25 Daftar Anime Sedih Terbaik yang Wajib Ditonton

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik
Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik

Anime Sedih Terbaik, tidak jauh dari dengan genre drama karena genre tersebut dianggap sangat berpengaruh dalam menyajikan cerita sehingga mampu memberikan adegan dramatis yang haru penuh emosional hingga membuat penonton menangis.

Anime sedih bisa dibarengi unsur romance, tapi ada juga yang tidak memiliki genre romance. Untuk postingan kali ini Animenoem akan memberikan rekomendasi Anime Sedih Terbaik penuh emosional dari yang romance maupun non-romance.



Rekomendasi Daftar Anime Sedih Terbaik

Dalam postingan Anime Sedih ini, Animenoem memilih daftar anime yang tentunya mengutamakan kualitas cerita. beberapa adegan sedih yang biasa ditemukan antara lain:
  • Kisah masa lalu para tokoh yang menyedihkan 
  • Adanya tokoh utama yang mati
  • Konflik tentang persahabatan, percintaan, kekeluargaan, dan lain-lain lalu penyelesaiannya dibuat sedih
Jadi langsung saja, berikut list Anime Sedih yang dijamin membuatmu baper, nyesek, hingga banjir air mata:

1. Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies)

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Grave of the Fireflies
Grave of the Fireflies
  • Jumlah Episode: `1 (Movie)
  • Rating MAL: 8.55
  • Genre: Drama, Historical
  • Sinopsis:
Ketika Perang Dunia II telah mencapai puncak akhir di tahun 1945, Jepang selalu dilanda rasa kepanikan dan ketegangan karena tidak tahu kapan Amerika akan melakukan pengeboman.

Dalam situasi mencekam tersebut terdapat satu keluarga yang mengalani nasib kurang beruntung. Setsuko dan Seita merupakan kakak beradik yang berasal dari keluarga kaya, telah kehilangan orang tua dan tempat tinggal karena perang, kini mereka harus bertahan hidup dengan berjalan ke pedesaan sambil menahan lapar dan rasa sakit dengan memanfaatkan sisa harta milik keluarganya.

 Meskipun banyak para penduduk yang tidak peduli dengan keadaan mereka, Seita dan Setsuko tidak pernah merasa putus asa dalam menjalani hidup dan terus berusaha untuk menghadapi kesulitan yang mereka terima.

  • Review:

Rekomendasi Daftar Anime Sedih Terbaik yang Wajib ditonton pertama adalah salah satu anime Ghibli dengan cerita tentang perjuangan hidup yang dijamin bikin kamu mewek.

Selain ceritanya sangat sedih dan baper, seri ini memberikan banyak pelajaran hidup kepada penonton terutama tentang rasa kemanusiaan. Meskipun seri ini merupakan anime lama, Artworknya sudah bagus, gerakannya halus seperti anime Disney jaman dulu yang nyaman dimata.

2. Anohana (Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai)

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Anohana
Anohana
  • Jumlah Episode: 11
  • Rating MAL: 8.54
  • Genre: Slice of Life, Supernatural, Drama
  • Sinopsis:

Mengisahkan Sekelompok anak bersahabat yang selalu bermain bersama. Ketika kematian merenggut salah satu teman mereka bernama Meiko Honma atau Menma karena kecelakaan, hubungan persahabatan mereka seketika rapuh dan akhirnya mereka saling memisahkan diri untuk menjalani kehidupan masing-masing.

Beberapa tahun kemudian, Jinta Yadomi, salah remaja yang menjadi pemimpin kelompok bersahabat tersebut kini menjalani kehidupan meyendiri dengan menjauhi dunia sosial.

Daripada bersekolah, tampaknya ia lebih memilih menghabiskan kehidupannya hanya dengan bermain game. Kehidupannya yang tak jelas tersebut segera mengalami perubahan disaat sesosok hantu muncul di tempat Jinta yang tidak lain ternyata merupakan roh Menma yang gentayangan.

Setelah sempat terkejut, Jinta menanyakan penyebab Menma gentayangan. Telah diketahui penyebabnya adalah karena keinginan Menma masih ada yang belum ia wujudkan saat masih hidup dan sayangnya ia tidak mengingat keinginan apa yang ia maksud.

Untuk mengetahui keinginan Menma, satu-satunya cara mendapatkan petunjuk adalah mengumpulkan dan menyatukan kembali teman-teman masa kecil yang sudah berpisah.

Setelah sekian lama tidak berkumpul karena tragedi menyedihkan yang menimpa Menma, mampukah mereka dapat menghadapi masa lalu kembali demi membantu Menma?

  • Review:

Salah satu anime sedih dan baper dengan sedikit romance ini, dijamin akan membuatmu banjir air mata. ceritanya unik dengan memberikan elemen supernatural berupa hantu.

Seri yang mengutamakan kualitas cerita dengan penyajian sempurna, penganalan hingga konflik menarik yang mampu membuat penonton penasaran di setiap episodenya terutama pada bagian misteri dimana para tokoh berusaha untuk mencari keinginan Menma yang dijamin memuaskan sebagai anime sedih terbaik.

3. Ookami Kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children)

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Wolf Children
Wolf Children
  • Jumlah Episode: 1 ( Movie )
  • Rating MAL: 8.80
  • Genre: Slice of Life, Fantasy
  • Sinopsis:

Hana, adalah seorang mahasiswi pekerja keras yang menjalani pendidikan kuliahnya sambil bekerja paruh waktu.Pada Suatu hari, ia bertemu seorang pria berambut berantakan yang memiliki sifat dingin. Saat Hana mencoba mendekatinya, pria tersebut merespon dengan sifat dinginya.

Hana merasa tertarik dengan pria tersebut dan seiring berjalannya waktu kedekatan mereka membuat hubungan mereka semakin akrab, saling mengenal, setelah itu mereka saling mengerti satu sama lain dan akhirnya membuat mereka saling jatuh cinta

Setelah saling memahami, akhirnya Pria tersebut memberitahu Hana sosok dirinya sebenarnya bukan manusia biasa biasa melainkan Manusia Serigala dimana saat bulan purnama, wujudnya seketika berubah menjadi sesosok serigala. Setelah mengetahui sosok aslinya, rasa cinta Hana ternyata tidaklah berubah sama sekali.

Mereka pun akhirnya menikah dan dikaruniai dua anak manusia serigala. Kedua anak tersebut terdiri dari: Ame yang lahir pada saat hujan turun, dan Yuki yang lahir pada saat salju turun. Tak lama kemudian, ayah dari kedua anak tersebut meninggal sehingga Hana terpaksa harus merawat mereka sendiri.

Hana sangat kerepotan untuk mengurusi kedua anaknya sendiri. Karena anaknya bukan manusia biasa, ia harus pindah rumah ke tempat pedesaan yang sepi supaya identitas anak-anak tetap terjaga. Kehidupan Hana penuh tantangan untuk menjaga anak-anaknya baru saja telah dimulai.

  • Review:

Kisah penuh haru yang memberikan cerita tentang betapa beratnya peran seorang ibu dalam menjaga anak-anaknya. cerita dari Anime Sedih ini, dibawakan secara sederhana, mudah dipahami, dijamin sangat memuaskan saat ditonton.

Selain memiliki cerita luar biasa, banyak pesan moral di dalam kisah ini terutama pentingnya jasa seorang ibu. Grafisnya juga bagus, meskipun karakternya dibuat sederhana namun backgroundnya sangat menakjubkan dimana objek-objeknya tampak seperti real.

4. Violet Evergarden

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Violet Evergarden
Violet Evergarden
  • Jumlah Episode: 14
  • Rating MAL: 8.39
  • Genre: Fantasy, Drama
  • Sinopsis:

Sebuah boneka bernama “Auto Memories Doll”, merupakan boneka yang diciptakan untuk mengubah sebuah kata-kata menjadi tulisan.

Boneka tersebut merupakan karya dari seorang ilmuan bernama Dr.Orland dimana awalnya ia membuat benda tersebut untuk mempermudah sang istri bernama Mollie yang sedang buta dalam menulis novel. Namun setelah karya tersebut dikenal oleh para penduduk, Auto Memories Doll menjadi alat yang sangat berguna oleh orang lain dan kini alat tersebut disewa untuk melayani orang-orang.

Violet Evergarden, seorang mantan prajurit perang yang selalu memikirkan kata-kata dari ucapan seseorang yang ia cintai melebihi siapapun karena dirinya sangat tidak paham makna dari kata-kata itu.

Peperangan besar yang telah terjadi, membuat benua terbagi menjadi wilayah utara dan selatan lalu akhirnya berakhir setelah empat tahun.

Setelah perang tersebut, orang-orang dari generasi baru telah muncul untuk menjalani kehidupan masing-masing.

Violet yang dulunya ikut berperan sebagai alat militer memulai hidup baru dengan pergi ke tempat CH Postal Service tempat dimana ia bertemu dengan karya Auto Memories Doll buatan Dr.Orland yang diketahui dapat mengubah pikiran seseorang menjadi kata-kata.

Violet memutuskan untuk membuat dirinya menjadi Auto Memories Doll dan menjalani kehidupan baru bersama orang-orang baru yang ia temui dengan berbagai emosi sambil mencari arti sebenarnya dari kata-kata yang disampaikan kepada Violet.

  • Review:

Anime Sedih Terbaik yang wajib kalian tonton terutama bagi kamu menyukai anime dengan grafis yang wah. Penyajian Cerita mungkin membuat beberapa penonton gagal paham, namun jika kamu terus mengikuti sepanjang episode dan mencoba memahami apa yang disampaikan, dijamin ceritanya sangat luar biasa, penuh emosional, dan sangat baper.

Hal yang membuat banyak orang tertarik menontonnya adalah grafis halus dari kyoto animation yang sangat indah dan memukau ditambah Musiknya yang lembut dan sangat mendukung suasana cerita yang dirasakan.

5. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Fullmetal Alchemist: Brotherhood
Fullmetal Alchemist: Brotherhood
  • Jumlah Episode: 64
  • Rating MAL: 9.25
  • Genre: Action, Military, Adventure, Comedy, Drama, Magic, Fantasy, Shounen
  • Sinopsis:

Alkemi, adalah sebuah kemampuan unik manipulasi objek atau transmutasi yang sudah ada sejak jaman dulu. Penggunaan alkemi, Memiliki hukum dasar “Pertukaran Setara”, yang isinya “untuk mendapatkan sesuatu, diperlukan sesuatu dengan nilai setara”.

Orang-orang yang mampu melakukan transmutasi disebut sebagai “Alchemist”. Di balik kehebatan kemampuan Alkemi, ternyata Alkemi memiliki sebuah sisi gelap yang tidak boleh dilakukan oleh seorang pun Alkemi.

Sisi gelap tersebut adalah “Transmutasi Manusia”, Transumtasi yang dilakukan kepada manusia dimana hal tersebut dianggap sebagai tindakan tabu di dunia Alchemist.

Dua bersaudara bernama bernama Alphonse Elric atau dikenal Al dan Edward Elric atau biasa dipanggil Ed tertarik tentang dunia Alkemi. Setelah mereka berlatih keras dan berhasil menguasai kemampuan alkemi. mereka harus menerima kenyataan pahit karena Ibunya telah meninggal.

Kesedihan dan perasaan tidak terima fakta bahwa Ibu mereka sudah meninggal, membuat mereka terdorong untuk melakukan Transumtasi Manusia demi menghidupkan kembali ibunya. Namun ketika mereka melakukan tindakan tabu tersebut, mereka justru mendapatkan sebuah penderitaan lebih.

Al telah kehilangan seluruh tubuhnya dan jiwanya harus dimasukkan ke dalam sebuah armor sedangkan Ed kehilangan satu kaki dan satu tangannya.

Untuk mengatasi kesalahan terbesar mereka, Ed dan Al memutuskan untuk memasuki dunia militer, dan menjelah ke berbagai tempat untuk mendapatkan petunjuk supaya tubuh mereka kembali seperti semula.

  • Review:

Sebagi peraih peringkat pertama anime terbaik dalam situs MyAnimelist, tentunya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi bagus atau tidaknya Anime Sedih Terbaik yang satu ini.

Cerita dengan karakter tipikal shounen yang tampaknya biasa namun alurnya sungguh menarik dan tak terduga. Awal-awal memang sedikit membosankan karena hanya perkenalan, namun ketika memasuki cour ke-2, keseruan penuh ketegangan mulai terasa.

Selain seru, banyak momen-momen mengharukan yang didapat dalam seri ini. Berbagai kisah dramatis yang disajikan sangat baik mampu membuat penonton tak bisa melupakannya hingga penonton berlinang air mata dan merasa nyesek.

6. Angel Beats

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Angel Beats
Angel Beats
  • Jumlah Episode: 13
  • Rating MAL: 8.30
  • Genre: Action, Comedy, Drama, School, Supernatural
  • Sinopsis:

Tanpa mengetahui apa yang terjadi, Seorang remaja bernama Yuzuru Otonashi tiba-tiba saja terbangun dari tidurnya dan dihadapkan oleh gadis yang sedang membawa senapan bernama Nakamura Yuri.

Setelah bangun, Yuri segera mengatakan situasi yang terjadi kepada Otonashi bahwa ia telah mati dan dibawa di dunia Afterlife, dunia selanjutnya setelah kematian.

Telah diketahui bahwa Yuri kini sedang mencoba untuk menentang dewa yang telah membuat dunia ini sebagai ketidakpuasan tentang takdir yang diberikan olehnya dengan cara membunuh gadis yang diduga seorang malaikat yang memenuhi tugas mengawasi para penghuni Afterlife.

Karena penjelasan Yuri terdengar aneh, Otonashi tidak percaya begitu saja dan ia mencoba untuk menanyakan gadis yang diduga malaikat tersebut meskipun sudah diperingatkan Yuri untuk menjauhinya.

Saat bertanya, ternyata jawabannya tidak jauh beda dengan apa yang dikatakan Yuri terutama pada bagian bahwa ia sedang berada di dunia Afterlife.

Saat Otonashi meminta bukti, gadis tersebut justru menikam Otonashi secara tiba-tiba. Setelah kejadian penusukan tersebut, Otonashi yang terbangun keesokan harinya, sangat terkejut bahwa ia belum mati.

Dengan berbagai keanehan yang dialami Otonashi, akhirnya ia mulai percaya dan memutuskan untuk bergabung dengan Yuri dan lainnya ke dalam organisasi bernama SSS (Shinda Sekai Sensen) untuk tujuan melawan sang malaikat.

  • Review:

Anime Sedih Terbaik selanjutnya adalah seri yang memiliki cerita dengan awalan episode penuh comedy ngakak ditambah action yang sangat seru untuk ditonton.

Karena setingnya dunia afterlife, berarti para karakter dalam cerita sudah mati dan kisah detik-detik sebelum kematian itulah yang membuat ceritanya sangat menyedihkan meskipun tidak semua masa lalu para karakter diungkapkan.

Kisah sedih tidak hanya terdapat dalam masa lalu karakter, tetapi beberapa kejutan dalam pengembangan cerita, beberapa diantaranya mampu membuat penonton menangis hingga banjir air mata.

7. Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou
Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou
  • Jumlah Episode: 1 (Movie)
  • Rating MAL: 8.57
  • Genre: Drama, Fantasy
  • Sinopsis:

Ras Iorph, adalah ras yang dikenal memiliki keabadian karena mampu mempertahankan penampilan mudanya dan mampu hidup selama berabad-abad. Maquia, salah satu gadis ras Iorph yang yatim piatu, tinggal di sebuah daerah Oasis bersama teman-temannya.

Entah mengapa, Dalam menjalani kehidupan mereka yang abadi, Maquia merasa masih ada kekuarangan yang membuat dirinya kesepian. Pada suatu hari, Perdamaian Ras Iorph mulai hancur ketika sekelompok pasukan Mezarte menyerang tempat tinggal Ras Iorph untuk mengetahui rahasia dari keabadian mereka.

Banyak Ras Iorph yang diculik dan menghilang, namun beruntung Maqia berhasil kabur dari kejaran para pasukan Mezarte.

Kini ia Hidup dalam kesendirian dan melakukan perjalanan tanpa tujuan. Petualangannya membuatnya dipertemukan oleh seorang bayi bernama Ariel yang memiliki nasib sama yaitu sendiri tanpa memiliki orang tua.

Maquia berniat untuk merawat anak tersebut, dan seiring berjalannya waktu, Ariel mulai tumbuh dan ikatan mereka juga pun juga mulai mengalami perubahan.

  • Review:

Salah satu Anime Sedih Terbaik berjenis movie yang sangat menyayat hati, nyesek, bahkan membuat penonton nangis berhari-hari dimana ceritanya begitu dramatis dan mengagumkan. Ceritanya agak mirip dengan Wolf Children, yaitu kisah tentang perjuangan sang ibu dalam membesarkan anaknya.

Hanya saja seri ini memiliki keunikan, yaitu sang ibu merupakan makhluk abadi. Selain memiliki cerita keren dan bikin nyesek, grafisnya sebagai Anime P.A Works Terbaik ini sangat fantastis, penggambaran latar yang sangat indah dan nyaman untuk dilihat sebagai Anime Sedih yang wajib ditonton.

8. Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii Desu ka? Sukutte Moratte Ii Desu ka? (SukaSuka)

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - SukaSuka
SukaSuka
  • Jumlah Episode: 12
  • Rating MAL: 7.85
  • Genre: Sci-Fi, Drama, Romance, Fantasy
  • Sinopsis:

Munculnya ras baru berupa makhluk buas mengerikan bernama “Beast”, menyebabkan dunia dilanda kekacauan dimana-mana hingga membuat keberadaan manusia akhirnya punah.

500 tahun berjalan setelah malapetaka yang disebabkan Beast, ras selain manusia yang masih bertahan hidup, tinggal di sebuah pulau terapung di langit dimana tempat tersebut menjadi tempat aman dari ancaman para Beast.

Untuk mengalahkan makhluk mengerikan tersebut, mereka butuh sebuah senjata kuno berwujud gadis ras bernama “Leprechauns” yang dianggap sebagai senjata ampuh untuk melawan Beast.

Sayangnya Jangka waktu hidup mereka tidak bertahan lama yang artinya kapanpun mereka bisa mati. Dalam situasi yang kurang menguntungkan tersebut, Satu-satunya manusia yang masih hidup telah muncul dan bangun dari tidur panjangnya.

 Ia adalah Willem kmetsch, manusia yang telah tidur selama 500 tahun sejak Beast menyebabkan malapetaka.Setelah bangkit, Willem mulai menjalani hidup baru dengan tinggal di kota Grimpjhal bersama dengan ras lain dan ditugaskan sebagai penjaga gudang senjata.

Saat memasuki gudang senjata tersebut, Willem terkejut bahwa ternyata senjata yang harus dilindungi berupa sekumpulan gadis muda ras Leprechauns.

Dari semua gadis Leprechauns, terdapat satu gadis bernama Chtholly Nota Seniorious yang memiliki sikap pemberani dan rela mengorbankan diri demi menciptakan kedamaian dunia. Kini Willem harus menjaga anak-anak tersebut sambil merasakan sosok sebagai ayah dari mereka.

  • Review:

Anime bertema kehancuran yang sangat direkomendasikan untuk ditonton sebagai Anime Sedih Terbaik. Banyak orang setelah menonton seri ini berpendapat bahwa mereka tidak bisa move on dengan cerita dari Anime Fantasy Romance ini.

Nyeseknya anime ini tidak hanya dibawakan dari segi cerita, namun OST nya pun juga tidak kalah ngefeel yang membuat hati lebih baper dan terharu.

9. Tokyo Magnitude 8.0

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Tokyo Magnitude 8.0
Tokyo Magnitude 8.0
  • Jumlah Episode: 11
  • Rating MAL: 8.14
  • Genre: Drama
  • Sinopsis:
Merasa tidak puas dengan hidupnya, seorang anak yang masih duduk di bangku SMP bernama Mirai Onozawa berpikir untuk berharap bahwa dunianya hancur.
Alasannya ia sangat kesal dengan kehidupannya adalah ibunya yang berada jauh dengannya, bosan dengan kehidupan sekolah, dan terus diganggu oleh adiknya yang bernama Yuuki Onozawa. 

Saat berharap dunia hancur, harapan tersebut seolah dikabulkan karena setelah itu, sebuah gempa dahsyat berkekuatan 8 Skala Ritcher melanda daerah Kanto secara tiba-tiba. Kejadian tersebut berawal saat Mirai dengan perasaan enggan mengajak Yuuki untuk berkunjung ke pameran robot di Odaiba. 

Pada saat kejadian, mereka pasrah dan hanya bisa menyaksikan Tokyo porak poranda dilanda gempa. Dalam kekacauan yang masih berlangsung, kedua anak tersebut bertemu dengan Mari Kasukabe, seorang pengedara motor wanita yang bersedia membawa mereka ke tempat orang tuanya berada. Petualangan mereka untuk menuju ke tempat orang tuanya akhirnya dimulai.

  • Review:

Sebuah Cerita luar biasa yang dijamin emosimu tercampur aduk dengan berbagai kejutan di dalamnya. Kisahnya hanya berfokus tentang ketiga karakter yang sudah dijelaskan tadi, yaitu Yuuki, Mirai, dan Mari. 

Karena hanya berfokus kepada 3 karakter, tentu perkembangan karakternya sangat kuat, terutama pada Mirai yang awalnya sifatnya menyebalkan, memberontak, bahkan mengininkan dunia hancur sifatnya menjadi lebih baik.

Ketika hampir memasuki akhir, akan ada plot twist tak terduga yang dijamin membuatmu banjir air mata. Dengan menonton ini, kamu bisa dapat pelajaran bahwa kamu harus bersyukur dengan keadaan yang kamu miliki terutama dalam menyayangi keluarga sebelum terlambat.

10. Clannad

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Clannad
Clannad
  • Jumlah Episode: 23
  • Rating MAL: 8.31
  • Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, Supernatural, School, Drama
  • Sinopsis:

Kehidupan Tomoya Okazaki semakin berantakan lantaran dirinya sedang dalam keadaan terburuk karena berbagai masalah salah satunya disebabkan oleh keluarganya yang sangat kacau.

Bagaimana tidak, Ayahnya sendiri saja, setiap pulang pasti sedang dalam keadaan mabuk dan hal tersebut membuat Ibunya meninggalkan mereka karena tidak tahan melihat tingkah laku ayahnya tersebut.

Selain hubungan Tomoya dan keluarganya hancur. kurangnya keharmonisan dari keluarga Tomoya membuat cita-citanya sebagai pemain basket tidak bisa terwujud dan hal tersebut membuatnya semakin hancur dan akhirnya membuat Tomoya merasa putus asa dalam menjalani kehidupannya.

Disaat Tomoya mulai tidak niat untuk menjalani hidup, disanalah ia bertemu dengan seorang gadis bernama Nagisa Furukawa yang tampak asing baginya.

Ternyata diketahui bahwa Nagisa adalah siswi yang sebenarnya merupakan kakak kelas Tomoya namun tidak lulus karena sakit saat tes sehingga membuatnya tidak masuk. Tomoya kagum dengan Nagisa yang masih tetap semangat meskipun dilanda cobaan berat.

Karena terkesan, akhirnya Tomoya menjalani hubungan pertemanan dengan Nagisa dan mendapatkan berbagai pelajaran hidup yang membuat dirinya harus tetap teguh meskipun mengalami berbagai cobaan seberat apapun.

  • Review:

Anime Sedih Terbaik bergenre Romance School yang wajib ditonton dengan cerita yang akan mengubah-ubah emosimu dari perasaan tertawa, senang, hingga menangis. Selain ceritanya bagus, disini kamu akan mendapatkan pelajaran melalui point-point penting yang disampaikan dalam cerita.

Awalnya ceritanya tampak ringan penuh comedy lucu, namun ketika memasuki pertengahan cerita nyeseknya akan mulai berasa dan dijamin membuatmu banjir air mata.

11. Mahou Shoujo Madoka★Magica

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Mahou Shoujo Madoka★Magica
Mahou Shoujo Madoka★Magica
  • Jumlah Episode: 12
  • Rating MAL: 8.47
  • Genre: Drama, Magic, Psychological, Thriller
  • Sinopsis:

Madoka Kaname, merupakan siswi SMP biasa, sederhana yang menjalani kehidupan biasa-biasa saja bersama dengan teman satu kelasnya bernama Sayaka Miki. Pada Suatu hari, Madoka bermimpi bahwa dirinya melihat seorang gadis misterius dengan rambut hitam panjang.

Di hari berikutnya, Madoka terkejut bahwa gadis yang ada dalam mimpinya ternyata muncul dan ia adalah Homura Akemi, gadis bersifat dingin yang kini menjadi siswa pindahan. Tak lama kemudian, Madoka dan Sayaka bertemu dengan seekor makhluk seperti kucing aneh bernama Kyuubey.

Makhluk tersebut memberikan sebuah penawaran kepada kedua gadis biasa tersebut bahwa ia akan mengabulkan permintaan apapun dengan syarat bahwa mereka harus menjadi seorang Magical Girl untuk membasmi kejahatan.

Karena tertarik, Madoka akhirnya menyetujuinya, namun Homura mencegahnya karena apa yang dikatakan berbeda denga aslinya. Homura mengatakan hal tersebut karena ia adalah Magical Girl yang telah mengalami berbagai penderitaan. Sudah terlambat bagi Madoka untuk menolak penawaranya dan kehidupan Madoka penuh dengan keputusasaan pun telah dimulai.

  • Review:

Jangan menilai sesuatu dari sampulnya saja ternyata berlaku untuk seri ini. Sekilas seri terlihat seperti anime magical girl loli penuh fanservice namun saat menontonnya ternyata kenyataan berbeda jauh dari apa yang dipikirkan tadi.

Mahou Shoujo Madoka★Magica adalah Anime tentang Magical Girl yang awalnya memiliki kesan riang gembira ternyata di dalamnya terdapat sebuah cerita dark bergenre thriller penuh penderitaan dari sang karakter utama yang sangat menyedihkan saat ditonton hingga membuat ser ini layak dijadikan sebagai daftar anime sedih terbaik.


12. Koe no Katachi

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Koe no Katachi
Koe no Katachi
  • Jumlah Episode: 1 (Movie)
  • Rating MAL: 9.04
  • Genre: Drama, School, Shounen
  • Sinopsis:

Saat di sekolah dasar, terdapat salah satu murid pindahan baru bernama Shouko Nishimaya, anak perempuan yang tuli dan bisu namun selalu tersenyum. Pada saat itu, Shouko ditempatkan di kelas yang sama dengan murid anak laki-laki bernama Ishida Shouya.

Kehadiran Nishimaya di sekolah, tidak disambut baik oleh beberapa orang disana, termasuk Ishida dan kelompoknya yang sering mengejek dan mengerjainya hingga membuat alat bantu pendengarannya Shouko rusak berkali-kali.

Ketika pembullyan terus dilakukan tanpa henti di setiap harinya, tiba-tiba saja terdapat kabar bahwa Nishimaya telah keluar untuk pindah ke sekolah lain.

Para murid merasa simpati kepada Nishimaya sedangkan Ishida dianggap sebagai dalang penyebab pindahnya Shouko karena selalu menjahilinya sehingga dirinya kini menjadi anak yang tidak disukai bahkan dijauhi oleh teman-temanya hingga memasuki bangku SMP. 

Pengasingan tersebut, membuat kepribadian Ishida berubah drastis menjadi pemalu ditambah dengan sebuah perasaan bersalah yang terus menghantui dirinya hingga sekarang.

Saat memasuki SMA, secara kebetulan Ishida dipertemukan kembali dengan Nishimaya. Sebagai permintaan maaf, ia ingin membentuk hubungan baru dengan Nishimaya dan memutuskan untuk berteman dengannya sebagai penebus dosa demi menghubungkan kembali tali pertemanan bersama Shouko dan teman lamanya.

  • Review:

Anime Sedih yang wajib ditonton berikutnya merupakan anime movie dengan cerita mengenai sang tokoh utama untuk membentuk sebuah ikatan pertemanan kepada orang yang dulunya ia bully.

Cerita tentang pertemanan yang sangat baper tiap beberapa menitnya. Selain ceritanya the best banget, grafisnya juga sangat indah, kedetailan berdasarkan latar tempat sungguhan yang luar biasa hingga membuat seri ini dianggap sebagai anime movie romance terbaik.

13. Hadashi no Gen

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Hadashi no Gen
Hadashi no Gen
  • Jumlah Episode: 1 (Movie)
  • Rating MAL: 7.87
  • Genre: Drama, Historical
  • Sinopsis:
Gen adalah seorang anak penuh semangat yang berjuang hidup dalam peperangan antara Amerika Serikat dan Jepang yang sudah terjadi sejak 3 tahun lalu.

Kini memasuki tahun 1945, anak dari pengrajin sendal ini berusaha memenuhi kebutuhan keluarganya yang sedang kekurangan makanan terutama untuk ibunya yang sedang dalam keadaan mengandung.

Meskipun dilanda kemiskinan dan banyak kesulitan, Gen tetap optimis membantu ayahnya supaya mampu mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Ketika terjadi pengeboman atom di kota Hiroshima oleh Amerika Serikat, Gen sangatlah beruntung menjadi salah satu korban selamat, namun tidak bagi beberapa anggota keluarganya yang tidak bisa selamat.

Gen hanya bisa menyelamatkan ibunya saja dan mereka terkejut melihat banyak orang-orang mati, terbakar dan berbagai pemandanga mengerikan setelah pengeboman tersebut. Kini Gen dan ibunya harus terus berjuang untuk bertahan hidup. Apa yang akan menanti Gen dan Ibunya selanjutnya?

  • Review:

Salah satu Anime Sedih Terbaik yang setingnya berdasarkan sejarah pengeboman di Hiroshima dengan cerita fantastis sambil memberikan ilustrasi tentang kengerian saat pengeboman terjadi.

Meskipun animenya lawas, namun untuk segi cerita tak diragukan lagi tentang tema “survival” yang diperankan oleh anak biasa dengan sifat optimis penuh pesan motivasi didalamnya dan penuh kisah haru dan menyedihkan.

Untuk bagian grafis, desain karakternya memang agak lawas, namun gerakan halusnya sangat bagus bahkan bisa di setarakan dengan gerakan anime jaman sekarang.

14. Sora yori mo Tooi Basho

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Sora yori mo Tooi Basho
Sora yori mo Tooi Basho
  • Jumlah Episode: 13
  • Rating MAL: 8.62
  • Genre: Slice of Life, Adventure
  • Sinopsis:

Sepanjang hidup Mari Tamaki selalu dilanda rasa penyesalan karena ia tidak melakukan apapun. Dalam diri Mari sebenarnya ada rasa ingin tahu yang sangat tinggi terhadap dunia sekitar dimana ia memimpikan untuk melakukan perjalanan hingga di luar jangkauan alam semesta.

Sayangnya, ia harus menahan keinginan tersebut karena rasa takut dari risiko yang ia alami saat melakukannya dan hal tersebut membuat dirinya khawatir tentang keinginannya untuk mengetahui dunia luar.

Ketika ia memasuki tahun kedua sebagai siswa SMA, ia bertemu dengan gadis yang akhirnya membuat dirinya termotivasi untuk melakukan apa yang ia inginkan.

Shirashe Kobuchizawa, seorang gadis yang kehilangan ibunya selama tiga tahun yang kini berniat untuk melakukan perjalanan jauh ke Antartika untuk menemukan ibunya dan mencari tahu penyebab mengapa ibunya telah menghilang.

Sayangnya tindakan besar yang dilakukan Shirase membuat dirinya selalu diejek oleh teman-temannya. Namun tidak untuk Mari, mengetahui usaha Shirase yang begitu besar, ia memutuskan untuk bergabung bersama Shirase supaya mampu menggapai keinginannya.

Tak lama kemudian beberapa gadis lain juga bergabung, mereka adalah: Shiraishi Yuzuki, gadis yang memiliki sifat sopan dan berasal dari keluarga kalangan atas dan Miyake Hinata, gadis ceria yang ingin merasa menonjol. bersama-sama mereka berpetualang menuju ke wilayah selatan yang dingin.

  • Review:

Anime tentang petualangan para gadis dimana ceritanya dibuat sederhana, jelas, ditambah karakter yang berbeda-beda supaya tidak membosankan terlebih lagi mereka bisa berinteraksi dengan baik.

Perkembangan cerita yang dibuat teratur, beberapa adegan ada yang lucu, dan bahkan ada yang sangat mengharukan, sedih, hingga baper karena dramanya.

Selain unggul dalam cerita, beberapa hal lain juga tidak buruk, grafis dari Madhouse yang sangat mengagumkan serta penyesuaian music dengan tema membuat seri ini layak dijadikan sebagai Daftar Anime Sedih Terbaik yang Wajib Ditonton.

15. Myself; Yourself

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Myself; Yourself
Myself; Yourself
  • Jumlah Episode: 13
  • Rating MAL: 7.32
  • Genre: Drama, Romance, School
  • Sinopsis:

Kota Sakuranomori, disana terdapat 5 anak bersahabat yang selalu menghabiskan waktunya bersama. Mereka terdiri dari: Nanaka Yatsushiro, seorang gadis dengan sifat riang gembira; Sana Hidaka, seorang lelaki tampan yang memiliki sifat agak dingin; Dua Kembar Wakatsuki, yaitu Shuusuke dan Shuuri; dan Aoi Oribe yang memiliki sifat baik hati.

Sayangnya Salah satu kelima sahabat tersebut, yaitu Sana harus berpisah dengan teman-temannya karena ia akan pindah ke kota lain untuk urusan bisnis keluarganya. Sebagai tanda perpisahan, masing-masing sahabat Sana memberikan hadiah sebagai kenangan supaya persahabatan mereka tak dilupakan.

Setelah 5 tahun berlalu, Sana yang kini sudah menjadi murid SMA telah kembali ke kampung halamannya dan merindukan teman-teman lamanya setelah 5 tahun lamanya tidak bertemu. Mengira bahwa teman-teman masa lalunya sifatnya berubah drastis, ternyata sifat mereka masih sama.

Tetapi hanya ada satu orang yang sifatnya sangat berbeda dari yang lain, ia adalah Nanaka yang dulunya riang gembira menjadi pemurung dan dingin. Demi mempertahankan persahabatannya, mampukah Sana membuat Nanaka kembali menjadi gadis ceria seperti dulu?

  • Review:

Menyuguhkan banyak adegan baper melalui alur cerita yang dibawakan secara dalam supaya seri ini menarik dan seru untuk ditonton. Meskipun alurnya agak lambar yang mungkin akan membuatmu mengantuk, kamu akan menemukan keseruannya jika bersabar untuk mengikutinya.

Grafisnya juga lumayan, desain karakternya menarik dan keunggulan lainnya sehingga seri ini layak ditonton sebagai Anime Sedih Terbaik.

16. Shigatsu wa Kimi no Uso

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Shigatsu wa Kimi no Uso
Shigatsu wa Kimi no Uso
  • Jumlah Episode: 22
  • Rating MAL: 8.87
  • Genre: Drama, Music, Romance, School, Shounen
  • Sinopsis:

Arima Kousei, anak laki-laki yang bakatnya sangat menakjubkan disaaat ia bermain piano. Dengan bakat hebatnya, ia sering memenangkan banyak kejuaraan kompetisi piano peringkat pertama di tingkat anak-anak seumurannya.

Saking hebatnya, kehebatan Arima membuat ia mendapatkan julukan sebagai “Manusia Metronome”, karena dirinya yang merupakan pianis terhebat dan termuda.

Kemampuannya dalam bermain piano, itu semua berkat kerja keras ibunya yang telah mendidik dan mengajarinya melalui metode khususnya dengan baik sehingga membuat Arima bisa seperti sekarang ini.

Sayangnya, disaat Ibunya meninggal, Arima yang merasakan kesedihan mendalam membuat ia memutuskan untuk berhenti bermain piano untuk selamanya.

Beberapa tahun kemudian ketika Arima menginjak bangku sekolah SMP. ia dipertemukan oleh seorang gadis pirang cantik bernama Kaori Miyazono. Pertemuan mereka mungkin bisa mengubah takdir Arima untuk membuatnya kembali ke dunia musik

  • Review:

Anime yang terkenal dikenal sebagai anime yang susuah dilupakan saking sedihnya cerita yang dibuat. Sebenarnya anime ini sudah menyebar ke mana-mana dan bagi yang belum tahu, segera tonton karena seri ini rekomended banget sebagai Anime Sedih Terbaik.

Kisah Drama Romance dengan melibatkan musik yang sangat menarik untuk ditonton. Meksipun baper, awalnya seri ini memiliki banyak comedy menghibur di dalamnya. Namun setelahnya, kamu akan disuguhkan berbagai kisah drama yang sangat baper dan dijamin membuat banjir air mata.

17. Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru
Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru

  • Jumlah Episode: 12
  • Rating MAL: 7.46
  • Genre: Slice of Life, Psychological, Drama, Magic, Fantasy
  • Sinopsis:
Dalam kehidupan Sehari-hari seorang remaja bernama Yuuki Yuuna, ia selalu melakukan kegiatan sebagai pahlawan dalam klub pahlawan di sekolah SMPnya. Di sekolah, Yuuna selalu membantu orang-orang dengan berbagai permasalahan sambil memberikan senyum manisnya kepada mereka.

Sebagai menjalan tugas klub, Ia memang bersiap untuk melakukan tugas layaknya seorang pahlawan sungguhan. Namun, suatu peristiwa telah terjadi dimana Bumi didatangi oleh makhluk virus jahat bernama Vertex untuk bermaksud mengancam dunia. Untuk melawan mereka, para anggota klub pahlawan dipanggil oleh seorang dewa bernama “Shinjuu”. 

Yuuna bersama teman baiknya bernama Mimori Tougou dan dua Inobouzaki bersaudara yaitu Fuu dan Itsuki telah dipanggil melalui aplikasi handphone untuk menjalankan yang sangat sulit yang tentunta sangat berbeda dari tugas biasannya, yaitu melindungi dunia dari ancaman Vertex dengan diberi sebuah kekuatan magical girl untuk melawan Vertex yang keluar melalui handphone yang mereka bawa.

Selain belajar dan mengadakan berbagai kegiatan sehari-hari, mereka juga harus mengemban tugas besar untuk melindungi bumi dengan kekuatan yang diberikan, serta menemukan arti sesungguhnya dari seorang pahlawan.

  • Review:

Anime mahou shoujo dengan konsep cerita tragis dan memiliki cerita menyedihkan jika kamu mampu memahaminya dengan baik.

Meskipun karakternya loli-loli yang tampaknya mengarahkan anime penuh fanservice, kamu salah besar karena cerita seri ini benar-benar sangat berkualitas sebagai Anime Sedih Terbaik. Artworknya juga bagus, pewarnaan cerah dengan pemandangan indah yang lumayan memanjakan mata.

18. Ansatsu Kyoushitsu

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Ansatsu Kyoushitsu
Ansatsu Kyoushitsu

  • Jumlah Episode: 22
  • Rating MAL: 8.22
  • Genre: Action, Comedy, School, Shounen
  • Sinopsis:

SMP Kunigagaoka, SMP unggulan dimana sekolah tersebut adalah tempat bagi para murid unggulan dan berprestai. Sekolah tersebut memiliki suatu aturan unik, yaitu dengan membuat kelas terbengkalai “End-Class" atau Kelas E, dimana disana merupakan tempat bagi para murid dengan nilai terendah dan menjadi bahan diskriminasi.

Namun untuk tahun ini, kehidupan para murid Kelas E akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bulan tiba-tiba hancur tanpa sebab yang jelas dan akan menjadi Bulan Sabit untuk selamanya.

Pada suatu hari, Kelas E kedatangan guru baru tidak biasa yang bukan seorang manusia melainkan, makhluk gurita warna kuning yang bisa berbicara. Diketahui bahwa Kelas E akan ditugaskan membunuh makhluk tersebut sambil mengikuti kegiatan belajar mengajar bersamanya dalam satu tahun.

Jika satu tahun mereka gagal membunuhnya, maka bumi akan hancur. Makhluk tersebut kini dipanggil “Koro-Sensei” yang mungkin akan dianggap sebagai guru terhebat, karena selain pandai mengajar, ia juga sulit untuk dibunuh karena kecepatannya yang mampu mencapai 20 Mach.

  • Review:

Salah satu Anime Action School dengan memiliki beberapa keunikan, diantaranya adanya kelas terbuang diajari guru luar biasa yang membuat mereka berkembang.

Banyak pesan-pesan penting yang membuat penonton termotivasi, alurnya cukup bagus, selain memiliki action yang sangat seru dan comedy lucu, terkadang seri ini membawakan cerita sedih yang membuat penonton baper berkepanjangan sehingga seri ini layak dijadikan sebagai Rekomendasi Anime Sedih Terbaik.

19. I Want to Eat Your Pancreas

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - I Want to Eat Your Pancreas
I Want to Eat Your Pancreas

  • Jumlah Episode: 1 (Movie) 
  • Rating MAL: 8.73
  • Genre: Drama
  • Sinopsis:
Memasuki musim semi di bulan april dimana bunga sakura sedang bermekaran. Seorang pria Kutu Buku telah menemukan sebuah buku dengan judul “Kehidupan Saat Sekarat” di ruang tunggu dalam sebuah rumah sakit.

Ia menyadari bahwa buku tersebut merupakan buku milik teman sekelasnya bernama Sakura Yamauchi, gadis populer dengan sifat ceria. Telah diketahui bahwa Sakura ternyata telah mengidap penyakit pankreas yang mematikan hingga membuatnya hanya bisa hidup beberapa bulan lagi.

Untuk itu, Sakura menjalani sisa hidupnya dengan maksimal sampai waktunya berakhir. Selain itu ia juga menjelaskan bahwa selain keluarganya, hanya pria tersebut yang telah mengetahui penyakitnya. Sang pria memutuskan bahwa ia tidak akan membeberkan rahasia besarnya.

Setelah pertemuan tersebut, mereka yang memiliki sifat berlawanan dan jarang berkomunikasi akhirnya menjalani hidup bersama dimana sang pria bersedia menemani Sakura dalam sisa hidupnya dan kebersamaan tersebut berlahan membuat sang pria berubah menjadi orang yang lebih baik.

  • Review:

Anime Sedih Terbaik Wajib ditonton berikutnya adalah anime movie 2018 yang dijamin membuatmu baper dan tak kuat saat menontonnya. Alurnya tampak real karena adegan-adegannya tampak seperti cerita nyata yang dikemas sangat pas tanpa drama berlebihan.

Artworknya juga bagus, background dan pewarnaan yang sangat indah ditambah dengan gerakan animasi halus yang membuat seri ini rekomended banget sebagai Anime Sedih Terbaik.

20. Air

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Air
Air

  • Jumlah Episode: 12
  • Rating MAL: 7.41
  • Genre: Slice of Life, Supernatural, Drama, Romance
  • Sinopsis:

“Gadis Langit”, merupakan sebuah legenda yang diceritakan secara turun temurun. Seorang pria bernama Yukito Kunisaki yang sudah tahu tentang kisah tersebut dari ibunya, memulai perjalanan dan berpetualang ke berbagai wilayah untuk mencari keberadaan Gadis Langit.

Ketika sampai di sebuah kota dekat pantai, Yukito yang sedang dalam keadaan lapar namun tidak memiliki uang, memberhentikan pencariannya untuk sementara dan melakukan pertunjukkan boneka sihir yang ia pelajari dari ibunya supaya mendapatkan uang.

Sayangnya, Jangankan mendapatkan uang yang cukup, pertunjukkannya membuat penonton bosan hingga membuat mereka tidak tertarik lagi untuk menontonnya dan pertunjukan tersebut berakhir tanpa menghasilkan uang sediktpun.

Karena tak tahan menahan lapar, Yukito hampir pingsan. Tak lama kemudian, ia ditolong oleh seorang gadis baik hati yang aneh bernama Misuzu Kamio. Melihat keadaan Yukito, Misuzu menawarkannya untuk tinggal di rumahnya untuk sementara sekaligus memintanya untuk menjadi temannya.

Jika hal itu demi mendapatkan makanan, Yukito langsung menerima tawaran Misuzu begitu saja. Setelah kondisi Yukito membaik, ia diberi izin untuk menginap sementara di rumah bersama Misuzu.

Selagi Yukito tinggal di kediaman Misuzu, ia bertemu dengan gadis-gadis di sekitar kota, berteman dengan mereka, dan mulai memahami mereka satu per satu sekaligus mendapatkan sebuah petunjuk tentang Gadis Langit.

  • Review:

Salah Satu Anime sedih penuh emosional dengan kisah haru yang awalnya menyajikan cerita slice of life dan comedy sederhana.

Cerita yang memilki tujuan untuk menemukan “Gadis Langit” ini benar-benar menarik, mulai pertengahan, terdapat beberapa kejutan yang tak terduga dan ceritanya mulai mendalam dan membuatmu dijamin baper hingga menangis.

Untuk grafisnya sendiri, tak ada yang istimewa, namun untuk anime tahun 2005, Artworknya sudah cukup bagus.

21. Haibane Renmei

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Haibane Renmei
Haibane Renmei

  • Jumlah Episode: 13
  • Rating MAL: 8.02
  • Genre: Slice of Life, Mystery, Psychological, Drama, Fantasy
  • Sinopsis:
Haibane, semacam makhluk seperti malaikat yang memiliki sayap dan halo di atas kepalanya yang lahir dari sebuah kepompong.

Dalam sebuah mimpi dimana seorang gadis jatuh dari langit, setelahnya, sebuah kepompong terbuka, dan gadis tersebut bangun dari mimpi tanpa mengingat semua masa lalu termasuk identitas dirinya sendiri. T

elah diketahui bahwa gadis tersebut sedang berada di “Old Home” rumah bagi para Haibane untuk belajar, hidup, memahami dan mencari kesempatan keluar dari batas dunia mereka.

Setiap mimpi dari Haibane baru, dianggap sebagai wujud dari impiannya, Untuk itu sang gadis yang bermimpi jatuh tersebut, telah dinamai “Rikka”. Selama ia berada di sana, Rikka harus menaati aturan ketat untuk para Haibane seperti tidak boleh meninggalkan desa dan mendekati tembol di sekitar.

Bersama dengan teman baru Haibane lainnya yang terdiri dari Reku, Kuu, dan lain-lain, mereka bersama-sama menemukan masing-masing tujuannya.

  • Review:

Jika kamu penikmat anime lawas berkualitas tanpa fanservice berlebihan, ini bisa cocok dijadikan sebagai rekomendasi daftar anime sedih terbaik.

Awal episode mungkin akan terasa membosankan karena fokus terhadap world building yang menjadi pengantar cerita, namun ketika episode sudah berjalan setengah lebih, cerita semakin seru dengan drama yang dijamin menguras air mata.

Grafisnya sendiri agak biasa dan tidak ada istimewa karena pada dasarnya seri ini dibuat pada tahun 2003 dengan kualitas rata-rata.

22. Chrno Crusade

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Chrno Crusade
Chrno Crusade

  • Jumlah Episode: 24
  • Rating MAL: 7.75
  • Genre: Action, Demons, Historical, Romance, Shounen, Supernatural
  • Sinopsis:

Pada Tahun 1920 tingkat kejahatan semakin lama meningkat pesat. Di wilayah Amerika, sekumpulan iblis telah muncul dan membawa ketakutan serta kepanikan.

Sementara itu, penyembah para iblis juga bermunculan dan seiring berjalannya waktu keberadaan mereka juga meningkat sehingga terjadi kekacauan di berbagai wilayah. Ini adalah tugas Organisasi suci bernama Ordo Magdalena yang telah didirkan untuk menjalani tugas sebagai pembasmi iblis yang menjadi penyebab kekacauan.

Organisasi Ordo Magdalena cabang New York, terdapat seorang biarawati bernama Rossete Christoper yang ditugaskan Bersama rekan timnya yang merupakan seorang iblis muda bernama Chrno,untuk menjalani berbagai misi membasi para iblis yang mengancam dan mengatasi kejahatan yang merajalela.

Diketahui, Mereka dikenal sebagai tim yang sangat baik dalam menjalani misi meskipun mereka juga sering menyebabkan kekacauan dan kerusakan dalam misi mereka.

Dengan masa lalu gelap yang pernah mereka alami, keinginan untuk melawan ancaman iblis semakin tinggi terutama Rossete yang ingin mencari sang adik bernama Joshua yang menghilang karena diambil oleh seorang iblis pendosa Aion.
  • Review:

Cerita penuh kesan dengan menyajikan action yang sangat seru. Meskipun awalnya tampak membosankan, namun dipertengahan cerita keseruannya akan mulai terasa dan kamu akan menyadari bahwa seri ini sangat rekomended banget sebagai Anime Sedih Terbaik. 

Selain ceritanya keren, karakternya juga banyak yang menarik, terlebih Grafisnya yang meskipun tak terlalu buruk meskipun karena anime lama namun tetap nyaman untuk ditonton.

23. Steins;Gate

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Steins;Gate
Steins;Gate

  • Jumlah Episode: 24
  • Rating MAL: 9.14
  • Genre: Sci-Fi, Thriller
  • Sinopsis:

Rintarou Okabe, seorang ilmuan gila yang suka melakukan berbagai penelitian aneh. Saat ini, ia sedang meneliti sebuah bangunan tua yang terdapat di wilayah Akihabara untuk menciptakan sebuah gadget yang dapat membuat seseorang melakukan perjalanan waktu.

Ia tidak sendiri, Okabe melakukan penelitiannya bersama dengan anggota labnya yang terdiri dan Hashida Itaru dan Mayuri Shiina.

Untuk menciptakan sesuatu yang diinginkan, Mereka terus bekerja keras untuk meraihnya. Setelah bekerja terus-menerus, Akhirnya mereka berhasil menciptakan sebuah alat yang dinamakan “Ponsel Mikrowave” yang diketahui dapat digunakan untuk mengirim pesan dari waktu yang berbeda.

Namun saat alat itu digunakan, sebuah serangkaian peristiwa misterius terjadi, dimana terdapat pesan yang mampu membuat sejarah berubah dan terjadi berbagai peristiwa kematian. Kini Okabe harus menghadapi misteri dari alat penelitiannya sendiri dan harus menyelamatkan orang-orang dengan bantuan perjalanan waktu melalui alat ciptaannya.

  • Review:

Anime Time Travel dengan cerita penuh kejutan dari alur yang membingungkan karena dalam ceritanya agak berputar-putar sehingga membingungkan penonton.

Di awal cerita saja, ceritanya sudah disajikan agak berat, namun jika kamu terus mengikutinya, misteri demi misteri yang awalnya membingungkan akan terungkap dan bisa dipahami. Selain menyajikan cerita berat, terdapat beberapa adegan tragis dari kematian karakter yang membuat kesannya menjadi sangat sedih dan dijamin baper saat menontonnya.

24. Little Buster

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Little Buster
Little Buster

  • Jumlah Episode: 26
  • Rating MAL: 7.61
  • Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, School
  • Sinopsis:

Di usia yang masih sangat muda, seorang anak lelaki bernama Riki Naoe harus mengalami nasib menyedihkan karena telah kehilangan orang tuanya yang disebabkan sebuah kecelakaan tragis. Setelah meninggalnya orang tua Riki, ia berubah menjadi anak yang sering menutup diri dari dunia sosial.

Sementara Riki masih merakasan kesedihan, seorang anak laki-laki bernama Kyousuke Natsume berniat untuk menolong Riki dari rasa depresinya dengan cara merekrut Riki ke dalam sebuah kelompok bernama “Little Buster” yang beranggotakan anak-anak yang bersahabata sejak kecil.

Mereka terdiri dari: Masato Inohara, Kengo Miyazawa, Rin Natsume, dan Kyousuke Natsume. Dengan kehadiran Little Buster, Hidup Riki mulai membaik dipenuhi keceriaan dengan melawan berbagai masalah dan melakukan berbagai kegiatan masa muda bersama yang menyenangkan.

Beberapa tahun berlalu, anak-anak Little Buster sudah menginjak bangku sekolah SMA, dan hari-hari menyenangkan mereka ternyata tak terasa semakin berkurang.

Sebagai ketua Little Buster, Kyousuke memutuskan untuk membentuk sebuah tim baseball sebagai siswa tahun terakhir untuk menghabiskan masa-masanya SMA nya dengan melakukan aktivitas bersama di sekolah.

Sayangnya jumlah anggotanya belum mencukupi, Riki yang kini merasa harus berbalas budi karena dulu sudah dibantu oleh Litte Buster, berusaha keras membantu mencari anggota baru untuk bergabung ke dalam tim baseball Little Buster.

  • Review:

Salah satu Anime Sedih Terbaik yang wajib ditonton tentang kisah persahabatan dengan drama konflik dari masing-masing karakter yang dijamin membuatmu bersedih.

Alur cerita yang mampu disampaikan dengan sangat baik dan mampu membuat penonton penasaran, plot twist yang menakjubkan meskipun pembawaannya agak lambat. Untuk season 2, terdapat genre romance yang sangat menarik dan dijamin membuatmu baper.

25. Made in Abyss

Daftar Rekomendasi Anime Sedih Terbaik - Made in Abyss
Made in Abyss


  • Jumlah Episode: 13
  • Rating MAL: 8.91
  • Genre: Sci-Fi, Adventure, Mystery, Drama, Fantasy
  • Sinopsis:

Orth, adalah kota yang berada di pulau bernama Beoluska. Disana, terdapat sebuah jurang misterius yang sangat dalam bernama “Abyss”. Banyak misteri-misteri yang belum terpecahkan dan juga di dalamnya juga tersimpan berbagai peninggalan-peninggalan yang saat ini masih belum ditemukan.

Tidak banyak orang yang berani masuk ke dalam Abyss karena sangat berbahaya dimana berbagai makhluk aneh serta penyakit mematikan bernama “Kutukan Abyss” akan menyerang mereka yang masuk.

Hanya orang-orang tertentu yang memasuki Abyss dan mereka dikenal sebagai Delvers, orang-orang terpilh dengan sifat berani yang mampu masuk ke dalam Abyss untuk memecahkan berbagai misteri di dalamnya.

Delvers dikelompokkan dari berbagai tingkat yang bisa dilihat dari warna peluit yang berbeda-beda. Riko adalah seorang putri dari sang legenda Delvers dengan gelar peluit putih bernama Lyza yang kini telah menghilang secara misterius.

Untuk mengikuti jejak sang ibu, Riko berniat untuk menjelajahi Abyss lebih dalam untuk memecahkan semua misteri. Sayangnya karena ia masih Delvers peluit merah, ia hanya diizinkan menjelajahi bagian atas saja.

Pada suatu hari, Riko bertemu anak laki-laki yang tampak seumuran dengannya. Ia adalah seorang robot yang dinamai Reg oleh Riko karena saat bangun ia tidak ingat namanya.

Teknologi yang terdapat dalam Reg, mungkin dibuat khusus supaya dapat menjelajahi Abyss dan ini mungkin adalah kesempatan Riko untuk memulai petulangan di jurang tanpa mengetahui kebenaran mengerikan yang terdapat di dalamnya

  • Review:

Anime yang terkenal denga grafis yang sangat menakjubkan dan memanjakan mata. Sebelum menontonnya Beberapa orang menganggap bahwa seri ini memiliki cerita riang gembira, namun nyatanya justru anime ini menyajikan cerita penuh misteri dengan petualangan yang sangat menegangkan meskipun karakternya diperankan oleh anak-anak imut.

Banyak adegan baper yang akan temukan di dalam ceritanya sehingga Made in Abyss layak dijadikan sebagai Rekomendasi Daftar Anime Sedih Terbaik.


Berikut ini adalah Anime Sedih yang Tidak perlu Masuk ke dalam list karena sudah banyak yang tahu
  1. One Piece
  2. Naruto
  3. Gintama
  4. Fairy Tail
Jika masih ada yang kurang, kamu bisa membaca artikel lain ini karena berkaitan dengan anime sedih yang sama-sama dijamin baper dan bergenre romance


Oke, cukup sekian Rekomendasi Daftar Anime Sedih Terbaik kali ini jika masih ada yang kurang atau kesalahan kamu bisa menambahkan maupun memperbaikinya melalui komentar atau kontak yang telah tersedia.

0 Response to "25 Daftar Anime Sedih Terbaik yang Wajib Ditonton"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel