Mengapa Anime Jaman Sekarang Banyak yang Mirip?

Mengapa Anime Jaman Sekarang Banyak yang Mirip?

Dari Musim ke musim, anime baru pasti bermunculan dari adaptasi manga, light novel, game, atau yang lainnya.

Beberapa diantaranya mungkin ada anime dengan konsep, cerita, atau karakter yang terasa asing di matamu karena hal tersebut bisa dibilang sama dengan anime musim sebelum-sebelumnya apalagi seri tersebut hanya sekedar menjual karakter dan fanservice sehingga bisa membuatmu merasa bosan.

Berbeda dengan jaman dulu, anime lawas kebanyakan memiliki cerita orisinil yang unik. Pada postingan kali ini Animenoem akan memberikan penjelasan tentang Alasan mengapa anime jaman sekarang itu banyak yang sama.

Dalam artikel berjudul Karater Anime Mirip di Anime lain pada postingan sebelumnya bisa menjadi salah satu bukti meskipun beberapa diantaranya tidak disadari oleh semua orang. 

Meski juga ada beberapa anime yang memiliki keaslian sendiri atau bisa dibilang unik, tetapi anime yang memiliki kesamaan dengan anime lain masih lebih banyak. Ada beberapa alasan mengapa terdapat kasus dimana sebuah anime yang terkadang memiliki kesamaan dalam beberapa hal dengan anime lain diantaranya:
  • Terinspirasi/Mengambil referensi lain
  • Mengikuti Selera Penonton
  • Kebetulan

Nah untuk lebih jelasnya lagi, mari kita bahas satu per satu tentang hal yang sudah disebutkan diatas tadi supaya kamu bisa paham.

Terinspirasi


Inspirasi dari salah satu karya populer dapat membuat karya tersebut bisa menjadi sama popiulernya atau bahkan bisa  jadi lebih popular dari karya yang menjadi inspirasi tersebut. 

Sebenarnya para Author cerita dalam seri Anime, Manga, atau yan lainnya sudah melakukan ini sejak dulu, yaitu membuat sebuah series yang terinspirasi dari sebuah karya popular dan hal tersebut masih diterapkan hingga sekarang dari yang langsung dan tidak langsung dengan mengatakan atau tidak mengatkaan karya mana yang menjadi sebuah inspirasi dari sang author. 

Apa maksudnya? Contoh saja Inspirasi langsung adalah beberapa anime shounen popular seperti One Piece, Naruto, Bleach, Hunter X Hunter yang terinspirasi dari Serial Dragon Ball berdasarkan fakta dari pernyataan sang author sendiri langsung

Nah untuk inspirasi tidak langsung kamu bisa lihat anime shounen populer generasi selanjutnya setelah Naruto dan kawan-kawan seperti Boku no Hero Academia dimana autohrnya mengatakan bahwa salah satu referensi terciptanya Boku no Hero Academia adalah anime shounen populer tadi, yang berarti Serial Boku no Hero Academia secara tidak langsung juga berasal dari Dragon Ball. 

Ada kasus lain Inspirasi tidak langsung yang terjadi pada Gintama, dimana banyak terdapat kemiripan dengan seri Rurouni Kenshin. Entah author Gintama (Sorachi) mengatakan bahwa karya terinspirasi dari Rurouni Kenshin atau tidak, klo diperhatikan ada banyak kemiripan diantara kedua seri mengetahui bahwa kedua seri tersebut sama-sama mengambil referensi dari sejarah Jepang yang sama.

Mengikuti selera Peminat


Ini bisa menjadi alasan untuk yang bertanya mengapa di jaman sekarang sering muncul anime bertema “isekai“ karena tema tersebut memang sedang lagi ngetren atau populer di kalangan otaku jepang disana. 

Bagi para author yang kesulitan mencari cerita original dari karyanya tapi ragu akan populer atau tidak di kalangan penonton, lebih memilih untuk membuat seri dengan tema isekai karena keputusan tersebut menjadi jalan pintas supaya karyanya langsiung menarik perhatian penonton dengan cepat apalagi jika seri tersebut ditambah dengan fanservice didalamnya.

Tentunya ada bermacam-macam kualitas seri isekai, dari yang sangat bagus hingga buruk, tergantung bagaimana author memanfaatkan tema tersebut.

Selain tema isekai, di tahun-tahun sebelumnya ada konsep lain yang sering diterapkan oleh para author yaitu seri dengen genre harem, school, action, dengan ecchi seperti terjadi pada Rakudai Kishi no Cavalry, Gakusen Toshi Asterisk, Absolute Duo, Saijaku Muhai no Bahamut, dan semacamnya.


Kebetulan


Nah untuk alasan kebetulan, kejadiannya mungkin bisa dikaitkan dengan alasan pertama yaitu Terinspirasi tidak langsung. 

Bisa saja dalam pikiran sang author terlewat salah satu karakter/cerita dari suatu seri lain dan akhirnya ia menerapkannya di karyanya sendiri atau bisa jadi kedua author punya pemikiran untuk mengambil suatu referensi yang sama sehingga karya tersebut akhirnya bisa terbilang mirip.


Sekian penejelasan mengenai artikel tentang alasan mengapa anime jaman sekarang sering mengalami banyak kesamaan, ini semua hanyalah pendpaat pribadi dari admin, Jika kamu masih ada yang bingung atau perlu ditanyakan, kamu bisa bertanya melalui komentar atau kontak yang telah tersedia.

0 Response to "Mengapa Anime Jaman Sekarang Banyak yang Mirip?"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel