35 Daftar Anime Mystery Terbaik Sepanjang Masa

Daftar Anime Mystery Terbaik Sepanjang Masa
Daftar Anime Mystery Terbaik Sepanjang Masa

Anime Mystery Terbaik, pastinya tidak jauh dari adanya teka-teki yang terkadang mendorong penonton untuk ikut berpikir dalam mengatasi konflik di ceritanya.

Keunggulan dari genre ini adalah cerita yang dibawakan biasanya selalu memiliki kejutan tersendiri yang membuat penonton terpukau karena ceritanya tak terduga.

Untuk genre mystery biasanya suatu anime menggunakan tema detektif namun ada juga yang di selingi genre lain seperti action, horror, supernatural dan lain-lain supaya kesannya unik dan nontonanya pun juga jadi lebih seru.

Untuk kamu pecinta anime mystery, Animenoem sudah menyiapkan list rekomendasi daftar anime mystery terbaik yang pastinya dijamin membuat kamu puas.

Rekomendasi Daftar Anime Mystery Terbaik


Seperti biasanya, List anime mystery pilihan kami merupakan list yang mengutamakan segi cerita dan diurutkan dari seberapa besar kekuatan unsur mystery dalam anime tersebut.

Cerita dan konsepnya diatur beraneka ragam seperti cerita tentang detektif, orang biasa dengan kecerdasan tinggi yang terlibat untuk memecahkan suatu masalah, agen rahasia, orang-orang berkemampuan khusus, atau cerita tentang mengungkap tempat misterius yang masih belum diketahui.

1. Death Note

Anime Mystery Terbaik - Death Note
Death Note

Jumlah Episode: 37
Rating MAL: 8.68
Genre: Mystery, Police, Psychological, Supernatural, Thriller
Sinopsis:
Shinigami, atau dalam arti lain disebut dewa kematian, adalah sosok yang dapat membunuh siapapun, kapanpun, dan dimanapun dengan cara menulis nama orang tersebut di sebuah buku kematian atau Death Note.

Ryuk adalah seorang dewa kematian yang setiap hari harus menentukan kapan kematian para umat manusia. Namun kali ini ia sedang bosan dengan kehidupanya dan ia mencoba hal baru dengan menjatuhkan buku death note ke dunia manusia supaya terjadi hal yang menarik.

Barang siapa yang telah menemukan buku tersebut, Ryuk akan mengikutinya. Bercerita tentang siswa SMA yang jenius dan memiliki kecerdasan tinggi bernama Light Yagami. seorang putra dari kepala polisi.

Pada suatu hari, Light menemukan sebuah buku yang ternyata tidak lain adalah buku Death Note yang dijatuhkan oleh Ryuk.

Awalnya Light tidak percaya bahwa ada buku semacam itu dimana buku tersebut dapat digunakan untuk membunuh manusia hanya dengan menulis namanya. Setelah ia mencobanya untuk menulis nama seseorang, Light mulai percaya dengan kemampuan buku tersebut.

Setelah mendapatkan Death Note, Light mulai menulis berbagai nama daftar kriminal dan membunuh mereka satu per satu.

Dengan buku Death Note yang kini menjadi miliknya, Light berniat untuk menciptakan sebuah dunia baru dimana tidak ada kejahatan dan membuat dirinya sebagai dewa.

Dalam pembunuhan yang dilakukan Light, banyak orang-orang merasa aneh tentang kematian para kriminal tersebut. Setelah melakukan penyelidikan, pihak kepolisian akhirnya menyatakan bahwa terdapat seseorang yang terlibat dalam kasus aneh ini.

Mereka meminta seorang detektif terbaik di dunia, dengan sebutan “L”, untuk membantu memecahkan masalah aneh yang baru-baru ini sedang terjadi.

Review:
Anime Mystery Terbaik pertama jatuh pada Death Note tentang tokoh utama yang menjadi sosok anti-hero sepanjang seri berjalan.

Ceritanya sungguh luar biasa menakjubkan, berkualitas dimana kamu akan disuguhkan banyak adegan pertarungan otak yang sangat seru apalagi studio produksinya adalah Madhouse yang berhasil mengadaptasi anime ini dengan sangat epic dan memuaskan.

Adegan demi adegan, dialog demi dialog sebagian besar sangat diperhatikan dan dijamin membuatmu tidak akan bosan dan selalu penasaran di setiap episodenya karena semakin menegangkan terutama pada bagian setiap tindakan L yang mampu memojokkan Light namun berhasil diatasai dengan cara tak terduga.

2. Another

Anime Mystery Terbaik - Another
Another

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.75
Genre: Mystery, Horror, Supernatural, Thriller, School
Sinopsis:
Pada tahun 1972 di SMA Yomiyama, 26 tahun setelah seorang siswi populer kelas 3-3 SMA bernama Misaki Mei diketahui tewas saat pelajaran masih berlangsung karena kecelakaan.

Setelah kecelakaan tersebut, serangkaian kejadian misterius terus terjadi. Di awali dengan salah satu siswa dari kelas tersebut mengatakan bahwa Misaki masih ada di kelas tersebut padahal sebenarnya ia sudah meninggal.

Setelah kemunculan Misaki yang aneh dan misterius, seluruh kelas akhirnya menerima kembali kehadiran Misaki dan menganggapnya masih hidup. Saat memasuki waktu kelulusan, sang kepala sekolah juga menyiapkan kursi khusus untuk Misaki.

Setelah kelulusan, misteri masih terus terjadi sekarang dan kini kelas 3-3 dianggap sebagai kelas yang sangat misterius. Pada suatu hari SMA Yomiyama kedatangan murid pindahan dari Tokyo bernama Koichi Sakakibahara yang ditempatkan kelas 3-3 Sekolah SMA Yomiyama.

Disaat ia memasuki kelas misterius tersebut, Koichi merasa aneh karena suasana kelas tersebut sangat suram dan kehadiran Misaki yang sedang duduk di salah satu bangku kelas, menarik perhatian Koichi.

Namun, dirinya merasa ada hal yang tidak beres karena tampaknya siswa dan guru di sana menganggap bahwa Misaki itu tidak ada.

Karena Koichi tidak tahu apapun tentang misteri SMA Yomiyama, Semua murid dikelas termasuk Misaki memperingati Koichi untuk tidak berinteraksi dan dekat-dekat dengannya namun peringatan tersebut tidak ia pedulikan.

Koichi terus mendekati Misaki tanpa tahu akibatnya dan setelah itu, sebuah misteri kutukan masa lalu di sekitar kelas 3-3 penuh teka-teki telah menyebabkan Koichi terlibat dalam serangkaian peristiwa kematian.

Review:
Daftar Anime Mystery yang dipadukan dengan genre horror untuk memberikan suasana mencekam dan merinding supaya beda dari yang lainnya.

Ini adalah Cerita tentang murid yang berusaha untuk mengetahui misteri yang menyelimuti berbagai kejadian mengerikan di sekolah dengan serangkaian kejadian yang akan membuatmu kaget.

Artwork maupun soundnya dibuat dengan sangat baik, kedua hal tersebut mampu menyesuaikan suasana dalam cerita sehingga seolah nyata dan membuat penonton larut dalam cerita.

3. Subete ga F ni Naru: The Perfect Insider

Anime Mystery Terbaik - Subete ga F ni Naru: The Perfect Insider
Subete ga F ni Naru: The Perfect Insider

Jumlah Episode: 11
Rating MAL: 7.31
Genre: Sci-Fi, Mystery, Psychological
Sinopsis:
Di sebuah pulau terpencil, tinggal seorang programmer jenius bernama Shiki Magata yang selalu mengurung diri dan terisoilasi dari dunia luar selama bertahun-tahun. Sementara itu, seorang profesor dari Saikawa Research Lab bernama Souhei Saikawa diketahui menuju ke pulau tersebut untuk menjalani liburan.

Disana ia bertemu dengan Moe Nishinosono, mahasiswi universitas yang merupakan putri dari mentornya.

Ketika berniat untuk menikmati liburan bersama, mereka justru dihadapkan dengan sebuah misteri mengejutkan dimana mereka melihat adanya mayat yang membuat mereka melibatkan diri dalam kasus pembunuhan berantai di sekitar lab penelitian di pulau tersebut.

Alih-alih ingin menikmati liburan, mereka justru dihadapkan sebuah tantangan baru, apakah keputusannya untuk terlibat dalam bahaya membuat liburan Moe dan Shiki akan menjadi yang terakhir?

Review:
Jika kamu suka melatih kemampuan otak dalam menonton anime, seri ini sangat rekomended karena alur misterinya agak rumit dengan karakternya yang dibuat realistis terutama desain tokoh utamanya yang dibuat biasa.

Meskipun tampangnya biasa, namun sifarnya yang dibuat realistis mampu membuat penonton tertarik meskipun seri ini memiliki kelemahan, yaitu ceritanya dibawakan agak lambat namun hal itu bertujuan utnuk membuat kasus-kasus dalam seri tersebut menarik.

4. Higurashi no Naku Koro ni

Anime Mystery Terbaik - Higurashi no Naku Koro ni
Higurashi no Naku Koro ni

Jumlah Episode: 26
Rating MAL: 8.08
Genre: Mystery, Dementia, Horror, Psychological, Supernatural, Thriller
Sinopsis:
Di sekitar desa kecil Hinamizawa, terdapat seorang anak laki-laki yang baru pindah disana, ia adalah Keiichi Mibara, seorang remaja biasa yang menjadi murid pindahan baru dan segera akrab dengan teman-teman baru dari Sekolah Hinamizawa yang terdiri dari Rena Ryuuguu, Mion Sonozaki, Rika Furude, dan lain-lain.

Awalnya mereka bersama menjalani kehidupan sehari-hari yang menyenangkan untuk mempersiapkan festival tahunan.

Namun ketika Keiichi mencoba untuk mengetahui masa lalu tentang desa Hinamizawa, sebuah fakta mengerikan diketahui olehnya, yaitu di dalam desa tersebut pernah terjadi sederetan peristiwa pembunuhan sadis dimana sang pelaku membunuh dan memotong korbannya menjadi beberapa bagian.

Kejadian tersebut bertempatan di tempat pembuangan yang dulu diketahui pernah menjadi pembangunan dam. Lebih mengerikannya lagi, masa lalu gelap tersebut ternyata diketahui masih terjadi hingga sekarang.

Review:
Sebelum menonton Higurashi no Naku Koro ni lebih baik kamu membaca review ini dulu sebelum tertipu dengan kesan awalnya yang bernuansa riang gembira apalagi adanya tambahan karakter-karakter loli yang imut.

Awal memang tampak memberikan cerita adem, tapi setelah akhir-akhir di awal episode, ada sebuah kejutan dimana cerita seketika mencekam, banyak adegan gore yang sangat sadis, serta berbagai misteri gelap yang dijamin menegangkan dan membuatmu penasaran.

5. Durarara!!

Anime Mystery Terbaik - Durarara!!
Durarara!!

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 8.27
Genre: Action, Mystery, Supernatural
Sinopsis:
Berharap untuk hidupnya berubah, seorang remaja asal dari desa bernama Mikado Ryuugamine memilih untuk pindah ke kota Tokyo atas ajakan sahabatnya bernama Masaomi Kida dan bersekolah di tempat yang sama.

Ia pindah ke distrik Ikebukuro, dimana disana banyak para penghuni aneh dan unik dari yang menarik hingga menakutkan. Beberapa penduduk Ikebukuro yang aneh tersebut adalah: Shizuo Heiwajima, pria berkekuatan super yang memiliki sifat kasar dan Izaya Orihara, pria licik yang suka mempermainkan orang, dan lain-lain.

Dari semua keanehan tersebut terdapat sebuah Urban Legend yang konon muncul di sekitar jalan Ikebukuro, dimana terdapat pengendara misterius tanpa kepala yang menggunakan motor namun mengeluarkan suara kuda.

Pengendara itu disebut sebagai “Pengendara Hitam”, semua hal unik yang terdapat di sekitar Ikebukuro, tampaknya saling berkaitan dan tindakan Mikado, membuat ia terlibat dengan mereka dalam keributan di masing-masing wilayah.

Review:
Misteri tentang identitas para karakter dan keadaan kota benar-benar dapat disembunyikan lalu disampaikan dengam baik supaya untuk memberikan rasa penasaran terhadap para penonton.

Awalnya memang membingungkan, namun setelah sedikit demi sedikit misteri yang telah terungkap kamu pasti akan memahaminya dan lebih tertarik untuk menonton episode selanjutnya.

Semua karakter memiliki sifat beragam dan semuanya juga berpengaruh dalam cerita, Suaranya juga bagus, banyak seiyuu papan atas yang terlibat dalam pembuatan seri ini ditambah lagu-lagunya yang sangat enak untuk didengar.

6. Zankyou no Terror

Anime Mystery Terbaik - Zankyou no Terror
Zankyou no Terror

Jumlah Episode: 11
Rating MAL: 8.19
Genre: Psychological, Thriller
Sinopsis:
Tindakan Teroris yang mengancam Tokyo dengan menyerang fasilitas nuklir, membuat masyarakat jepang merasa resah dan panik. Pemerintah jepang sudah berusaha keras untuk menangani kasus tersebut namun sayangnya mereka keluitan dalam mencari pelaku teroris tersebut.

Enam bulan kemudian, sebuah video telah diunggah di internet dan di dalamnya, terdapat dua laki-laki yang menyebut dirinya “Sphinx” dan dalam video tersebut mereka tampak sedang menantang kepolisian jepang. Sebelum menyebabkan kehancuran di daerah sekitar Tokyo, mereka biasanya memberikan tanda-tanda terlebih dahulu berupa teka-teki dari video yang diunggah.

Ternyata di balik semua kekacauan tersebut adalah dua orang laki-laki bernama Nine dan Twelve yang merupakan salah satu hasil proyek dari pencipta manusia dengan kemampuan di atas rata-rata atau dalam kata lain disebut sebagai Proyek “Athena” dan diketahui mereka adalah ekspreimen yang berhasil kabur dari proyek tersebut.

Tujuan mereka sebenarnya sebenarnya adalah mengungkapkan kebenaran tentang proyek athena dengan menyebabkan berbagai kekacauan di Tokyo yang tidak bisa dihentikan.

Pihak polisi sangat kesulitan dalam menangani kepanikan masyarakat dan menemukan kedua pelaku. Untuk mengatasi masalah tersebut, dengan cepat pemerintah meminta Kenjirou Shibazaki, seorang detektif hebat yang diminta untuk ikut terlibat dalam teror dari Nine dan Twelve.

Review:
Konsep dengan tokoh utama teroris dengan cerita yang dibuat semasuk akal mungkin supaya tampak real. Storynya sungguh memuaskan.

Pertama kali kamu menonton seri, ini kamu langsung disuguhkan dengan adegan keren, karakternya juga menarik dimana kecerdasan mereka mampu membuat mereka melakukan berbagai tindakan mengejuktnya untuk mengelabui pemerintah yang benar-benar bikin penonton terkagum-kagum.

Banyak keunggulan dalam seri ini, untuk itu seri ini layak dijadikan sebagai Rekomendasi Daftar Anime Mystery Terbaik.

7. Boku dake ga Inai Machi

Anime Mystery Terbaik - Boku dake ga Inai Machi
Boku dake ga Inai Machi

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.55
Genre: Mystery, Psychological, Supernatural, Seinen
Sinopsis:
Cerita berpusat tentang pria berumur 29 tahun bernama Satoru Fujinuma yang bekerja sebagai mangaka. Diketahui bahwa Satoru memiliki sebuah kemampuan supernatural yang membuat dirinya kembali ke beberapa menit sebelum kejadian.

Kemampuan tersebut ia miliki setelah ibunya meninggal karena insiden pembunuhan. Kemampuan Supernatural yang ia namakan “Revival” tersebut, mungkin bisa ia gunakan sewaktu-waktu untuk menyelamatkan nyawa orang-orang yang ia sayangi dengan cara memundurkan waktu.

Suatu hari Satoru telah dituduh sebagai pelaku dalam pembunuhan yang terjadi kepada orang terdekatnya. Untuk membuktikan dirinya tidak bersalah dan mengetahui pelaku yang sebenarnya, Satoru menggunakan kemampuanya untuk kembali ke masa sebelum kejadian.

Namun setelah digunakan, ia terkejut karena telah memundurkan waktu selama 18 tahun lalu dimana ia masih menginjak bangku sekolah dasar.

Satoru segera menyadari bahwa pembunuhan tersebut kemungkinan ada hubungannya dengan penculikan dan hilangnya salah satu teman masa kecilnya bernama Kayo Hinazuki. Kejadian tak terduga tersebut memberikan kesempatan besar bagi Satoru untuk mengungkap misteri yang tak terpecahkan dalam waktu yang lama.

Kini Satoru memulai perjuangan keras untuk mencari tahu kebenaran yang terjadi pada insiden 18 tahun yang lalu dan menyelamatkan orang-orang di sekitarnya.

Review:
Selain memberikan tema time travel, alur cerita tentang misteri pembunuhanya dibuat dengan sungguh mengagumkan.

Bagaimana tidak, seiring berjalannya cerita ada saja plot twist yang mengejutkanmu. Selain itu misteri-mister terselubung dalam seri juga mampu diatur dengan baik.

Selain segi cerita, visualmya juga bagus, pewarnaanya sangat cocok untuk suasana yang didapat hingga seri ini sangat direkomendasikan untuk kamu sebagai Daftar Anime Mystery Terbaik.

8. Shinsekai Yori

Anime Mystery Terbaik - Shinsekai Yori
Shinsekai Yori

Jumlah Episode: 25
Rating MAL: 8.50
Genre: Sci-Fi, Mystery, Horror, Psychological, Supernatural, Drama
Sinopsis:
Utopia, adalah dunia yang dikuasai oleh orang-orang yang memiliki kekuatan psychokinesis. Watanabe Saki, adalah salah satu penghuni di dunia tersebut yang belajar tentang psychokinesis di sebuah akademi bernama Akademi Sage bersama 5 temanya yaitu: Satoru Asahina, Shun Aonuma, Maria Akizuki, Mamoru Itou, dan Reiko Amano.

Pada suatu malam, kekuatan Saki tiba-tiba saja terbangun dan tiba-tiba ua membangkitkan kemampuannya, lalu hal itu membuat dirinya resmi menjadi warga di Kota Kamisu 66. Namun dirinya segera menyadari sesuatu dan merasakan hal aneh.

 Ia sempat memikirkan tentang nasib anak-anak yang tidak bisa membangkitkan kekuatanya, dan Hal tersebut tidak terpikirkan oleh orang lain namun ia mencoba ntuk menyembunyikan hal tersebut.

Pada Suatu hari Saki kawan-kawannya, bertemu dengan makhluk misterius yamg memperlihatkan mereka sebuah sejarah yang terjadi 1000 tahun lalu.

Dalam sejarah tersebut, ternyata berbagai insiden telah terjadi dan mereka mulai menyadari bahwa dunia yang mereka tinggali tidak seperti apa yang dipikirkan dan menyadari bahwa dunia yang mereka tinggali segera terancam.

Saki dan teman-temanya kini memutuskan untuk berpetualang dengan tujuan melindungi dunia dan melindungi orang-orang yang mereka sayangi.

Review:
Saat menontonnya, disarankan untuk fokus dialog dan alurnya supaya bisa paham karena ceritanya selalu serius.

Alurnya lumayan menarik dan bisa bikin penonton penasaran, namun perlu diketahui bahwa seri ini sedikit memiliki unsur Yaoi dan Yuri namun hal tersebut hanyalah sampingan dan tidak akan memperburuk cerita sehingga kamu masih tetap bisa menikmatinya jika kamu memahaminya baik-baik.

9. Yakusoku no Neverland

Anime Mystery Terbaik - Yakusoku no Neverland
Yakusoku no Neverland

Jumlah Episode:
Rating MAL:
Genre: Sci-Fi, Mystery, Horror, Shounen
Sinopsis:
Grace Field House, sebuah tempat dimana anak-anak yatim piatu ditampung disana untuk menjalani kehidupan menyenangkan. Mereka diasuh dan dirawat dengan baik oleh orang yang dianggap “Mama” mereka, yaitu Issabele, pengasuh yang telah menjaga anak-anak dengan baik.

Namun anak-anak Grace Field House harus menuruti satu aturan, yaitu tidak boleh meniggalkan panti asuhan untuk melihat dunia luar sebelum waktunya tiba. Pada suatu hari, salah satu penghuni panti asuhan bernama Conny dinyatakan telah diadopsi.

Ketika ia meninggalkan teman-temannya, boneka Kelinci kesayangannya tertinggal di Rumah. Kedua anak yatim piatu dengan nilai tertinggi, yaitu Emma dan Norman yang melihat boneka Conny, segera mengambilnya dengan pergi ke luar untuk mengembalikannya.

Ketika memasuki dunia luar, Emma dan Norma terkejut bahwa terdapat sesuatu tak terduga yang ternyata itu adalah rahasia besar dari Grace Field House.

Review:
Salah satu Anime Mystery Terbaik adaptasi dari salah satu manga shounen jump terlaris yang dijamin memuaskan saat penontonnya.

Selain ceritanya mantap, karakternya juga menarik, seri ini diperankan oleh anak-anak namun tindakan mereka mampu mengejutkan penonton dan memberikan sesuatu tak terduga dengan kecerdasan yang mereka miliki.

 Plot twist nya juga keren dan sebagian episode pasti memilki adegan-adegan mencekam yang membuatmu merinding dan ketagihan untuk menontonnya terutama bagi kamu pecinta anime Mystery Horror.

10. Death Parade

Anime Mystery Terbaik - Death Parade
Death Parade

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.30
Genre: Game, Mystery, Psychological, Drama, Thriller
Sinopsis:
Tidak ada surga maupun neraka, yang ada hanyalah bar bernama “Quindecim”, bar khusus untuk orang mati yang nantinya mengalami dua takdir: Dilupakan atau Reinkarnasi. 

Nasib orang-orang mati setelah masuk ke dalam bar tersebut, mereka diminta untuk melakukan beberapa permainan berbahaya untuk menentukan takdir mereka. Walaupun tampaknya seperti permainan biasa, namun permainan tersebut sebenarnya terhubung dengan tubuh organ dalam pemain.

Mereka akan dilayani oleh Decim, seorang bartender pria berambut perak dengan ekspresi datar dimana ia akan menjadi arbiter (pihak yang menjadi penengah) untuk menilai dari permasalahan yang dialami oleh setiap orang mati dan juga menentukan hasil dalam peramainan.

Sifat sebenarnya dari mereka, akan terungkap melalui permainan dari bar tersebut. Dalam kisah keberadaan Decim sebagai bartender bar Quindecim untuk menilai orang-orang mati yang masuk ke dalam bar melalui sebuah lift, kehadiran seorang perempuan misterius berambut hitam membuat Decim harus menentukan sebuah pilihan untuk keputusanya sendiri.

Review:
Konsep dunia yang diatur dengan unik, yaitu dunia kematian berupa sebuah bar dengan pelayan seorang bartender. Seri ini memiliki nuansa dark yang berasa, berbagai permainan-permainan mematikan dalam cerita serasa membuat tegang.

Selain itu misteri tentang bar serta unsur dramanya, sangat menarik dan bikin penasaran. jadi, jika kamu pecinta Anime Mystery seri ini bisa menjadi rekomendasi terbaik yang wajib ditonton dan tidak boleh dilewatkan.

11. Boogiepop Wa Warawanai

Anime Mystery Terbaik - Boogiepop Wa Warawanai
Boogiepop Wa Warawanai

Jumlah Episode:
Rating MAL:
Genre: Psychological, Mystery, Horror
Sinopsis:
Sebuah kisah legenda berkata bahwa ada sekelompok dewa kematian yang konon katanya mampu membebaskan siapapun dari rasa sakit yang mereka alami. Mereka memiliki nama, dan nama itu adalah Boogiepop.

Sayangnya cerita tersebut kurang mendapatkan respon karena jaman ini, hanya sedikit orang percaya tentang legenda tersebut. mungkin Boogiepop benar-benar ada, dan hal itu terbukti dari kasus menghilangnya siswa perempuan dari Shinyo Academy.

Para aparat menganggapnya bahwa kejadian tersebut merupakan pelarian biasa yang dilakukan secara berkelompok namun sebenarnya beberapa murid yang tahu, mengatakan bahwa terjadi sebuah misteri entah itu ulah Boogiepop atau hal lain yang mungkin bisa jadi lebih mengerikan.

Review:
Anime Mystery yang memutar otak dari sebuah remake anime tahun 2000. Alur ceritanya campuran dan bisa dibilang rumit karena tiap episode alurnya kadang mundur kadang maju dan hal tersebut bertujuan untuk membuat kesan mysterynya terasa.

Selain ceritanya yang unik dan keren, animasinya dan musiknya juga bagus karena mampu menyesuaikan dengan suasana cerita yang didapat supaya penonton serasa masuk ke dalam ceritanya.

12. Hyouka

Anime Mystery Terbaik - Hyouka
Hyouka

Jumlah Episode: 22
Rating MAL: 8.15
Genre: Mystery, School, Slice of Life
Sinopsis:
Kisah berpusat tentang seorang siswa dari SMA Kamiyama dengan sifatnya yang apatis terhadap segala hal, berwajah datar , dan pemalas. Ia adalah Houtarou Oreki, pria yang menjalani hidup dengan prinsip menghemat energi sebanyak mungkin.

Namun prinsip hidupnya mulai menjadi kacau, setelah ia dipaksa untuk masuk ke dalam klub Koten-bu oleh kakaknya bernama Tomoe Oreki. 

Alasan kakak Houtarou memintanya untuk masuk ke dalam klub tersebut, dikarenakan Klub Koten-bu akan terancam bubar yang disebabkan oleh kurangnya anggota, sementara di dalam klub tersebut, masih ada misteri yang masih belum terungkap hingga sekarang.

Setalah menjadi anggota klub, Houtarou bertemu dengan Chitanda Eru, siswi yang juga masuk ke dalam klub Koten-bu karena sifat rasa ingin tahu yang tinggi.

Setelah mereka bergabung, tak lama kedua siswa lain juga masuk ke dalam klub, mereka adalah Satoshi Fukube dan Mayaka Ibara. Dengan kejeniusan yang dimiliki Houtarou, bersama dengan anggota lainnya, mereka berusaha untuk memecahkan berbagai misteri klub dari masa lalu.

Review:
Salah satu Anime Mystery terbaik yang terkenal dengan sosok dua karakter utama yang menarik perhatian penonton yaitu Chitanda dan Houtarou. Cerita layaknya detektif dengan berbagai mystery yang dijamin membuatmu penasaran.

Hal yang membuat penonton takjub adalah kecerdasan Houtarou yang membuat dirinya mampu memecahkan mystery secara tak terduga, dan kecerdasannya tersebut hanya Ia keluarkan ketika Chitanda memaksanya.

Untuk grafis tak perlu ditanyakan lagi, sebagai salah satu Anime Kyoto Animation Terbaik, artworknya cukup memanjakan mata dengan latar yang sangat indah.

13. Monster

Anime Mystery Terbaik - Monster
Monster

Jumlah Episode: 74
Rating MAL: 8.69
Genre: Drama, Horror, Mystery, Police, Psychological, Seinen, Thriller
Sinopsis:
Dr. Kenzou Tenma, merupakan seorang dokter ahli bedah dari Jepang yang dianggap sebagai dokter hebat dan selalu dipuji oleh rekan-rekannya.

Ia bekerja di salah satu rumah sakit wilayah Eropa dan mendapatkan sebuah promosi serta diberkati seorang tunangan bernama Eve, wanita yang merupakan anak dari direktur rumah sakit dimana ia bekerja setelah dirinya berhasil melakukan pembedahan.

Sayangnya, dirinya merasa kurang senang dikarenakan dalam rumah rumah sakit terdapat hubungan politik dalam memperlakukan pasiennya.

Pada suatu hari, Dr. Kenzou telah dihadapi oleh beberapa pasien yang terdiri dari dua anak kembar Liebert yaitu Anna dan Johan serta seorang politikus.

Dalam keputusannya, Dr.Kenzou memilih menyelamatkan Johan dibanding seorang politikus karena ia menganggap bahwa semua orang sama saja.

Nyawa Johan berhasil diselamatkan, namun sayang, nyawa sang politikus tidak berhasil diselamatkan dan berakhir meninggal. karena gagal menyelamatkan sang politikus, statusnya yang dibanggakan tersebut kini menghilang begitu saja termasuk tuangannya, yaitu Eve yang kini juga ikut meninggalkannya.

9 tahun kemudian, Dr.Kenzou telah terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan dan yang mengejutkannya lagi, kasus itu mengarah pada Johan, anak yang dulu pernah ia selamatkan.

Dr.Kenzou berusaha mengungkap siapa sebenarnya orang tersebut dan ia berpikir bahwa Johan mungkin akan menjadi pembawa pengaruh dunia.

Review:
Anime Mystery Underrated (Jarang Diperhatikan) dengan ceritanya yang mantap penuh serangkaian misteri pembunuhan dan sosok karakter penuh tanda tanya yang membuat penonton penasaran .

Anime Monster, berlatar di eropa dengan memberikan cerita konsep yang dibuat senyata mungkin pada serangkaian peristiwa yang disajikan dalam cerita.

Untuk kamu yang ingin mencari Daftar Anime Mystery Terbaik tentang kasus pembunuhan, seri ini rekomended banget dan dijamin membuatmu ketagihan.

14. Gosick

Anime Mystery Terbaik - Gosick
Gosick

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 8.19
Genre: Mystery, Historical, Drama, Romance
Sinopsis:
Cerita memasuki waktu pada abad ke-20, berkisar di wilayah “Sauville” atau “Saubure” di Negara Perancis. Disana bediri sebuah sekolah mewah bernama “Saint Marguerite Academy” yang dikenal memiliki banyak informasi tentang cerita horronya.

Pada suatu hari, Sekolah tersebut kedatangan seorang murid pindahan baru bernama Kazuya Kojou, remaja asal Jepang yang diketahui berasal dari petinggi pasukan tetara Jepang.

Karena ciri rambut hitamnya yang pekat, Kojou dipanggil oleh teman-temannya dengan nama “Black Reaper” , sebuah julukan berdasarkan dari Legenda Horror.

Diketahui murid-murid di sekolah tersebut sangat suka membicarakan tentang beragam cerita horror atau legenda menakutkan.

Untuk itu, supaya Kojou mendapatkan teman dengan para murid disana, ia masuk ke dalam perpustakaan sekolah untuk mengetahui cerita tentang legenda horror didalamnya. Namun saat masuk disana, Kojou melihat sosok gadis berambut pirang yang sedang sendirian.

Ia adalah Victorique de Blois, seorang gadis yang selalu menghabiskan waktunya ke perpustakaan untuk memecahkan berbagai kasus dan misteri seperti pembunuhan.

Setelah saling bertemu, Kojou memulai hubungan dengan Victorique dan seiring berjalannya waktu mereka bersama terlibat dengan berbagai misteri dan berbagai kasus yang sulit untuk dipecahkan.

Review:
Meskipun karakter perempuannya bertubuh mungil, bukan berarti seri ini menyajikan cerita berbau loli-loli moe. Alur ceritanya sangat bagus, selain memiliki sisi misteri yang membuatmu penasaran, didalamnya diselipkan kisah drama yang sangat menyentuh dan bikin baper.

Selain itu, seri ini juga memiliki unsur romance sehingga ceritanya tidak hanya fokus terhadap misteri dan hal tersebut membuat banyak penonton suka dengan Rekomendasi Daftar Anime Mystery Terbaik satu ini.

15. Kamisama no Memochou

Anime Mystery Terbaik - Kamisama no Memochou
Kamisama no Memochou

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.63
Genre: Mystery
Sinopsis:
Cerita berpusat tentang seorang siswa SMA bernama Narumi Fujishima, seorang penyendiri yang tidak ingin terlibat dengan siapapun karena ia merasa bahwa kehidupannya terisolasi oleh teman-temannya.

Ketika inign melakukan sesuatu, Narumi lebih suka sendiri, sampai-sampai ia memiliki prinsip hidup dimana dirinya tidak ingin menarik perhatian siapapun. Karena sifatnya itu, Narumi masuk ke dalam klub komputer yang diketahui klub tersebut belum memiliki anggota sama sekali.

Pada Suatu hari ia bertemu dengan teman satu sekolahnya bernama Ayaka Shinozaki, gadis aktif dan ceria yang berasal dari klub berkebun.

Setelah mereka bertemu, Ayaka memaksa Narumi untuk bergabung ke klub berkebun dan karena paksaan tersebut akhirnya Narumi menyetujuinya walaupun merasa enggan.

Setelah setuju, Ayaka mengajak Narumi ke sebuah toko ramen, tempat dimana Ayaka melakukan bekerja paruh waktu. Ketika mereka berada di ruangan lantai atas toko, Narumi melihat sekelompok orang yang diketahui semuanya adalah seorang NEET.

Namun Mereka bukanlah NEET biasa, melainkan sekelompok NEET detektif yang dipimpin oleh seorang gadis bernama Alice, gadis dengan kemampuan hacker luar biasa. Diketahui, Mereka kini sedang menyelidiki kasus tentang hilangnya seorang siswa perempuan dan Narumi kini juga harus terlibat dengan mereka.

Review:
Daftar Anime Mystery selanjutnya juga mengangkat tema tentang Detektif. Uniknya, Kamisama no Memochou menggunakan karakter seorang NEET untuk memecahkan misteri, dan dia adalah seorang gadis imut seperti Gosick namun bedanya, gadis di sini merupakan ahli hacker.

Ceritanya cukup mengesankan untuk diikuti, semakin episode berjalan kesan darknya mulai menjadi-jadi dan disitulah keseruannya. Desain karakternya juga bagus-bagus, Seri ini berfokus pada genre mystery, jadi tidak genre tambahan seperti romance sebagai hiburan tambahan.

16. Darker Than Black

Anime Mystery Terbaik - Darker Than Black
Darker Than Black

Jumlah Episode: 25
Rating MAL: 8.20
Genre: Action, Sci-Fi, Mystery, Super Power
Sinopsis:
Sebuah peristiwa aneh muncul pada waktu 10 tahun yang lalu dimana di Jepang muncul sebuah wilayah misterius yang dinamakan Hell’s Gate. Fenomena serupa juga muncul di wilayah Amerika namun berbeda dengan Jepang, fenomena disana disebut sebagai Heavens Gate.

Setelah fenomena tersebut terjadi, Bintang di Langit mulai menghilang , berubah, dan bintang-bintang tersebut diganti dengan sebuah bintang palsu. Gerbang-gerbang itu telah memunculkan sebuah keberadaan manusia baru yang diketahui memiliki sebuah kekuatan supernatural. Mereka dinamakan sebagai “Contractors”.

Keberadaan mereka dikenal dari sebuah nomor catalog messier bintang milik mereka yang terhubung pada bintang palsu di langit. Keberadaan Para Contractror, di rahasiakan dari masyarakat sedangkan yang boleh mengetahuinya hanyalah orang-orang tertentu saja.

Seiring berjalannya waktu, tiba-tiba Heavens Gate di wilayah Amerika menghilang secara misterius. di lain sisi, di sekitar wilayah Hell’s Gate berada, Kepala polisi bernama Misaki Kirihara sedang berselisih dengan Contractor terkenal dengan code nama “Hei” yang dipanggil sebagai “Black Reaper”.

Review:
Nah untuk yang satu ini Mysterynya dipadukan dengan genre action tentang agen pembunuhan yang memiliki kekuatan supernatural.

Keseluruhan pertunjukan berhasil membuat takjub para penonton. Selain ceritanya keren, tokoh utamanya juga menarik, cool, dan baddass dimana karakter seperti ini sangat diminati oleh sebagian besar penggemar anime yang suka dengan Anime Tokoh Utama Pura-Pura Lemah.

Animasi fightnya juga lumayan, gerakan-gerakan pertarungan yang dibuat halus dan sangat terasa sehingga membuat seri ini layak dijadikan sebagai Daftar Anime Mystery Terbaik Sepanjang Masa dengan bumbu action.

17. Danganronpa: The Animation

Anime Mystery Terbaik - Danganronpa: The Animation
Danganronpa: The Animation

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 7.46
Genre: Mystery, Psychological, School
Sinopsis:
Akademi puncak Harapan, dikenal sebagai tempat impian para murid karena sekolah tersebut merupakan sekolah elit dimana murid-murid disana dikatakan menjalani kehidupan sekolah paling menyenangkan dari sekolah lainnya.

Pada suatu hari seorang remaja bernama Naegi Makoto, menjadi salah satu orang yang beruntung terpilih untuk masuk ke sekolah populer tersebut setelah mendapatkan surat undangan.

Rasa gembiranya membuat Naegi membayangkan bahwa Akademi puncak Harapan adalah sekolah dengan penuh kebahagiaan di dalamnya.

Setelah sampai di sekolah dan menuju ke gedung olahraga untuk mengikuti upacara penerimaan siswa baru, Naegi bertemu teman satu SMP nya bernama Maizono Sayaka, serta seorang murid baru bernama Togami Byakuya. 

Di tengah perbincangan mereka, tiba-tiba suasana mulai suram seketika setelah mengetahui bahwa ponsel setiap siswa hilang dan selanjutnya diikuti hadirnya sebuah boneka beruang yang bisa hidup.

Setelah kemunculan boneka tersebut, ia mengatakan hal mengejutkan kepada semua siswa, yaitu mereka akan tinggal di Akademi Pucak Harapan selamanya dan untuk keluar dari sini, mereka harus membunuh tanpa diketahui.

Review:
Anime survival penuh misteri terselubung dengan latar sekolah yang tidak biasa membuat seri ini menarik ditonton sebagai Anime Mystery Terbaik. Anime adaptasi dari game psp ini ceritanya selalu bikin penasaran.

Perpaduan genre game, mystery, dan bertema survival dimana penonton seolah ikut terlibat dalam mystery pembunuhan untuk menebak siapa pelakunya.

Ada saat-saat menegangkan apalagi ketika memasuki keputusan persidangan siapa pelaku pemnunuhan tersebut dan ada juga plot twist tak terduga sehingga membuat seri ini benar-benar keren untuk ditonton sebagai Anime Mystery Terbaik.

18. Detective Conan

Anime Mystery Terbaik - Detective Conan
Detective Conan

Jumlah Episode: 900++
Rating MAL: 8.25
Genre: Adventure, Mystery, Comedy, Police, Shounen
Sinopsis:
Cerita berkisar tentang Shinichi Kudou, seorang detektif muda berusia 17 tahun yang sangat cerdas dan jenisu hingga mampu membuatnya memecahkan berbagai kasus dan misteri yang bahkan sulit untuk dipecahkan.

Pada suatu hari di sebuah taman bermain, ketika Shinichi sedang bersama dengan teman masa kecilnya bernama Ran Mouri, Shinchi tidak sengaja melihat dua orang mencurigakan berpakaian serba gelap.

Saat Shinichi diam-diam mengikuti mereka, ia melihat adanya sebuah aktivitas ilegal yang dilakukan orang-orang mencurigakan tersebut.

Namun di tengah pengawasannya, tiba-tiba Shinichi dipukul oleh salah satu anggota kelompok tersebut dan membuat dirinya pingsan. Untuk menyembunyikan identitasnya, mereka memberikan sebuah obat racun kepada Shinichi.

Tak lama kemudian, Shinichi yang sadar sangat terkejut mengetahui dirinya berubah menjadi sosok anak berusia 7 tahun namun masih memiliki ingatan tetap. Karena kejadian yang ia alami, Shinichi meminta bantuan kepada Profesor Agasa, seorang ilmuan dan juga tetangga Shinichi.

Ilmuan tersebut mengatakan untuk menyembunyikan identitas Shinchi dengan berganti nama menjadi Conan Edogawa. 

Untuk menjalani kegiatan detektifnya, Shinichi yang kini menyamar sebagai Conan memilih untuk membantu Kogorou Mouri, ayah Ran yang juga merupakan seorang detektif dengan cara memanfaatkan berbagai alat canggih ciptaan buatan Profesor.

Review:
Mungkin bagi anak jaman old sudah tahu tentang seri ini karena pernah ditayangkan di salah satu saluran TV. Setiap beberapa episode sekali yang menyajikan cerita tentang beragam kasus pembunuhan yang diatur secara detail beserta petunjuk-petunjuk yang disembunyikan, membuat kita sebagai penonton ikut menebak kasus dan pelakunya.

Jika kamu suka menonton anime ini, disarankan untuk menonton movienya juga dimana setiap ceritanya sangat menakjubkan dan sangat seru untuk ditonton.

19. Monogatari Series

Anime Mystery Terbaik - Monogatari Series
Monogatari Series

Jumlah Episode: 15
Rating MAL: 8.37
Genre: Mystery, Supernatural, Romance, Vampire
Sinopsis:
Seorang remaja SMA bernama Koyomi Araragi, telah mengalami nasib kurang menyenangkan karena diserang oleh seorang vampir. Beruntung, teman anehnya bernama Meme Oshino menyelamatkan Araragi setelah dirinya hampir mati karena serangan dari vampir tersebut.

Sayangnya meskipun Araragi hidup, ia harus menerima kenyataan bahwa kini dirinya menjadi vampir. Hidup sebagai vampir membuat Araragi memiliki sebuah kemampuan regenerasi super dan dalam kehidupannya, tampaknya Araragi masih bisa tetap menjalani kehidupan sehari-hari di sekolah seperti biasanya.

Pada suatu hari, Araragi berpapasan dengan Salah satu murid perempuan berambut ungu bernama Hitagi Senjougahara. Ketika Hitagi terjatuh dan ditangkap Araragi, ia menangkapnya merasa ada yang aneh, yaitu ringannya Hitagi seolah dia tidak memiliki berat sama sekali.

Karena memiliki masalah tak biasa, Araragi berniat ingin membantu masalah Hitagi dengan meminta pertolongan kepada Oshino.

Akhirnya Hitagi menerima bantuan Araragi meskipun awalnya ia merasa enggan bahkan menolak bantuan tersebut. Mulai dari sini, Araragi mulai terlibat dengan orang-orang dengan masalah yang ada kaitannya dengan hal supernatural.

Review:
Daftar Anime Mystery Terbaik selanjutnya adalah anime dengan penuh dialog dimana kamu harus cermat dan memperhatikan dialognya supaya mengikuti alur certa.

Ceritanya sungguh unik dan keren dimana kamu akan disuguhkan tentang misteri yang berkaitan dengan supernatural serta karakternya menarik terutama tokoh perempuan yang cantik-cantik dan waifuable.

Bagi kamu yang berminat untuk menonton seri ini, disarankan untuk membaca terlebih  dahulu petunjuk Urutan dan Cara menonton Monogatari Series dari kami karena serinya banyak dan memiliki alur maju mundur.

20. Steins;Gate

Anime Mystery Terbaik - Steins;Gate
Steins;Gate

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 9.14
Genre: Sci-Fi, Thriller, Mystery
Sinopsis:
Rintarou Okabe, dikenal sebagai ilmuan gila yang suka melakukan berbagai penelitian tidak biasa. Saat ini, ia sedang berada di sebuah bangunan tua yang terdapat di wilayah Akihabara untuk melakukan penelitian guna menciptakan sebuah gadget yang diketahui mampu membuat seseorang melakukan perjalanan waktu.

Okabe tidak melakukannya sendiri, penelitian tersebut ia lakukan bersama dengan rekan labnya yaitu Hashida Itaru dan Mayuri Shiina.

Dalam menciptakan sesuatu yang diinginkan, Mereka terus menerus bekerja keras untuk meraih keinginan tersebut. Setelah bekerja begitu keras, Akhirnya usaha mereka tak sia-sia dan hasilnya adalah sebuah alat bernama “Ponsel Mikrowave” yang diketahui dapat mengirim pesan dari waktu yang berbeda.

Namun setelah alat itu digunakan, ada sesuatu yang aneh dimana terjadi serangkaian peristiwa misterius termasuk adanya pesan yang mampu membuat sejarah berubah dilanjutkan terjadinya berbagai peristiwa kematian.

Kini Okabe harus menghadapi serangkaian misteri akibat dari alat penelitiannya sendiri dan harus menyelamatkan orang-orang dengan bantuan alat perjalanan waktunya.

Review:
Untuk Rekomendasi Daftar Anime Mystery Terbaik ini, konsepnya tentang Time Travel dimana ceritanya mengenati sang tokoh utama (Okabe) yang harus berusaha untuk menemukan petunjuk bagaimana cara mencegah kematian dengan cara melakukan perjalanan waktu.

Unsur mysterynya sangat menarik dan unik, dan setiap cerita menegangkan terjadi, pastinya terdapat plot twist mengejutkan yang membuatmu ingin terus menonton episode selanjutnya.

Namun untuk memahaminya, kamu perlu memperhatikan lebih dalam cerita dan dialog yang disuguhkan karena alurnya agak membingungkan dan berputar-putar.

21. Ergo Proxy

Anime Mystery Terbaik - Ergo Proxy
Ergo Proxy

Jumlah Episode: 23
Rating MAL: 7.98
Genre: Psychological, Mystery, Sci-Fi
Sinopsis:
Setelah bencana ekologis menyebabkan Bumi menjadi planet tak layak huni, Umat manusia yang bertahan hidup kini membentuk kota dalam kubah yang disebut “Romdo” dan juga menciptakan manusia bernama “AutoReivs” untuk membantu kegiatan sehari-hari.

Dalam keadaan di dunia dystopian ini, manusia buatan lebih banyak dibandingkan dengan Manusia biasa. Awalnya kehidupan manusia dan AutoReivs berlangsung damai, namun ketika sebuah virus bernama “CogitoVirus” menyerang para AuroReivs, para robot tersebut beralih menjadi robot pembunuh berbahaya yang mengancam nyawa umat manusia.

Re-I Mayer, adalah seorang anak dari penguasa Romdo, ditugaskan untuk menyeldiki tentang berbagai kasus pembunuhan yang dilakukan oleh para AutoReivs bersama dengan pendamping AutoReivsnya bernama Iggy. 

Di wilayah Romdo lain, terdapat seorang ahli “AutoReivs” bernama Vincent yang berpengaruh besar dalam kasus ini. Dalam penyelidikannya, terdapat kejanggalan dan rahasia mengejutkan dibalik kedamaian yang terdapat dalam Romdo.

Review:
Berbeda dengan Anime Mystery lainnya, seri ini memberikan tema tentang dunia dystopian ditambah dengan misteri dari kota masa depan penuh rahasia untuk memberikan keaslian cerita sehingga penonton bisa lepas dari menonnton Anime Mystery yang itu-itu saja.

Alurnya sangat menarik, suasana dysopiannya sungguh terasa, dan petunjuk-petunjuk dari misteri yang diungkapkan membuat penonton tidak bisa menebaknya timbur rasa menegangkan saat ditonton.

22. Ghost Hunt

Anime Mystery Terbaik - Ghost Hunt
Ghost Hunt

Jumlah Episode: 25
Rating MAL: 7.91
Genre: Comedy, Horror, Mystery, Shoujo, Supernatural
Sinopsis:
Menceritakan kisah hantu, adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi para remaja sekolahan apalagi jika sekolahnya memiliki kisah seram sendiri di dalamnya.

Mai Tanimiya, adalah siswa perempuan tahun pertama yang juga ikut senang ketika menceritakan sebuah kisah hantu kepada teman-temnnya. Ketika ceritanya memasuki bagian tengah, tiba-tiba seorang pria misterius muncul mengganggu keasyikan cerita seram mereka.

Telah diketahui, Orang tersebut adalah Kazuya Shiba, seorang anggota Shibuya Psychic Research (SPR) dengan tugas untuk menyelidiki berbagai misteri yang terdapat di sekolah tersebut.

Pada Suatu hari, ketika Mai sedang berjalan menuju ke sekolahnya, ia melihat sebuah gedung yang mencurigakan dengan adanya sebuah kamera aneh didalamnya.

Karena rasa penasarannya, Mai memberanikan diri untuk masuk meskipun dilanda rasa takut yang menyelimuti dirinya.

 Saat masuk, ia tiba-tiba terkejut dengan datangnya seseorang yang tidak lain merupakan anggota SPR dan terkejutnya Mai, membuat orang tersebut terluka serta membuat kamera yang dipasang hancur.

 Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Mai kini dijadikan asisten pengganti dari Kazuya untuk ikut terlibat dalam memecahkan berbagai misteri serta hal yang berkaitan dengan peristiwa supernatural.

Review:
Anime Mystery berlatar sekolah ditambah bergenre horror untuk memberikan suasana seram yang diselipkan dalam tema detektif bisa menjadi perjunjukkan bagus jika ceritanya dieksekusi dengan baik.

Meskipun seri ini bergenre horror, namun adegan hantu-hantu menyeramkan hanyalah sedikit dan mungkin bisa dibilang bahwa seri ini mampu menyajikan horror tanpa memberikan suasana seram yang berlebihan.

Seri ini lebih mengandalkan unsur misteri dan detektifnya yang pastinya dijamin membuatmu ketagihan di setiap episodenya.

23. Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru

Anime Mystery Terbaik - Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru
Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.47
Genre: Mystery
Sinopsis:
Pada suatu ketika, Seorang murid SMA biasa bernama Shoutarou Tatewaki telah menghadiri sekolah di Hokkaido dan bertemu dengan sosok gadis yang cantik.

Namun, dibalik kecantikannya, ia memiliki sifat yang aneh dimana sifat tersebut tidak dimiliki oleh perempuan biasa, yaitu memiliki rasa suka terhadap tulang-belulang.

Sakurako Kujou, seorang osteologi perempuan berumur kisaran 20 tahun yang hidupnya selalu berkaitan dengan berbagai macam tulang. Telah diketahui Sakurakou sering melakukan berbagai analasis terhadap tulang yang ia temukan di berbagai tempat lalu merekonstruksinya sebagai sebuah koleksi.

Terkadang kemampuan analisis yang ia miliki dibutuhkan oleh Kepolisian Prefektur Hokkaido untuk menyelesaikan berbagai kasus dengan cara menyelidiki tulangnya.

Rasa sukanya terhadap tulang membuat dirinya sedikit apatis terhadap dunia sosial dan sekitarnya. Pada Suatu ketika, Sakurako menunjuk Shoutarou sebagai asisten tetap.

Mungkin dengan menjadi asistennya, Shoutarou mungkin bisa mengetahui lebih banyak tentang tulang-belulang, dan hal yang pasti ia ketahui adalah bahwa dirinya akan terlibat kasus yang berkaitan dengan mayat.

Review:
Umumnya perempuan itu suka hal yang berbau imut-imut atau mewah seperti boneka, belanja, dan lain-lain. Namun perempuan yang satu ini justru suka dengan tulang.

Tokoh utama yang dibuat unik ini menarik perhatian beberapa penggemar anime mystery. Selain ceritanya bagus, grafisnya juga indah, menenangkan, dan warna-warni sehingga seri ini layak direkomendasikan sebagai salah satu list Anime Mystery Terbaik.

24. Haibane Renmei

Anime Mystery Terbaik - Haibane Renmei
Haibane Renmei

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 8.02
Genre: Slice of Life, Mystery, Psychological, Drama, Fantasy
Sinopsis:
Haibane, adalah semacam makhluk berbentuk seperti malaikat dimana mereka memiliki sayap dan halo di atas kepalanya namun mereka lahir dari dalam kepompong.

Pada sebuah mimpi seorang gadis jatuh dari langit, tiba-tiba mimpi tersebut berhenti dan sebuah kepompong terbuka. Gadis dalam mimpi itu bangun dari mimpinya tanpa mengingat semua masa lalu bahkan identitas dirinya sendiri.

Gadis tersebut diketahui berada di “Old Home” rumah bagi para Haibane untuk hidup, belajar, memahami, dan mencari kesempatan untuk keluar dari batas dunia mereka.

Setiap mimpi yang dialami Haibane baru, dianggap sebagai perwujudan dari impiannya. Untuk itu, sang gadis yang bermimpi jatuh tersebut, diberi nama “Rikka”. Selama berada di sana, Rikka wajib menaati aturan ketat dari Old Home yaitu tidak boleh meninggalkan desa maupun mendekati dinding di sekitar.

Bersama dengan teman baru Haibane lainnya, Rikka dan teman-temannya berusaha untuk menemukan masing-masing tujuannya.

Review:
Anime Mystery dengan cerita yang membuat penonton baper dengan dramanya. Sayangnya masih jarang orang yang mengenal anime ini.

Jika kamu menonton seri ini, awal cerita mungkin sedikit membosankan karena cerita lebih berfokus pada world building, namun ketika memasuki pertengahan, cerita akan menjadi lebih seru, dengan unsur mystery yang membuatmu ingin menonton episode lanjutannya ditambah drama yang dapat menguras air mata.

25. Shoujo Shuumatsu Ryokou (Girls' Last Tour)

Anime Mystery Terbaik - Shoujo Shuumatsu Ryokou
Shoujo Shuumatsu Ryokou

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 8.17
Genre: Adventure, Slice of Life, Mystery
Sinopsis:
Seiring berjalannya waktu, Budaya Manusia yang semakin perkembangan pesat akhirnya telah mencapai puncaknya.

Namun, dalam puncak kemakmuran tersebut, akhir dunia telah terjadi dan menyebabkan sebagian besar makhluk hidup tewas dan kota-kota yang berdiri kokoh dan megah, kini hanya sekedar reruntuhan belaka.

Di dalam peradaban yang sudah mati tersebut, masih ada sisa kehidupan yang menjadi sebuah keajaiban luar biasa. Chito dan Yuuri, manusia yang berusaha untuk bertahan hidup dengan menaiki sebuah kendaraan Kettenkrad, menjelajahi dan mengembara dunia tanpa tujuan.

Setelah terjadi hari keputusasaan, mereka mencari makanan dan bahan bakar untuk memenuhi kebutuhan perjalanan mereka selanjutnya.

Selama bersama, mereka tidak takut sama sekali bahkan dalam menjalani kehidupan suram sekalipun dan meski tidak memiliki harapan, mereka peracaya bahwa terdapat cahaya harapan untuk membawa mereka meskipun kemungkinannya sangatlah kecil.

Review:
Memadukan antara cerita ringan berlatar kehancuran ternyata bisa menjadi sebuah pertunjukan unik dan menarik untuk ditonton. Shoujo Shuumatsu Ryokou adalah salah satu Anime Terbaik 2017 dimana tokoh utamanya adalah perempuan dengan cerita penuh makna dan pesan moral di dalamnya.

Misteri tentang bagaimana kehancuran dan apa yang terjadi setelah dunia tersebut hancur benar-benar dapat disembunyikan dan disampaikan dengan baik sehingga menjadi tontonan menarik.

Artworknya juga bagus, berbagai sound effect yang diterapkan membuat seri ini tampak nyata sehingga seri ini layak direkomendasikan sebagai Daftar Anime Mystery Terbaik.

26. Hamatora: The Animation

Anime Mystery Terbaik - Hamatora: The Animation
Hamatora: The Animation

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.41
Genre: Comedy, Mystery, Super Power
Sinopsis:
Minimum, adalah kemampuan supranatural yang hanya dimiliki orang-orang tertentu yang diketahui mampu menciptakan suatu keajaiban.

Orang-orang dengan kemampuan Minumum disebut sebagai “Minimum Holder”. Para Minimum Holder dilatih secara khusus untuk mengembangkan bakat mereka di Facultas Academy supaya ketika mereka lulus, mereka akan mendapatkan sebuah kemampuan yang hebat,

Nice, adalah remaja berumur 17 tahun dan salah satu Minimum Holder yang ikut menghadiri Facultas Academy. Nice lulus lebih cepat dari lainnya karena punya bakat dan kejeniusan yang lebih tinggi dari Minimum Holder lainnya. Setelah Nice, partnernya yaitu Murasaki menjadi orang ke dua yang lulus.

Setelah itu, mereka menjadi agen detektif Yokohama dengan nama “Hamatora” dan mendirikan Kafe untuk dijadikan tempat berkumpul sekaligus tempat pertemuan dengan para klien.

Pada Suatu hari, mereka menerima sebuah kasus pembunuhan berantai yang disebabkan karena Minimum Holder. Nice dan rekanya menyelidilki kasus pembunuhan tersebut dan mengetahui berbagai rahasia yang tersimpan.

Review:
Anime dengan tema Overpower sekaligus Tokoh Utama Diremehkan. Alurnya bagus, ceritanya agak mirip dengan Code: Breaker namun diselingi unsur mystery.

Pertunjukkannya juga keren, beberapa cerita memiliki plot twist keren tak terduga yang membuat penonton terkejut sehingga membuat mereka penasaran di episode selanjutnya.

27. Mushishi

Anime Mystery Terbaik - Mushishi
Mushishi

Jumlah Episode: 26
Rating MAL: 8.75
Genre: Adventure, Fantasy, Historical, Mystery, Seinen, Slice of Life, Supernatural
Sinopsis:
Cerita memasuki Jaman Edo dan Meiji dimana Jepang masih memakai teknologi dari abad ke 19. Di dunia ini terdapat berbagai macam makhluk yang belum diketahui keberadaannya.

Salah satunya adalah makhluk bernama Mushi yang dianggap sebagai makhluk paling dasar namun hampir semua manusia tidak tahu tujuan apa mereka diciptakan dan tidak tahu apakah mereka itu jahat atau baik.

Mushi memiliki sidat paling primitf diantara semua kehidupan dan Mereka mampu hidup dalam berbagai wujud dari wujud penyakit, tanaman, atau maupun sebuah fenomena alam. 

Makhluk ini tampaknya memiliki wujud supernatural dan hal tersebut membuat keberadaan mereka tidak bisa dilihat oleh manusia biasa.

Untuk menyelediki hal-hal yang berkaitan dengan Mushi, dibutuhkan seorang Mushishi, orang yang mampu melihat keberadaan Mushi dengan tugas untuk mencari informasi lebih dalam tentang Mushi.

Ginko adalah salah satu Mushishi dengan tujuan untuk meneliti keberadaan Mushi dan mengetahui tujuan hidup sebenarnya dari mereka.

Ia melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain untuk menyelidik berbagai peristiwa yang terkait dengan Mushi tentunya dibantu oleh penduduk sekitar untuk membantu Ginko dalam mendapatkan informasi.

Review:
Bagi kamu suka anime dengan atmosfir yang adem, story dalam, santai dan slow namun masih memiliki unsur mystery yang keren, kamu bisa tonton salah satu Anime Mytery Terbaik dengan tema fantasy ini.

Pembawaan cerita dengan melibatkan supernatural dan sosok karakter diatur menarik, tanpa memiliki fanservice dan dijamin kamu merasa puas saat menontonnya.

28. Tasogare Otome X Amnesia

Anime Mystery Terbaik - Tasogare Otome X Amnesia
Tasogare Otome X Amnesia

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.83
Genre: Horror, Mystery, Romance, School, Shounen, Supernatural
Sinopsis:
Di dalam sekolah Seikyou Private Academy terdapat sebuah bangunan lama dimana disana, terdapat penghuni berupa seorang hantu perempuan bernama Yuuko Kanoe yang sudah menjadi penunggu selama 60 tahun.

Teiichi NIya, salah satu remaja sekolahan yang baru saja masuk ke sekolah tersebut namun berakhir tersesat dan akhirnya membuat dirinya bertemu dengan Yuuko. Ternyata hantu tersebut tidak terlalu menyeramkan, bahkan bisa dibilang hantu tersebut cantik.

Telah diketahui ingatan Hantu Yuuko telah hilang sehingga dirinya tidak tahu tentang identitas sebelum menjadi hantu beserta penyebabnya. Yang hanya diingat Yuuko ketika menjadi hantu, adalah sebuah ruangan yang menjadi tempat penghubung pertemuannya dengan Teiichi.

Setelah pertemuan tersebut, Mereka mulai berteman dan Teiichi memutuskan untuk menolong Yuuko dengan cara membentuk klub bernama “Klub Investigasi Paranormal” untuk mempermudahnya dalam mencari kasus kematian Yuuko.

Mereka mencari jawaban atas kematian Yuuko bersama dengan bantuan beberapa murid yang ikut bergabung dalam klub, Meraka terdiri dari: salah satu kerabat Yuuko bernama Kirie Kanoe, dan siswa kelas dua bernama Momoe Okonogi.

Review:
Untuk Daftar Anime Mystery ini, ceritanya menganai tentang teka-teki gadis hantu dari identitas, penyebab kematian dan lain-lain.

Selain unsur mysterynya bagus, seri ini juga memiliki romance dengan pasangan dua dunia yang dijamin menarik untuk ditonton serta tambahan comedy lucu yang sangat menghibur sebagai Anime Mystery Terbaik.

29. Shiki

Anime Mystery Terbaik - Shiki
Shiki

Jumlah Episode: 22
Rating MAL: 7.90
Genre: Mystery, Horror, Supernatural, Thriller, Vampire
Sinopsis:
Hari-hari para penduduk di Desa Sotoba berjalan dengan damai dan tenang. Sampai memasuki Musim Panas, kedamaian tersebut mulai rapuh dimulai munculnya serangkaian misteri aneh yang tersebar di sekitar desa.

Di awali dari seorang gadis bernama Megumi Shimizu yang ingin menjalani hidup seperti orang kota penuh kemewahan.

Pada suatu hari dikabarkan bahwa Megumi telah menghilang secara misterius. Setelah penduduk berusaha keras untuk mencari Megumi, mereka akhirnya menemukan Megumi dalam keadaan mengenaskan dan tak berdaya.

Beberapa saat kemudian, akhirnya Megumi dinyatakan tewas tanpa sebab yang tidak jelas. Setelah kematian Megumi, beberapa hari kemudian, penduduk desa Sotoba juga mengalami nasib yang sama dengan Megumi dimana mereka menghilang, ditemukan dalam kondisi mengerikan dan akhirnya meninggal.

Seorang dokter dari Desa Sotoba bernama Toshio Ozaki sebagai orang yang menyelidiki penyakit pada para penduduk, mendapatkan kesimpulan bahwa kejadian tersebut disebabkan karena gigitan dari kemunculan makhluk di awal musim panas.

Natsuno Yuuki, seorang remaja pendiam yang satu sekolah sekaligus pria yang disukai Megumi, meraskan sensasi aneh dan merasa bahwa Megumi sedang mengawasinya.

Mulai dari sini, Hari-hari Yuuki mulai dipenuhi rasa takut dan ia dan untuk mengatasi permasalahan tersebut Natsuno bekerja sama dengan Toshio untuk memecahkan misteri yang terjadi di Desa Sotoba.

Review:
Di episode pertama, kamu akan langsung disuguhkan sebuah adegan horor mencekam serta banyaknya adegan sadis yang dijamin membuatmu merinding.

Daftar Anime Mystery Terbaik satu ini ceritanya diatur dengan baik, misteri tentang penyebab kematian para penduduk di desa mampu disampaiakan dengan baik dan memberikan perkembangan yang mengejutkan supaya penonton semakin tertarik untuk menyaksikan episode selanjutnya.

Grafisnya juga bagus, suasana dan background mampu menyesuaikan atmosfir cerita sehingga Shiki sangatlah cocok untuk masuk list Daftar Anime Mystery Terbaik.

30. Rokka No Yuusha

Anime Mystery Terbaik - Rokka No Yuusha
Rokka No Yuusha

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.54
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Magic, Mystery
Sinopsis:
Dalam upaya Dewa Iblis dalam menghancurkan dunia, tindakannya telah digagalkan oleh Dewi Takdir yang berhasil mengalahkan Dewa Iblis tersebut dan mencegah hancurnya dunia.

Namun kemenangan didapatkan bersifat sementara karena setelah Dewa Iblis musnah, sang Dewi Takdir mengatakan bahwa Dewa Iblis akan bangkit kembali tak lama lagi.

Untuk mencegah ancaman Dewa Iblis, Enam ksatria pemberani atau dikenal dengan “Rokka no Yuusha” telah terpilih oleh Dewi Takdir sebagai pewaris kekuatanya untuk mengalahkan Sang Dewa Iblis yang mencoba membuat kembali dunia menjadi neraka.

Waktu telah berlalu, kebangkitan Dewa Iblis untuk yang ketiga kalinya semakin dekat, Adlet Mayer, pria yang menganggap dirinya sebagai orang terkuat, menjadi salah satu pahlawan yang dipilih Dewi Takdir untuk melawan Dewa Iblis meskipun dirinya sendiri tidak tahu apa-apa tentang Dewa Iblis.

Saat tiba di tempat pertemuan yaitu, Benua Piena ternyata keinginan untuk menjadi pahlawan tidak berjalan lancar.

Saat semua pahlawan berkumpul, jumlah pahlawan yang harusnya 6 tapi yang berkumpul ternyata berjumlah tujuh. Salah satu pahlawan dianggap sebagai pahlawan palsu yang berpihak sisi Dewa Iblis dan Adlet dianggap sebagai orang mencurigakan oleh pahlawan lain.

Mampukah Adlet menemukan pahlawan palsu yang sebenarnya dan meyakinkan pahlawan lain bahwa dirinya asli?

Review:
Di awal episode, penonton sudah disajikan sebuah kejutan dimana pahlawan terpilih yang dikumpulkan harusnya 6 tapi ternyata 7.

Daripada melawan iblis, plot seri ini justru mengarah ke sisi mystery untuk mengungkapkan siapa pahlawan palsu tersebut, namun alur ceritanya sangat seru untuk diikuti ditambah pertarungan action dengan animasi yang keren, unsur fantasy, dan beragam plot twist yang dijamin membuatmu ketagihan saat menonton Daftar Anime Mystery Terbaik ini.

31. Zetsuen no Tempest

Anime Mystery Terbaik - Zetsuen no Tempest
Zetsuen no Tempest

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 8.12
Genre: Action, Mystery, Psychological, Drama, Magic, Fantasy, Shounen
Sinopsis:
Hanya tinggal menunggu saja untuk memasuki waktu Hancurnya Dunia. Dalam ancaman besar tersebut, dua sahabat ditakdirkan untuk terlibat dalam suatu permasalahan terkait ancaman dunia hancur tersebut.

Yoshino Tokigawa dan Mahiro Fuwa, dua remaja biasa-biasa saja yang tak memiliki keistimewaan apapun. adik perempuan Mahiro bernama Fuwa Aika, diketahui sering melakukan kencan bersama dengan Yoshino secara diam-diam. Namun, suatu hari, Aika tiba-tiba saja ditemukan tewas secara mengenaskan.

Karena tidak tahu penyebab kematian Aika, sang kakak Mahiro yang sangat bersedih, bersumpah untuk mencari penyebab kematianmya dan menemukan orang yang terlibat dalam pembunuhan adiknya.

Setelah kematian Aika, berbulan-bulan Mahiro menghilang. Sementara itu Yoshino yang tidak tahu keberadaan Aika memilih menjalani kehidupan keseharian biasanya.

Setelah beberapa bulan berlalu, ketika Yoshino mengunjungi makam Aika, ia bertemu kembali dengan Mahiro yang selama ini menghilang.

Walaupun tidak tahu apa yang terjadi, Yoshino menyadari bahwa semenjak Mahiro pergi, pasti banyak hal yang telah terjadi Mahiro. Benar saja. selama Mahiro pergi, ternyata ia telah membuat kontrak dengan penyihir bernama Hakaze Kusaribe untuk membantunya mencari orang yang telah membunuh Aika.

Namun karena Hakaze sedang diasingkan di pulau terpencil, ia tidak bisa menggunakan kekuatan sihirnya dan tidak bisa membantu Mahrio.

Review:
Bagi kamu pecinta action dengan selipan mystery di dalamnya, Zetsuen no Tempest adalah pilihan tepat yang sangat rekomended. Sisi mystery dari seri ini tidak akan membosankan dan sulit untuk ditebak.

Perkembangan ceritanya juga dibuat sangat baik, semakin cerita berjalan ada unsur romance yang akan mulai terasa serta adegan pertarungannya dibuat sangat epic sehingga seri ini layak untuk dijadikan sebagai Anime Mystery Terbaik.

32. Higashi no Eden

Anime Mystery Terbaik - Higashi no Eden
Higashi no Eden

Jumlah Episode: 11
Rating MAL: 7.93
Genre: Action, Sci-Fi, Mystery, Drama, Romance, Thriller
Sinopsis:
Careless Monday, adalah sebutan untuk dari hari dimana sepuluh rudal telah dijatuhkan di kota jepang pada tanggal 22 November 2010. Namun, karena dianggap tidak memberikan kerugian dari pihak manapun, kejadian tersebut berangsur-angsur dilupakan oleh masyarakat dan pada akhirnya, mereka tetap melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa.

Saki Morimi, seorang gadis jepang yang sedang melakukan Graduation Trip ke Washington D.C, telah mengalami masalah karena dirinya tiba-tiba saja berurusan dengan polisi. Untungnya, Saki diselamatkan oleh pria telanjang misterius dan aneh bernama Akira Takizawa.

Diketahui bahwa Akira adalah seorang pria misterius berbekal senjata dan ponsel yang sedang mengalami amnesia. Di dalam ponselnya, terdapat rekening digital senilai 8,2 miliar yen. Saat

mereka kembali ke jepang bersama dengan harapan supaya Saki mengetahui siapa sosok Akira, teka-teki dalam diri Akira secara tidak sengaja melibatkan keselamatan dunia yang berkaitan dengan uang, ponsel, dan perisitwa jatuhnya rudal yang sedang terjadi pada hari senin lalu.

Review:
Jarang ada yang membahas seri ini, padahal ceritanya sungguh luar biasa apalagi mysterynya yang sangat mantap dengan peran tokoh utama sebagai teroris.

Semakin episode berjalan, sedikit demi sedikit misteri dari Anime Mystery Terbaik ini yang menimbulkan pertanyaan mampu disampaikan sangat baik hanya dengan jumlah 12 episode karena alur ceritanya dibuat singkat tanpa bertele-tele.

33. Made in Abyss

Anime Mystery Terbaik - Made in Abyss
Made in Abyss

Jumlah Episode: 13
Rating MAL: 8.91
Genre: Sci-Fi, Adventure, Mystery, Drama, Fantasy
Sinopsis:
Di pulau Beoluska terdapat sebuah kota bernama Orth dan di kota tersebut diketahui memiliki sebuah jurang yang sangat dalam dan masih misterius. Jurang tersebut adalah “Abyss”, dan disana berbagai misteri masih belum terpecahkan seperti adanya peninggalan-peninggalan yang hingga saat ini masih belum ditemukan.

Tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam Abyss karena disana dianggap sangat berbahaya dan terdapat berbagai makhluk aneh mematikan termasuk adanya sebuah penyakit bernama “Kutukan Abyss” yang dikenal sangat berbahaya.

Hanya orang-orang terpilih yang diijinkan untuk masuk ke dalam Abyss dan mereka adalah “Delvers”, orang-orang dengan sifat pemberani, bernyali besar dan tidak takut dengan berbagai ancaman dalam memecahkan misteri dari Abyss.

Setiap Delvers, memiliki tingkat tertentu berdasarkan warna peluit yang menjadi batas para Delvers untuk menjelajahi Abyss. Cerita berkisah tentang seorang anak perempuan bernama Riko, putri dari Delvers legenda peluit putih bernama Lyza yang telah menghilang secara misterius.

Untuk mengikuti jejak ibunya, Riko bertekad untuk menjelajahi Abyss lebih dalam dan berharap memecahkan semua misteri di dalamnya. Sayangnya, karena ia masih Delvers peluit merah (Delvers tingkat rendah), ia hanya diperbolehkan menjelajahi bagian atasnya saja.

Suatu hari, Riko bertemu seorang anak lelaki yang sedang pingsan. Diketahui ternyata ia bukanlah manusia melainkan robot dan ia sedang kehilangan ingatan.

Karena tidak tahu nama dari robot tersebut, Riko memberikannya nama Reg. Karena teknologi dalam diri Reg tampak dibuat khusus untuk memudahkan menjelajahi Abyss, Riko mengambil kesempatan tersebut untuk berpetualang di jurang tanpa mengetahui berbagai hal mengerikan yang akan menunggunya di dalam.

Review:
Perlu diketahui bahwa Awal penyajian seri ini di awal-awal menggambarkan sebuah anime riang gembira dan petualangan biasa.

Namun ketika memasuki pertengahan cerita, Anime Mystery ini ternyata memiliki atmosfir darknya yang sedikit demi sedikit mulai terasa, banyak cerita kelam yang akan membuatmu baper dan misteri tentang Abyss yang membuatmu penasaran.

Selain jalan ceritanya bagus, grafisnya juga sangat luar biasa, warna-warni dan tentunya sangat memanjakan mata.

34. Sakurada Reset

Anime Mystery Terbaik - Sakurada Reset
Sakurada Reset

Jumlah Episode: 24
Rating MAL: 7.40
Genre: Mystery, Super Power, Supernatural, School
Sinopsis:
Di wilayah dekat Samudra Pasifik, dibangun sebuah kota bernama Kota Sakurada, dengan populasi dimana setengah penduduk disana memiliki berbagai kekuatan supernatural unik. Namun jika mereka keluar dari kota itu, maka kekuatan mereka akan menghilang beserta ingatan bahwa mereka memilki kekuatan tersebut.

Kei Asai, seorang siswa siswa pemilik kekuatan supernatural untuk mengingat masa lalu, pada suatu hari, Ia bertemu dengan seorang gadis cuek bernama Misora Haruki. Diketahui Misora mempunyai kekuatan untuk memundurkan waktu dunia dalam 3 hari sebelum kejadian beserta ingatan-ingatan dari semua makhluk hidup.

Kekutan supernatural Mereka, membuat mereka bersatu sebagai anggota Klub Service di sekolah untuk menjalani berbagai tugas dari organisasi yang mengawasi para penduduk pemilik kekuatan supernatural di sekitar Kota Sakurada. 

Menggabungkan kekuatan mereka, dimana kemampuan pengingat masa lalu Kei yang dapat digunakan setelah Misora melakukan pengunduran waktu 3 hari sebelum kejadian yang membuat ingatan juga hilang, sehingga ingatan yang hilang bisa dikembalikan oleh Kei dan hal tersebut dimanfaatkan untuk mempermudah dalam memecahkan misteri di sekitar Kota Sakurada.

Review:
Anime Mystery Terbaik selanjutnya memberikan lebih banyak dialog dengan pembawaan alur lambat. Memang agak membosankan jika kamu menemukan seri yang seperti ini, tetapi misteri-misteri dalam seri ini sangat menarik apalagi ditambah adanya unsur supernatural.

Tetapi ceritanya agak membingungkan dan saat menontonnya kamu perlu memperhatikan dialog dan perkembangan ceritanya.

35. Bungou Stray Dogs

Anime Mystery Terbaik - Bungou Stray Dogs
Bungou Stray Dogs

Jumlah Episode: 12
Rating MAL: 7.82
Genre: Action, Comedy, Mystery, Seinen, Super Power, Supernatural
Sinopsis:
Nakajima Atsushi, Seorang remaja penghuni panti asuhan yang hidupnya sangat terganggu karena hadirnya sosok harimau yang tampak memiliki hubungan dirinya.

Suatu hari, Atsuhi diusir dari panti asuhan karena dari semua penghuni panti asuhan, Atsushi adalah penghuni panti yang paling banyak menghabiskan dana karena kebutuhan makannya sangat banyak.

Setalah diusir, Atsushi yang bingung karena tidak tahu harus kemana sambil menahan laparnya, melihat seseorang yang sedang mencoba bunuh diri.

Orang tersebut adalah Dazai Osamu, orang yang sempat mencoba melakukan percobaan bunuh diri namun dihentikan Atsushi. Telah diketahui ia adalah seorang detektif dengan sebuah kekuatan supernatural yang mampu membuat dirinya menyelidiki berbagai kasus berbahaya.

Saat ini, Dazai Osamu sedang melakukan penyelidikan bersama rekannya bernama Kunikida Doppo tentang munculnya harimau yang ternyata adalah harimau yang sama dengan yang ditemui Atsuhshi.

Atshishi akhirnya dipaksa oleh Dazai untuk bergabung ke dalam organisasi mereka dan ikut menyelidiki breragam kasus berbahaya dimana polisi dan anggota militer tidak bisa menanganinya.

Review:
Menggabungkan anime berkonsep shounen,dengan genre mystery tentang detektif ditambah action ternyata membuat mampu menghasilkan sebuah anime yang sangat bagus.

Actionnya keren, ada comedyna juga lucu apalagi tingkah Dazai yang membuatmu ngakak, serta grafis konsisten dengan sedikit atau tanpa kecacatan dari studio Bones sehingga membuat seri ini sangat direkomendasikan sebagai Anime Mystery Terbaik yang tidak boleh dilewatkan.

1 Response to "35 Daftar Anime Mystery Terbaik Sepanjang Masa"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel