keluarganya diketahui akan menghilang, atau bisa dikatakan ingatannya akan mengalami reset seminggu sekali.

Penyebab Ingatan Kaori yang hilang selama seminggu sekali tersebut disebabkan sebuah kecelakaan mobil yang ia alami pada saat menginjak bangku SMP. Untuk itu, karena tidak ingin menyakiti teman-temannya, ia memutuskan untuk memilih tidak memiliki teman sama sekali.

Pada saat Hari senin tiba, sesuai apa yang dikatakan, Kaori telah kehilangan semua ingatan tentang Yuuki yang mereka lewati selama seminggu terakhir.

Namun karena tekad kuat yang dimiliki Yuuki sebagai laki-laki yang ingin dekat dengan Kaori. Setiap hari senin ia selalu mengajukan pertanyaan yang sama kepada Kaori, yaitu “Maukah kau menjadi temanku sekali lagi?”

Review:
Dari sinopsis, anime Slice of Life Romance ini kelihatanya menyajikan sebuah kisah menyedihkan yang dialami sang tokoh utama yaitu Yuuki dimana ia harus bersabar untuk menjalani hubungan dekat dengan Kaori dan berharap ia bisa mengingat dirinya untuk selamanya.

Kisah yang dibawakan dengan sangat emosional dan dijamin akan membuat penonton merasa galau meskipun visualnya sendiri menggambarkan suasana tenang dimana hal itu berkebalikan dengan ceritanya

27. Kimi ni Todoke

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Kimi ni Todoke
Kimi ni Todoke

Jumlah Episode: 25
Rating MAL: 8.12
Genre: Slice of Life, Drama, Romance, School, Shoujo
Sinopsis:
mengisahkan tentang kehidupan pedih seorang gadis remaja bernama Sawako Kuronuma yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan teman. Alasan ia sulit mendapatkan teman karena rambut panjangnya seperi hantu seperti karakter “Sadako” yang ada pada film “The Ring” sehingga banyak murid yang menjauhinya karena merasa takut.

Gosip tentang Sawako semakin lama semakin berkembang hingga ada beberapa siswa yang mengatakan bahwa Sawako memiliki kekuatan supernatural yang mampu membawa sebuah kesialan bagi orang-orang disekitarnya.

Namun di dalam diri Sawako sebenarnya sangat berbeda dari apa yang dipikirkan para murid. Sosok dari Sawako sebenarnya adalah bahwa ia hanyalah Seorang gadis polos, lemah lembut, pemalu dan baik kepada semua orang.

Kehidupannya yang pilu mulai pudar disaat dirinya bertemu dengan siswa populer bernama Shouta Kazehaya. Berbeda dari siswa lainnya, Kazehaya justru tertarik pada Sawako dan ingin berteman dengannya. Hubungan pertemanan mereka mulai terjalin dan seiring berjalannya waktu kebersamaan mereka mulai memicu sebuah perasaan romantis.

Review:
Salah satu Anime Romance Slice of Life dengan cerita yang manis dan nyaman untuk ditonton. Artwork yang menggambarkan suasana begitu heartwarming untuk memberikan kenyamanan di hati. Walaupun Ceritanya tidak begitu berat, namun konfliknya begitu menarik dari permasalahan cinta hingga persahabatan yang mampu membuat penonton penasaran.

26. Ojisan to Marshmallow

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Ojisan to Marshmallow
Ojisan to Marshmallow

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 6.67
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance
Sinopsis:
Habahiro Hige, seorang pria tua bertubuh gemuk yang sudah berumur puluhan tahun ,bekerja di sebuah kantor. Ia dikenal sebagai pria sederhana yang sangat menyukai Tabekko Marshmallow. 

Kehidupan kerjanya sering terganggu oleh rekan kerjanya bernama Iori Wakabayashi, salah satu rekan kerjanya, yaitu perempuan muda berumur 24 tahun.

Seringkali Ia menggoda Habahiro, dari memintanya untuk makan di depan wajahnya, membelikan hal yang disukainya dari toko, bahkan membuat Habahiro malu di depan boss mereka. Setelah diketahui ternyata Iori memiliki perasaan terhadap Habahiro.

Teman-temanmya tidak dapat mengerti apa yang Iori suka dari Habahiro selain tubuhnya yang empuk seperti Marshmallow. Dalam berbagai cara, Iori selalu berusaha untuk melakukan apapun demi mendapatkan perhatian Habahiro.

Di sisi lain Habahiro yang kurang peka, tidak mengetahui bahwa Iori berusaha untuk merayunya ke dalam hubungan romantis dengannya. Ini adalah kisah keseharaian Iori yang berjuang untuk mendapatkan perhatian Habahiro dengan berbagai cara yang unik dan konyol.

Review:
Salah satu Anime Romance Slice of Life yang menyajikan cerita dengan durasi pendek, yaitu sekitar 3 menit. Wah pendek sekali ya, kamu tidak perlu khawatir karena walaupun hanya pendek, ceritanya cukup ringkas, ringan dan sangat memuaskan.

Kisah juga agak unik dimana tokohnya merupakan pria dewasa gemuk dan gadis dewasa cantik dengan kisah keseharian di kantor dengan melibatkan adegan tak biasa seperti tingkah konyol Iori terhadap Habahiro.

25. Osake wa Fuufu ni Natte kara

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Osake wa Fuufu ni Natte kara
Osake wa Fuufu ni Natte kara

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 6.97
Genre: Comedy, Romance, Slice of Life
Sinopsis:
Chisato Misuzawa, seorang wanita muda pekerja kantoran sebagai asisten manajer yang cantik, tenang, dan elegan. Dilihat dari penampilannya, ia sangat menjaga kesehatannya dan banyak mengira bahwa ia tidak menyukai alkohol.

Namun sebenarnya, Ia menyembunyikan sisi lain dirinya yang ia tunjukkan hanya kepada sang suami tercinta, yaitu Sora Misuzawa yang dulunya pernah bekerja sebagai bartender. Sepulang kerja dari kantor, Chisato segera meneguk berbagai minuman koktail yang telah disediakan oleh suaminya.

Selain minuman alkohol, Sora juga menyajikan berbagai hidangan lezat yang selalu ia buat untuk membahagiakan istrinya. Ketika Chisato dalam keadaan mabuk, Sora berusaha untuk menjaganya dengan baik. Ini adalah kisah antara kedua pasangan serasi yang saling berbagi kebahagiaan sebagai keluarga harmonis.

Review:
Jika biasannya pria diatur sering suka mabuk-mabukan setelah bekerja, seri ini memberikan cerita sebaliknya dimana wanita yang bekerja dan suka mabuk-mabukan.

Anime Romance Slice of life dengan memberikan comedy yang berasal dari tingkah Chisato yang sangat imut dan menggemaskan saat ia dalam keadaan mabuk. Grafisnya juga lumayan dibuat denga baik, dengan warna cerah yang sempurna untuk menggambarkan suasana Slice of Life yang menghangatkan hati.

24. Nodame Cantabile

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Nodame Cantabile
Nodame Cantabile

Jumlah Episode: 23
Rating MAL: 8.41
Genre: Music, Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, Josei
Sinopsis:
Ini merupakan kisah tentang dua pemuda dengan sifat yang bertolak belakang namun dipertemukan dalam sebuah takdir. Walaupun berbeda, namun mereka memiliki satu kesamaan yang membuat mereka saling terhubung satu sama lain yaitu “Musik”.

Di sebuah Akademi Musik Momogaoka, terdapat seorang mahasiswa populer dari jurusan piano bernama Shinichi Chiaki. Tidak hanya populer, ia juga tampan, mandiri, rajin, dan berbakat dalam memasak.

Telah diketahui, Chiaki merupakan putra dari seorang pianis terkenal bernama Chiaki Masayuki. Meskipun ia merupakan anak dari pianis populer, tujuan sebenarnya adalah untuk menjadi seorang konduktor.

Pada suatu hari, ia dipertemukan dengan wanita muda yang tidak jelas bernama Megumi Noda dengan sifat nya yang sangat jorok, tidak pandai memasak, dan sifat buruk lainnya. Ketika Chiaki mendengarkan suara piano yang dimainkan Noda begitu indah, ia sangat terkesan.

Sayangnya, dalam memainkan Piano, Noda belum serius karena ia tidak tahu apapun tentang notasi musik piano dan memainkannya secara sembarangan. Kini hadirnya Chiaki sebagai tetangga Noda, ia mulai mengembangkan bakat pianonya lebih jauh.

Review:
Perpaduan antara Genre Music dan Slice of Life dengan memberikan penjelasan tentang musik klasik secara detail sehingga memberikan edukasi musik kepada penonton sambil menikmati cerita yang dibawakan.

Karena seri ini memberikan cerita dominan tentang musik, tentu lagu-lagu yang diberikan juga mengesankan, indah, dan sangat memanjakan telinga, ditambah grafis yang halus dan nyaman untuk ditonton.

Meskipun fokus pada music, seri ini tidak melepaskan slice of lifenya, romancenya pun juga begitu, hubungan antara Noda dan Chiaki dikembangkan dengan baik dan mampu membuat penonton baper pada akhir-akhir cerita sehingga menjadi sebuah Anime Romance Slice of Life Terbaik.

23. Boku wa Tomodachi ga Sukunai

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Boku wa Tomodachi ga Sukunai
Boku wa Tomodachi ga Sukunai

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.44
Genre: Ecchi, Slice of Life, Comedy, Harem, Romance, School
Sinopsis:
Karena memiliki penampilan seperti berandalan terutama pada rambutnya yang berwarna campuran pirang dan hitam, seorang remaja laki-laki bernama Kodaka Hasegawa ditakuti oleh teman-teman disekolahnya sehingga membuatnya sendiri tanpa memiliki teman.

Di sisi lain, terdapat seorang gadis dengan nasib yang sama. Ia adalah Yozora Mikazuki, gadis dengan penampilan menarik namun karena suatu alasan ia juga tidak memiliki teman. Pada suatu hari, Hasegawa sedang melihat Yozora sedang berbicara dengan seseorang.

Mengetahui bahwa Yozora tidak memiliki teman, Hasegawa segera penasaran dan ketika ia menghampirinya, secara mengejutkan ternyata ia sedang berbicara dengan teman buatannya.

Mengetahui nasibnya begitu menyedihkan, Hasegawa menyarankan Yozora untuk mendapatkan teman dengan bergabung ke dalam klub sekolah tetapi saran tersebut ditolak. Saran Hasegawa, ternyata menumbuhkan ide cemerlang pada Yozora.

Keesokan harinya, Yozora ternyata telah membentuk klub baru bernama Neigbours Club, dimana tujuannya memberikan informasi tentang cara mendapatkan teman.

Selain itu Hasegawa juga sudah bergabung dalam klub tersebut tanpa sepengetahuannya. Mulai dari sini dimulai kisah keseharian klub dengan anggota yang semakin bertambah untuk meramaikan suasana.

Review:
Sudah dijelaskan dari sinopsis tadi, bahwa seri ini akan memberikan keseharian klub yang tidak biasa. Dengan memberikan berbagai macam-macam adegan comedy, dijamin akan membuat penonton tidak mudah bosan.

Karakternya juga menarik, masing-masing mereka memiliki macam-macam masalah sosial seperti Hasegawa yang tidak bisa mendapatkan teman karena penampilannya. Seri ini memiliki unsur ecchi dan harem jadi sudah jelas dalam seri memperlihatkan adegan mesum seperti telanjang, fanservice, dan lain-lain

22. Kotoura-san

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Kotoura-san
Kotoura-san

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.35
Genre: Comedy, Drama, Romance, School
Sinopsis:
Seorang anak perempuan bernama Haruka Kotoura dilahirkan dengan diberkahi kekuatan cenayang untuk membaca pikiran seseorang. Sepanjang hidupnya ia selalu mendengar pikiran-pikiran yang ia dengar dari orang-orang di sekelilingnya.

Karena ia tidak tahu cara mengendalikannya, suara-suara pikiran yang didengar Kotoura seketika ia jawab secara spontan.

Sayangnya kebiasaan tersebut membuat dirinya harus menjalani hidup penuh kesedihan karena pikiran pribadi seseorang yang seharusnya bersifat privasi dan tidak boleh diketahui orang lain, telah Kotoura membeberkannya begitu saja.

Sepanjang hidupnya ia selalu diejek dan dijauhi teman-temannya karena kemampuannya sehingga membuat ia selalu sendirian. Tidak hanya teman, bahkan Orang tua Kotoura telah bercerai dan berpisah untuk meninggalkan Kotoura karena tidak tahan dengannya.

Ketika memasuki bangku SMA, Kotoura kini menjadi gadis penyendiri dan pendiam yang tidak ingin berbicara kepada siapapun. Namun ketika ia bertemu laki-laki mesum bernama Yoshihisa Manabe, kehidupan Kotoura berlahan-lahan mulai berubah.

Berbeda dengan orang lain, Manabe ternyata tidak takut sama sekali dengan kemampuan yang dimiliki Kotoura dan ia justru ingin menolong Kotoura dari rasa kesendiriannya supaya dapat menjalani kehidupan bahagia.

Review:
Menikmati slice of life sambil menyajikan perkembangan karakter dari sang tokoh utama perempuan, yaitu Kotoura membuat seri ini enak untuk ditonton sebagai Anime Romance Slice of Life.

Beberapa menit di Episode pertama, ceritanya dibawakan dengan suasan agak dark, yaitu cerita berisis menyajikan penderitaan yang dialami Kotoura.

Namun semakin episode berjalan, Konflik yang dilamai Kotrou semakin pudar dan cerita mulai hanya berisi romcom ringan. Perkembangan karakter cukup baik, ada yang berubah secara berlahan, dan ada yang berubah secara tiba-tiba setelah terlibat dalam suatu masalah.

21. Koe no Katachi

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Koe no Katachi
Koe no Katachi

Jumlah Episode: 1 (Movie)
Rating MAL: 9.04
Genre: Drama, School, Shounen
Sinopsis:
Di Sekolah Dasar, ada murid pindahan baru bernama Shouko Nishimaya, seorang anak perempuan yang tidak bisa mendengar (tuli) maupun berbicara (bisu) namun selalu menunjukkan senyumnya. Pada saat itu, Shouko masuk di kelas yang sama dengan anak laki-laki bernama Ishida Shouya.

Kehadiran Shouka di sekolah tersebut tidak disambut baik oleh beberapa orang, termasuk Ishida dan teman-temannya yang sering mengejek kekurangan Shouko lalu mengerjainya hingga membuat alat bantu pendengarannya Shouko rusak berkali-kali.

Ketika pembullyan terus berlanjut tanpa henti setiap harinya, secara tiba-tiba Shouko dikabarkan telah keluar untuk pindah ke sekolah lain.

Karena para murid merasa simpati kepada Shouko, Ishida yang dianggap sebagai penyebab pindahnya Shouko menjadi anak yang tidak disukai bahkan dijauhi oleh teman-temanya hingga dirinya memasuki sekolah SMP.

Pengasingan tersebut, membuat kepribadian Ishida berubah menjadi pemalu dengan penuh perasaan bersalah yang terus menghantui dirinya hingga. Namun ketika memasuki sekolah SMA, secara kebetulan Shouya telah bertemu kembali dengan Nishimaya.

Sebagai permintaan maaf, dirinya ingin membentuk hubungan baru dengan Nishimaya dan memutuskan untuk berteman dengan Shouko sebagai penebus dosa demi menghubungkan kembali tali pertemanan bersama Shouko dan teman lamanya.

Review:
Anime Slice of Life Romance selanjutnya bertipe movie yang menjadi salah satu anime movie terbaik 2017. Daripada disebut romance, ceritanya lebih mengedepankan tentang kisah pertemanan antara Ishida dan kawan-kawan lamanya.

Meskipun begitu, hubungan pertemanan yang dijalani Shouko dan Ishida membuat unsur romance nya berasa. Grafisnya juga menesankan, gerakan karakter yang halus, dan pewarnaan cerah yang tentunya memanjakan mata membuat anime ini layak untuk dijadikan sebagai Rekomendasi Daftar Anime Romance Slice of Life Terbaik.

20. Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Wotaku ni Koi wa Muzukashii
Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Jumlah Episode: 11
Rating MAL: 8.06
Genre: Comedy, Romance
Sinopsis:
Cerita berpusat tentang Narumi Momose, seorang wanita muda cantik dan imut yang sedang mengalami masalah percintaan karena hobinya sebagai seorang otaku, gamer dan seorang Fujoshi.

Setelah keluar dari pekerjaan lamanya karena identitas sebenarnya sebagai otaku terbongkar, Narumi kini pindah ke pekerjaan barunya dan disana ia segera dipertemukan oleh salah satu teman masa kecilnya bernama Hirotoka Nifuji yang telah mengetahui rahasia otakunya.

Beruntung, mereka yang mengetahui rahasia otaku ternyata juga seorang Otaku. Mereka adalah: Hanako Koyanagi, wanita muda fujoshi, dan juga seorang cosplayer pria populer dengan tampilan dewasa dan keren; dan Tarou Kabakura, seorang pria yang memiliki wajah seram namun memiliki sifat baik kepada juniornya.

Setelah mereka asyik minum-minum setelah bekerja, Hirotaka menawarkan dirinya kepada Narumi untuk berpacaran dengannya supaya ia lebih mudah untuk berbagi hobi dan tidak perlu berusaha untuk menyembunyikan hobinya tersebut.

Karena baru kepikiran, Narumi menyetujuinya dan menerima Hirotoka sebagai pasangan sesama otaku. Mampukah mereka mampu menjalani hubungan asmara sambil menyeimbangkan antara hobi dan pekerjaanya?

Review:
Salah satu anime menarik dengan memberikan kisah bagaimana ketika pasangan sesama otaku itu berpacaran. Tokoh utama dalam cerita merupakan tokoh dewasa namun status mereka sebagai otaku membuat tingkah mereka seperti anak-anak.

Pembawaan Slice of Life yang dibawakan melalui keseharian Otaku, topik dan obrolan serba otaku yang terkadang diselingin dengan kegiatan kantor membuat tontonan ini sangat nyaman. comedy dan romancenya juga sangat berasa dan menghibur walaupun hanya mengandalkan dialog dan layak untuk direkomendasi sebagai Anime Slice of Life Romance Terbaik.


19. Mikakunin de Shinkoukei

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Mikakunin de Shinkoukei
Mikakunin de Shinkoukei

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.54
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School
Sinopsis:
Cerita berpusat tentang gadis remaja bernama Kobeni Yonomori. Pada hari ulang tahunnya yang ke-16, ibunya memberikan sebuah hal tak terduga untuk Kobeni sebagai hadiah ulang tahun. Namun hadiah tersebut bukan berbentuk suatu barang maupun makanan, namun hadiah tersebut adalah pria yang ditetapkan sebagai tunangan oleh mendiang kakeknya sebelum meninggal.

Pria tersebut adalah Hakuya Mitsumine, pria dengan sifat pendiam dan sering memasang wajah datar yang diketahui pindah ke ke kediaman Kobeni dari desanya dengan membawa sang adik imut bernama Mashiro Mitsumine untuk tinggal bersama dengan keluarga barunya.

Hal tersebut sontak membuat Kobeni terkejut dan kesal karena hal yang berkaitan dengan masa depannya tidak ingin diatur oleh keluarganya.

Awalnya Kobeni enggan untuk menjadikan Hakuya sebagai tuangannya, namun seiring berjalannya waktu, Pasangan tersebut mulai terbuka, menyesuaikan diri dan saling memahami. Dari sebuah perjodohan tak terduga tersebut, Mampukah mereka bisa menerima satu sama lain?

Review:
Pembawaan cerita dari seri ini bisa dibilang lurus, sederhana dan santai. walaupun cerita dan karakter terkesan biasa-biasa saja, seri tetap menarik untuk ditonton sebagai Anime Romance Slice of Life. 

Setiap kegiatan sehari-hari dibarengi adegan romance comedy ringan supaya penonton tidak mudah bosan ketika menonton Anime Romance Slice of Life ini. Terkadang ketika pertengahan cerita, terdapat selipan sedikit unsur mystery dan drama untuk hiburan tambahan namun dapat dirasakan karena mampu dibawakan dengan baik.

18. Kotonoha no Niwa (The Garden of Words)

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Kotonoha no Niwa
Kotonoha no Niwa

Jumlah Episode: 1 (Movie)
Rating MAL: 8.25
Genre: Slice of Life, Psychological, Drama, Romance
Sinopsis:
Takao Akizuki, adalah seorang pelajar 15 tahun yang berkeinginan untuk menjadi seorang desainer sepatu pada suatu hari nanti. Ditengah-tengah Pelajaran masih berlangsung, Takao diketahui sering membolos apalagi jika cuaca sedang turun hujan dengan pergi ke taman.

Pada Suatu hari, Takao bertemu dengan wanita muda yang sedang duduk di Gazebo sambil mengonsumsi cemilan dan minum bir dengan pakaian rapinya. Ia adalah Yukino Yukari, seorang wanita muda misterius yang hampir setiap hari disana selalu mengenakan sepatu yang berbeda-beda.

Sepatu Yukino yang ganti-ganti, telah menarik perhatian Takao dan membuatnya ingin mendesain sepatu-sepatunya untuk mendapatkan inspirasi. Akhirnya pertemuan tersebut membuat mereka saling mengenal dan saling bertemu pada setiap hujan turun.

Mereka saling bercerita tentang diri mereka sehingga membuat hubungan mereka masing-masing memberikan sebuah perasaan satu sama lain.

Review:
Pasti sebagian kenal dengan Makoto Shinkai, pria yang dikenal sebagai pencipta anime Kimi no Na Wa dan berbagai Movie Romance dengan dialog berat dan biasannya akhir ceritaya berakhir dengan penuh pertanyaan atau bisa bikin nyesek.

Kotonoha no Niwa, anime yang memiliki grafis luar biasa bagaikan lukisan indah yang bergerak dengan latar yang disesuaikan dengan tempat aslinya.

Ceritanya juga begitu mendalam, unsur slice of life begitu kuat serta romance yang diatur sebagai pasangan beda umur sehingga membuat anime ini tampak unik dan menarik sebagai Anime Romance Slice of Life Terbaik.


17. Tamako Love Story

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Tamako Love Story
Tamako Love Story

Jumlah Episode: 1 (Movie)
Rating MAL: 8.09
Genre: Comedy, Romance, Slice of Life
Sinopsis:
Sequel dari Tamako Market. Berkisah tentang Kitashirakawa Tamako dan Ooji Mochizou, mereka merupakan teman masa kecil dengan tempat tinggal yang saling berdekatan. Waktu masa sekolah Mereka hampir berakhir.

Mochizou berencana melanjutkan pendidikan lanjutannya dengan masuk ke dunia perfilman dan berencana untuk menempuh pendidikan di Kota Tokyo. Tapi sebelum pergi, Mochizou ingin menyatakan perasaanya kepada Tamako supaya ia tidak meninggalkan sebuah penyesalan saat pergi.

Di sisi lain, Tamako yang kini juga sudah menginjak sebagai siswa tahun ketiga, hanya fokus pada pertunjukan Usagiyama Marching Festival dan tidak menyadari perasaan Mochizou terhadap dirinya. Mochizou merasa ke kesulitan untuk menyatakan perasaanya karena suatu kendala yaitu rasa malu.

Dengan situasi yang ia terima, Mochizou merasa galau dan bingung tidak tahu apa yang ia lakukan selanjutnya. Disaat itulah Ia bertemu dengan Midori yang membuat Mochizou akhirnya mendapatkan kepercayaan dirinya untuk menyatakan perasaan cintanya kepada Tamako.

Review:
Anime Romance Slice of life dengan cerita memasuki setahun setelah kejadian pada seri sebelumnya yaitu Tamako Market. Jika kalian sudah menonton seri sebelumnya, pasti kalian tahu bahwa pembawaan ceritanya sedikit berbeda dari seri sebelumnya.

Namun untuk sisi comedy, kalian tak perlu khawatir karena rasanya masih sama dari seri sebelumnya. Desain karakter sangat bagus, imutnya sosok Tamako, membuat penonton merasa gemas, selain itu karakter pendukung lain juga dibuat tak kalah menarik dengan tokoh utamanya

Tidak ada konflik serius pada seri ini selain konflik berupa permasalahan Mochizou dalam menyatakan perasaan cintanya. Grafisnya begitu indah, warna-warni sehingga membuat Tamako Love Story layak dimasukkan dalam list Anime Romance Slice of Life Terbaik.

16. Just Because

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Just Because
Just Because

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.41
Genre: Slice of Life, Drama, Romance, School
Sinopsis:
Ketika Musim Dingin tiba, pada tahun ajaran baru, para siswa SMA yang awalnya memasuki tahun pertama kini menjadi siswa tahun kedua dan mulai menjadi seorang senior bagi siswa yang baru memasuki tahun ajaran baru.

Setelah itu, untuk siswa yang telah memasuki tahun kedua, kini sudah memasuki tahun akhir dimana tahun ini adalah penentuan masa depan bagi mereka.

Kehidupan Sekelompok remaja siswa tahun terakhir akan berbeda karena di sekolah tersebut mereka kedatangan seorang murid baru yang tampaknya tidak asing. Ia adalah Eita Izumi, remaja yang akhirnya pulang kampung ke halamannya setelah pergi dalam waktu beberapa tahun.

Di tempat ia bersekolah, Eita memiliki kenalan lama yang terdiri dari: Mio Natsume, gadis biasa yang disukai Eita sejak SMP hingga sekarang masih ia pendam, Haruto Souma, teman masa kecil Eita yang menyukai baseball; Ena Komiya, siswa tahun kedua yang sangat bersemangat dalam menjalani klub fotografinya; dan Hazuki Mirokawa, gadis yang tak tertarik dengan percintaan.

Review:
Walaupun ceritanya akan melibatkan kisah asmara rumit, namun sebenarnya pembawaan cerita rumit tersebut justru datar dan agak mudah dipahami.

Alasan mengapa Just Because layak untuk dijadikan sebagai Rekomendasi Anime Romance Slice of Life adalah Cerita tidak hanya fokus pada hubungan romance antar karakter tetapi juga kegiatan-kegiatan sederhana, seperti ujian sekolah, kompetisi, dan menentukan tempat untuk menempuh pendidikan selanjutnya dimana hal tersebut bertujuan untuk menguatkan elemen slice of lifenya.

15. Karakai Jouzu no Takagi-san

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Karakai Jouzu no Takagi-san
Karakai Jouzu no Takagi-san

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.91
Genre: Romance, Comedy, School, Slice of Life, Shounen
Sinopsis:
“Siapa yang tersipu, dia yang kalah”, sebuah permainan sederhana yang kerap dilakukan oleh kedua remaja SMP bernama Nishikata dan teman sekelas perempuan yang duduk di sebelahnya bernama Takagi. Setiap hari mereka selalu melakukan kegiatan tidak biasa untuk melakukan sebuah kompetisi.

Namun dalam kompetisi tersebut, Nishikata selalu saja mengalami nasib yang kurang beruntung lantaran dirinya yang selalu dijahili Takagi. Setiap kompetisi yang mereka buat, ,mereka selalu melakukan taruhan sederhana, seperti membelikan jus atau semacamnya.

 Dengan kecerdikan yang dimiliki Takagi, Nishikata selalu saja kalah karena sering termakan jebakan yang dibuat oleh Takagi. Bahkan ketika Nishikata bersiap untuk menjahili Takagi, Nishikata justru mendapatkan senjata makan tuan.

Karena perbuatannya setiap hari, Nishikata harus menanggung malu yang membuat hidupnya terganggu. Ini adalah kisah tentang perjuangan Nishikata dalam membalas perbuatan Takagi pada setiap kompetisi yang diadakan setiap hari.

Review:
Bagi kamu yang sangat suka Romance Slice of life tanpa cerita berat, tidak rumit, serta konflik rumit semacam cinta segitiga, Karakai Jouzu no Takagi-san adalah saran Terbaik buat kamu karena seri ini sangat memenuhi kriteria anime yang kamu cari.

Cerita sepanjang episode yang hanya berisi keseharian biasa yang sangat ringan dan santai untuk ditonton dengan karakter menarik dari Takagi yang selalu saja memiliki ide tak terduga untuk menjahili Nishikata, serta Nishikata yang entah bodoh atau gimana karena selalu terkena jebakan Takagi. Artworknya terkesan standar namun bagus, backgroundnya sangat cerah dan indah sehhingga nyaman dimata.

14. Honobono Log

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Honobono Log
Honobono Log

Jumlah Episode: 10
Rating MAL: 7.48
Genre: Slice of Life, Romance
Sinopsis:
Sebuah Anime adaptasi dari sebuah buku ilustrasi milik Naka Fukamachi. Menceritakan tentang kisah keseharian dari pasangan manis dari kedua remaja bernama Chiharu dan Eita yang ditayangkan pada musim Spring 2016 tepatnya pada tanggal 7 Juni 2016 sampai 18 Juni 2016 dengan jumlah 10 episode dan berdurasi sekitar dua menit per episodenya.

Review:
Untuk Anime Romance Slice of Life satu ini, memiliki sebuah keunikan. Berbeda dari anime lainnya yang biasanya diadaptasi dari manga, light novel, visual novel, game, dan sebagainya, seri ini justru diadaptasi hanya dari sebuah ilustrasi buku tanpa adanya dialog.

Walaupun hanya adaptasi dari sebuah gambar ilustrasi dalam buku, seri yang dibuat berhasil menarik perhatian penonton karena Honobono Log adalah Anime Romance Slice of Life yang sangat wajib ditonton karena menarik untuk ditonton dengan ceritanya yang sangat indah dan terkesan heartwarming dimana isinya hanya menampilkan adegan kegiatan dari pasangan serasi kedua karakter.

13. Acchi Kocchi

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Acchi Kocchi
Acchi Kocchi

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.60
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School
Sinopsis:
Mengisahkan tentang 5 sahabat yang terus bersama dengan pergi dari satu tempat ke tempat lain. Dari kelima sahabat tersebut terdapat dua teman yang tampaknya sangat cocok sebagai pasangan. Io Otonashi, seorang pemuda yang baik hati, ramah kepada teman-temannya, populer, dan berpikiran serius.

Walaupun ia memiliki banyak keunggulan, namun ada satu hal yang tidak bisa ia mengerti, yaitu perasaan cinta yang dimiliki sahabat dekatnya bernama Tsumiki Minawa, gadis imut tsundere yang sangat kesulitan untuk menyampaikan perasaannya terhadap Io.

Berbagai upaya ia lakukan untuk memberikan tanda-tanda bahwa ia menyukai Io, sayangnya untuk Io, ia sangat tidak peka dan sama sekali tidak menyadari tanda-tanda dari Tsumiki.

Bersama dengan teman-temannya yang ikut turut membuat suasana lebih ramai, mereka terdiri dari: Mayoi Katase, Hime Haruno, dan Sakaki Inui yang setiap saat selalu menggoda mereka, mampukah Tsumiki dapat menyampaikan perasaannya kepada Io.

Review:
Menyajikan comedy melalui sebuah permainan kata dalam bahasa jepang, mungkin dapat menyulitkan penonton yang tak terbiasa dengan bahasa jepang. Untuk itu jika ingin merasakan lelucon-lelucon kreatif yang dibawakan seri ini, kamu perlu mencari tempat dengan subs lengkap dengan penjelasan lelucon tersebut.

Anime Romance Slice of Life yang sangat imut dan menggemaskan dari ketidakpekaan Io dan tingkah Tsumiki kepada Io supaya perasaannya tersampaikan. Untuk bagian comedy, bisa diserahkan pada karakter teman-temannya. Dengan adanya mereka, comedynya sangat berasa lucu, menghibur, dan suasananya tampak ramai.

12. Danna ga Nani wo Itteiru ka Wakaranai Ken

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Danna ga Nani wo Itteiru ka Wakaranai Ken
Danna ga Nani wo Itteiru ka Wakaranai Ken

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.50
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, Seinen
Sinopsis:
Jika sudah saling mencintai, perbedaan apapun tidak akan hubungan pasangan tersebut runtuh. Begitu pula dengan sepasang suami istri yang memiliki banyak perbedaan ini.

Kaoru Tsunashi, seorang wanita pegawai kantoran yang pekerja keras dan agak suka dengan mabuk-mabukan manikah dengan seorang pria otaku bernama Hajime Tsunashi yang sangat suka dengan Anime dan Manga dengan kesehariannya yang hanya membuat blog.

Setiap hari mereka terlibat dalam suatu peristiwa konyol yang tak biasa dan membingunkan terutama untuk Kaouru yang sangat tidak paham dengan sifat otaku yang dimiliki Hajime. Meskipun kedua pasangan ini selalu memberikan kekhawatiran, namun cinta mereka tetap terikat satu sama lain bahkan memicu lebih erat untuk memberikan sebuah kebahagiaan bersama.

Review:
Satu lagi Anime Romance Slice of Life pendek yang hanya berdurasi 3 menit. Setiap episodenya cukup memuaskan dimana isi ceritanya memberikan comedy berupa dialog kreatif tak terduga yang sangat menghibur ditambah dengan sedikit adegan parody dari berbagai anime populer. Untuk bagian grafis,keseluruhan episode cukup bagus, konsisten dan sangat nyaman untuk dilihat.

11. Amagami SS

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Amagami SS
Amagami SS

Jumlah Episode: 25
Rating MAL: 7.50
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School
Sinopsis:
Dua tahun lalu, saat masih duduk di bangku SMP, siswa laki-laki bernama Junichi Tachibana, mengalami rasa sedih yang amat dalam karena pada saat malam natal, dimana saat itu adalah kencan pertamanya namun ternyata dalam waktu singkat hancur karena gadis yang ia sukai menolaknya.

Setelah memasuki masa SMA, kejadian tersebut terus teringat dalam pikiran Juunichi sehingga ia terus merenung tentang cinta, dan mengatakan bahwa ia tidak ingin lagi merasakan cinta kepada perempuan yang ia minati.

Namun ketika sekelompok gadis cantik dengan sifat beragam mulai masuk ke dalam hidupnya, Ini mungkin merupakan kesempatan kedua bagi Junichi untuk merasakan betapa indahnya cinta.

Ini adalah kisah tentang Junichi bagaimana cara ia menjalani hubungan romantis kepada perempuan-perempuan tersebut yang disajikan secara berbeda.

Review:
Amagami SS adalah Anime Romance Slice of Life bertema sekolah dengan menyajikan kisah cinta antara sang tokoh utama dengan para heroine Secara bergantian dengan membagi 25 episode menjadi beberapa bagian.

Ceritanya yang unik dengan karaker perempuan waifuable dimana semuanya akan akan diterima oleh sang tokoh utama. Maksud diterima semuanya bukan berarti harem, tetapi ketika cerita dengan salah satu heroine selesai, maka di episode selanjutnya cerita akan diulang dengan heroine yang berbeda.

Walaupun berulang-ulang, ceritanya tidak akan membosankan, karena setiap karakter wanita memiliki kepribadian yang berbeda-beda sehingga alur ceritanya juga berbeda.

10. Working!!

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Working!!
Working!!

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.78
Genre: Comedy, Romance, Seinen, Slice of Life
Sinopsis:
Wagnaria, merupakan sebuah restoran keluarga yang setiap hari ramai pengunjung. Karena pelanggan Wagnaria semakin bertambah dan ramai, salah satu pelayan bertubuh mungil bernama Popura Taneshima diminta untuk mencarikan karyawan baru untuk berkerja di Wagnaria.

Dalam upayanya untuk mencari orang yang ingin bekerja di restoran tersebut, Popura mengalami kesulitan karena tubuhnya yang kecil dan membuat banyak orang tidak menyadari kehadirannya. Pada saat itu ia bertemu dengan seorang remaja bernama bernama Souta Takanashi. 

Awalnya Souta menganggap bahwa Popura adalah seorang gadis kecil yang tersesat. Setelah menyadari bahwa Popura lebih tua dengannya, Souta yang segera menyukai Popura karena wujud anak kecilnya akhirnya menyetujui penawaran pekerjaan tersebut.

Disana ia diperkenalkan dengan beberapa karyawa dengan sifat yang beranekaragam, dari yang pemalas, dingin, bermuka dua, dan lain-lain. Ini adalah kisah keseharian para pegawai restoran yang tak biasa dengan penuh keseruan dan canda tawa.

Review:
Sudah jelas dari sinopsis bahwa seri ini latar utamanya adalah restoran, jadi di sepanjang cerita kebanyakan kamu akan disuguhkan berbagai keseharian lucu melalui dialog, tingkah para tokoh, dan lain-lain hanya di sekitar restoran.

Disini tidak hanya menyajikan comedy saja, tapi terdapat unsur romance yang sangat manis dari beberapa karyawan sehingga Working!! layak untuk dijadikan rekomendasi yang bagus sebagai Anime Romance Slice of Life dengan tambahan comedy di dalamnya.

9. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. (Oregairu)

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Oregairu
Oregairu

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.95
Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, Romance, School
Sinopsis:
Menjauhkan diri dari dunia sosial, lalu menjadi seorang penyendiri, dan menganggap bahwa hubungan sosial dan masa remaja merupakan sebagai pandangan buruk adalah sifat yang dimiliki remaja SMA bernama Hachiman Hikigaya. 

Ketika ditanya tentang masa depannya, Hachiman lebih memilih untuk menjadi seorang pengangguran daripada harus bekerja karena hal tersebut ia anggap sebagai pilihan terbaik bagi kehidupannya.

Karena sifatnya tersebut, sang guru bernama Shizuka Hiratsuka yang khawatir tentang masa depan Hachiman memaksanya untuk masuk ke dalam klub bernama Volunteer Service Club dimana disana ia harus membantu berbagai permasalahan yang dialami para murid disekolah.

Tugas tersebut merupakan hal yang paling dibenci oleh Hachiman namun ia terpaksa harus melakukannya karena diminta oleh gurunya.

Ia tidak sendirian, ditemani bersama dengan gadis cantik populer dengan julukan “Ratus Es” bernama Yukino Yukinoshita dengan masalah yang sama, yaitu masalah tentang dunia sosial, apakah mereka mampu mengubah pandangan mereka tentang dunia masyarakat setelah memulai tugasnya dengan membantu orang lain?

Review:
Karena ceritanya berkaitan dengan masalah karakter tentang dunia sosial, sudah pasti character devolpmentnya harus disajikan dengan baik.

Seperti terlihat dalam sinopsis, sang karakter utama, Hachiman awalnya hanyalah laki-laki apatis terhadap segala hal dan bersifat dingin, namun seiring berjalannya waktu sifatnya berangsur-angsur mulai berubah, begitu juga dengan Yukino.

Awal-awal cerita yang memberikan kisah slice of life dimana Anggota Klub Volunteer Service harus membantu para kliennya dengan comedy sederhana namun lucu. Sedangkan dipertengahan cerita, elemen romanya mulai menguat dan memberikan kisah dramatis yang mengesankan untuk ditonton. Maka dari itu, Oregairu layak masuk ke dalam list sebagai Anime Romance Slice of Life Terbaik


8. Tonari no Kaibutsu-kun

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Tonari no Kaibutsu-kun
Tonari no Kaibutsu-kun

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.69
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School, Shoujo
Sinopsis:
Shizuku Mizutani, siswa perempuan kelas satu yang memiliki sifat pendiam, jarang bersosialisasi, dan tidak peduli terhadap segala hal selain nilai sekolahnya. Kehidupan penyendirinya seketika berubah ketika ia bertemu dengan siswa nakal bernama Yoshida Haru. 

Awal kejadian dimulai saat Mizutani diminta oleh gurunya untuk memberikan materi pelajaran kepada Haru yang duduk di sampingnya karena sejak hari pertama masuk sekolah, Haru tidak pernah menampakkan diri di lagi karena berkelahi dengan seniornya.

Untuk itu, selain memberikan materi, Mizutani juga diminta membujuk Haru supaya ia mau bersekolah lagi. Ketika dalam perjalanan ke tempat Haru berada untuk memberikan materi pelajaran, ia sedang melihatnya sedang bersama dengan empat temannya.

Ia menyadari sesuatu yang tidak biasa kepada empat teman Haru. Tampaknya mereka terlihat tidak menganggap Haru sebagai temannya. Karena Haru tidak memiliki sesorang untuk dijadikan sebagai teman sungguhan, akhirnya ia meminta Mizutani untuk menjadi temannya.

Karena mereka sama-sama tidak memiliki teman, Mizutani yang tahu betul perasaan Haru akhirnya menerima permintaan pertemanannya. Akhirnya mereka pun mulai berteman dan seiring berjalannya waktu, hubungan mereka terjalin semakin erat.

Review:
Anime Romance Slice of life dengan pasangan unik dimana walaupun sifat mereka berbeda, tingkahnya kedua karakter menjadi sisi comedy yang sangat menghibur karena comedy seri ini pada dasarnya emang berasal dari tingkah karakter yang menarik dan konyol.

Sepanjang cerita, karakter tidak hanya berfokus kepada Mizutani dan Haru saja, namun beberapa karakter baru ikut turut menghibur supaya penonton tidak mudah bosan.

7. Toradora

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Toradora
Toradora

Jumlah Episode: 25
Rating MAL: 8.39
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School
Sinopsis:
Seorang remaja bernama Ryuji Takasu dikenal sebagai sosok pria menakutkan karena mata serammya membuat orang di sekelilingnya merasa takut dengannya. Namun Nyatanya Ryuji bukanlah sosok seperti itu. Sebaliknya, Ryuji merupakan seorang laki-laki baik hati, pintar memasak, mandiri, dan tentunya sangat suka kebersihan.

Pada suatu hari di sekolah, ia bertemu Taiga Aisaka, siswa perempuan bertubuh pendek yang mengerikan dengan julukan “Palmtop Tiger”, yang didapat karena amarahnya hampir setara dengan seekor macan yang mengamuk.

Pertemuan tersebut kurang menyenangkan, di saat mereka bertabrakan secara tidak sengaja, Ryuuji tidak menyadari Taiga karena tubuhnya kecil. Hal tersebut sontak membuat Taiga merasa tersinggung dan segera memukul Ryuuji.

Saat pulang sekolah, dimana Ryuuji yang sedang berniat untuk merapikan tas berantakan bertemu kembali dengan Taiga. Ketika pertemuan tersebut, sebuah keributan terjadi dan akhirnya membuat rahasia besar mereka terbongkar.

 Taiga memiliki perasaan terhadap sahabat Ryuuji bernama Yuusaku Kitamura sedangkan Ryuuji memiliki perasaan terhadap sahabat Taiga bernama Minori Kushieda. Setelah rahasia mereka terbongkar, keduanya akhirnya menjalin kerjasama supaya mempermudah untuk mencapai tujuan mereka masing-masing.

Review:
Bagi penggemar anime romance, mungkin beberapa kalian sudah mengenal anime populer yang satu ini. Salah satu Anime Romance Slice of life yang tidak hanya bikin baper, tapi juga dijamin bikin penontonnya ngakak dengan comedy yang dibuat dari tokohnya terutama untuk tingkah sang heroine tsundere yaitu Taiga.

Romance dan Comedynya berasa, untuk slice of lifenya disajikan dengan menyelipkan comedy ringan di awal-awal, setelah itu dilanjutkan dengan penuh adegan romance yang menyentuh dan memuaskan.

6. Fruit Basket

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Fruit Basket
Fruit Basket

Jumlah Episode: 26
Rating MAL: 7.77
Genre: Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, Fantasy, Shoujo
Sinopsis:
Seorang gadis remaja 16 tahun bernama Tooru Honda harus menerima takdir menyedihkan karena ibunya telah meninggal dalam sebuah kecelakaan dan membuat ia terpaksa harus tinggal bersama dengan kakek dan neneknya.

Namun karena rumah kakek neneknya baru direnovasi, Tooru terpaksa harus mencari tempat tinggal lain untuk sementara waktu. Karena tidak ingin merepotkan orang lain, Tooru akhirnya tinggal sebuah hutan hanya dengan menggunakan tenda.

Dalam kehidupannya, ia segera terseret dalam rangkaian peristiwa bersama dengan beberapa keluarga Souma, mereka terdiri dari: Yuki Souma, siswa populer di sekolahnya yang dianggap sebagai pangeran dan sepupunya bernama Shigura Souma. 

Tooru terkejut mengetahui bahwa tanah yang ia tinggali merupakan tanah milik keluarga Shouma dan ia segera mengatakan bahwa ia akan membayar sewanya. Karena rasa simpatiknya, keluarga Souma mengijinkan Tooru menetap di rumahnya untuk sementara.

Ketika Tooru mulai memasuki kehidupan keluarga Souma, ia segera menemukan sebuah rahasia aneh yang melibatkan tentang masa lalu kelam dari keluarga tersebut.

Review:
Berbeda dari Anime Romance Slice of Life lainnya, Fruit Basket memiliki keunikan sendiri dimana ceritanya memberikan elemen fantasy dan supernatural di dalamnya. Anime Shoujo yang fokus terhadap tokoh utama wanita, yaitu Tooru yang menyajikan reverse harem dengan cerita lurus namun sulit untuk ditebak.

Untuk grafis, karena ini tergolong agak lama, jika dibandingkan dengan grafis sekarang mungkin kurang nyaman ditonton tapi grafis seperti ini pada jamannya sebenarnya sudah bagus. Jika kamu ingin menonton anime ini dengan grafis yang lebih baik, mungkin kamu bisa menunggu Fruit Basket remake yang akan tayang pada tahun 2019 nanti.

5. Fune wo Amu

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Fune wo Amu
Fune wo Amu

Jumlah Episode: 11
Rating MAL: 7.68
Genre: Slice of Life, Drama, Romance
Sinopsis:
Sebuah proyek kamus baru dengan judul “The Great Passage” akan dibuat, Sayangnya si pembuat, yaitu Kouhei Araki sebagai editor veteran yang bekerja di Genbu Shobo bagian editorial ingin pensiun dan segera mencari penggantinya supaya proyek tersebut bisa diselesaikan.

Namun mencari seseorang dengan kemampuan merangkai kata sangatlah sulit bagi Kouhei, karena kemampuan tersebut juga sulit untuk dikuasai karena membutuhkan waktu, dedikasi, dan kesabaran yang sangat tinggi.Tetapi, Kouhei akhirnya berhasil mendapatkan orang yang tepat untuk menggantikan posisinya.

Ia adalah Mitsuya Majime, seorang pria yang juga bekerja di Genbu Shobo bagian penjualan yang tidak memiliki kemampuan bersosialisasi kepada masyarakat, dan tidak mampu membaca situasi.

Namun karena rasa cinta dan dedikasinya terhadap buku dari Mitsuya, ia memiliki keterampilan dalam merangkai kata-kata dengan sangat baik. Setelah mengetahui keahilan yang dimiliki Mitsuya, Kouhei segera memindahkan pekerjaan Mitsuya dari bagian Penjualan ke Editorial.

Review:
Romancenya agak sedikit, namun terasa, dan dramanya sangat menakjubkan untuk ditonton. Setting yang tidak biasa yaitu Mengangkat tema pekerjaan dengan Konsep maupun alur fokus terhadap pekerjaan di sebuah kantor.

Karakternya cukup menarik, merkea dibuat dengan realistis, memiliki kelebihan dan kekuarang sendiri. Secara keseluruhan, Fune Wo Amu sangat bagus dan layakn ditonton sebagai Anime Romance Slice of Life Terbaik.


4. Bokura wa Minna Kawai-sou

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Bokura wa Minna Kawai-sou
Bokura wa Minna Kawai-sou

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.87
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School
Sinopsis:
Cerita berkisar tentang remaja bernama Usa Kazunari yang mulai memasuki masa SMA dengan rencana untuk menjalani hidup mandiri dan dan tinggal seorang sendiri supaya mendapatkan ketenangan,

Pada Suatu hari, saat di perpustakaan sekolah, secara kebetulan Usa melihat seniornya yang misterius bernama Ritsu Kawai dan membuat ia segera tertarik kepadanya. Begitu sampai tempat tinggal barunya yaitu di Asrama Kawaisou

Usa terkejut ketika mengetahui bahwa kakak kelasnya yang ia lihat tadi juga tinggal disana. Ketenangan yang diharapkan Usa ternyata hanyalah angan belaka ketika ia segera mengetahui bahwa Kawaisou adalah tempat untuk orang-orang aneh dan unik yang akan membuat hidup Usa lebih aneh namun seru dan berwarna.

Bagaimanakah usaha yang dilakukan Usa untuk mendapatkan hati Ristu dan Bagaimanakah nasib kehidupan Usa dalam mencari ketenangan di Kawaisou dengan orang-orang yang tinggal disana?

Review:
Jika kamu kenal anime Sakurasou pet no Kanojo, maka bisa dikatakan bahwa konsep seri ini hampir sama, yaitu adanya tempat penginapan yang ditinggali oleh tokoh utama yang normal bersama dengan orang-orang aneh.

Berbagai Comedy ringan dibawakan dengan baik melalui orang-orang aneh tersebut dari Asrama Kawaisou serta romance nya yang unik dimana interaksi unik dari pasangan tokoh utama mampu menciptakan situasi romance yang enak untuk ditonton sehingga layak direkomendasi sebagai Anime Romance Slice of Life.


3. ReLIFE

Anime Romance Slice of Life Terbaik - ReLIFE
ReLIFE

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 8.14
Genre: Slice of Life, Romance, School
Sinopsis:
Setelah keluar dari tempat sebelumnya ia bekerja, seorang pria lajang berumur 27 tahun bernama Kaizaki Arata, kini menjadi pria gagal dalam menjalani hidup sebagai masyarakat jepang dan berakhir menjadi seorang pecundang.

Setelah mencari ke berbagai tempat untuk mendapatkan pekerjaan baru, tidak ada kemajuan yang didapat oleh Arata sehingga ia tidak mendapatkan pekerjaan karena kurangnya kemampuan yang ia miliki.

Ketika ia sudah keputusasaan sudah berada di ujung tanduk, ia bertemu dengan seorang pria misterius bernama Ryou Yoake yang muncul di hadapan Arata. Setelah bertemu ia segera menawarkan kepada Arata sebuah pekerjaan untuk nya, yaitu perusahaan bernama ReLife Research Institute.

Namun dengan syarat ia harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu, yaitu ia harus mengikuti uji eksperimen bernama “ReLife”, yaitu sebuah eksperiman untuk orang-orang gagal dengan meminum sebuah obat yang dapat membuat seseorang lebih muda 10 tahun lalu menjalani kehidupan remaja untuk memperbaiki diri.

Review:
Cerita dengan memberikan kisah seputar sang tokoh utama dewasa untuk membantu para murid remaja dengan pemikiran dewasanya. Alurnya cukup seru, comedynya berasa walaupun hanya sedikit dibuat sederhana tanpa memerlukan adegan berlebihan.

Unsur Slice of lifenya tak perlu ditanyakan lagi karena unsur tersebut sangat menonjol dengan cerita keseharian yang dibuat realistis namun sangat menghinur ditambah romance yang menyentuh hati sehingga membuat seri ini wajib diikuti sebagai Anime Romance Slice of Life.

2. Tsuki Ga Kirei

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Tsuki Ga Kirei
Tsuki Ga Kirei

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.34
Genre: Romance, School, Slice of Life
Sinopsis:
Mengisahkan tentang siswa yang mulai memasuki tahun ajaran baru sebagai murid kelas 3 SMP. Di SMP Daisan,ada seorang perempuan bernama Akane Mizuno, salah satu murid yang kini sudah menginjak bangku kelas tiga namun berpisah dengan teman-temannya saat kelas ditata ulang.

Gadis yang dikenal sangat hebat dalam lari tersebut memiliki sifat pemalu. Saat mengatasi rasa gugupnya, ia memiliki kebiasaan unik dengan menekan sebuah boneka kentang yang selalu ia bawa kemana-mana karena hal tersebut dapat membuat dirinya tenang.

Sementara itu, seorang siswa laki-laki yang bercita-cita ingin menjadi novelist bernama Kotarou Azumi, ditempatkan di kelas yang sama dengan Akane.

Awal pertemuan mereka, tidak terlalu istimewa, namun ketika serangkaian kejadian yang melibatkan mereka, akhirnya mereka mulai terbuka dan berkomunikasi dengan cara biasa. Namun seiring berjalannya waktu, salah satu dari mereka memicu sebuah perasaaan nyaman dan sesuatu tak masuk akal yang disuebut cinta.

Review:
Kisah tentang kedua remaja yang malu-malu kucing saat jatuh cinta ini, dijamin akan membuatmu senyum-senyum sendiri dan iri dengan cerita cinta mereka.

Seri ini tidak hanya sekedar memberikan cerita romance, namun grafisnya sangat indah dengan polesan warna yang berbeda dari anime lainnya sehingga memberikan suasana adem dan nyaman di hati. Tidak ada konflik berat didalamnya, dan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencari Anime Romance Slice of Life dengan pembawaan cerita ringan.

1. Tada-kun wa Koi wo Shinai

Anime Romance Slice of Life Terbaik - Tada-kun wa Koi wo Shinai
Tada-kun wa Koi wo Shinai

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.59
Genre: Comedy, Romance, Slice of Life
Sinopsis:
Sepanjang hidup seorang remaja bernama Mitsuyoshi Tada, ia tidak pernah merasakan apa yang namanya cinta. Ia hanyal sekedar pria biasa yang ingin menjadi fotografer seperti mendiang Ayahnya yang dulu merupakan seorang fotografer terkenal.

Telah diketahui ayah Tada telah meninggal sejak ia masih kecil karena sebuah kecelakaan. satu-satunya barang peninggalan Ayahnya, kini hanyalah kamera yang kini selalu dibawa Tada untuk digunakan dalam berfoto.

Pada hari dimana bunga sakura bermekaran, Mitsuyoshi yang sedang menggunakan momen indah tersebut untuk berfoto, bertemu dengan gadis turis berambut pirang bernama Teresa Wagner yang berasal dari luar negeri namun sedang tersesat karena terpisah dari dari teman seperjalanannya.

Dalam pertemuan mereka, Teresa meminta Mitsuyoshi untuk memfoto dirinya bersama dengan bunga sakura tersebut, setelah hujan turun, Tada bertemu kembali dengan Teressa dengan keadaan menyedihkan. Karena merasa kasihan, akhirnya Tada menolong Teresa untuk membawanya ke tempat kafe keluarga sambil menunggu teman seperjalananya.

Tak lama kemudian, muncul seorang gadis bermabut merah bernama Alex yang ternyata merupakan teman seperjalanan Teressa. Setelah mereka akhirnya berpisah, ternyata keesokan harinya Mereka sebagai seorang murid baru di sekolah yang sama.

Review:
Anime Romance Slice of Life dengan menyelipkan banyak comedy ringan. Walaupun adegan boy meet girls nya terkesan tidak masuk akal dimana banyak terjadi sebuahh kebetulan dan tak realistis, namun isi cerita di dalamnya dijamin membuatmu puas. Grafis buatan Dogakobo berhasil membuat anime ini memiliki Artwork yang sangat indah dan mengesankan.

0 Response to "30 Anime Romance Slice of Life Terbaik"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel